
====
n.b : THIS CAR SCREAMS RELIABLE & COMFORT OVER EVERYTHING


Mobil ini sebenernya tuh fungsinya family car dirumah (dipake sama ane/supir/nyokap/bokap buat kemanapun tujuannya), dibeli second seharga 135jt (seharga second camry xv40 2006-2007 pas review ini dibuat


Tadinya mau beli yang 2.4 aja, tapi dulu udah pernah punya jd diputusin deh beli yg 3.0 aja biar beda...
====

Pas pertama beli, odo mobil 70 ribuan (service record). Kondisi mobil sempurna tanpa cela apaun dari exterior mulus bukan bekas tabrak, mesin sempurna, interior mulus, kondisi full standart, surat2 lengkap dsb dsb), paling kaca film VKOOL nya aja udah mulai menua muncul gelembung2 gitu dan dibiarin sampe sekarang

Sampe sekarang camry ini dipake buat woro2 keliling jakarta tiap hari ama keluar kota yang jalannya masih banyakan tol (banten, bandung, puncak) dan dipake ke proyek yg jalannya grajal grujul ama ada tanah2nya. Kaya cara orang2 make innova aja gimana hehehe

Selama pemakaian masalah2 datengnya baru pas 2015 mobil ini agak kurang dirawat (ga pernah dicek dan diganti coolant radiatornya, dipake ga pernah dipanasin, ga pernah cek ruang mesin, service rutin kalo inget aja kelewat terus, sekalinya service karna ga pernah dikontrol giliran mau ganti oli malah dikasih oli mineral yg kentel buat mobil tua gitu



DAN walaupun dipaksa jalan sambil berasep gitu tapi pas di checkup mesin mobil ini masih sempurna tanpa bocor kompresi/ancur/dsb. Kuat banget

Terakhir service macem2 lagi tuh pas 2016 akhir kemaren (posisi odo 120.000 something lupa persisnya brp). Ganti bohlam lampu HID yang mati sebelah, ganti paking2 yang getas jd bikin rembes oli mesin, ganti kampas rem 4 roda, beresin kaki2 yg sedikit gluduk2, ganti ATF, tuneup, spooring balancing, dsb dsb (abis sekitar 2jt an). Udah deh jadi perfect lagi

BTW selain service2 yang ane sebutin diatas, mobil ini ga pernah servis apapun lagi selain service rutin yg ganti oli filter doangan...
Di usianya yang ke 14 tahun, termasuk masih enak loh miara camry ini. Dengan pemakaian yang persis ala2 orang make innova pada umumnya sampe sekarang alias bukan mobil yg buat dielus2 tapi buat kerja & mobilitas sehari2 (tujuan pas dibelinya juga buat gantiin posisi innova dirumah kok


Kondisi mobilnya sendiri di 2017 ini setelah ngarungin 4 tahun dan 50 ribuan kilometer di keluarga ane setelah dibeli second di 2013 (sekarang posisi odo 122.000), masih sama aja kaya dulu overall. Paling wear & tear sehari2 kaya head unit error bagian cd nya, kulit steer ngelotok, kaca film makin ngegelembung sama mika lampu depan jadi menguning.
Sisanya masih okeee banget mulai dari kaki2 diem, ga ada rattling sama sekali walaupun sering lewat jalan jelek (meanwhile mobil2 baru udh pada rattle



Tentang mobilnya sendiri, ane rasa cocok bgt mobil ini buat :
-dipake sekeluarga jalan2
-gantiin fungsi innova anda dirumah
-yang pengen sedan nyaman tapi ga mau ada cerita gasruk2
-yang pengen sedan cc besar tapi ga mau bayar bensin lebih
-ketemu klien/kondangan tapi ga mau yang ngerawatnya ribet
-cruising santai ngarungin jalan santai dan ga mau cepet pegel kalo nyetir sendiri
-disupirin dan duduk di belakang
-antar jemput anak in s t y l e
-ngasih istri mobil mewah yang sebenernya belinya seharga ayla


Karakter camry gen ini tuh serba halus dan nyaman. Gasnya lembut, remnya lembut, joknya enak, suspensinya lembut bahkan lebih enak daripada naik alphard yang 2003-2008. Handlingnya kaya bawa kapal, kalo dipake manuver walaupun ga selimbung mpv tapi tetep aja limbung buat seukuran sedan gini.
Komposisi ini camry ane bilang tuh persis kaya niru Ford Panther Platform (crown victoria, grand marquis, towncar) di US. Reliable, spacious, comfortable, and best for cruising at the freeway bcs it has crappy handling for maneuvering purpose


