Perkenankan Nubie review sedikit Honda Civic Turbo 2016 milik ane


Saya info di awal kalo Civic Turbo ini adalah Honda saya yg pertama yg saya miliki. Dari dulu gagal mulu mau beli Honda. Tahun 2008 waktu Jazz baru keluar sempet mau beli udah ngasih DP akhirnya batal gara2 indentnya ga jelas kapan datangnya dan disuruh upping 7.5 jt dan akhirnya ambil Vios. 2012 kejadian terulang.. udah DP CRV baru akhirnya di cancel gara2 CX5 yang begitu menggoda. Naahh... baru kesampaian tahun lalu mau lebaran akhirnya beli Civic Turbo baru

Beli ini mobil asli pengalaman paling nekat buat saya selama saya proses nyari2 mobil karena beli tanpa test drive, tanpa baca review orang lain, asli suka sama ini mobil dan ini H tegak yg katanya kenceng, irit, after sales bagus dan konon (jangan dibalik) RV nya bagus. Akhirnya setelah nyari2 yg ready buat dipake pulkam nampang pas lebaran dapatlah unit ready di Honda Internusa Cibinong.. lumayan jauh dari rumah saya yg di Bekasi.
Setelah saya bayar lunas ini mobil... maka dimulailah pegalaman terburuk saya selama beli mobil baru

Yang pertama, mobil datengnya molor.. salesnya udah nungguin dirumah 5 jam.. mana bulan puasa pula untung tuh sales ga puasa.. dari jam 4 sore sampe jam 9 malem sampe ane tinggal solat taraweh.. ga nongol2 juga tuh mobil.. akhirnya setelah telpon yg ke 27 kali (kalo ga salah ngitung) baru tau driver yg nganter sakit jadi pulang cepet tapi ga ngabarin ke tuh sales.. hadeeeh..
Yang kedua, besoknya tuh mobil dateng, Tapi....... Masya Alloh... boro2 itu mobil dipoles dulu sebelum kirim, di vacum aja interiornya ngga, bekas potongan kaca film msh berserakan didalem. Karena ini mobil putih, bekas mobil kejemur trus ke hujanan yg item2 gitu ada dimana2. Shock ane ngeliatnya.. ini mobil kan lumayan mahal yah.. kok ngirimnya kayak gini?? Sama satu lagi.. KM nya sdh 168, padahal jarak tuh show room ke rumah cuma 58Km aja. Mau nangis bro... langsung teringat betapa indahnya terima F30 ane dr Astra Sunter yg dimasukin salon dulu dan naik towing ke rumah, betapa mobil 2 mazda Ane dulu dr Cx5, Mzd 6, Mazda 2 yg baru sama yg GT, even VX1 aja dateng dalam keadaaan kinyis2 yg bikin hati seneng ngeliatnya. Komplain habis ke salesnya juga cuma minta maaf doang bisanya, mau ane balikin tawarannya cuma dipoles aja yg ditanggung. Tapi udah ga percaya lagi bro.. akhirnya poles ke langganan aja lebih percaya sama hasilnya.
Beres semua itu masalah ane mulai pake lah ini mobil, dan ane kecewa lagi.... haduh... dashboardnya bunyi2 gitu kalo kata Oom2 disini istilahnya rattle.. sumpah, ga pernah punya mobil yg bunyi2 gini dashboardnya. Apalagi ini mobil baru... mobil ane yg dulu2 yg harganya jauh lebih murah, yg mereknya katanya rewel ga pernah kayak gini dashboardnya. Masalah ini sdh ane claim ke Bengkel Honda Prima Kranji pas service 1000KM. SA nya sempet ngerekam suara2nya dan seminggu setelah itu dikabarin sdh di approve sam HPM utk bongkar dashboard. Tapi minta waktu 2 minggu..katanya khawatir part2nya banyak yg belom ready di Indo. Mulai kelihatan ga benernya nih...
Komplainnya saya setop dulu ya.. mari kita lanjut review ke mobilnya.
Exterior :
Inilah alasan kenapa saya nekat ga pake TD langsung beli ini mobil. Desainya seger banget dan bagi saya ini adalah sedan dengan desain yg paling keren dan kayaknya akan bertahan lama untuk model ini. Facia dan buritannya keren banget dan yg paling saya suka adalah lihat dari sampingnya... paduan antara sedan dan hatchback, keren abiss... Karena saya dapet yg awal2 masih sempet ngerasain ini mobil di liatin orang2 ( ga tau sih karena bagus apa aneh.. wkwkwkwk..) istilah saya ini mobil termasuk Head turn car.. maksudnya kalo lihat ini mobil orang kepalanya muter.

