Livina at first drive + BBM rata2/ltr

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

ghost
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Tue Apr 10, 2007 6:59

Post by ghost »

Winata wrote:Gw ga ikutan lagi ah. Ntar bilang pake tangga lebih bagus dari monokok. Kena lagi deh gw.
Loe kan emang sasis TANGGA lebih bagus..
Kalo kita lagi bosen bisa kita buat maen ULAR TANGGA :)
sopir keraton
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Mon Apr 30, 2007 7:59

Post by sopir keraton »

Gw ga ikutan lagi ah. Ntar bilang pake tangga lebih bagus dari monokok. Kena lagi deh gw.

Betul tangga emang lebih bagus....... bagus untuk ngangkut barang.......

btw ikutan milis nisan_livina gak pak...?
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

tentusaja nyuamannya sama Bung,
dan saya bisa pastikan bahwa yang saya dapat sama nyamannya dengan yang TD. Bahkan menurut saya lebih senyap dan lebih nyaman.

jadi saya ragu tuh kalau anda berpendapat bahwa unit TD disiapkan untuk membodohi calon pelanggan karena itu sama saja dengan bunuh diri,misalkan dengan melakukan modifikasi untuk mendapatkan good impression dari calon pelanggan. jaman sekarang,pelanggan sudah cerdas-cerdas. liat saja ada yang sampai berdebat tiada akhir.
hahahhaah

Mesin GL menggunakan knocking sensor dan memiliki range pengapian yang lebih lebar. jadi dengan premiumpun, mesin akan otomatis menyesuaikan pengapian sesuai RON bahan bakar. jadi ngelitik di minimalisasi atau bahkan dibuat untuk nyaris tidak ada.
maxhari wrote:Halo Bung NissanLovers, apakah GL anda senyaman yg di TD (dalam hal suspensi dan pengendalian), soalnya kadang saya ragu dengan yg di TD sudah dimodifikasi spy lebih enak.
Trus untuk penggunaan bensin premium apakah tarikannya tetep ok (tdk ngelitik) ?
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Eehh.. buat Friendsteernya donkk.. kan bisa sahut2an juga, sambil ngeliat mukanya.. hahahahahaha...

sopir keraton wrote:Gw ga ikutan lagi ah. Ntar bilang pake tangga lebih bagus dari monokok. Kena lagi deh gw.

Betul tangga emang lebih bagus....... bagus untuk ngangkut barang.......

btw ikutan milis nisan_livina gak pak...?
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Bung maxhari. Suspensi dan pengendalian sudah bagus kok. Tapi kalo anda mau modif boleh2 aja. Yup sudah ada knocking sensornya.

Gw ga seperti bung lord yang mau perang terus. Gw dah selesai biarpun dia ajak lagi.


btw ikutan milis nisan_livina gak pak...?

Ga ikut soalnya rada pusing dan ngeleg kalo masuk millisnya
maxhari
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Thu Apr 26, 2007 4:20

Post by maxhari »

Saya jadi penasaran nih.
Bung Conan, saya ingin tanya. Kalo menurut anda dengan harga sekelas GL, mobil apa yang akan anda pilih ? (mobil baru yg ada di Indonesia). Dan apa yg menjadi pertimbangannya.

Saat ini saya sedang inden GL 1.8 XV A/T, baru saat ini saya inden mobil yg baru launching, biasanya saya beli mobil yg sudah ramai di pasaran. Krn kalo sdh ada barang di pasaran kita sdh tahu kelemahan dan kelebihannya. Tapi kemaren waktu TD GL terus terang saya langsung kesengsem dgn pengendaliannya dan kenyamanannya. Sebelumnya saya yg berniat ambil Jazz jadi berubah pikiran.
Maaf sodara2, bukan maksud saya menjelekkan Jazz, tetapi krn saya butuh mobil yg lebih besar.
ghost
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Tue Apr 10, 2007 6:59

Post by ghost »

ichsan_n wrote:Eehh.. buat Friendsteernya donkk.. kan bisa sahut2an juga, sambil ngeliat mukanya.. hahahahahaha...

sopir keraton wrote:Gw ga ikutan lagi ah. Ntar bilang pake tangga lebih bagus dari monokok. Kena lagi deh gw.

Betul tangga emang lebih bagus....... bagus untuk ngangkut barang.......

btw ikutan milis nisan_livina gak pak...?
Sudah disini saja.. bingung nanti bikin di dua tempat
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

maxhari wrote:
Saat ini saya sedang inden GL 1.8 XV A/T, baru saat ini saya inden mobil yg baru launching, biasanya saya beli mobil yg sudah ramai di pasaran. Krn kalo sdh ada barang di pasaran kita sdh tahu kelemahan dan kelebihannya. Tapi kemaren waktu TD GL terus terang saya langsung kesengsem dgn pengendaliannya dan kenyamanannya. Sebelumnya saya yg berniat ambil Jazz jadi berubah pikiran.
Maaf sodara2, bukan maksud saya menjelekkan Jazz, tetapi krn saya butuh mobil yg lebih besar.
Bung max, Livina & Jazz sama-sama mobil bagus kok, terbukti jazz jadi mobil yang laris dan Livina juga indennya udah adu gile yang sudah inden. 22nya juga saya pakai sekarang (jazz AT dipakai istri dan Livina MT skrg sering saya yang bawa).

