Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
pake oli at apa om imansyx? Honda Z1 atau DW?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Jan 19, 2016 9:20
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
wah ini tipikal orang Solo seperti yang pernah saya dengar waktu di Semarang.... Pedagang mobil bekas Semarang bilang kalo mobil plat asli AD harganya lebih mahal dibanding dengan mobil daerah lain di Jateng...imansyx wrote:halo om om sekalian![]()
sekarang balik lagi mobilnya ngendon di garasi habis di wax langsung disarungin..hibernasi
Katanya "orang Solo mas... kalo mau pergi cuaca hujan, mobilnya dicuci dimasukin garasi terus perginya naik becak"
maaf OOT....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Wed Jun 01, 2016 7:35
- Daily Vehicle: GK5 CVT
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Gara-gara postingan TS ini ane jadi bikin account SM.. selama ini jadi reader doang sambil nangkep ilmu-ilmu dari suhu disini
Nice review om, jadi ikut tenggelem sama jalan ceritanya, sungguh perjalanan yang cukup panjang melihara si emprit
saya juga pelihara Freed V1 2012, after waiting a long time for HPM to make a more valuable family car.. sependapat sama TS kalo awal Freed keluar kurang menawarkan fitur kenyamanan yang baik untuk sebuah family car. Tapi tahun 2012 saya merasa ada fitur penting (bagi saya) yang saya tunggu seperti JDM model (AC Digital, Retractable mirror).
Mau ikutan cerita kenapa saya milih freed.. saya sebelumnya pake City GD8 iDSI M/T 2004 yang udah jalan kurleb 95.000 km, dan suatu ketika saya harus mengganti plat koplingnya. Saya beli part F.C.C yang ori jepun punya tapi kok koplingnya jadi geter banget dan ga enak, AC bermasalah freon bocor, dan kaki-kaki mulai atos. Maka saat itu saya jaman mahasiswa tingkat 1 membujuk orangtua untuk meremajakan armada perang tapi syaratnya adalah nyamannya minimal sebanding sedan, konsumsi bbm hemat, ASS baik, price <300. Pilihan saat itu hanya All New City RS, tapi saat itu lagi banjir besar di Thai jadi bener bener ngga ada stok sedan City/Civic/Accord di dealer.
Keluarga pun bingung mau mobil apa yang memenuhi kriteria, barulah liat Freed, model bagus, akomodasi cukup baik, <300 juta, konsumsi bbm harapannya sama kayak City
Sedikit ngotot-ngototan sama sales dan spvnya karena unit Polished Metal saya mau dialihin ke orang lain dan disuruh ganti ke Putih saya tetep ga mau.. wong warna abu buat saya yang paling enak
Unit udah dipegang, sampai sekarang 4 tahun 1 bulan udah jalan 64.115 km bener bener no problem, ngerawat cuma seadanya ganti oli tiap 5000 km, 2x ganti oli 1 x filter oli, air filter KNN, ganti ATF di 45.000 km, ganti Aki cuma 1x tahun 2015, ban dan brakepad masih tebel semua.
Performa freed masih kurang buat narik badan gede mesin cuma 1500 cc tapi lumayan ngangkat pake KNN, pada umumnya honda bantingan keraaaass ga enak
tapi stabil banget di high speed, mau tenaga enak harus D3 dulu sampe 80 sisanya pindahin D.
Akomodasi cukup buat keluarga 4 orang, row belakang buat barang dan gudang aja
Yang saya appreciate buat Freed konsumsi BBM gimana kaki kalo lagi sopan Bandung-Cimahi PP gampang dapet 13,5 km/l mix tol-dalkot exit bubat, entah karena mobil ini juga diset buat pasar ekspor ke malaysia dan thai, rakitannya tergolong rapih. kualitas plastik dashboard dan build quality lebih baik dari GE8, bahkan beberapa part body saya lihat masih Made in Japan punya
Pesan buat TS, empritnya jangan dijual ya.. kenang-kenangan dari kakeknya ga akan tergantikan
Saya juga ngga kepikiran buat ganti nih emprit, belum ada yang nyaingin sampe saat ini

