Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 130
- Joined: Sat Oct 15, 2016 6:00
Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
Selamat malam rekan-rekan SM. newbie butuh petunjuk dan saran.
Rencana mau beli Innova Diesel A/T pengganti Nissan Grand Livina XV A/T
Pertanyaan saya :
1. Apa bedanya Innova Diesel A/T type G dan V dari tahun 2011-2015?
Setahu newbie cuma beda grill nya aja. Kalau G dan V jelas beda.Maksud newbie type G 2011 dengan G 2012 G 2013 dst serta V 2011 dengan V 2012 V 2013 dst.
2. Menurut rekan2 SM yg worthed value to money dengan harga bekas tahun berapa yg paling OK? Soalnya range harga saya lihat di OLX tidak terlalu jauh 2011 180jt an 2012 200jt an 2013 225jt an 2014 250jt an
3. Pengecekan yg harus dilakukan ketika memilih unit mobil bekas Innova Diesel apa saja? (Masalah - masalah yg sering timbul di Innova Diesel)
Sekian pertanyaan - [ertanyaan newbie.Mohon bantuan rekan - rekan SM.Sebelumnya saya ucapkan terima kasih
Rencana mau beli Innova Diesel A/T pengganti Nissan Grand Livina XV A/T
Pertanyaan saya :
1. Apa bedanya Innova Diesel A/T type G dan V dari tahun 2011-2015?
Setahu newbie cuma beda grill nya aja. Kalau G dan V jelas beda.Maksud newbie type G 2011 dengan G 2012 G 2013 dst serta V 2011 dengan V 2012 V 2013 dst.
2. Menurut rekan2 SM yg worthed value to money dengan harga bekas tahun berapa yg paling OK? Soalnya range harga saya lihat di OLX tidak terlalu jauh 2011 180jt an 2012 200jt an 2013 225jt an 2014 250jt an
3. Pengecekan yg harus dilakukan ketika memilih unit mobil bekas Innova Diesel apa saja? (Masalah - masalah yg sering timbul di Innova Diesel)
Sekian pertanyaan - [ertanyaan newbie.Mohon bantuan rekan - rekan SM.Sebelumnya saya ucapkan terima kasih
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
1. Beda G ama V sih di :
-spion
-ac digital
-sun glass holder
-optitron meter
-bahan jok di V lebih halus & bagus
-arm rest
-cup holder blkg
-stir ama tuas transmisi dah pake wood panel ama dilapis kulit
-wood panel di dash tengah
-abs
-steering switch
-corner sensor
-colokan 12V
-spion sewarna bodi
2. Kalo yg worth sih pasti 2.5 V diesel AT, sukaan yg model GNKI sih (2011-2013)
3. Perhatikan waterpump radiator, bearing roda ama alternator, biasanya innova model lama sering kena itu 3 klo umur dah diatas 5 taon... alternator bs diperbaiki di luar dengan DC lebih murah jauh dr Beres...
-spion
-ac digital
-sun glass holder
-optitron meter
-bahan jok di V lebih halus & bagus
-arm rest
-cup holder blkg
-stir ama tuas transmisi dah pake wood panel ama dilapis kulit
-wood panel di dash tengah
-abs
-steering switch
-corner sensor
-colokan 12V
-spion sewarna bodi
2. Kalo yg worth sih pasti 2.5 V diesel AT, sukaan yg model GNKI sih (2011-2013)
3. Perhatikan waterpump radiator, bearing roda ama alternator, biasanya innova model lama sering kena itu 3 klo umur dah diatas 5 taon... alternator bs diperbaiki di luar dengan DC lebih murah jauh dr Beres...
2021 Fortuner VRZ
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 214
- Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30
Re: Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
Beda dari GNKI 2011 sama facelift 2013 cuma beda grille, tempelan lampu belakang, sama bentuk HU berubah.
