Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

t0mmy51
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed Sep 02, 2015 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by t0mmy51 »

Profith83 wrote:
t0mmy51 wrote:Klo honda epro blue saya dah pernah pakai sampai 10.000km di brio satya, tapi mulai ga enaknya di 7500km, tarikan dah mulai berat dan bensin jadi boros, oli juga hitam pekat, klo amannya interval 5000km aja, klo mau dipakai mentok ya sampai 7500km aja saran saya
Pernah pakai 10,000 KM di brio satya itu berapa bulan om?
Saya kmrn pakai sampai 10.000km dalam waktu 7bln klo ga salah om, cuma sekali itu aja pengen buktiin apa beneran kuat sampai 10.000km, setelah itu cuma pakai per 5000km aja om
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by wenD »

Melanjutkan review oli TMO 0-20
Sudah berjalan 10.000 km dan tdk ad penguapan yg hrs menambahkan oli dan penurunan performa tdk signifikan

Skrg lg coba shell ultra 5w-40
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by ALX7 »

wenD wrote:Melanjutkan review oli TMO 0-20
Sudah berjalan 10.000 km dan tdk ad penguapan yg hrs menambahkan oli dan penurunan performa tdk signifikan

Skrg lg coba shell ultra 5w-40
oli TMO 0-20 nya dipake di mobil apa om..? dan sudah berapa bulan pakai nya...?
dr 0-20 ke 5-40 apa ga terlalu jauh spek nya..? :big_think:
I am a Driver... not a Racer...
Silentbliss
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Nov 26, 2016 5:44

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Silentbliss »

Hallo suhu2 & om Turboman,

Mau tanya untuk bmw e46 M43 318i, bagusnya ganti oli mesinnya apa ya ? Sama gardan dan transmisi perlu diganti ngga sih ya olinya, sdh 79rb km nya.

Trima kasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

Silentbliss wrote:Hallo suhu2 & om Turboman,

Mau tanya untuk bmw e46 M43 318i, bagusnya ganti oli mesinnya apa ya ? Sama gardan dan transmisi perlu diganti ngga sih ya olinya, sdh 79rb km nya.

Trima kasih
kasi aja 5W30 yg meet BMW LL 01

atau pake Kendall 5W30 semi syn bisa

gardan 75W90 GL 5

kalo spec transmisi manual biasa pake oli ATF, tapi coba cek buku manualnya
* Bukan ajakan Beli *
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Profith83 »

Satya21 wrote: Trims om doge.

Sy juga ngalami spt om,
Mulai 3000km tarikan udah gak enak, nguap lumayan, konsumsi bensin agak boros, warna oli udah item pekat.

Bener, sebaiknya pakai 5000km aja udah cukup.
Td sy ganti oli di 5500km.
Rencana mau dipakai sampai 7000km tp gak tega sama mesinnya.

Mending shell hx8 dari pd e pro blue menurut sy.

Td di sanjaya hx8 95rb per L.
Tanya2 oli lain motul 115rb, castrol A5 prof 125rb per L sama amsoil 135rb per L.

Sent from my ST26i using Seraya Motor mobile app
Om Satya pakai mobil apa?
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by walid_007 »

Yg penting oli nya asli, mo merk apa sj harga seliter sejuta.... bengkel kayak mall klo palsu ya percuma
engine roaring!
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by dimasapri »

Turboman wrote:
dimasapri wrote: Om Turbo,
Sorry muter lagi...
Seingat saya Om Turbo selalu mempertimbangan kandungan TBN & SAPS untuk menentukan oli tersebut bisa long drain atau tdk.

Kalau TBN mudah dipahami, tapi kalau SAPS apa hubungannya ya?
Kenapa oli low SAPS cepat rusak jika memakai bbm high sulphur?
Bagaimana penjelasan ilmiahnya, Om Turbo.

Serius nanya nih Om, soalnya makin ke sini makin banyak oli low SAPS yg dijual.
Mohon pencerahannya Om Turbo.
Thank you in advance, Sir
oli low SAPS biasanya juga low TBN dan "just enough" antiwear agent

perhatiin aja oli2 yg ACEA C series
Ok...I see.
Berarti TBN berbanding lurus dengan SAPS.
Thanks penjelasannya, Pak Turbo.