Nice review om, jadi ikut tenggelem sama jalan ceritanya, sungguh perjalanan yang cukup panjang melihara si emprit
saya juga pelihara Freed V1 2012, after waiting a long time for HPM to make a more valuable family car.. sependapat sama TS kalo awal Freed keluar kurang menawarkan fitur kenyamanan yang baik untuk sebuah family car. Tapi tahun 2012 saya merasa ada fitur penting (bagi saya) yang saya tunggu seperti JDM model (AC Digital, Retractable mirror).
Mau ikutan cerita kenapa saya milih freed.. saya sebelumnya pake City GD8 iDSI M/T 2004 yang udah jalan kurleb 95.000 km, dan suatu ketika saya harus mengganti plat koplingnya. Saya beli part F.C.C yang ori jepun punya tapi kok koplingnya jadi geter banget dan ga enak, AC bermasalah freon bocor, dan kaki-kaki mulai atos. Maka saat itu saya jaman mahasiswa tingkat 1 membujuk orangtua untuk meremajakan armada perang tapi syaratnya adalah nyamannya minimal sebanding sedan, konsumsi bbm hemat, ASS baik, price <300. Pilihan saat itu hanya All New City RS, tapi saat itu lagi banjir besar di Thai jadi bener bener ngga ada stok sedan City/Civic/Accord di dealer.

Sedikit ngotot-ngototan sama sales dan spvnya karena unit Polished Metal saya mau dialihin ke orang lain dan disuruh ganti ke Putih saya tetep ga mau.. wong warna abu buat saya yang paling enak

Unit udah dipegang, sampai sekarang 4 tahun 1 bulan udah jalan 64.115 km bener bener no problem, ngerawat cuma seadanya ganti oli tiap 5000 km, 2x ganti oli 1 x filter oli, air filter KNN, ganti ATF di 45.000 km, ganti Aki cuma 1x tahun 2015, ban dan brakepad masih tebel semua.
Performa freed masih kurang buat narik badan gede mesin cuma 1500 cc tapi lumayan ngangkat pake KNN, pada umumnya honda bantingan keraaaass ga enak

Akomodasi cukup buat keluarga 4 orang, row belakang buat barang dan gudang aja

Yang saya appreciate buat Freed konsumsi BBM gimana kaki kalo lagi sopan Bandung-Cimahi PP gampang dapet 13,5 km/l mix tol-dalkot exit bubat, entah karena mobil ini juga diset buat pasar ekspor ke malaysia dan thai, rakitannya tergolong rapih. kualitas plastik dashboard dan build quality lebih baik dari GE8, bahkan beberapa part body saya lihat masih Made in Japan punya

Pesan buat TS, empritnya jangan dijual ya.. kenang-kenangan dari kakeknya ga akan tergantikan
Saya juga ngga kepikiran buat ganti nih emprit, belum ada yang nyaingin sampe saat ini
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Wed Jun 01, 2016 7:35
- Daily Vehicle: GK5 CVT
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Tambahin Honda Engine Cleaner campur ke BBM 1 botol buat 1 tangki, ulang tiap 5000 km, performa tetep enak gan. Bisa beli di BERES 88 ribuan sebotol heheimansyx wrote:halo om om sekalian![]()
mau apdet nih, bulan april kemarin habis flush total atf nya di toda.. masih encer dan warna pink seger tapi ngerasa makin hari dan makin sering dipake mobilnya semakin berasa shiftingnya ga enak banget ada jeda nya dibanding freed temen ogut. habis diflush berkurang jauhhhh jedanya. jadi gamau lagi deh ikut ikutan patokan odo, ngikut itungan tahun aja (2 tahun flush). Setelah di flush sampe sekarang gapernah lagi D nya kedip kedip
pas banget kemaren habis ganti oli, iseng2 coba jetclean liqui moly begitu pulang langsung kerasa bedanyaga sengeden dulu lagi tarikan di kecepatan tanggung (20-40), di rpm mid to high pun jadi lebih galak
keluhan yg muncul tetep sama.. noise ban dunlop, bunyi cekit cekit di polisi tidur sama gluduk di lobang2 kecil dan bonus.. rattle di pintu bagasi![]()
sekarang balik lagi mobilnya ngendon di garasi habis di wax langsung disarungin..hibernasi
Sekarang saya masih campur oli mesin pake Liqui Molly Oil Additiv gan, mesin jadi lebih alus sama tarikan nyoss