Dulu pernah punya ipah diesel 2006, tiap kelipatan 100.000 km alternatornya rusak, jadi terakhir pake km 330.000, 3x ganti alternator
Untungnya yg pertama rusak di km 97.000, jadi masih garansi.
Sekarang pake GNKI diesel 2013 sampe km 170.000 alternator nggak rusak.
Dulu pernah punya ipah diesel 2006, tiap kelipatan 100.000 km alternatornya rusak, jadi terakhir pake km 330.000, 3x ganti alternator
Untungnya yg pertama rusak di km 97.000, jadi masih garansi.
Sekarang pake GNKI diesel 2013 sampe km 170.000 alternator nggak rusak.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
2011 ke 2015 ya?
Type G 2011 non facelift itu di speedometernya ga ada indikator gear nya kalo matic, kalo yg grand new sudah ada
Speedometer juga beda model, center console beda, velg berubah dimana type G GNKI pakai velg type V facelift tapi non polish, terus ke grill gondrong dia tetep pake velg yg sama cuma two tone, di grill dono ini velg type G ama V sama persis.
Kalo type V 2011 ke 2015
2011 asumsi facelift, maka bedanya lumayan banyak, model spion yg GNKi sewarna body, yg facelift masih krom, adanya front sensor, side skirt untuk GNKI, tempat kacamata yg modelnya pipih, dimana model facelift masih sama spt model 2004, model setir berubah, center console beda, velg model jari-jari.
Kalo V GNKI ke dono sih cuma beda grill, ama velgnya pakai persis punya type V two tone, velg type V GNKI dipakai type E. Last batch ada penambahan warna baru, silver muda banget, ama copper gitu, dan retract jadi standart di last batch ini.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Type G 2011 non facelift itu di speedometernya ga ada indikator gear nya kalo matic, kalo yg grand new sudah ada
Speedometer juga beda model, center console beda, velg berubah dimana type G GNKI pakai velg type V facelift tapi non polish, terus ke grill gondrong dia tetep pake velg yg sama cuma two tone, di grill dono ini velg type G ama V sama persis.
Kalo type V 2011 ke 2015
2011 asumsi facelift, maka bedanya lumayan banyak, model spion yg GNKi sewarna body, yg facelift masih krom, adanya front sensor, side skirt untuk GNKI, tempat kacamata yg modelnya pipih, dimana model facelift masih sama spt model 2004, model setir berubah, center console beda, velg model jari-jari.
Kalo V GNKI ke dono sih cuma beda grill, ama velgnya pakai persis punya type V two tone, velg type V GNKI dipakai type E. Last batch ada penambahan warna baru, silver muda banget, ama copper gitu, dan retract jadi standart di last batch ini.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 95
- Joined: Fri Sep 30, 2016 1:26
Re: Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
Di type G grill besar sama yg Grand grill kecil , yg paling keliatan bumper , grill , garnish blakang , HU , dan airbag
Boost it
Chip it
Stack it
Smoke it !
- Diesel Power -
Chip it
Stack it
Smoke it !
- Diesel Power -
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Tue May 05, 2015 5:51
Re: Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
Mmm... alternator tuh apa ya om Innova saya udah 97000 km nih, mungkin udah waktunya cek.snoepje wrote:Beda dari GNKI 2011 sama facelift 2013 cuma beda grille, tempelan lampu belakang, sama bentuk HU berubah.
Dulu pernah punya ipah diesel 2006, tiap kelipatan 100.000 km alternatornya rusak, jadi terakhir pake km 330.000, 3x ganti alternator
Untungnya yg pertama rusak di km 97.000, jadi masih garansi.
