Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
nambahin soal tekanan angin
saya cr-v ring 17 bawaan tekanan naek ke 34 depan 32 belakang lumayan membantu start awal
gk perlu sedalem dlu bejeknya waktu tekanan rata 31 semua
maybe cuma feeling aja, tpi patut dicoba sapa tau naek, cuma ya kalo ngejer nyaman sebaiknya jangan sih
soalnya efeknya jadi rada keras kalo pas ketemu jalan jelek diterabas lumayan kenceng
vinchazz wrote:@akbarfit
TS pertama kesel bukan ama situ keknya tapi gegara post ngebandingin alphard nanya fuel cons dianggep sama ama lmpv nanya fuel cons katanya sih gk cocok kelakuan nanya fc beli mobilnya alphard
lalu muncul post anda disaat suasana mulai panas
semua terjadi karena timing tidak tepat saja
smoga anda mengerti dan mampu memaklumi kekesalan Ts
untuk ts juga sabar om, tidak smua orang suka memikirkan dan membandingkan fc seperti kita
saya walopun cuma punya crv 2.4 gen 3 tpi suka itung fc kok
malah karena tau fc nya ancur saya jadi bawa ke bengkel dan pas di cek bner ada yg sudah bermasalah (maklum bekas cewe kurang terawat)
Thanks om vinchaz untuk comment nya, more or less betul begitu. And to be fair comment om akbar not half bad, hanya saja menurut saya ngga perlu lah kuliahin saya soal FC berdasarkan cc mobil karena toh pertanyaan saya spesifik soal alphard.
Intinya dari thread ini kan saya jadi tau bahwa average alphard 2.4 ini fuel consumptioon di 1:8, hasilnya siang tadi saya minta supir bawa ke simprug untuk full tune up. Menurut dia sekarang sih jauh lebih enteng, untuk efek nya ke fuel consumption nanti akan di review lebih lanjut, terlebih setelah ganti bbm dari shell super ke pertamax turbo.
Sent from my iPhone using Tapatalk
sama sama om, kita sesama member yg suka ngitungin fc emang harus sabar kalo ada yg suka bilang miring "ngapain diitung"
btw bener kata om akbar, dicoba sndiri om
reset dari 0 lalu anda tes isi full tank perta turbo (2-3 isi supaya sisa bensin lama hilang dlu)
dan inget om kaki nya jangan gatel injek mentok wkwkwk
tar gagal tes mulu kek saya ampe ngulang 2x gegara pas macet saking gk mau ngalah tiap ada sela langsung injek gas
btw alphard kok bisa tembus 1:8 yak kalo macet
itu kaki nya kuliah dimana sih, pengen belajar dah
ni cr-v udah cek ricek macem" kalo dalkot mentok di 6.9 doank
Saya senasib sm anda om, saking keselnya itu mobil gak bisa irit, yaudah saya injak aja sesuka hati. Dan gak diitung lg. Sesekali aja itung. Selalu berakhir sama. Saya bilang mungkin punya saya agak bad copy urusan irit. Krn punya teman bisa lebih.
Enak bawa mobil satunya yg di klaim boros tp aslinya irit.
He he he.
Ga mau coba naik silverbird trus tanya ke sopirnya om stealthy? Logikanya harusnya mereka jaga kaki dan settingan bengkel silver sama atau lebih irit dari auto2k
Suryaputra wrote:Coba reset MID om, tapi klo masih belum puas sm FC mbl-nya.. Ada kemungkinan:
1. Supir terbiasa melakukan hal ini (maksudnya untuk kenyamanan penumpang); Ac dan mesin nyala sekitar bbrp menit untuk mendinginkan mobil sebelum penumpang masuk mobil, dan ini dilakukan dalam keadaan diam. Untuk mesin 1000cc mungkin efeknya gak gtu besar, tp 2000cc ke atas lain cerita