Rattle di pintu bagasi bener banget nyebelin.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Kalau do tvri saya malah hati2 sama jualan dari Solo
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Wah Freednya persis seangkatan sama ane punya. Ane punya dr 2009 udah jalan 160.000an KM. Cuma ane punya kaki-kakinya udah parah kondisinya. Lagi jalan di jalan mulus aja bunyi-bunyi 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
sy punya pengalaman memuaskan dr lineup ini
pertama x pakai pas 2009 launching ..... trus sy jual 2010 ganti yg ac digital
krn sy tdk pernah overspeed .... paling haus average fuel cons itu 1:8.×× ....
pertama x pakai pas 2009 launching ..... trus sy jual 2010 ganti yg ac digital
krn sy tdk pernah overspeed .... paling haus average fuel cons itu 1:8.×× ....
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Jun 01, 2016 12:26
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Saya juga ada freed dirumah taun 2012 punya ortu tipe s yang masih kenop kompor hahaha,so far saya puas banget sama mobil ini lemot emang tapi kalo cruising nyaman banget beda sama 1nzfe saya kalo kopling nya gabener mobil ndut2an hahaha
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
terus juga kayaknya ane perhatiin banyak Freed angkatan 2009-2010 yang lampu belakangnya berembun. Ane punya berembun parah sampe ada genangan , akhirnya ane bongkar dan di lem sealant sendiri.JukeJoken wrote:Wah Freednya persis seangkatan sama ane punya , tipe termahal dimasanya yang ACnya pake geser-geser dan 2 kenop legendaris. Dulu bokap beli Freed dengan pikiran tenaga dan tarikannya mirip GE8 , dan ternyata tidakAne punya dr 2009 udah jalan 160.000an KM. Cuma ane punya kaki-kakinya udah parah kondisinya. Lagi jalan di jalan mulus aja bunyi-bunyi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Wed Apr 20, 2016 16:23
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: C180 W204
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Napak di trit temen smp :p
Untung PS3 gak remuk pas kecium bus ya [emoji23]
Sent from my iPhone using Tapatalk
Untung PS3 gak remuk pas kecium bus ya [emoji23]
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
kemaren ane pake atf z1 om...hafizh wrote:pake oli at apa om imansyx? Honda Z1 atau DW?
fuad2006 wrote:wah ini tipikal orang Solo seperti yang pernah saya dengar waktu di Semarang.... Pedagang mobil bekas Semarang bilang kalo mobil plat asli AD harganya lebih mahal dibanding dengan mobil daerah lain di Jateng...
Katanya "orang Solo mas... kalo mau pergi cuaca hujan, mobilnya dicuci dimasukin garasi terus perginya naik becak"

waw apatuhh? kok baru denger ya semacam additive plus plus yah om??agungbhaskara wrote: Tambahin Honda Engine Cleaner campur ke BBM 1 botol buat 1 tangki, ulang tiap 5000 km, performa tetep enak gan. Bisa beli di BERES 88 ribuan sebotol hehe
Sekarang saya masih campur oli mesin pake Liqui Molly Oil Additiv gan, mesin jadi lebih alus sama tarikan nyoss![]()
Rattle di pintu bagasi bener banget nyebelin.

waduh kenapa tuh om..nugroho bagor wrote:Kalau do tvri saya malah hati2 sama jualan dari Solo

whaw!!! om NR juga dulu ternyata pakai freed juga yanewrubble wrote:sy punya pengalaman memuaskan dr lineup ini
pertama x pakai pas 2009 launching ..... trus sy jual 2010 ganti yg ac digital
krn sy tdk pernah overspeed .... paling haus average fuel cons itu 1:8.×× ....


