dnehemia wrote:
Wah kalo dipikir2 saya setuju dgn pendapat om kunaskun..
Benar juga ya avanza dan kembarannya bisa merajai penjualan mobil di Indonesia lebih dari satu dekade krn hampir minimal 4 thn selalu ada improvement dan tiap generasi pasti selalu ada perbaikan disisi exterior, interior, fitur dan mesin.
Livina awal muncul sampai awal 2010-an sempat mencuri perhatian krn harga menarik, fitur ok dan waktu itu sering dicompare sama ipah tapi kok ya ngak ada major update makin kesini dan itu juga yg membuat user berpaling ke brand lain...
Nah Ertiga hawa2 nya juga mirip livina nih, awal kemunculan 2012-2015 cukup booming krn harga yg menarik dan build quality yg superb utk mobil2 sekelasnya tapi ya makin kesini makin mahal dan major update nya bukan makin bagus malah ada beberapa bagian yg downgrade kayak abs, speaker pilar A dan tenaga yg diturunin, apalagi setelah kembaran calya sigra keluar makin kejepit lah ertiga.. Krn kalo ertiga main diharga up 200jt pasti user lebih milih avanza yg udh keuji durability nya atau mobilio yg engine dan akomodasinya terbukti terbesar dikelasnya...
Kalo saya boleh kasih masukan ke suzuki mungkin wagon 7 seater dgn mesin k12b bisa jadi pertimbangan buat nyaingin kembaran toyota yg baru..
Kalo buat nissan/datsun/mitsubisi bisa buat lmpv pakai platform cmf-a 7 seater pakai mesin nissan maret...
Soalnya calya-sigra terlalu menarik buat orang Indonesia dari segi akomodasi, harga, fitur dan ass...

bajaj dilabelin toyota aja pasti org indo beli kok, selama itu dipajang di showroom toyota or dai pasti dibeli

mungkin kalau ada yang jahil pajang tata nano kasih label toyota terus pajang di showroom seminggu aja, yakin bakal gempar itu dunia otomotif indo
problem kaya gini aja ga ada satupun brand di indo yang bisa tandingi selain honda. padahal ada berapa belas merek yang kepung toyota daihatsu, semuanya kalah di nafas panjang. dikiranya market indo itu kaya luar negeri, beli mobil 5 tahun pasti ganti, padahal ada yang pakenya jangka lama dan itu brand ga tau atau ga sadar the power of pedege mobkas, penentu >40% mobil itu bakal laku di market ya pedege

mereka punya power buat kontrol market cukup dengan omongan: ini bekasnya ancur

tapi berkah buat smart buyer, atau 2nd hand buyer yang jago dan rajin kulikin mobil seken
dan minta suzuki bikin mobil lagi? Gak bakalan, yang ada lagi mikirin kali kenapa ertiga dan kwr ga laku lagi

atau cuek aja karena enakan jualan carry, ga perlu pikiran ASS, karena yang beli kemungkinan besar jarang balik ke beres buat service dan beli part banyakan kw di tukang sayur
ChZ wrote:Setuju...
Produk sebagus apapun kalo ga di maintain ya percuma... Forget competing apalagi being market leader...
No product refreshment, consumer ga diingetin ada produk ini itu... Yah lambat laun pasti terlupakan.
dan karena gini, ya 2-3 tahun lagi market indo akan makin gelap, jadi ga seru d, ga ada lagi perang fitur macem2
