Please...Gambarin Cara Kerja Kopling Motor Donk....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jojon
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Mar 20, 2003 2:02

Please...Gambarin Cara Kerja Kopling Motor Donk....

Post by jojon »

Tolongin dong bagaimana sich cara kerja kopling sepeda motor, baik yang manual atawa yang otomatis... dan jelasin fungsinya sebagai pemindah tenaga dan pemindah transmisi...
Kalo bisa dikasih gambar gitu... biarpun cuma sketsa atau oret-oretan... yang penting ada gambar yang jelas......

Thank's
My Fuhrer.....
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

gini, kopling yg populer kita kenal sebagai pemindah daya dari mesin ke transmisi adalah sebegai berikut:
1.kopling manual mobil
2.kopling otomatis mobil yg terintegrasi dengan transmisi matic
2.kopling manual speda motor dan otomatis ( bebek )

prinsip dasarnya ada di sini..

http://auto.howstuffworks.com/clutch1.htm

kalo kopling speda motor platnya lebih banyak daripada mobil
User avatar
jojon
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Mar 20, 2003 2:02

Post by jojon »

Wah... thank's ada animasinya...

Nah sekarang gue bingung lagi nih... ada yang bilang kopling basah, dan kopling kering... itu maksutnya apa sich...???
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Kopling basah dan kopling kering tuh bedanya yg satu basah dan yg satu kering. :e-dance: :e-dance: :e-dance:

Kopling basah maksudnya rumah kopling dan mekansime laindirendam dengan oli.Diaplikasi pd motor2 kebanyakan.
Kalo kopling kering,rumah koplingnya nggak perlu dikasih oli alias kering.Ini digunakan pd motor balap (moto-GP) agar kerja mesin lebih ringan krn tdk ada hambatan oleh cairan.
Dulu pernah ada satu set buat honda grand,harganya kalo gak salah 5 jutaan.
Speed is a game??!!
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

ivanov wrote:Kopling basah dan kopling kering tuh bedanya yg satu basah dan yg satu kering. :e-dance: :e-dance: :e-dance:

Kopling basah maksudnya rumah kopling dan mekansime laindirendam dengan oli.Diaplikasi pd motor2 kebanyakan.
Kalo kopling kering,rumah koplingnya nggak perlu dikasih oli alias kering.Ini digunakan pd motor balap (moto-GP) agar kerja mesin lebih ringan krn tdk ada hambatan oleh cairan.
Dulu pernah ada satu set buat honda grand,harganya kalo gak salah 5 jutaan.
Ada tambahan mobil memakai kopling kering karena bobotnya sehingga tidak mudah selip.

Mekanisme penarik koplingnya ada 2 macem untuk yang manual :
1. Hidrolis (kebanyakan kopling mobil, beberapa moge) dengan tekanan oli.
2. Mekanik (beberapa mobil masih menggunakan, motor) dengan tarikan kawat.
User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Post by whitewolf »

Kalo misal mobil udah pakek manual trus mo diganti matic bisa gak ya?
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

bisa aja....tergantung kadang perlu modifikasi untuk dudukanya.........
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Yah bisa lah.Kan banyak mobil yg masuk sini tp gak tersedia versi autonya.Jd tiggal cari limbah mobil yg sama buat diambil sistem gearboxnya.
Speed is a game??!!