
Satu lagi om, apakah dari busi jg bs keliatan kalo oktan bensin yg diminumnya tdk memenuhi kebutuhannya? Misalnya mesin butuh oktan 90 tp cm dikasih puremium & gk dikasih octane booster pula, apakah bs keliatan dr busi?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
untunglah ternyata gapapaimsus2c wrote:Umumnya kalau mesin bagus, afr bagus dan heat range busi cocok, warnanya berkisar antara kecoklatan atau ke abu abuan.
Ambient warna ini konon berasala dari dominasi kandungan bbm nya sendiri. Misal dari base atau additif-nya.
Pengalaman saya dulu pakai P+, pakai agak lama, warna businya jadi kecoklatan/kemerahan (brownish tan)
Hbs itu coba pertamax, warna cenderung keabua abuan. Tapi ini tidak mesti juga, bisa saja pertamina ubah komposisi additif/base-nya jadi bisa berubah warna.
Aditif timbal sepengalaman saya menghasilkan warna kuning kemerahan, logam lainnya macam MMT warnanya dominan merah.
Bahan bakar "bersih" macam ethanol, kemungkinan residunya hanya kerak putih. Kalau LPG (gas), dominan abu abu kecoklatan.
Your poop tells you what you ate
selama kompresi ga turun mahh gapapa om...coklatMetalik wrote:@om klep
Iya om dulu saya pernah baca di klub kijang forum sebelah, mayoritas mesin 7K mulai bocor ring seher di sekitar kilometer 150rb. Saat itu di pikiran saya "ohh tenang, masih jauh..."
Ehh ternyata saya kena di 127rb![]()
Siap2nabungbuatturunmesin
Teknisnya bisa tapi susah juga.coklatMetalik wrote:Thanks penjelassannya om![]()
Satu lagi om, apakah dari busi jg bs keliatan kalo oktan bensin yg diminumnya tdk memenuhi kebutuhannya? Misalnya mesin butuh oktan 90 tp cm dikasih puremium & gk dikasih octane booster pula, apakah bs keliatan dr busi?
Sepertinya belum pak...JESKONENG wrote:Busi laser blum ada di pasaran ya
Kalau cuma ganti ring piston mestinya ngga turun total... Lumayan bisa ngurangi ongkoscoklatMetalik wrote:@om klep
Iya om dulu saya pernah baca di klub kijang forum sebelah, mayoritas mesin 7K mulai bocor ring seher di sekitar kilometer 150rb. Saat itu di pikiran saya "ohh tenang, masih jauh..."
Ehh ternyata saya kena di 127rb![]()
Siap2nabungbuatturunmesin
ring seher lemah kaya udah penyakit bawaan 7ke ya.. saya punya tokisul dulu di km 60rban sudah mulai keluar asap tipis kalau diblayer. ganti ga perlu turun mesin kok omcoklatMetalik wrote:@om klep
Iya om dulu saya pernah baca di klub kijang forum sebelah, mayoritas mesin 7K mulai bocor ring seher di sekitar kilometer 150rb. Saat itu di pikiran saya "ohh tenang, masih jauh..."
Ehh ternyata saya kena di 127rb![]()
Siap2nabungbuatturunmesin
Thanks ilmunya om, jd bisa dilihat dr busi jika udh terjadi knocking parah (yg berarti pemiliknya kebangetan kalo msh dicuekin)imsus2c wrote: Teknisnya bisa tapi susah juga.
Penampakan busi bisa dijadikan indikator berbagai kemungkinan di mesin.
Biasanya kalau oktan terlalu rendah, efek utamanya knocking.
Kalau knocking-nya ngga parah, susah dideteksi lewat busi. Tapi kalau parah, kelihatan ujung elektrodanya ada kerak putih dan jika betul betul parah, ada kemungkinan keramik selubung eletrodanya terkikis (gompal).
Soalnya kalau hanya kerak putih saja, selain oktan terlalu rendah, juga indikator busi nya salah heat range (kelas busi terlalu "panas", masuk pre- ignite range) atau AFR terlalu lean.
Saya baca2 di bbrp tempat sptnya ring seher lemah emg penyakit bawaan 7K (entah 7K-E doang atau 7K-C juga?) Kilometer 60rb udh mulai ngebul? Pdhl msh rendah bgt itu...touchme wrote:
ring seher lemah kaya udah penyakit bawaan 7ke ya.. saya punya tokisul dulu di km 60rban sudah mulai keluar asap tipis kalau diblayer. ganti ga perlu turun mesin kok om
sama kalo soal busi,yang no3 suka tiwas ga om? dulu penyakit 7ke ane gitu. selidik punya selidik ternyata dari air yang netes waktu hujan ato cuci mobil dari karet weatherstrip kap mesin yang tipis...jadi ada celah dikaret itu walo kap dah ditutup rapet
Ohh gk hrs turun total ya...imsus2c wrote:
Kalau cuma ganti ring piston mestinya ngga turun total... Lumayan bisa ngurangi ongkos
Saya sudah cukup kenyang sama tokisul bensin ini.
Pernah pelihara sampai 4 biji (2 karbu, 1 efi 2000cc, 1 efi 1800cc) buat operasional kantor.
