Dial-A-Jet : Setting Jetting Otomatis tanpa bongkar² karbu

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
weechoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Thu Sep 08, 2005 13:28

Dial-A-Jet : Setting Jetting Otomatis tanpa bongkar² karbu

Post by weechoo »

asli.... sebenernya pertamanya gw penasaran ama dial-a-jet ini....
kok bisa...? bijimana caranya...?

pas gw baca² lagi...

ternyata main jet di karbu standar harus dibuat sekering mungkin ya... tapi jangan kekeringan....
baru supply bensin akan disesuaikan sebagaimana kebutuhan mesin oleh si dial-a-jet ini....
itu makanya dibilang otomatis... otomatis jetting tapinya...
artinya..kalo jetting konvensional kan ente kudu milih... mau enak di bawah-tengah...atawa enak di tengah-atas....

masalah nyedot dari methanol.... waaaah....ane tidak tahu...
ane coba cari² referensi nya... gak nemu euy...
tapi teorinya....kudunya gak bisa...
lantaran kenapa...supply bensin udah dibuat kering...
masa bensin kering ditambahin methanol....

bukan begitu om....?



eniwe....btw...baswe....top dah risetnya.... :e-clap: :e-clap:

sayang harganya mahal beueut... pengen nyoba... tapiiii....
mana harus ngelobang²in karbu lagi...hiiiiiii.....


Info selengkapnya....
http://www.sportisi.com/cmonk_modified.htm
http://www.sportisi.com/dialajet.htm
Image
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

Kalau saya baca artikelnya, artinya sistem Dial-A-Jet ini akan menambahkan komposisi bensin-udara dari karburator yang telah disetting miskin, melalui jetting yang ditusukkan di area venturi karburator. Jadi katakanlah, kalau mesin pada suatu kondisi minta 50, sedangkan karburator telah disetting cuma hanya menyediakan 35, maka Dial-A-Jet akan langsung mengkoreksi dengan menambahkan 15. Tapi kalau karburator kita setting 65 (kaya bensin), maka Dial-A-Jet tidak bisa mengkoreksi yang akan membuat sistem Dial-A-Jet tidak bekerja.

Sistem karburator konvensional saya rasakan memang sulit dibuat optimal, karena kebutuhan mesin berubah2 sedangkan karburator disetting tetap. Sistem karburator vakum sudah lebih baik, hanya saja akselerasi terdapat keterlambatan. Bila memang sistem Dial-A-Jet ini dapat memperbaikinya, saya adalah orang yang sangat tertarik sekali, sebagaimana orang yang selalu bermasalah dengan karburatornya..

Tetapi bagaimanakah Dial-A-Jet bisa tau kebutuhan mesin dengan tepat? Alat apakah itu? Elektronikakah? Berapakah keawetannya (berapa tahun/berapa km)? Mengingat harganya mahal sekali, dan pemasangannya kurang paten.
semoga selamat sampai duluan