Sekarang pake GNKI diesel 2013 sampe km 170.000 alternator nggak rusak.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 264
- Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited
Re: Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
pilihan yg tepat ni mobil, irit, tenaga ok, nyaman, muatan banyak. sebenarnya hampir ga ada kelemahan, tp karena GNKI diesel ane manual jd ane ngerasa itu yg jd minus nya. gile om badan kok terasa pegel2 ya bawa yang manual, padahal ane sebelumnya pake mbl manual semua, tp ga terlalu kerasa pegel2 nya dbanding bawa ni mobil.. yg lain ngerasain hal yg sama ga ya?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 195
- Joined: Wed Feb 26, 2014 4:32
Re: Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
SM car of the year (2015 ? ) nih innova diesel. kalau bisa ambil type V bedanya banyak seperti yg om Ricz bilang . kayaknya mesin bandel sih ga terlalu banyak yg di check ,yg penting pastiin odo nya asli aja bukan puteran .
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
Saya bantu jawab ya om:
1. Kalo Innova dari 2011-2015 ada 3 model ( FL 1, GNKI, Dono)
Dimulai dari tipe G FL dulu ya, bedanya sama GNKI , ada di desain velgnya, grill, stoplamp & lampu depan, terus HUnya GNKI udah touchscreen, desain setir (GNKI mirip fortuner, sedangkan yang FL kaya kijang kapsul 2003), terus kalo yang FL Indikator gear maticnya ga ada, tapi kalo di GNKI udah ada indikator gearnya + kalo di FL ga ada airbagnya, tapi kalo GNKI tapi yang tahun 2013 keatas udah ada airbagnya . Kalo bedanya sama Dono dari GNKI, ada di desain grillnya yang lebih gede, ada reflektor tempelan di belakang , desain velg & Hu touchscreennya, kalo interiornya kayanya ga banyak deh perubahannya dibanding GNKI.
Kalo model V yang FL sama GNKI bedanya ada di desain velg, spion yang sewarna bodi, HU touchscreen + wood panel di setiap panel interiornya, sisanya sama kaya tipe g yang saya sebutkan sebelumnya, kalo dari GNKI ke dono, bedanya cuma di desain velg + reflektor doang (CMIW) & Grillnya ,serta udah ada airbag & ABS pada ketiganya (FL, GNKI, Dono)
2. 2.5 V AT 2011 FL (pra- GNKI) paling worth menurut saya, karena selain harga paling murah, saya juga paling suka desainnya yang FL (2008 akhir- 2011 akhir) karena simpel & ga ada lekukan aneh2 kaya di GNKI apalagi Dono (selera) + udah ada dual airbag + ABS & perbedaan mesin & transmisi kayanya nyaris ga ada, cuma beda aksesoris sama fitur doang hehehe.
3. Kaynya PR mobil ini ga banyak, soalnya mesinnya cukup bandel & reliable, cari aja unit yang kondisinya oke, sama odonya asli (bukan puteran)
Intinya mobil ini salah satu pilihan yang paling tepat jika sedang mencari MPV 7 seater, yang lega, nyaman , irit BBM & ASS nya terjamin, soalnya mesin dieselnya cukup bandel & peformanya ga malu2in, karena torsinya gede jadinya enak buat nyalip2 hehehe, serta sangat berpotensi untuk ditingkatkan peformanya (pasang piggyback udah naik lumayan jauh kok tenaganya) + irit BBM juga.
1. Kalo Innova dari 2011-2015 ada 3 model ( FL 1, GNKI, Dono)
Dimulai dari tipe G FL dulu ya, bedanya sama GNKI , ada di desain velgnya, grill, stoplamp & lampu depan, terus HUnya GNKI udah touchscreen, desain setir (GNKI mirip fortuner, sedangkan yang FL kaya kijang kapsul 2003), terus kalo yang FL Indikator gear maticnya ga ada, tapi kalo di GNKI udah ada indikator gearnya + kalo di FL ga ada airbagnya, tapi kalo GNKI tapi yang tahun 2013 keatas udah ada airbagnya . Kalo bedanya sama Dono dari GNKI, ada di desain grillnya yang lebih gede, ada reflektor tempelan di belakang , desain velg & Hu touchscreennya, kalo interiornya kayanya ga banyak deh perubahannya dibanding GNKI.