Semuanya udah dilepas bbrp thn lalu.
setelan co itu utk menyesuaikan pengapian dgn oktan bensinnya ya om? cmiiwDOHC wrote:asem... ternyata ipah ane ad knocking jg... ceramic insulator deket electrode nya kl di perhatiin ad titik2 gompal kecil2... stel co lg dehh..
btw, utk enjin 7K... cara murah ilangin ngebul, pake oli buntut 50 macam primaxp 20-50... terbukti di mobil2 pelat merah tempat kerja ane dl... odo ampe 200an rebu bahkan ad yg 300 rebu masi di hajar terus... dan bebas ngebul...
tp perna jg ane liat 7K efi ganti oli ... odo kira2 100an rebu... masi ga ngebul loh... oli nya cuman oli 10-40 biasa pula.. ntuh suara rante keteng jg masi blm oblak...
betul om... di ipah bensin jadul masi ad tuh benda imut2... bsa ngatur jd super lelet atau jd super ganas dr tuh benda imutcoklatMetalik wrote:setelan co itu utk menyesuaikan pengapian dgn oktan bensinnya ya om? cmiiwDOHC wrote:asem... ternyata ipah ane ad knocking jg... ceramic insulator deket electrode nya kl di perhatiin ad titik2 gompal kecil2... stel co lg dehh..
btw, utk enjin 7K... cara murah ilangin ngebul, pake oli buntut 50 macam primaxp 20-50... terbukti di mobil2 pelat merah tempat kerja ane dl... odo ampe 200an rebu bahkan ad yg 300 rebu masi di hajar terus... dan bebas ngebul...
tp perna jg ane liat 7K efi ganti oli ... odo kira2 100an rebu... masi ga ngebul loh... oli nya cuman oli 10-40 biasa pula.. ntuh suara rante keteng jg masi blm oblak...
sempet berpikir gitu om, ntar ganti oli selanjutnya gk pake top1 10w40 lg, mau nyoba 20w50. msh cari2 20w50 yg bagus, soalnya di kampung saya primaxp langka. adanya mesran
di manual book, kode businya apa om,andyez86 wrote:permisi semua...mau nanya busi buat CRV RE 2.0 dikasi apa ya...klo beli di dealer agk mahal....kira2 apa busi alternatif buat mesin ini ya...makasih semua...hehhe
buku manual nya ga ada....maklum mbl 2nd ini...hahaa....bembenk95 wrote:di manual book, kode businya apa om,andyez86 wrote:permisi semua...mau nanya busi buat CRV RE 2.0 dikasi apa ya...klo beli di dealer agk mahal....kira2 apa busi alternatif buat mesin ini ya...makasih semua...hehhe
di catet trus ke toko spare part cari yang termurah
ane bantu link catalog busi NGK ama Denso
NGK
Denso
iya om. di mobil2 skrg udh gk ada kan? baut yg bisa digeser2 di delco itu jg udh gk ada (lupa baut apa ini namanya ya?)DOHC wrote:
betul om... di ipah bensin jadul masi ad tuh benda imut2... bsa ngatur jd super lelet atau jd super ganas dr tuh benda imut
20-50 ga harus primaxp koq, castrol jg ad.. shell merah jg bsa
coba iniandyez86 wrote:buku manual nya ga ada....maklum mbl 2nd ini...hahaa....bembenk95 wrote:di manual book, kode businya apa om,andyez86 wrote:permisi semua...mau nanya busi buat CRV RE 2.0 dikasi apa ya...klo beli di dealer agk mahal....kira2 apa busi alternatif buat mesin ini ya...makasih semua...hehhe
di catet trus ke toko spare part cari yang termurah
ane bantu link catalog busi NGK ama Denso
NGK
Denso
Iya baut itu om. Nama resminya apa ya?DOHC wrote:baut yg buat ngatur pengapian ?? yg d stel nya pake timing light ??
kl di ipah sehh dr awal dah ga pake delco lg..
Kalau betul itu yg dimaksud, sama mekanik disini umumnya dibilang baut setelan Napur.coklatMetalik wrote:Iya baut itu om. Nama resminya apa ya?DOHC wrote:baut yg buat ngatur pengapian ?? yg d stel nya pake timing light ??
kl di ipah sehh dr awal dah ga pake delco lg..
Kurang update kalau biaya sekarang. Mungkin antara 2.5-5 jutaan.coklatMetalik wrote:
Ohh gk hrs turun total ya...
Kira2 butuh budget brp ya ganti ring seher Kisul?
Jd inget dulu taun 2010 akhir ganti ring seher Datsun 620, abis 3 jutaan. Entah itu turun total atau nggak (blom paham detailnya, soalnya dl saya msh SMP)
Bold: Tokisulnya dimakan om?![]()
![]()
Ciri khas open loop system. Ada semacam potensio (variable) yg disini bilang setel CO.coklatMetalik wrote:setelan co itu utk menyesuaikan pengapian dgn oktan bensinnya ya om? cmiiwDOHC wrote:asem... ternyata ipah ane ad knocking jg... ceramic insulator deket electrode nya kl di perhatiin ad titik2 gompal kecil2... stel co lg dehh..
sempet berpikir gitu om, ntar ganti oli selanjutnya gk pake top1 10w40 lg, mau nyoba 20w50. msh cari2 20w50 yg bagus, soalnya di kampung saya primaxp langka. adanya mesran