Ambil jazz juga gak nyesel deh, handling dan power juga bagus, tapi kalau suspensi & kesenyapan kabin emang menang Livina sedikit (GL lebih nyaman). Untuk irit, tunggu saya review GL-nya, sorry karena dari mulai pake +- udah hampir 1 minggu sejak diisi penuh pertamax belum habis juga.
ghost
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Tue Apr 10, 2007 6:59

Post by ghost »

ifmarch wrote:
maxhari wrote:
Untuk irit, tunggu saya review GL-nya, sorry karena dari mulai pake +- udah hampir 1 minggu sejak diisi penuh pertamax belum habis juga.
Promosi terselubung!
maxhari
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Thu Apr 26, 2007 4:20

Post by maxhari »

Thanks pencerahannya Bung NissanLovers. Saya jadi makin PD aja inden GL
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Hehe pintar juga anda bung ifmarch.
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

ghost wrote:
ifmarch wrote:
maxhari wrote:
Untuk irit, tunggu saya review GL-nya, sorry karena dari mulai pake +- udah hampir 1 minggu sejak diisi penuh pertamax belum habis juga.
Promosi terselubung!
He...he...emang hasilnya belum tau krn belum isi bensin lagi, siapa tau nanti saya isi ulang dan dihitung dapetnya hanya 1:6, gmana lo bung ghost ?

Apa itu negatif promosi or positif promosi....he... :wink:
ghost
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Tue Apr 10, 2007 6:59

Post by ghost »

Damainya sore ini setelah pertempuran berakhir..
maxhari
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Thu Apr 26, 2007 4:20

Post by maxhari »

Maaf Bung Ghost, kayaknya yg nulis itu bukan saya deh...

BTW, Bung Ifmarch, saya sebenarnya juga tertarik Jazz, tapi agak ngeri krn ground clearancenya rendah. Jadi saya milih GL krn Ground clearance lebih tinggi, dan kenyamanan dan pengendalian jg ok, selain itu yg terpenting buat saya adalah lebih besar. Maklum hrs bisa bawa keluarga (Istri & 2 anak & baby sitter & pengikutnya...). Thanks infonya.

Bung Conan, mana pendapatnya ?
ghost
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Tue Apr 10, 2007 6:59

Post by ghost »

maxhari wrote:
Bung Conan, mana pendapatnya ?
Bung saya baru bilang damainya sore ini..
Anda malah ngundang Conan.. hari ini Winata sama Conan jangan ditaruh di satu thread.. bisa bubar lagi kedamaian
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Contoh ini yg benar untuk ditulis di Thread ini

dikutip dari email member [email protected]

==================
Review sementara GL 1.8 L M/T
Posted by: "~ Chandra B ~" [email protected] chandrabudimannich
Sun Apr 29, 2007 9:51 pm (PST)

Hari sabtu sore, saya ambil my GL di dealer. Karena sebelumnya belum pernah test drive & gak pernah lihat dengan seksama interior & eksteriornya, akhirnya kesampaian juga melototin & nyobain tuh mobil.

Pertama, rada kagok saat mundur karena kebiasaan pakai mobil lain utk mundur harus memindahkan persneling ke kanan belakang, bukannya jadi mundur tuh mobil, melainkan jadi mati mesinnya karena masuk ke gigi 6 :))Jadi kaya orang baru belajar nyetir mobil neh krn mati2 terus saat mundur.

Lewat jalan a.yani yg jalannya rada jelek, suspensi GL boleh diacungin jempol. Bantingan suspensi sangat empuk & pas lewat garis kejut yg kecil2 tinggal libas saja, gak berasa. Beda dengan mobil2 kayu atau mobil jaman batu seperti dalam iklannya :D

Peredam dalam kabin juga bagus. Suara mesin hampir tidak terdengar dari dalam & getaran dari mesin juga tidak terasa. Remnya enak, empuk di pedal & pakem. Transmisi dengan close ratio, enak saat pengoperan gigi.

Stir terasa ringan, tapi saat kecepatan tinggi (diatas 100 kmh) terasa mulai semakin berat meskipun masih tetap mudah dikendalikan.