iya om... keliatan banget setup ratio nya memang buat cruising, bukan buat sodok sodokan di jalanan macet..b1940skx wrote:Saya juga ada freed dirumah taun 2012 punya ortu tipe s yang masih kenop kompor hahaha,so far saya puas banget sama mobil ini lemot emang tapi kalo cruising nyaman banget beda sama 1nzfe saya kalo kopling nya gabener mobil ndut2an hahaha

iya!! parah banget, kenapa ya bisa se sensitif itu lampu belakagnya.. berembunnya masuk dari mana sih om, boleh tuh tutorial sealing lampunya dipostJukeJoken wrote: terus juga kayaknya ane perhatiin banyak Freed angkatan 2009-2010 yang lampu belakangnya berembun. Ane punya berembun parah sampe ada genangan , akhirnya ane bongkar dan di lem sealant sendiri.

waduh ada memed sesepuh trit macintosh di kuskusmedkintos wrote:Napak di trit temen smp :p
Untung PS3 gak remuk pas kecium bus ya [emoji23]
Sent from my iPhone using Tapatalk
*melipir, takut dilempar macbook*

-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Fri Jun 17, 2016 14:10
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
makasih om buat review
ini jelas pengguna bgt neh, kebetulan bini pengen bgt punya Honda Freed ini
setelah baca, nambah yakin dah untuk nurutin kemauan bini
ini jelas pengguna bgt neh, kebetulan bini pengen bgt punya Honda Freed ini
setelah baca, nambah yakin dah untuk nurutin kemauan bini
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Selamat malam om - om semua
udah setengah tahun ya sejak ane terakhir update kondisi emprit ini... dalam 6 bulan terakhir ada 2 hal yg terjadi nih...
1. Aug 2016 - Km 27.936
entah gimana kejadiannya pokoknya tiba2 waktu nyalain mobil ada suara "syurr" maksudnya kaya air ngocor gitu
bingung dong itu suara apa... iseng iseng google dan nemu thread di mod*com yang bilang kalo itu ada udara yang terjebak di saluran heater...throttle body? dalem hati ngapain ya tb dikasih heater malah anget dong... cek cek kok air radiator berkurang di resrv cadangan, akhirnya top up. Tapi, kok semakin lama berkurang terus.. curiga donk padahal baru kuras radiator di tahun 2015
ga lama pas mau ngecek setiap 3 hari, akhirnya biang keroknya muncul

langsung saya bawa ke honda salemba, ternyata Hose EAVC out (kayanya selang buat alirin coolant ke tb bukansih..) bocor diganti @ 2pc. DC termasuk jasa 370k. di mesin l15z lio family dan gk ternyata selang ini udah ga ada....
Part number : 19507-P06-000 siapa tahu ada yg butuh..
2. Jan 2017 - Km 30.550
semakin hari ada bunyi blug blug glug (gimana ya bunyinya
) kalo ngelewatin jalan agak nggak rata.. karena pengalaman saya waktu di honda salemba yang agak agak... saya putusin ke honda clinic karena dulu pernah waktu scan matic kedap - kedip disana, dibilang kalau udah agak lemah link stabil

setelah diintip, udah kena semua kanan kiri itu link stabil akhirnya
tierod dan teman temannya aman. Padahal saya kalo setir udah pelan bingit... akhirnya ganti semua. DC termasuk jasa 840k
sisanya ya problem minor bawaan orok.... rattle dan pintu sliding mulai bunyi klek klek.. terutama kalo jalan agak ngga rata dan beda ketinggian kanan dan kiri...
sekian updatenya

udah setengah tahun ya sejak ane terakhir update kondisi emprit ini... dalam 6 bulan terakhir ada 2 hal yg terjadi nih...
1. Aug 2016 - Km 27.936
entah gimana kejadiannya pokoknya tiba2 waktu nyalain mobil ada suara "syurr" maksudnya kaya air ngocor gitu

ga lama pas mau ngecek setiap 3 hari, akhirnya biang keroknya muncul

langsung saya bawa ke honda salemba, ternyata Hose EAVC out (kayanya selang buat alirin coolant ke tb bukansih..) bocor diganti @ 2pc. DC termasuk jasa 370k. di mesin l15z lio family dan gk ternyata selang ini udah ga ada....
Part number : 19507-P06-000 siapa tahu ada yg butuh..
2. Jan 2017 - Km 30.550
semakin hari ada bunyi blug blug glug (gimana ya bunyinya