Kesimpulannya pendekatan ACEA ke low emision (exhaust gas), pendekatan ILSAC ke fuel economy & long drain interval (engine oi).

Mengingat bbm Pertamina masih high sulfur, mau mobil apa saja termasuk mobil eropa mending pakai oli standar API & ILSAC.
Walaupun drawback nya bakal cepat bobok cc.
Go green dicapai dari bbm jadi lbh irit dikit & long drain oil.
Bener begitu, Pak Turbo?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote:
dimasapri wrote: Om Turbo,
Sorry muter lagi...
Seingat saya Om Turbo selalu mempertimbangan kandungan TBN & SAPS untuk menentukan oli tersebut bisa long drain atau tdk.

Kalau TBN mudah dipahami, tapi kalau SAPS apa hubungannya ya?
Kenapa oli low SAPS cepat rusak jika memakai bbm high sulphur?
Bagaimana penjelasan ilmiahnya, Om Turbo.

Serius nanya nih Om, soalnya makin ke sini makin banyak oli low SAPS yg dijual.
Mohon pencerahannya Om Turbo.
Thank you in advance, Sir
oli low SAPS biasanya juga low TBN dan "just enough" antiwear agent

perhatiin aja oli2 yg ACEA C series
Ok...I see.
Berarti TBN berbanding lurus dengan SAPS.
Thanks penjelasannya, Pak Turbo.

Kesimpulannya pendekatan ACEA ke low emision (exhaust gas), pendekatan ILSAC ke fuel economy & long drain interval (engine oi).

Mengingat bbm Pertamina masih high sulfur, mau mobil apa saja termasuk mobil eropa mending pakai oli standar API & ILSAC.
Walaupun drawback nya bakal cepat bobok cc.
Go green dicapai dari bbm jadi lbh irit dikit & long drain oil.
Bener begitu, Pak Turbo?
wets wets wetsss

ACEA itu paling lengkap, mrk punya kode std utk oli :
- High SAPS
- Mid SAPS
- Low SAPS

yg selalu di update dr waktu ke waktu

kalo API service bergerak maju seiring trend, dimana saat ini rata2 ke arah low SAPS (mid - low SAPS utk yg HDEO)

ILSAC sejak GF-4 juga udah low SAPS dan ILSAC hanya utk Gasoline
* Bukan ajakan Beli *
Silentbliss
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Nov 26, 2016 5:44

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Silentbliss »

[/quote]
kasi aja 5W30 yg meet BMW LL 01

atau pake Kendall 5W30 semi syn bisa

gardan 75W90 GL 5

kalo spec transmisi manual biasa pake oli ATF, tapi coba cek buku manualnya[/quote]

Ooh okeoke om. ini mobilnya matic om, buku manualnya ilang.. mobilnya jalan tiap hari +- 15km. Oiya om ada bengkel rekomen di daerah bintaro ?

Thank you om Turbo
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

Silentbliss wrote:
kasi aja 5W30 yg meet BMW LL 01

atau pake Kendall 5W30 semi syn bisa

gardan 75W90 GL 5

kalo spec transmisi manual biasa pake oli ATF, tapi coba cek buku manualnya[/quote]

Ooh okeoke om. ini mobilnya matic om, buku manualnya ilang.. mobilnya jalan tiap hari +- 15km. Oiya om ada bengkel rekomen di daerah bintaro ?

Thank you om Turbo[/quote]

kalo matic nya 5 AT ZF dan minta std ATF 71141 maka :

bisa pake ATF Universal yg meet aneka std dan salah 1 nya 71141

tapi kalo yg 6 AT beda yah
* Bukan ajakan Beli *
Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Satya21 »

Profith83 wrote:
Satya21 wrote: Trims om doge.

Sy juga ngalami spt om,
Mulai 3000km tarikan udah gak enak, nguap lumayan, konsumsi bensin agak boros, warna oli udah item pekat.

Bener, sebaiknya pakai 5000km aja udah cukup.
Td sy ganti oli di 5500km.
Rencana mau dipakai sampai 7000km tp gak tega sama mesinnya.

Mending shell hx8 dari pd e pro blue menurut sy.