2. Supir suka ngadem pake Ac dengan kondisi mesin on ketika parkir
3. Sering lewat rute macet
4. Kondisi busi, filter udara dan internal mesin perlu dicek ulang tiap interval 10rb
5. Tekanan ban jauh di bawah standard (mempengaruhi efisiensi mesin ketika jalan)
6. Suhu AC diset paling dingin, sehingga kerja kompresor AC terus on dan membebani mesin.
Mending suhu AC diset sekitar 25 C, dan hembusan fan AC yg diset lbh besar
7. Coba ganti BBM dengan oktan yg lbh tinggi
8. Jaga kaki untuk selalu berjalan di bwh RPM 3000, hindari kick-down / aksel yg berlebihan
9. Mungkin yg lain bisa nambahin
Ane setuju point 1&2... Dan ane sangat anti nunggu orang ndiemin mobil idle. Mati mesin kalo nunggu diatas 5 menit. Yes saya memang pelit. Duit bensin 5 menit bisa buat makan. Hahahaha.
Ane curiga nya boros dipake nunggu itu... Makanya pertama nanya supirnya kl nunggu ngadem gak? Kl gak dipake ngadem mungkin waktu nya serpis. Atau ecu nya lagi mabok.
Kayak jazz ge temen ane minggu lalu ecu nya mabok fc ga bisa tembus 9 padahal sudah pasang ecoblock. Sekarang 9.5 tembus macet2. Lepas aki, lepas ecoblock lalu dipasang lagi.
Di bengkel H habis servis tune up ada prosedur yang namanya recallibrate. Mobil di reset, lalu stater digas 3000 rpm konstan sampe kipas nyala. Tujuannya biar ecu nya adaptasi sama setelan barunya.
Suryaputra wrote:Coba reset MID om, tapi klo masih belum puas sm FC mbl-nya.. Ada kemungkinan:
1. Supir terbiasa melakukan hal ini (maksudnya untuk kenyamanan penumpang); Ac dan mesin nyala sekitar bbrp menit untuk mendinginkan mobil sebelum penumpang masuk mobil, dan ini dilakukan dalam keadaan diam. Untuk mesin 1000cc mungkin efeknya gak gtu besar, tp 2000cc ke atas lain cerita
2. Supir suka ngadem pake Ac dengan kondisi mesin on ketika parkir
3. Sering lewat rute macet
4. Kondisi busi, filter udara dan internal mesin perlu dicek ulang tiap interval 10rb
5. Tekanan ban jauh di bawah standard (mempengaruhi efisiensi mesin ketika jalan)
6. Suhu AC diset paling dingin, sehingga kerja kompresor AC terus on dan membebani mesin.
Mending suhu AC diset sekitar 25 C, dan hembusan fan AC yg diset lbh besar
7. Coba ganti BBM dengan oktan yg lbh tinggi
8. Jaga kaki untuk selalu berjalan di bwh RPM 3000, hindari kick-down / aksel yg berlebihan
9. Mungkin yg lain bisa nambahin
Ane setuju point 1&2... Dan ane sangat anti nunggu orang ndiemin mobil idle. Mati mesin kalo nunggu diatas 5 menit. Yes saya memang pelit. Duit bensin 5 menit bisa buat makan. Hahahaha.
Ane curiga nya boros dipake nunggu itu... Makanya pertama nanya supirnya kl nunggu ngadem gak? Kl gak dipake ngadem mungkin waktu nya serpis. Atau ecu nya lagi mabok.
Kayak jazz ge temen ane minggu lalu ecu nya mabok fc ga bisa tembus 9 padahal sudah pasang ecoblock. Sekarang 9.5 tembus macet2. Lepas aki, lepas ecoblock lalu dipasang lagi.
Di bengkel H habis servis tune up ada prosedur yang namanya recallibrate. Mobil di reset, lalu stater digas 3000 rpm konstan sampe kipas nyala. Tujuannya biar ecu nya adaptasi sama setelan barunya.
setelah major tune up, sudah seharusnya kondisi mesin segar bugar. akselerasi enteng dsb, saya takutnya FC makin boros karena kaki kanan keenakan injek pedal gas. dan biasanya ini yang sering terjadi....