setelah diintip, udah kena semua kanan kiri itu link stabil akhirnya

sisanya ya problem minor bawaan orok.... rattle dan pintu sliding mulai bunyi klek klek.. terutama kalo jalan agak ngga rata dan beda ketinggian kanan dan kiri...
sekian updatenya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Nice review om
Rendah juga ya KMnya baru 30rb & kondisi mobilnya masih bagus tuh exteriornya buat mobil yang sudah berusia 7 tahun. Mobil ini memang salah satu mobil MPV yang paling saya suka, soalnya peformanya lumayan baik , baris ke2 & 3 lega , serta punya captain seat. Sayang transmisinya agak boyo kalo ditanjakan & peformanya agak underpower gitu diputaran bawah (pengalaman naik freed 2011 punya temen)
Rendah juga ya KMnya baru 30rb & kondisi mobilnya masih bagus tuh exteriornya buat mobil yang sudah berusia 7 tahun. Mobil ini memang salah satu mobil MPV yang paling saya suka, soalnya peformanya lumayan baik , baris ke2 & 3 lega , serta punya captain seat. Sayang transmisinya agak boyo kalo ditanjakan & peformanya agak underpower gitu diputaran bawah (pengalaman naik freed 2011 punya temen)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Nice update...
Setdah... udh gnti link stabil aja... jelek banget nih jalannya? freedku aja udh mw 50k km blm ada gnti komponen suspensi (mmc 12)wkwk
Akhir" ini mblku sering kriet" klo kna jalan ga rata... (polusi suara banget --") abis aku prhatiin trnyt asalnya dr karet pintu sm bodi yg gesekan klo pas mbl jalan..
aku cb semprot silicone spray, ilang suaranya... hening lg wkwk...
Tp tiap 2 ato 3mgg skali hrs reapply --"
Setdah... udh gnti link stabil aja... jelek banget nih jalannya? freedku aja udh mw 50k km blm ada gnti komponen suspensi (mmc 12)wkwk
Akhir" ini mblku sering kriet" klo kna jalan ga rata... (polusi suara banget --") abis aku prhatiin trnyt asalnya dr karet pintu sm bodi yg gesekan klo pas mbl jalan..
aku cb semprot silicone spray, ilang suaranya... hening lg wkwk...
Tp tiap 2 ato 3mgg skali hrs reapply --"

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
tahun ini dah mau masuk 8 nih om hehe, iya om kalau dah hafal powerband dan rasio 5at nya ni mobil sebenernya buat ukuran 7seat agak galak dan hemat... waktu dulu blm tau rasanya meringis pindah dari avanza ke freed, ga bisa sodok sodokan T_T tapi di atas rpm 3 ribu larinya boleh diadu.. skrg saya nyetir selalu push n glide dalkot selalu dapet di atas 10 km/l.Pboyz97 wrote: Wed Jan 18, 2017 13:42 Nice review om
Rendah juga ya KMnya baru 30rb & kondisi mobilnya masih bagus tuh exteriornya buat mobil yang sudah berusia 7 tahun. Mobil ini memang salah satu mobil MPV yang paling saya suka, soalnya peformanya lumayan baik , baris ke2 & 3 lega , serta punya captain seat. Sayang transmisinya agak boyo kalo ditanjakan & peformanya agak underpower gitu diputaran bawah (pengalaman naik freed 2011 punya temen)
jalan rumah muluss om, tapi di tengah jalan udah mulus gitu entah gimana ada polisi tidur cembung banget dan banyak lagidoge wrote: Wed Jan 18, 2017 14:29 Nice update...
Setdah... udh gnti link stabil aja... jelek banget nih jalannya? freedku aja udh mw 50k km blm ada gnti komponen suspensi (mmc 12)wkwk
Akhir" ini mblku sering kriet" klo kna jalan ga rata... (polusi suara banget --") abis aku prhatiin trnyt asalnya dr karet pintu sm bodi yg gesekan klo pas mbl jalan..
aku cb semprot silicone spray, ilang suaranya... hening lg wkwk...
Tp tiap 2 ato 3mgg skali hrs reapply --"

widihh nyetirnya gimana tuhh om masih sehat sentosa dah 50 ribu... temen saya lebih parah, freed db baru 29ribu udah hancur tierod dan teman teman plus...EPS nya udah kena, kata dia gausah diganti cuma bunyi doang

betulll tuh om kalo aku tiap cuci mobil 1-2 minggu sekali pasti ngoles seluruh karet di mobil mulai dari dalem kap mesin, atap, pintu2, sampe windshield.. psd belom bunyi om? saya ada bunyi kaya main sedikit sama bunyi di pintu bagasi huh ga ketemu darimana