Td di sanjaya hx8 95rb per L.
Tanya2 oli lain motul 115rb, castrol A5 prof 125rb per L sama amsoil 135rb per L.

Sent from my ST26i using Seraya Motor mobile app
Om Satya pakai mobil apa?
Pakai ge8 om profith.

Sent from my ST26i using Seraya Motor mobile app
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 795
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by doge »

DOHC wrote:waduh, oli generik jgn dihajar sgitu lama.... ane pake oli epro blue, NGO, masda oil aj plg brani yg 5-30... dan itupun maksimal 7500- 8000 paling bener2 maks...... itu jg kl dihajar 3-4 bulan.... kl jarang pake, plg 6000an km jg ud ganti... ud berasa ga enak banget tarikan ama glitik nya...

ipah ane yg paling cuek ama oli busuk aj ampe berasa ga enak nya kl dihajar oli gtuan lama2...

btw, d atas ad yg bahas pake epro blue menguap ?? ane pake di ge8 ane ga perna nguap sama skali loh... apa mesin ane peret banget yahh..
ya... kenyataanya gitu mod... mungkin krn pemakaian di sby yg naujubile panasnya... mana sering stopnya drpd go klo lg di jln...
Profith83 wrote:ePro Blue itu yang tengahh tengah yah?
Type olie Honda ada 3 dari yang pling murah sampai paling mahal

ePro Green 10-30
ePro Blue 5-30
Gold 0-20

Kalau untuk iklim tropis takut pakai yang 0-20 karena udara panas.
Saya pakai yang tengah yaitu ePro Blue 5-30 di Mobil Mobilio tiap 6 bulan. Di 6 bulan tersebut KM nya sekitar 10,000 saya ganti.
iy, yg tengah"...
klo aku pke 5-30 krn ga sebrp mahal wkwk, dan kaki kanan kejam... pasti WOT klo overtake (smpe vtec kicked in, yo!)

wuu.. 10k km dlm 6bln (klo sy itu dlm 1th) ga nguap om? mobilnya stop&go ato lukot ato malah sering nge-tol? (mesinnya kan agak sama... freed L15A7, lio itu L15Z1 klo gslh...)
:ngacir:
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by carlzeiss »

Numpang tanyaa om turbo dan suhu perolian lainnya, Freed dirumah lagi pake Eneos 0w-20 non sustina dan sudah dipakai sejauh 10.200 km . Sudah kelewat bates maksimal ganti oli tapi perasaan masih enak aja sih bawanya .
Pertanyaannya,
1. apakah 0w-20 lebih rentan efek negatifntelat ganti olinya dibanding 5w-30 , karna waktu pake 5w-30 kadang mayan parah lewatnya tapi fine aja .
2. Apakah lebih rekomen balik ke 5w-30 lagi mengingat saya pasti pakainya sampe poll abis bahkan bisa telat ganti ( mobilitas lumayan tinggi, jadi sering telat ganti oli )
3. Oli apa yang rekomen diharga maks 700 ribu . Harus full synthetic biar bisa 10rb km

Terima kasih om turbo dan rekan rekan
- yang kenceng kalah sama yang wet look
t0mmy51
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed Sep 02, 2015 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by t0mmy51 »

Mau tanya donk, adakah yg pernah nyobain oli repsol??
Boleh donk dibagi pengalamannya, pngn nyobain oli repsol neo yg 5-30
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Profith83 »

doge wrote:
Profith83 wrote:ePro Blue itu yang tengahh tengah yah?
Type olie Honda ada 3 dari yang pling murah sampai paling mahal

ePro Green 10-30
ePro Blue 5-30
Gold 0-20

Kalau untuk iklim tropis takut pakai yang 0-20 karena udara panas.
Saya pakai yang tengah yaitu ePro Blue 5-30 di Mobil Mobilio tiap 6 bulan. Di 6 bulan tersebut KM nya sekitar 10,000 saya ganti.
iy, yg tengah"...
klo aku pke 5-30 krn ga sebrp mahal wkwk, dan kaki kanan kejam... pasti WOT klo overtake (smpe vtec kicked in, yo!)

wuu.. 10k km dlm 6bln (klo sy itu dlm 1th) ga nguap om? mobilnya stop&go ato lukot ato malah sering nge-tol? (mesinnya kan agak sama... freed L15A7, lio itu L15Z1 klo gslh...)
Mobilnya lumayan varasi pemakaian di Surbaya. Dari Timur ke Barat Pulag Pergi. Kadang macet kadang lempeng.