Keempukan suspensi jadi bumerang saat melaju pada kecepatan tinggi. Meskipun kemarin cuma test sampai 120 kmh, saya coba memainkan stir ke kiri & kanan, terasa body mobil sedikit limbung. Memang situasi yg sulit, mau empuk dan nyaman atau stabil tapi keras? Bagi para speedgoers, kayanya mesti cari kombinasi suspensi aftermarket yg bisa mengadopsi keluhan ini, stabil tapi nyaman :)

Karena saya orang jaman dulu yg masih berpikiran mobil baru harus indreyen sampai 1.000 km & menurut buku owner's manual (malahan menurut buku harus sampai 1.500 km) disarankan untuk tidak melebihi RPM 4.000, saya belum berani bejek gas dalam2. Cuma bermain sampai RPM 3.000 saja. Jadi, jangan tanya akselerasi & top speednya :)

Konsumsi BBM (dengan premium) pas sabtu malam & minggu, kombinasi dalam kota dengan jalan tol tanpa kemacetan, diperoleh angka 1 : 12.Untuk hari kerja yg full macet, kemungkinan konsumsi BBM akan berkisar antara 1 : 9~10.

Demikian sekilas info.

================
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

PRITTTTTTTTTTTTTTTTTTT

Percuma ane ajakin diskusi dengan cara yang sopan dan elegant.
Ternyata di SM cuman ada tuknang maki saja yang tidak sopan dan tidak berbudaya Indonesia.
Cape dech.
Sayang saya gak punya no telp yang suka debat, bukan diskusi. Coba kalo saya punya udah saya telp, cuman 1 mitna saya.
Diskusilah dengan sopan dan elegant.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

maxhari wrote:Saya jadi penasaran nih.
Bung Conan, saya ingin tanya. Kalo menurut anda dengan harga sekelas GL, mobil apa yang akan anda pilih ? (mobil baru yg ada di Indonesia). Dan apa yg menjadi pertimbangannya.

Saat ini saya sedang inden GL 1.8 XV A/T, baru saat ini saya inden mobil yg baru launching, biasanya saya beli mobil yg sudah ramai di pasaran. Krn kalo sdh ada barang di pasaran kita sdh tahu kelemahan dan kelebihannya. Tapi kemaren waktu TD GL terus terang saya langsung kesengsem dgn pengendaliannya dan kenyamanannya. Sebelumnya saya yg berniat ambil Jazz jadi berubah pikiran.
Maaf sodara2, bukan maksud saya menjelekkan Jazz, tetapi krn saya butuh mobil yg lebih besar.
Mr. Maxhari,

Livina memang cocok untuk Anda jika Anda butuh mobil yang lebih besar daripada Jazz. Kalau Anda mau window shopping untuk alternatif, aku sarankan Anda untuk melihat2 : Suzuki SX4 dan Chevrolet Estate, dua2nya ada versi AT. Kalau Suzuki SX4 leganya tidak begitu berbeda dengan Jazz, tapi kalau Chevrolet Estate, jauh lebih lega dan berdaya muat banyak : sangat bagus value for moneynya. Selain itu, handlingnya seperti sedan dan bukan seperti MPV/supermini.
Tapi mungkin Anda tidak suka merknya saja.

Tapi kalau Anda punya dana lebih dan mau tunggu, ada Innova diesel yang mau keluar dengan mesin baru. Kalau Innova bensin aku tidak rekomendasikan karena boros, tapi kalau Innova diesel irit, dan mesin baru ini lebih bertenaga lagi, selain irit diesel modern juga sangat ideal dipasangkan dengan transmisi matic. Mengapa? Karena karakter mesin diesel yang bertorsi besar di putaran bawah. Pada mobil bensin, karena torsinya kecil pada putaran bawah, ketika berakselerasi/manuver kita seringkali melakukan kickdown dan menginjak pedal gas dalam-dalam. Ini salah satu hal yg menyebabkan mobil bensin bertransmisi matik relatif boros. Pada mesin diesel, torsi maksimum sudah didapat pada putaran bawah, misal pada Innova diesel baru nanti, lebih dari 300 Nm sudah keluar pada 2000 rpm (sebagai perbandingan saja, torsi maksimum Honda Stream 1700cc hanya sebesar 145 Nm, tercapai pada 4800 rpm). Akibatnya, untuk berakselerasi sehari2 Anda hanya perlu 'massaging' the throttle pada 1500-2000 rpm, torsi maksimum sudah keluar. Walaupun Anda tidak jadi beli diesel, nanti cobalah test drive.