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2156
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
sayang banget generasi terbaru freed belum masuk sini.. padahal modelnya keren..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Thu Jul 23, 2015 2:18
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
om bro nanya dong, ini gw abis beliin nyokap freed E PSD 2010, kalo ga salah udh auto retract spionnya. Tp kyknya spionnya kaga otomatis ngelipat deh, kira-kira apa yg salah ya? apa ada settingan khususnya? ataukah ada elektriknya yg bermasalah? mohon pencerahannya 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Yang dimaksud otomatis nglipat tuh gimana?apktntaj wrote:om bro nanya dong, ini gw abis beliin nyokap freed E PSD 2010, kalo ga salah udh auto retract spionnya. Tp kyknya spionnya kaga otomatis ngelipat deh, kira-kira apa yg salah ya? apa ada settingan khususnya? ataukah ada elektriknya yg bermasalah? mohon pencerahannya
Kan tetep mesti pencet tombol dari dalam kabin? Kalo udah pencet tombol ga bisa bawa ke bengkel/variasi aja, biasa ada konektornya yg bermasalah seperti spion grand livina papa saya.
Kalo yg dimaksud otomatis itu waktu ngunci mobil, emang belom bisa, perlu modul tambahan.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Soul Red zoom zoom
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sun Oct 04, 2015 8:11
- Location: Medan
- Daily Vehicle: 2013 Livina
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Nice review om , sepertinya user honda freed rata2 emang cewe atau ibu2 ya
saya juga pake freed dari 2014 semenjak kuliah sampai sekarang , first gen persis seperti punya om , cuman beda nya warna silver
emang bener seperti kata om kalo uda pake freed sebagai daily driver sepertinya agak sulit kalo mau ganti mobil lain uda ga sreg , gw juga kalo ganti ya pengen nya freed jg cuman yg agak mudaan
kalo untuk sienta jangan deh om , lemot nya lebih dr freed , boros juga

saya juga pake freed dari 2014 semenjak kuliah sampai sekarang , first gen persis seperti punya om , cuman beda nya warna silver
emang bener seperti kata om kalo uda pake freed sebagai daily driver sepertinya agak sulit kalo mau ganti mobil lain uda ga sreg , gw juga kalo ganti ya pengen nya freed jg cuman yg agak mudaan
kalo untuk sienta jangan deh om , lemot nya lebih dr freed , boros juga

RE 2.4
GB3
RM 2.4
D4D
VCDi
GB3
RM 2.4
D4D
VCDi
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Selamat malam om2 sekalian
Udah lama ga update dengan freed, saat ini (Jun 2018) odo read ada di 39.1xx sekian..
Sampai sekarang dipakai sesekali ke kampus depok dan mostly dipakai buat weekend dalam kota aja karena sehari2 naik ojol
selama 1,5 tahun ini sama sekali ga ada problem, namun saya merasa ada beberapa hal yang bisa di notice:
1. Pintu sliding bunyi tek2 bila naik carport karena posisinya naik dan nanjak belok --> solusi saya lapisin silikon tp copot melulu
2. Kemarin saya mudik ke solo, disana kesana kemari pakai GD8 yang saya review disini viewtopic.php?t=24292
dan saya bisa simpulkan acnya kok lebih dingin, padahal 15 tahun ga servis dan ga pakai filter ac. Kemudian saya ke bengkel dens0, disarankan flush freon dan oli kompressor (bahkan saya baru tau ternyata ada oli di dalam kompresor ac?...... bener2 gangerti ac) dan ganti filter dryer. Malah akhirnya saya liatin sekalian belajar juga... sepulangnya emang bener ac jauh lebih dingin dengan posisi 1 step dibawah full cold dan kompressor berasa lebih halus saat engange. DC ada di 600, gatau mahal atau murah tapi saya puas dengan hasilnya


