memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
manasin lama2 sih kalo dirumah gak masalah ya, bisa sambil nunggu istri dandan atau beres2, cuman kalo di parkiran mall atau kantor kan ga enak kalo lama2,, sampe RPM turun aja terus jalan pelan2

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 545
- Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
- Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
- Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
hampir ga pernah manasin mobil, nyalain mobil 1-2 menit langsuung jalan. tp ada temen yang kalo mau pergi 15-20 menit sblm nya udah di nyalain 

For everything, there is a season, there is a reason...
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 11, 2016 13:57
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
pernah baca di mana" gitu dulu lupa... emang nya kalo mau panasin mobil khusus metik harus di pindahin ke N dulu ya? katanya gak boleh di P..... emang hubungannya knp bs gitu ?? [emoji2]
Sent from my ASUS_Z00AD using Seraya Motor mobile app
Sent from my ASUS_Z00AD using Seraya Motor mobile app
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
Untuk mobil yang jarang sekali dipakai.. misalnya hanya sabtu minggu.. apakah masih tetap harus dipanasin hari2 nya ya? Panasin diam atau panasin jalan baiknya. Asumsi mobil di bawah tahun 2000an..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
Captivaku kalo nungguin panas pas parkir ga panas2. Giliran dipake jalan 5 menit temperature dah di posisi normal.
Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
masy Indo mmg lucu
sering ngeluh BBM boros, tapi manasin mobil masih berlama2
kalo saya abis start mesin lgs mobil keluar garasi, trus jalan pelan2 dgn gigi rendah, AC idupin fan dulu, after jarum di atas C atau lampu indikator temp nongol above C baru idupin AC
oli gunakan full synth dan SAE rendah, spy cepat sirkulasi, ini kunci manasin mobil singkat2 aja
dan mobil juga sering dipake (oil film stay di jeroan mesin)
sering ngeluh BBM boros, tapi manasin mobil masih berlama2
kalo saya abis start mesin lgs mobil keluar garasi, trus jalan pelan2 dgn gigi rendah, AC idupin fan dulu, after jarum di atas C atau lampu indikator temp nongol above C baru idupin AC
oli gunakan full synth dan SAE rendah, spy cepat sirkulasi, ini kunci manasin mobil singkat2 aja
dan mobil juga sering dipake (oil film stay di jeroan mesin)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
Ada artikel bagus tentang memanaskan mesin sebelum jalan
http://www.msn.com/en-us/autos/ownershi ... ehp#page=1
Emang ga disarankan memanaskan mobil lama2
Bisa merusak mesin
http://www.msn.com/en-us/autos/ownershi ... ehp#page=1
Emang ga disarankan memanaskan mobil lama2
Bisa merusak mesin
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Thu Oct 02, 2014 3:42
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
kalo ane, nunggu rpm di bawah 1000, sekitar semenit, baru keluar garasi dan jalan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
10 detik max idle, langsung keluarin dari garasi, karena sesudah itu pasti bau bensin karena open wide choke, dan catalytic belum bekerja = poison. oli udah encer2 jaman sekarang, cepetlah sirkulasinya. lagian tar juga macet2an di jalan :p
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
Mobil jaman doeloe celah antar komponen masih besar tapi oli yg di pake lumayan kental, oli butuh waktu untuk melumasi komponenya. Sekarang celah antar komponen lebih kecil tapi olinya encer, oli gak perlu waktu lama untuk sirkulasi jadi mobil jaman sekarang klo manasain lama2 katakanlah 3 menitan menurut saya pemborosan 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
gak perlu panasin mobil,mobil sekarang udah canggih. malahan sebelum mesin panas juga otak ane panas duluan.....liat macetnya gang rumah ane 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
Kalo ane si liat rpm aja kalo udah turun ke 1000 rpm baru dah jalan. Kalo diparkir cuma 2-3 jam kayak ke mall malah yauda gak pake dipanasin lagi stater langsung cuss 

P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
ABEDUL wrote: Fri Apr 14, 2017 7:36 gak perlu panasin mobil,mobil sekarang udah canggih. malahan sebelum mesin panas juga otak ane panas duluan.....liat macetnya gang rumah ane![]()


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 218
- Joined: Wed Aug 13, 2014 16:18
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
manasin mobil kalo di jemur kepanasan buat nyalain ac biar dingin dulu cabin nya ....... kalo parkir dalem teduh nda pernah panasin mesin bau asep doank ......
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
cr-v RE3 keknya perlu 1-2 menitan deh biar rpm turun ke 1k an dulu
kan cold start dia ampe hampir 1.5k rpm nya
normal kan ya ?
kan cold start dia ampe hampir 1.5k rpm nya
normal kan ya ?
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
Normal.vinchazz wrote:cr-v RE3 keknya perlu 1-2 menitan deh biar rpm turun ke 1k an dulu
kan cold start dia ampe hampir 1.5k rpm nya
normal kan ya ?
Civic 1.8 ane jg 1.5k.
Sambil jalan bentar udah naik koq, perhatiin jarum temperatur aja.
Gelindingin aja jgn digas.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: RE: Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
iyo om, keluar garasi kan mundurChZ wrote: Fri Apr 14, 2017 13:14Normal.vinchazz wrote:cr-v RE3 keknya perlu 1-2 menitan deh biar rpm turun ke 1k an dulu
kan cold start dia ampe hampir 1.5k rpm nya
normal kan ya ?
Civic 1.8 ane jg 1.5k.
Sambil jalan bentar udah naik koq, perhatiin jarum temperatur aja.
Gelindingin aja jgn digas.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
cuma injek rem kok
kotak temp mah 1 menitan cuma nambah jadi 3-4 bar doank
btw kalo cold start, 10 detik awal suka ada bau macem di knalpot gitu tapi datengnya dari arah mesin bukan belakang
apakah artinya knalpot ada yg masalah ya ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
Gàk pernah manasin karena di mobil gada indikator apa2 (hrv), jadi bingung udah panas gal nya. Jadi nyalain trus gas aja jalan pelan2
ga bisa ngebut juga di parkiran