Yang rada jengkelin ada rembesan olie sedikit di bagian atas dan bawah. Yang bagian atas sekitar paking.. yang bagian bawah lumayan tetapi gak sampai netes di parkiran rumah ... tetapi lumayan melebar ... sudah complaint sih ... ii mungkin 1-2 bulan lagi KM 30,000... mau komplain sekalian pas ganti olie saja ...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by DOHC »

Profith83 wrote:
doge wrote:
Profith83 wrote:ePro Blue itu yang tengahh tengah yah?
Type olie Honda ada 3 dari yang pling murah sampai paling mahal

ePro Green 10-30
ePro Blue 5-30
Gold 0-20

Kalau untuk iklim tropis takut pakai yang 0-20 karena udara panas.
Saya pakai yang tengah yaitu ePro Blue 5-30 di Mobil Mobilio tiap 6 bulan. Di 6 bulan tersebut KM nya sekitar 10,000 saya ganti.
iy, yg tengah"...
klo aku pke 5-30 krn ga sebrp mahal wkwk, dan kaki kanan kejam... pasti WOT klo overtake (smpe vtec kicked in, yo!)

wuu.. 10k km dlm 6bln (klo sy itu dlm 1th) ga nguap om? mobilnya stop&go ato lukot ato malah sering nge-tol? (mesinnya kan agak sama... freed L15A7, lio itu L15Z1 klo gslh...)
Mobilnya lumayan varasi pemakaian di Surbaya. Dari Timur ke Barat Pulag Pergi. Kadang macet kadang lempeng.

Yang rada jengkelin ada rembesan olie sedikit di bagian atas dan bawah. Yang bagian atas sekitar paking.. yang bagian bawah lumayan tetapi gak sampai netes di parkiran rumah ... tetapi lumayan melebar ... sudah complaint sih ... ii mungkin 1-2 bulan lagi KM 30,000... mau komplain sekalian pas ganti olie saja ...

seinget ane dl om CHZ perna bahas soal rembes2 di enjin ahond seri L dehh om... cuman mnurut doi, banyakan di brio ckd... apa jangan2 di lio jg sama yahh ..... cmiiw ahh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 795
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by doge »

Profith83 wrote:
Mobilnya lumayan varasi pemakaian di Surbaya. Dari Timur ke Barat Pulag Pergi. Kadang macet kadang lempeng.

Yang rada jengkelin ada rembesan olie sedikit di bagian atas dan bawah. Yang bagian atas sekitar paking.. yang bagian bawah lumayan tetapi gak sampai netes di parkiran rumah ... tetapi lumayan melebar ... sudah complaint sih ... ii mungkin 1-2 bulan lagi KM 30,000... mau komplain sekalian pas ganti olie saja ...
lah...
rute om kebalikan saya wkwkwk...
sy dr sby barat ke timur pp..
pantes kok smpe nguap"nya sama... hahaha

rembes? lo... brb liat mesin :ngacir:
:ngacir:
thestoneroses
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 615
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by thestoneroses »

ada yang pernah gulf 10w-40?
gimana reviewunya?
Ron Asheton Forever
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

carlzeiss wrote:Numpang tanyaa om turbo dan suhu perolian lainnya, Freed dirumah lagi pake Eneos 0w-20 non sustina dan sudah dipakai sejauh 10.200 km . Sudah kelewat bates maksimal ganti oli tapi perasaan masih enak aja sih bawanya .
Pertanyaannya,
1. apakah 0w-20 lebih rentan efek negatifntelat ganti olinya dibanding 5w-30 , karna waktu pake 5w-30 kadang mayan parah lewatnya tapi fine aja .
2. Apakah lebih rekomen balik ke 5w-30 lagi mengingat saya pasti pakainya sampe poll abis bahkan bisa telat ganti ( mobilitas lumayan tinggi, jadi sering telat ganti oli )
3. Oli apa yang rekomen diharga maks 700 ribu . Harus full synthetic biar bisa 10rb km

