oh i see, thanks omb8099ok wrote: Anti seize itu semacam grease yg emang buat baut/mur. Biar bukanya lg gampang krn gak bakalan karatan. Merk rekomen loctite.
Njir, knp boil gw di share
Light Daily Modification Discussion
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: nmax
Re: Light Daily Modification Discussion
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: Light Daily Modification Discussion
Ya oom... Pipa nya dikecilin soalnya yang orisinil itu aslinya sama punya Diesel.doge wrote:klo ipah vvti at knalpotnya mesti diapain? ngempos bawahnya... (klo ngongnya biarin la.. signature)
oya, ngejar low-mid rpm... atasnya bengek biarin wkwk... (klo stdnya engine bru terasa alive di 3200an rpm)
dlu tmen bokap ada yg bilang mid muffler ato apanya gitu dikecilin diameternya.. tp krn gtw hrs dikecilin seberapa msh blm eksekusi...
oya... klo ada rekomen bengkel di sby gpp...
Di Burhan Knalpot tanggulangin, Sidoarjo. Kemaren temen saya bikin exhaust untuk Innova V Bensin MT.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Light Daily Modification Discussion
ChZ wrote:
Kalo angka saya gak berani ngomong karena belum test dyno...
Tapi sebenernya soal angka HP itu tergantung hardware lain yang dipasang juga. Kalo standar semua tapi di PnP ya naiknya pasti gak banyak. Kalo sudah ganti replacement KnN atau sejenisnya baru deh... Settingan lain juga berpengaruh.
PnP yang bener itu sebenernya bukan yang alus banget... harus disisain kulit jeruknya / dibentuk alur karena udara yang masuk ke ruang bakar perlu turbulence... Tapi terlalu turbulent juga ga bagus... makanya perlu PnP. Kalo terlalu alus malah gak ada turbulence nya.
CAI / Open air filter paling nambah maks 5HP... kalo standar semua paling 1-3HP udah bagus.
PRBS wrote:
perbedaan sebelum dan setelah PnP pasti ada (asaal dikerjakan dengan benar)..
perbedaan tenaga tiap mobil after PnP itu beda2.. ada yg dengan PnP saja kenaikannya signifikan, ada juga yang tidak.
PnP dibarengi dengan perubahan exhaust, pasti kenaikannya lumayan.. feel perubahannya sudah terasa lah..
tapi kalau nilai mutlak dynonya mungkin tidak banyak angka kenaikannya..
contoh peugeot saya, sewaktu di PnP oleh montir saya, dia bilang ga terlalu banyak effortnya.. kenapa? karena bawaan peugeot sudah bagus.. kalau di PnP maksimal malah takut ngempos.. karena kulit jeruknya jadi ilang semua. (kayak yg masbro CHZ bilang).
PnP kalau benar pasti ada perubahannya (tergantung feel driver ya), tapi kalau ngawur aplikasinya.. bisa ngempos.. tapi kenaikan Hp ga bisa dibilang banyak.. makanya ga semua orang mau PnP.. harus cari mekanik yg benar2 ngerti..
oiya, katanya PnP di mobil manual dengan matic feelnya beda ya? lebih kerasa di mobil manual katanya..
CMIIW dong

Jadi gitu ya
Makanya saya dari dulu penasaran
Oke deh kalo begitu makasih banyak om chz dan om prbs
Btw om PRBS, peug nya om setelah di pnp kerasanya lebih nendang gitu atau gimana om? Feelnya? Mobilnya matic manual?