Kalo model V yang FL sama GNKI bedanya ada di desain velg, spion yang sewarna bodi, HU touchscreen + wood panel di setiap panel interiornya, sisanya sama kaya tipe g yang saya sebutkan sebelumnya, kalo dari GNKI ke dono, bedanya cuma di desain velg + reflektor doang (CMIW) & Grillnya ,serta udah ada airbag & ABS pada ketiganya (FL, GNKI, Dono)
2. 2.5 V AT 2011 FL (pra- GNKI) paling worth menurut saya, karena selain harga paling murah, saya juga paling suka desainnya yang FL (2008 akhir- 2011 akhir) karena simpel & ga ada lekukan aneh2 kaya di GNKI apalagi Dono (selera) + udah ada dual airbag + ABS & perbedaan mesin & transmisi kayanya nyaris ga ada, cuma beda aksesoris sama fitur doang hehehe.
3. Kaynya PR mobil ini ga banyak, soalnya mesinnya cukup bandel & reliable, cari aja unit yang kondisinya oke, sama odonya asli (bukan puteran)
Intinya mobil ini salah satu pilihan yang paling tepat jika sedang mencari MPV 7 seater, yang lega, nyaman , irit BBM & ASS nya terjamin, soalnya mesin dieselnya cukup bandel & peformanya ga malu2in, karena torsinya gede jadinya enak buat nyalip2 hehehe, serta sangat berpotensi untuk ditingkatkan peformanya (pasang piggyback udah naik lumayan jauh kok tenaganya) + irit BBM juga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
tipe paling make sense?
V diesel Matic..
dari semua kijang bengkak taun 2004-2015 yang perna saya bawa, dari E-G-V-bensin-diesel-manual-matic, yang paling berasa nyaman dan fiturnya lengkap yaa V diesel Matic.
kalo nyari kijang begini mah..
saya pilih yang kondisinya paling bagus..
tahun 2011 kalo kondisinya lebi bagus dari taun 2015 pun saya pilih taun 2011.
cari service record yang jelas, body yang belum berkarat dan minim baret, bisa cat orisinil sukur sukur..
interior bludru tipe V agak lebih mudah kotor, dan tombol-tombolnya yang cukup halus, kalok dipakek sama yang tangannya kasar mah..
somplak
go for V matic. karena everything you get with every penny you pay will be much worthed dari yang ente bakal dapat di tipe G.
V diesel Matic..
dari semua kijang bengkak taun 2004-2015 yang perna saya bawa, dari E-G-V-bensin-diesel-manual-matic, yang paling berasa nyaman dan fiturnya lengkap yaa V diesel Matic.
kalo nyari kijang begini mah..
saya pilih yang kondisinya paling bagus..
tahun 2011 kalo kondisinya lebi bagus dari taun 2015 pun saya pilih taun 2011.
cari service record yang jelas, body yang belum berkarat dan minim baret, bisa cat orisinil sukur sukur..
interior bludru tipe V agak lebih mudah kotor, dan tombol-tombolnya yang cukup halus, kalok dipakek sama yang tangannya kasar mah..
somplak
go for V matic. karena everything you get with every penny you pay will be much worthed dari yang ente bakal dapat di tipe G.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016
two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016
two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
Seinget saya dahulu beda G dan V skitar 20an jt dengan penambahan optitron, abs without ebd, ac digital, printed antena, extra peredam entah d mn aj tp terasa lbh kedap, bahan jok beda walo motif sama, kayu2an plastik, rear defogger plus hmsl, aplg yaaa.... sekarang sekenannya beda tipis jd meningan ambil V diesel metik or V bensin manual
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 214
- Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30
Re: Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
Kalo pengertian alternator mungkin bisa cari di google om, saya juga nggak terlalu ngertiredsbright wrote:Mmm... alternator tuh apa ya om Innova saya udah 97000 km nih, mungkin udah waktunya cek.snoepje wrote:Beda dari GNKI 2011 sama facelift 2013 cuma beda grille, tempelan lampu belakang, sama bentuk HU berubah.