Untuk bahan bakar rasanya tidak masalah jika Anda tinggal di Jakarta, bisa pakai PertaDEX atau Petronas atau Shell ataupun Biosolar dengan tambahan aditif. Aku sendiri ingin testdrive mobil ini jika nanti sudah launching.
Last edited by conan on Mon Apr 30, 2007 12:02, edited 1 time in total.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Yup innova diesel bagus. Estate juga bagus. Gw recomen sekali. Sayang nama estate hancur. Tp performa dan keiritan ga kalah. Bln 6 innova diesel masuk. Yg diesel mgkn hny jadi andalan tam dalam melawan livina. Soalnya bensin kelewat boros. Saya mau tau jg gmn peredaman dan suspensinya sudah dikoreksi belum
neostungsten
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Sun Apr 08, 2007 10:26
Location: depan notebook

Post by neostungsten »

akhirnya bung conan dan bung winata bisa sepakat soal innova diesel bagus.... :D
neos
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

OOT dikit, tp masih nyambung soal LIVINA.

Bro, gw sudah baca dari wesite nissan.co.id tentang ERA24 (mengenai ERA24 secara detail baca sendiri deh di http://www.nissan.co.id)

Disana tercantum Pembelian mobil baru Nissan secara langsung mendapat perlindungan ERA24 GRATIS.

Gw sudah tanyakan langsung ke Sales Nissan tentang ERA24 Gratis untuk pembelian mobil baru Nissan ini. Dikonfirmasi dengan jelas -> "Benar, Selama 3 Thn atau selama garansi, setelah itu perpanjang 250rb/thn."

So Guys ... buat yg sudah beli/inden Livina (Nissan secara luas) ... pastikan kamu mendapat kartu Anggota ERA24 GRATIS selama masa garansi.

Semoga info ini berguna untuk pembeli Nissan Livina. Rugi dong kalo ga dapet Kartu ERA24 GRATIS!
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Apakah Innova Diesel bisa masuk harga 170jt an spt 1.8XV AT yg di-indent maxhari?.. kalo soal besar ga usah diragukan lagi Innova lebih gede dari pada Livina
Winata wrote:Yup innova diesel bagus. Estate juga bagus. Gw recomen sekali. Sayang nama estate hancur. Tp performa dan keiritan ga kalah. Bln 6 innova diesel masuk. Yg diesel mgkn hny jadi andalan tam dalam melawan livina. Soalnya bensin kelewat boros. Saya mau tau jg gmn peredaman dan suspensinya sudah dikoreksi belum
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

maxx wrote:Apakah Innova Diesel bisa masuk harga 170jt an spt 1.8XV AT yg di-indent maxhari?.. kalo soal besar ga usah diragukan lagi Innova lebih gede dari pada Livina
Winata wrote:Yup innova diesel bagus. Estate juga bagus. Gw recomen sekali. Sayang nama estate hancur. Tp performa dan keiritan ga kalah. Bln 6 innova diesel masuk. Yg diesel mgkn hny jadi andalan tam dalam melawan livina. Soalnya bensin kelewat boros. Saya mau tau jg gmn peredaman dan suspensinya sudah dikoreksi belum
Silakan baca lagi baik2 :
conan wrote:Tapi kalau Anda punya dana lebih dan mau tunggu, ada Innova diesel yang mau keluar dengan mesin baru.
[/u]
maxhari
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Thu Apr 26, 2007 4:20

Post by maxhari »

Thanks Bung Conan atas infonya. Untuk SX4 terus terang saya tdk suka modelnya (selera sih)selain itu juga masalah daya tampung, Chevrolet Estate saya belum tau. Bukan masalah merk yang menjadi pertimbangan saya. Sampai saat ini saya sudah pernah memakai beberapa merk. Dari Mitsubishi, Toyota, Suzuki, Isuzu, dan Daihatsu. Masing2 merk (type) punya keunggulan dan kekurangan masing2.
Mengenai Innova saya rasa tidak terlalu boros, saat ini saya menggunakan Innova V A/T konsumsi BBM (Shell Super) 1 : 9. Tapi untuk Innova Diesel mesin baru kelihatannya cukup menarik juga.

Saya inden GL ini sebenarnya untuk istri saya (tapi saya juga kesengsem dgn GL), walaupun saya sdh pake mobil besar (Innova), saya tetap mencari mobil 3 baris yang cukup nyaman (krn sering bawa banyak orang)
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Wah Mr. Maxhari, kalau dari Innova bensin AT saja Anda bisa dapat rata2 1 : 9, sepertinya Anda memiliki cara mengemudi yang efisien, yang mengolah torsi maksimum sesering mungkin. Kalau Anda pakai Innova diesel, aku yakin Anda mungkin bisa sampai 50% lebih irit (atau bahkan lebih).

Innova 2.0L bensin AT : maximum torque 181 Nm (18.5 Kgm) at 4000 rpm.
Innova 2.5L diesel AT (mesin lama) : max torque 260 Nm (26.5 Kgm) at 1600-24000 rpm. Mesin baru with intercooler sepertinya 300 - 320 Nm, juga dengan tambahan 20-30 HP.