Terima kasih om turbo dan rekan rekan
kalo 0W20 jangan kelewat jauh

oli buntut 30 kalo udah jauh bgt viskositas buntut turun ke 20

oli buntut 20 turun ke ?

kalo sampe ganti oli sering lewatin 10 rb km, boleh coba 0W30 full syn aja
* Bukan ajakan Beli *
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Profith83 »

DOHC wrote:
seinget ane dl om CHZ perna bahas soal rembes2 di enjin ahond seri L dehh om... cuman mnurut doi, banyakan di brio ckd... apa jangan2 di lio jg sama yahh ..... cmiiw ahh
Om DOHC,

Bahasnya di trit apa yah? masuk ke category MPV?
headshootamust
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Jun 14, 2009 18:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by headshootamust »

On Turboman dan senior forum,

Mohon rekomendasi 5 ranking oli berdasarkan durability n harga utk Honda freed 2013.
Serta interval penggantian oli per brp km.

Selama ini saya menggunakan:
0 - 60.000 km epro gold (interval 10k)
60.000 - skrg (69.[cencored]) castrol professional.

Pemakaian sehari2, dgn rata2 50km/hari, 10.000km/4bln.

Mohon masukannya om sekalian.

Terima kasih sebelumnya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

headshootamust wrote:On Turboman dan senior forum,

Mohon rekomendasi 5 ranking oli berdasarkan durability n harga utk Honda freed 2013.
Serta interval penggantian oli per brp km.

Selama ini saya menggunakan:
0 - 60.000 km epro gold (interval 10k)
60.000 - skrg (69.[cencored]) castrol professional.

Pemakaian sehari2, dgn rata2 50km/hari, 10.000km/4bln.

Mohon masukannya om sekalian.

Terima kasih sebelumnya.
dah cari Kendall 5W30 semi synth aja

kalo mau yg full syn, cari Amsoil ASL 5W30 harga promo

gitu aja lah
* Bukan ajakan Beli *
headshootamust
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Jun 14, 2009 18:03

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by headshootamust »

Turboman wrote:
headshootamust wrote:On Turboman dan senior forum,

Mohon rekomendasi 5 ranking oli berdasarkan durability n harga utk Honda freed 2013.
Serta interval penggantian oli per brp km.

Selama ini saya menggunakan:
0 - 60.000 km epro gold (interval 10k)
60.000 - skrg (69.[cencored]) castrol professional.

Pemakaian sehari2, dgn rata2 50km/hari, 10.000km/4bln.

Mohon masukannya om sekalian.

Terima kasih sebelumnya.
dah cari Kendall 5W30 semi synth aja

kalo mau yg full syn, cari Amsoil ASL 5W30 harga promo

gitu aja lah
Maksih on turbo.. Kalo harga dibawah Kendall rekomendasinya apa aja om?
Karna sy setiap penggantian oli kemungkinan budget naik turun tergantung isi dompet hehehehe

Thanks before om
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

headshootamust wrote:
Turboman wrote:
headshootamust wrote:On Turboman dan senior forum,

Mohon rekomendasi 5 ranking oli berdasarkan durability n harga utk Honda freed 2013.
Serta interval penggantian oli per brp km.

Selama ini saya menggunakan:
0 - 60.000 km epro gold (interval 10k)
60.000 - skrg (69.[cencored]) castrol professional.

Pemakaian sehari2, dgn rata2 50km/hari, 10.000km/4bln.

Mohon masukannya om sekalian.

Terima kasih sebelumnya.
dah cari Kendall 5W30 semi synth aja

kalo mau yg full syn, cari Amsoil ASL 5W30 harga promo

gitu aja lah
Maksih on turbo.. Kalo harga dibawah Kendall rekomendasinya apa aja om?
Karna sy setiap penggantian oli kemungkinan budget naik turun tergantung isi dompet hehehehe

Thanks before om
Kendal yg miring di Sanjaya Knalpot

lgs aja sikat 1 - 2 dus kalo harga belom naek

kalo yg harga di bawah Kendall pake 7500 km aja
* Bukan ajakan Beli *