ChZ wrote:
Ane setuju point 1&2... Dan ane sangat anti nunggu orang ndiemin mobil idle. Mati mesin kalo nunggu diatas 5 menit. Yes saya memang pelit. Duit bensin 5 menit bisa buat makan. Hahahaha.
Ane curiga nya boros dipake nunggu itu... Makanya pertama nanya supirnya kl nunggu ngadem gak? Kl gak dipake ngadem mungkin waktu nya serpis. Atau ecu nya lagi mabok.
Kayak jazz ge temen ane minggu lalu ecu nya mabok fc ga bisa tembus 9 padahal sudah pasang ecoblock. Sekarang 9.5 tembus macet2. Lepas aki, lepas ecoblock lalu dipasang lagi.
Di bengkel H habis servis tune up ada prosedur yang namanya recallibrate. Mobil di reset, lalu stater digas 3000 rpm konstan sampe kipas nyala. Tujuannya biar ecu nya adaptasi sama setelan barunya.
ChZ wrote:
Ane setuju point 1&2... Dan ane sangat anti nunggu orang ndiemin mobil idle. Mati mesin kalo nunggu diatas 5 menit. Yes saya memang pelit. Duit bensin 5 menit bisa buat makan. Hahahaha.
Ane curiga nya boros dipake nunggu itu... Makanya pertama nanya supirnya kl nunggu ngadem gak? Kl gak dipake ngadem mungkin waktu nya serpis. Atau ecu nya lagi mabok.
Kayak jazz ge temen ane minggu lalu ecu nya mabok fc ga bisa tembus 9 padahal sudah pasang ecoblock. Sekarang 9.5 tembus macet2. Lepas aki, lepas ecoblock lalu dipasang lagi.
Di bengkel H habis servis tune up ada prosedur yang namanya recallibrate. Mobil di reset, lalu stater digas 3000 rpm konstan sampe kipas nyala. Tujuannya biar ecu nya adaptasi sama setelan barunya.
journeytohell wrote:Saya user alphard 20 g premium.. isi pertalite kadang2 pertamax kalau untuk dalam kota di MID average nya sih 7.2-7.3 km/l (sudah lama nggak reset MID).
Boleh tahu di mid 1:6 berapa? Kalau 1:6 besar dan rutenya cukup banyak macet sih wajar pak.
Saya ga isi pertamax turbo karena pendapat pribadi saya agak mubazir mesin dengan kompresi segini dikasih oktan 98 ..
Wah itu isi pertalite dulunya pake apa tuh? Premium?
Pakai pertamax dulu, begitu ada pertalite kadang2 isi pertamax kadang2 isi pertalite... Ga pernah pakai plus/turbo.
journeytohell wrote:Saya user alphard 20 g premium.. isi pertalite kadang2 pertamax kalau untuk dalam kota di MID average nya sih 7.2-7.3 km/l (sudah lama nggak reset MID).
Boleh tahu di mid 1:6 berapa? Kalau 1:6 besar dan rutenya cukup banyak macet sih wajar pak.
Saya ga isi pertamax turbo karena pendapat pribadi saya agak mubazir mesin dengan kompresi segini dikasih oktan 98 ..
Wah itu isi pertalite dulunya pake apa tuh? Premium?
Pakai pertamax dulu, begitu ada pertalite kadang2 isi pertamax kadang2 isi pertalite... Ga pernah pakai plus/turbo.