Dulu pernah punya ipah diesel 2006, tiap kelipatan 100.000 km alternatornya rusak, jadi terakhir pake km 330.000, 3x ganti alternator
Untungnya yg pertama rusak di km 97.000, jadi masih garansi.
Sekarang pake GNKI diesel 2013 sampe km 170.000 alternator nggak rusak.
Cuma waktu itu gejalanya ada bunyi krek krek krek dari mesin, tapi cuma sebentar.
Makin lama makin sering dan makin lama hilangnya.
Kira-kira 2 minggu kemudian bunyi nggak hilang-hilang dan lampu peringatan sistem pengisian nyala.
Untungnya masih keburu nyampe ke bengkel, nggak mogok ditengah jalan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander exceed AT
Re: Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
Setau ane, alternator itu alat pembangkit listrik di mobil utk mengisi aki, lebih populer dgn sebutan 'dinamo amper', bentuknya bulat mirip kompresor AC. CMIIWsnoepje wrote:Kalo pengertian alternator mungkin bisa cari di google om, saya juga nggak terlalu ngertiredsbright wrote:Mmm... alternator tuh apa ya om Innova saya udah 97000 km nih, mungkin udah waktunya cek.snoepje wrote:Beda dari GNKI 2011 sama facelift 2013 cuma beda grille, tempelan lampu belakang, sama bentuk HU berubah.
Dulu pernah punya ipah diesel 2006, tiap kelipatan 100.000 km alternatornya rusak, jadi terakhir pake km 330.000, 3x ganti alternator
Untungnya yg pertama rusak di km 97.000, jadi masih garansi.
Sekarang pake GNKI diesel 2013 sampe km 170.000 alternator nggak rusak.
Cuma waktu itu gejalanya ada bunyi krek krek krek dari mesin, tapi cuma sebentar.
Makin lama makin sering dan makin lama hilangnya.
Kira-kira 2 minggu kemudian bunyi nggak hilang-hilang dan lampu peringatan sistem pengisian nyala.
Untungnya masih keburu nyampe ke bengkel, nggak mogok ditengah jalan
Nambahin, di trim V juga udah ada MID dgn info konsumsi BBM rata2, konsumsi BBM real time, kompas, jarak yg masih bisa ditempuh dgn sisa BBM di tangki. Jok supir di trim V juga bisa distel ketinggiannya. CMIIWak4ng wrote:Seinget saya dahulu beda G dan V skitar 20an jt dengan penambahan optitron, abs without ebd, ac digital, printed antena, extra peredam entah d mn aj tp terasa lbh kedap, bahan jok beda walo motif sama, kayu2an plastik, rear defogger plus hmsl, aplg yaaa.... sekarang sekenannya beda tipis jd meningan ambil V diesel metik or V bensin manual
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 132
- Joined: Wed Feb 03, 2016 12:40
- Location: Serpong
Re: Bingung Kijang Innova Diesel Automatic 2011-2015
Seinget saya,ak4ng wrote:Seinget saya dahulu beda G dan V skitar 20an jt dengan penambahan optitron, abs without ebd, ac digital, printed antena, extra peredam entah d mn aj tp terasa lbh kedap, bahan jok beda walo motif sama, kayu2an plastik, rear defogger plus hmsl, aplg yaaa.... sekarang sekenannya beda tipis jd meningan ambil V diesel metik or V bensin manual
Kalo dari E ke G beda 20 jt
Tp perbedaanya cuma fog lamp, grill, stir palang 3, jok yg g bisa diatur ketinggian n katanya busanya lebih jelek kualitasnya cmiiw, twitter, HU
Kalo dari G ke V beda 30 jt
kaya diatas plus list2 chrome, audio steering switch, velg
4JA-1 M/T 2014
4N15 A/T 2018
2GD-FTV A/T 2019
1KR-VET A/T 2021
4N15 A/T 2018
2GD-FTV A/T 2019
1KR-VET A/T 2021