3. Road noise!!!!!!!!! makin parah dan berasa sekali getaran dari aspal. Ban SP Touring T1 umur 4 tahun belom kena TWI di ban kiri depan sisi luar kelihatan ada kaya sobek kecil di telapak(?) belom pernah spoor&bal
4. Lampu rem kiri belakang putus, akhirnya mobil ini menjadi freed seutuhnya
Overall dalam jangka waktu jan 17 - jun 18 tidak ada problem sekali. Saat servis rutin januari kemarin air radiator saya kuras flush ganti dengan Top-wan hijau karena sebelumnya prestune terakhir ganti di 2015. Aki mf umur 2 tahun baru 2 minggu kemarin saya cek di SnD nilainya masih 100% berarti kelistrikan juga sehat.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Udah lama ga update dengan freed, saat ini (Jun 2018) odo read ada di 39.1xx sekian..
Sampai sekarang dipakai sesekali ke kampus depok dan mostly dipakai buat weekend dalam kota aja karena sehari2 naik ojol

1. Pintu sliding bunyi tek2 bila naik carport karena posisinya naik dan nanjak belok --> solusi saya lapisin silikon tp copot melulu
2. Kemarin saya mudik ke solo, disana kesana kemari pakai GD8 yang saya review disini viewtopic.php?t=24292
dan saya bisa simpulkan acnya kok lebih dingin, padahal 15 tahun ga servis dan ga pakai filter ac. Kemudian saya ke bengkel dens0, disarankan flush freon dan oli kompressor (bahkan saya baru tau ternyata ada oli di dalam kompresor ac?...... bener2 gangerti ac) dan ganti filter dryer. Malah akhirnya saya liatin sekalian belajar juga... sepulangnya emang bener ac jauh lebih dingin dengan posisi 1 step dibawah full cold dan kompressor berasa lebih halus saat engange. DC ada di 600, gatau mahal atau murah tapi saya puas dengan hasilnya


3. Road noise!!!!!!!!! makin parah dan berasa sekali getaran dari aspal. Ban SP Touring T1 umur 4 tahun belom kena TWI di ban kiri depan sisi luar kelihatan ada kaya sobek kecil di telapak(?) belom pernah spoor&bal
4. Lampu rem kiri belakang putus, akhirnya mobil ini menjadi freed seutuhnya

Overall dalam jangka waktu jan 17 - jun 18 tidak ada problem sekali. Saat servis rutin januari kemarin air radiator saya kuras flush ganti dengan Top-wan hijau karena sebelumnya prestune terakhir ganti di 2015. Aki mf umur 2 tahun baru 2 minggu kemarin saya cek di SnD nilainya masih 100% berarti kelistrikan juga sehat.