Matic 4 speednya halus & ga bego, terus tenaga mesin 3000cc v6 nya enak. Jalan2 yg lewat cipularang/nagrek/puncak enak bgt pake mobil ini buat yg nyetir. Tenaga selalu berlimpah di tol & tanjakan dan 0-160 gampang banget ga berasa apa2 dan stabil, diatas itu baru mulai melayang.
Denger kata2 3000cc dan v6 lagi, pasti langsung pada mikir boros. Tapi ternyata fcnya asik banget kalo pake pertalite dalkot 1:7 lukot 1:11-12, kalo pake pertamax turbo kemaren ngitung dalkot jkt dapet 1:8.5, irit loh kaya innova bensin yg 2000cc aja persis bgt tp tenaga jauhh

+bonus suara mesin enak didenger khas 6 cylinder, ga kaya bawa camry 2.4 yg berasa lagi denger suara mesin vios wkwk...
Tapi mungkin drawback dari keiritannya ama kekuatannya (as usual toyota), performa mesin kalah kalo dibanding mesin2 3.0 v6 di mobil lain... 0-100 masih di angka 8 detikan aja...
Kabinnya enak ambientnya, audio bagus, kedap peredamannya dan luas, bahkan paling luas diantara semua gen camry. Ane yg 185cm aja kalo lg nyetir diliat sama penumpang belakang berasa kecil kata mereka, padahal kalo di mobil2 lain anenya keliatan gambot


Bagasinya juga enak banget buat nyimpen koper2 besar buat liburan atau tas golf (yg selalu bersarang di mobil ini). Nyimpen mayat kira2 muat 4 dengan nyaman lah

Untuk fitur rasanya masih oke. Jok kulit asli di seluruh kursi, automatic headlamp yg nyala otomatis kalo gelep dan sudah HID, cruise control (yang masih jarang ditemuin di toyota indo), all auto power window, spion retract otomatis, electric seat di kursi penumpang dan driver, head unit built-in 6cd, dan buat keselamatan ada dual airbag, abs ebd ba, traction control.
Dibanding camry xv40 (ane nyoba yg 2.4V 2011), 22nya kaya orang yg berbeda. XV40 steernya lebih berat jauh, yg ini lebih ringan. XV40 gasnya lebih kaya yaris yg ringan & dipencet loncat, yg ini dalem. Kabin xv40 lebih sempit dari yg ini, tapi somehow ane rasa yg ini terasa t e r l a l u l e g a jadi enakan xv40 luas kabinnya karna pas. Handling ama lincahnya xv40 jauh lebih baik dari xv30 yg kaya kapal, tapi xv30 jauh lebih empuk banget daripada xv40 yg termasuk rada keras. Konsumsi bensin xv40 2.4 jauuuuhhhh lebih boros dari xv30 3.0, yg xv40 dalkotnya 1:5-6 doang dapetnya...
Kelemahan mobil camry yg generasi ini, ngga cocok buat orang2 mini. Under 160cm nyetir mobil ini rasanya serba kebesaran & tenggelem... terus juga handling sih yg sama sekali ga ada fun2 & gesitnya, ga bisa dipake kaya lg nyetir vios, honda civic apa bmw seri 5... enaknya dipake kalem karna aura nyetir mobil ini tuh aura2 males2 nyaman pengen bobo... sama somehow yaa ini tetep sebuah toyota yg fungsi utamanya buat mobilitas sehari2. Ga ada rasa seneng2 spesial beda gimanaaa gitu, kontras sama pas lg bawa BMW/mercedes hehe

Terus karna ukurannya yg termasuk gede buat dipake di Indo, pastiin garasi rumah cukup karna mobi ini bakal makan space garasi bgt kalo spacenya limited...
Satu lagi, buat mobil yg sekennya cuma segitu pajaknya masih lumayan mahal, 3jt setahun...
Kesimpulannya ane puas sama camry ini, memenuhin semua kebutuhan banget mulai dr kenyamanan, tenaga, ama kebadakannya. Buat yg pengen sedan rasanya ngga ada salahnya buat ngelirik ini mobil kalo sesuai sama kriteria yg dibutuhin walaupun udah lumayan lama umurnya & secondhand
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)