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
eh hrv gk ada indikator suhu mesin ?limaues wrote: Fri Apr 14, 2017 13:57 Gàk pernah manasin karena di mobil gada indikator apa2 (hrv), jadi bingung udah panas gal nya. Jadi nyalain trus gas aja jalan pelan2ga bisa ngebut juga di parkiran

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
Ini kayanya typical ahond.. GM2 cold start idle di 1500, kurleb 1 menit di 1000, normal idle ( non ac ) di 700an.ChZ wrote:Normal.vinchazz wrote:cr-v RE3 keknya perlu 1-2 menitan deh biar rpm turun ke 1k an dulu
kan cold start dia ampe hampir 1.5k rpm nya
normal kan ya ?
Civic 1.8 ane jg 1.5k.
Sambil jalan bentar udah naik koq, perhatiin jarum temperatur aja.
Gelindingin aja jgn digas.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Setuju om Chz di gelinding dl aja, biar sirkulasi oli mesin & transmisi betul2 max, sy biasa rolling 500m an sigap u/di gaspol.
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
Kalo sambil mundur malah bagus lagi... Sirkulasi oli di gear mundur juga berjalan baik seharusnya.vinchazz wrote: Fri Apr 14, 2017 13:56 iyo om, keluar garasi kan mundur
cuma injek rem kok
kotak temp mah 1 menitan cuma nambah jadi 3-4 bar doank
btw kalo cold start, 10 detik awal suka ada bau macem di knalpot gitu tapi datengnya dari arah mesin bukan belakang
apakah artinya knalpot ada yg masalah ya ?
Kalo saya nggak ada bar temperatur di Civic


Ahond yang ane inget seginian semua termasuk HR-V 1.8 juga. CR-V RM 2.4 dulu juga segini. Rata-rata mobil sie segini tapi ada juga yang panasnya lama jadi nggak turun2setsuka09 wrote: Fri Apr 14, 2017 15:58 Ini kayanya typical ahond.. GM2 cold start idle di 1500, kurleb 1 menit di 1000, normal idle ( non ac ) di 700an.
Setuju om Chz di gelinding dl aja, biar sirkulasi oli mesin & transmisi betul2 max, sy biasa rolling 500m an sigap u/di gaspol.
Sent from my iPhone using Tapatalk

Patokan saya biasa keluar komplek kos kos an udah siap digas itu mobil... jd keluar komplek cukup main rem ajah jalannya digelinding...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
Gw malah ga pernah panasin mobil di garasi, begitu start lsg jalan... Apalagi mobil disel, asapnya bikin mual 

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)

Dianggap hmi kalau rusak beli lagi aja, bagian dari karakter

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
Iya kayaknya honda semua cold idle startnya di 1500 rpm... di GK5 ane sama mobilio tetangga juga rpmnya segitu...setsuka09 wrote: Fri Apr 14, 2017 15:58Ini kayanya typical ahond.. GM2 cold start idle di 1500, kurleb 1 menit di 1000, normal idle ( non ac ) di 700an.ChZ wrote:Normal.vinchazz wrote:cr-v RE3 keknya perlu 1-2 menitan deh biar rpm turun ke 1k an dulu
kan cold start dia ampe hampir 1.5k rpm nya
normal kan ya ?
Civic 1.8 ane jg 1.5k.
Sambil jalan bentar udah naik koq, perhatiin jarum temperatur aja.
Gelindingin aja jgn digas.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Setuju om Chz di gelinding dl aja, biar sirkulasi oli mesin & transmisi betul2 max, sy biasa rolling 500m an sigap u/di gaspol.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Malah di mazda 2 lebih tinggi lagi di 1800 rpm kalo cold start... di innova bensin pre-FL maupun GNKI malah 2000 rpm sampe kayaknya itu bunyi visco fan bisa bangunin tetangga kalo bapak ane berangkat subuh2

P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)
Berarti benar typical H tegak kl gitu om, kl cold start di 1500 sih no problem asal jgn temp.Mesin udah panas idle segitu namanya kasus [emoji846]adrevolution wrote:Iya kayaknya honda semua cold idle startnya di 1500 rpm... di GK5 ane sama mobilio tetangga juga rpmnya segitu...setsuka09 wrote: Fri Apr 14, 2017 15:58Ini kayanya typical ahond.. GM2 cold start idle di 1500, kurleb 1 menit di 1000, normal idle ( non ac ) di 700an.ChZ wrote: Normal.
Civic 1.8 ane jg 1.5k.
Sambil jalan bentar udah naik koq, perhatiin jarum temperatur aja.
Gelindingin aja jgn digas.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Setuju om Chz di gelinding dl aja, biar sirkulasi oli mesin & transmisi betul2 max, sy biasa rolling 500m an sigap u/di gaspol.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Malah di mazda 2 lebih tinggi lagi di 1800 rpm kalo cold start... di innova bensin pre-FL maupun GNKI malah 2000 rpm sampe kayaknya itu bunyi visco fan bisa bangunin tetangga kalo bapak ane berangkat subuh2
Sent from my iPhone using Tapatalk