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Wah sudah hampir setahun sejak saya terakhir update dimari ya....
Freed saat ini masih ada, di rumah nambah mitsu esblender jadi waktu bulan madu, Freed ini lebih sering ditaruh garasi apartemen. Sayang seribu sayang menurut saya esblender ga cocok dengan kebutuhan saya:
1. Konsole tengah tinggi dan tidak praktis
2. Dimensi kelewat lebar menurut saya
3. No sliding door!!!!!
4. Visibilitas di bawah Freed
5. Non walktrough cabin
Akhirnya balik lagi sehari - hari pakai Freed walaupun road noise dan konsumsi bbm di bawah esblender dengan odo saat ini 49 ribu sekian KM. Ada 2 maintenance selain servis rutin yang saya lakukan setiap 6 bulan:
1. Ganti kampas rem depan pertama kali sejak baru, untuk kampas rem saya coba pakai AISIN Advics karena dapat diskon di GIIAS dan ternyata fine dan minim brake dust. Selain itu terasa lebih pakem dibanding bawaan Honda menurut saya dengan catatan saya full city driving tidak pernah lukot sama sekali even ke Bandung... jadi untuk pengereman keras di tol jujur saya tidak tahu rasanya.
2. Flush ATF, untuk ATF karena dapat penjelasan marcom distributornya langsung waktu GIIAS dan thread oli transmisi di SM, akhirnya saya coba kuras pakai AISIN AFW+ karena setelah saya lihat pdf sheetnya memang comply untuk subtitusi ATF Z-1. Umur ATF Z-1 sebelum di flush adalah 3 tahun pas (terakhir flush di 2016 dan sudah jalan 15 ribu km sekian). Review dari saya adalah wow.... upshift JAUH membaik dan untuk downshift sedikit membaik dibanding pakai Z-1. Tarikan juga jauh lebih galak dan lebih pede buat di kemacetan.
Overall saya puas sekali dengan AFW+ ini karena menurut saya kelemahan utama mobil ini ya 5AT nya yang lolot sekali
(bukan iklan ya saya tidak dibayar tp customer yang puas).
Sekian update dari saya. Terima kasih telah membaca update ini![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Freed saat ini masih ada, di rumah nambah mitsu esblender jadi waktu bulan madu, Freed ini lebih sering ditaruh garasi apartemen. Sayang seribu sayang menurut saya esblender ga cocok dengan kebutuhan saya:
1. Konsole tengah tinggi dan tidak praktis
2. Dimensi kelewat lebar menurut saya
3. No sliding door!!!!!
4. Visibilitas di bawah Freed
5. Non walktrough cabin
Akhirnya balik lagi sehari - hari pakai Freed walaupun road noise dan konsumsi bbm di bawah esblender dengan odo saat ini 49 ribu sekian KM. Ada 2 maintenance selain servis rutin yang saya lakukan setiap 6 bulan:
1. Ganti kampas rem depan pertama kali sejak baru, untuk kampas rem saya coba pakai AISIN Advics karena dapat diskon di GIIAS dan ternyata fine dan minim brake dust. Selain itu terasa lebih pakem dibanding bawaan Honda menurut saya dengan catatan saya full city driving tidak pernah lukot sama sekali even ke Bandung... jadi untuk pengereman keras di tol jujur saya tidak tahu rasanya.
2. Flush ATF, untuk ATF karena dapat penjelasan marcom distributornya langsung waktu GIIAS dan thread oli transmisi di SM, akhirnya saya coba kuras pakai AISIN AFW+ karena setelah saya lihat pdf sheetnya memang comply untuk subtitusi ATF Z-1. Umur ATF Z-1 sebelum di flush adalah 3 tahun pas (terakhir flush di 2016 dan sudah jalan 15 ribu km sekian). Review dari saya adalah wow.... upshift JAUH membaik dan untuk downshift sedikit membaik dibanding pakai Z-1. Tarikan juga jauh lebih galak dan lebih pede buat di kemacetan.
Overall saya puas sekali dengan AFW+ ini karena menurut saya kelemahan utama mobil ini ya 5AT nya yang lolot sekali

Sekian update dari saya. Terima kasih telah membaca update ini
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Feb 14, 2018 4:31
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Mio
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
sama oom, freed masih mengena di hati dan masih di pake karena santai.. sudah 7 tahun juga sayah km 80.000 yang pernah rusak cuma magnetic clutch AC, itu juga karena saya keliatannya lupa ganti filter cabin, jadi bikin berat AC... walopun tenaga memang pas setangah boyo kalo tanjakan, tapi tetep nyama terutama posisi duduk nya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Ikutan ripew... mobil family banget.
Cocok buat
- keluarga dg 2- 3 anak
- wanita muda
- ayah sayang keluarga
- orang sabar yg kuat tahan klakson bus
- orang kalem yg tahan di lampu beam mobil belakang
Ga cocok buat
- yg sering kebut2an
- akselerasi salip2an.
Untung juga HPM ga masukin freed baru, jadi harga resale stabil.
Cocok buat
- keluarga dg 2- 3 anak
- wanita muda
- ayah sayang keluarga
- orang sabar yg kuat tahan klakson bus
- orang kalem yg tahan di lampu beam mobil belakang
Ga cocok buat
- yg sering kebut2an
- akselerasi salip2an.
Untung juga HPM ga masukin freed baru, jadi harga resale stabil.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Mon May 15, 2017 1:28
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
ish,. ish,. ish,.
Saya jadi inget dulu pernah ngidam mobil ini:))
Sekennya sekarang pasaran berapa ya?
Saya jadi inget dulu pernah ngidam mobil ini:))
Sekennya sekarang pasaran berapa ya?