Waduh itu nasib alphardnya bisa "journey to hell" juga tuh hehehe... canda
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
Menurut saya normal 1:6. Alphard 20 ini torsi bawahnya enak. Diinjek dikit lgs ngacir. Nah kalo sudah di rpm atas baru tenaganya kurang. Kalo rute jarak dekat terus dimana stop and go nya banyak, ini yg bikin boros. Ni alphard baru bisa hemat kalo jalannya konstan dan lama. Walaupun nanti berhenti lama karena macet. Alphard saya nggak pernah lebih dari 1:7 kalo pakainya jarak dekat dan kondisi stop and go yg banyak. Semoga bisa membantu.
paman ane punya alphard seri 10 3.0G V6 1MZ-FE 2005 , FC cuma 1:5 paling bagus 1:7 kalo lukot minumnya pertalite , sejauh ini gak ada masalah di sektor mesin
Ikut urun rembug. Ane pakai seri 20 tahun 2010 roughly dapat 1:6 atau 1:7 rute Cibubur - Gatsu mostly.
Sama aza dengan Mazda8 ane dulu (yang ane rindukan kalo weekend).
Halo, izin nimbrung juga.. saya user alphard S audioless 2.4 2010. Sekarang odometer sudah hampir 50 rb. Mobil lebih sering sy setir sendiri.
Selama saya pakai, konsumsi bbm sekitar 1:8-10an utk dalkot. Rute kebon jeruk-serpong, kuningan, pondok indah, dsb. Konsumsi bbm terparah yg pernah saya dapat sekitar 1:6 an utk rute dan kondisi yg hampir sama. Tp itu sangat jarang sekali.
Utk luar kota, sekitar 1:10-14an. Rute jkt bandung via cipularang, jkt jogja via cipali dan pantura.
Waktu itu pd saat kons bbm sekitar 1:6, saya coba carbon clean dan penggantian atf di km 30 rban, dan puji tuhan konsumsi bbm membaik.
Di mobil saya, paling irit pakai Shell tapi tenaga sepertinya sedikit berkurang yah. Pas nya pakai pertamax. Antara kons bbm dengan tenaga spt nya berimbang. Kalau pakai Total, tenaga bagus tapi kons bbm berkurang.
Maaf OOT,
Apakah teman2 user / ex user alphard ini ada yg mengalami kejadian bau sangit ketika mobil di geber? Mobil saya ada bau sangit ketika di geber rpm diatas 4rb. Lumayan mengganggu juga sih krn kebanyakan saya nyetir sendiri dan karakter nyetir tdk terlalu kalem juga.
Alphard 2013 di rumah juga ada case yang kurang lebih sama. Bau sangit muncul jika digeber rpm diatas 5rban.
majuterus wrote:Halo, izin nimbrung juga..............
Maaf OOT,
Apakah teman2 user / ex user alphard ini ada yg mengalami kejadian bau sangit ketika mobil di geber? Mobil saya ada bau sangit ketika di geber rpm diatas 4rb. Lumayan mengganggu juga sih krn kebanyakan saya nyetir sendiri dan karakter nyetir tdk terlalu kalem juga.
Alphard 2013 di rumah juga ada case yang kurang lebih sama. Bau sangit muncul jika digeber rpm diatas 5rban.
Apakah ada solusi nya utk masalah ini?
Thanks.
maaf OOT juga, bisa jadi kalo di geber keluar bau sangit karena CC / catalytic converter om. bbrpa mobil juga begitu, civic fd, camry 2.5, sama hrv dirumah kalo digerber 4rban bau sangit.
di civic fd saya ganti downpipe dan frontpipe yg no CC alhasil gak bau sama sekali saat kickdown2. semoga bisa menjawab pertanyaannya om
utk om TS, coba alphardnya full dipake sendiri selama seminggu. jalani rute yg sama. pake bahan bakar yg sama. jng lupa reset MIDnya om..
pasti ada perbedaan antara kaki om TS sama supir, saya coba pake camry 2.5, selama 5 hari rata2 MID pas dipake saya 1:7.8 dalkot kota bogor. pas diserahin supir lagi, reset MID, balik lagi ke 1:6koma kecil.
saya penasaran nglakuin hal tsb karena mobil kantor babeh camry 2.4 pake oktan 92 ko bisa tembus 1:7.5 rute dalkot jakarta which is lebih macet menurut saya. take a lot of time tapi penasaran saya ilang hehe semoga membantu om..