Satu2nya yang agak kurang adalah ban yg dipakai, baik ukuran ataupun jenisnya. Profilnya dan lebarnya kurang pas, trus suara ban nya kalo di tol lari diatas 120 suaranya masuk banget ke kabin belakang.
Interior.
Mungkin untuk ukuran Honda, kualitas interior civic udah lumayan kali yah, simpel..tapi kok mirip interior jazz ya? Soft pad lumayan banyak bertebaran walaupun menurut saya dibanding kualitas Mazda (CX5 dan 6) harus diakui kalo H tegak masih harus banyak belajar.
Instrumen cluster menarik dengan spedo yg digital. Tapi istri saya komen kalo pake spedo digital gini ga kerasa kenceng dibanding spedo jarum..gara2 ane bilang waktu di Cipali lari 180, trus liat spedo, katanya ga berasa ga kayak yg model jarum.. Wakakakaak... MID nya juga standar aja ga ada yg istimewa.
Audio sistem, well suaranya standrt abis ga ada enak2nya dan HU nya itu loh.. kalo mau matiin bener2 mesti teken tombol power 3x !!! Mana touch screen ga ada kenop timbulnya. Ngomong2 HU, ini HU udah pernah bikin masalah, entah setingannya atau apa ga bisa mati total even mobil mati total. Gara2 ini accu nya soak padahal mobil baru 2 bulan dan klaim 3 hari kemydian ganti baru.
Joknya enak..empuk dan lebih lega belakangnya dibanding F30 dan nyaman buat jalan jauh
Under the Hood
Ini mesin mungkin sama dengan team Honda LGBT yg 1500 cc cuma dipasang turbo dan transmisi CVT. Mesin dengan HP 173 dan Torsi 225 lumayan kencenglah. Yang jelas kalo mau kenceng jangan sekali kali langsung pedal to metal. Ngibrit engga yg ada cuma ngeraung.. ngibritnya butuh waktu, jadi yg terbaik adalah di urut.. kayak mesin diesel, maka anda akan menemukan kenikmatannya. FC nya irit aja. Pernah test ke Cirebon jalan santai ga lebih dr 100Km/jam dapet 20.2 km/ liter. Amazing.. kayak city car aja, event Mazda 2 GT ane dulu ga bisa segitu. Top speed yg pernah di coba adalah 185 km/ jam. Tapi saran ane ini mobil akan nikmat banget kalo cruising ga lebih dari 140 km/ jam
Naahh.. reviewnya ntar ane lanjut lagi ya karena komplainnya belom kelar. Jadi posisi mobil sekarang sudah seminggu di Bengkel Honda Prima Kranji Bekasi, kenapa??? Pas minggu lalu ane mau ke Bandung pagi2 jalan jam 5.45. Keluar rumah trus nyalain AC mulai curiga koq ga dingin ya? Nanya sama istri dingin ah..katanya. mungkin masih pengaruh udara pagi jadi ga begitu kentara. Tapi setelah jalan 10 menit ini mobil dalemnya kok makin anget ya padahal udah temp paling low dan akhirnya diputuskan balik lagi ke rumah ganti mobil buat ke Bandung. Sorenya ane cek bener aja itu AC telolet... hadeeuuh.. cobaan apalagi ini. Ane cek nyalain AC kipasnya nyala dan kompresor kerja tapi ga dingin. Besoknya ke Honda Prima di terima SA nya dan ternyata... Civic ane mobil yg ke dua yg bermasalah kayak gini. Mobil sebelumnya ganti kompresor dan civic ane juga katanya. Oke lah ganti... tapi yg paling GILANYA HONDA... itu kompresor dari dijanjiin seminggu dateng, molor jadi 3 minggu... ini H tegak ASS nya parah banget kalah jauh sama merk macam Chevy, Mazda, BMW even sama Hyundai. Santa Fe FL ane pas barengan camera depannya matot.. barang nya ready tuh. Mereka beralasan ini model baru jadi part ga ready. Bingung gw sama HPM, kalo belom ready ya jangan jualan dulu. Ini kompresor AC loh.. apalagi kalo ganti transmisi kayak Unfortuner. Mau berapa lama lagi? Ane udah telpon ke HPM dan mereka janji mau percepat kompresornya. Tapi ga tau deh bakalan bisa leboh cepet apa ngga. Mobil disana juga sekalian claim dashboard yg bunyi2. Mudah2an cepet selesai deh karena ane sebenernya enjoy nyetir Civic.
So kesimpulannya : Civic adalah mobil yg enak buat dipakai dengan segala kelebihan dan kekurangan fitur yang ada. Tapi QC dan ASS Honda nya Nol besar..kayak ga siap kalo ada masalah jual ini mobil. Mungkin ane mau jual aja deh kalo udah beres, males bolak balik bengkel mulu. Dan kalo sampe ke jual ane tobat beli merk ini lagi, ga lagi lagi deh. Sama next nya emang penting banget untuk TD sebelum putusin beli sebuah mobil sambil baca2 reviewnya.
Sekian review singkat yang isinya lebih banyak komplaon daripada review. Mohon maaf gada foto karena ga tau cara uploadnya.