'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Light Daily Modification Discussion
Hrv 1.5 e
- sarung jok mbtech warna item
- door trim ganti jdi kulit (aslinya bahannya gk enak)
- trim trim chrome di interior tak spidolin warna biru
- sharkfin
- karpet all weather
- peredam di pintu and bagasi
- stiker, 'shoshinsha' (alias stiker jdm alay)
Next
- air filter knn & exhaust system change
- ganti grill mugen dan spoiler nya
- ganti lampu dpn dan drl
- dastek??
- sarung jok mbtech warna item
- door trim ganti jdi kulit (aslinya bahannya gk enak)
- trim trim chrome di interior tak spidolin warna biru
- sharkfin
- karpet all weather
- peredam di pintu and bagasi
- stiker, 'shoshinsha' (alias stiker jdm alay)
Next
- air filter knn & exhaust system change
- ganti grill mugen dan spoiler nya
- ganti lampu dpn dan drl
- dastek??
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Light Daily Modification Discussion
@michaelgiri
peugeot saya setelah di pnp ga begitu signifikan sih.
perubahan tetap ada.. gelitik ilang. padahal tetap pake pertamax. tapi kalo agresifnya kayaknya sama.. soalnya bawaannya udah lincah banget. waktu itu PnP karena montir lagi ada yg nganggur. jadi iseng..
yg signifikan pas saya ganti full exhaust dari header sampe belakang. topspeed bisa tembus. btw pug saya manual.
peugeot saya setelah di pnp ga begitu signifikan sih.
perubahan tetap ada.. gelitik ilang. padahal tetap pake pertamax. tapi kalo agresifnya kayaknya sama.. soalnya bawaannya udah lincah banget. waktu itu PnP karena montir lagi ada yg nganggur. jadi iseng..
yg signifikan pas saya ganti full exhaust dari header sampe belakang. topspeed bisa tembus. btw pug saya manual.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: RE: Re: Light Daily Modification Discussion
i see... tq"ChZ wrote:Ya oom... Pipa nya dikecilin soalnya yang orisinil itu aslinya sama punya Diesel.doge wrote:klo ipah vvti at knalpotnya mesti diapain? ngempos bawahnya... (klo ngongnya biarin la.. signature)
oya, ngejar low-mid rpm... atasnya bengek biarin wkwk... (klo stdnya engine bru terasa alive di 3200an rpm)
dlu tmen bokap ada yg bilang mid muffler ato apanya gitu dikecilin diameternya.. tp krn gtw hrs dikecilin seberapa msh blm eksekusi...
oya... klo ada rekomen bengkel di sby gpp...
Di Burhan Knalpot tanggulangin, Sidoarjo. Kemaren temen saya bikin exhaust untuk Innova V Bensin MT.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
gnti fullsystem ato 1 ato bbrp bagian aja bisa?

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Light Daily Modification Discussion
PnP menurut ane cuma bagian dari "finishing touch" sih... ketika hardware sudah di upgrade semua (intake/exhaust) baru PnP bisa memberikan hasil maksimal...PRBS wrote:@michaelgiri
peugeot saya setelah di pnp ga begitu signifikan sih.
perubahan tetap ada.. gelitik ilang. padahal tetap pake pertamax. tapi kalo agresifnya kayaknya sama.. soalnya bawaannya udah lincah banget. waktu itu PnP karena montir lagi ada yg nganggur. jadi iseng..
yg signifikan pas saya ganti full exhaust dari header sampe belakang. topspeed bisa tembus. btw pug saya manual.
Teknik PnP ada banyak ... bisa cek sendiri di yutub... ada juga yang alurnya di modifikasi... misalnya dibuat motif bola golf gini...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Light Daily Modification Discussion
Sekalian mau nanya dong....
Klo mau ganti exhaust system bwt mesin L15, ada rekomendasi gk kyk gmn, apa ganti front and midpipe + muffler cukup bwt ningkatin akselerasi scara noticeable
Klo mau ganti exhaust system bwt mesin L15, ada rekomendasi gk kyk gmn, apa ganti front and midpipe + muffler cukup bwt ningkatin akselerasi scara noticeable
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: Light Daily Modification Discussion
Rekomen ganti full... tapi kalo buat harian seharusnya header saja cukup...doge wrote:
i see... tq"
gnti fullsystem ato 1 ato bbrp bagian aja bisa?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Light Daily Modification Discussion
Suhu nih...sarapannya asep knalpot yo chris?ChZ wrote:Rekomen ganti full... tapi kalo buat harian seharusnya header saja cukup...doge wrote:
i see... tq"
gnti fullsystem ato 1 ato bbrp bagian aja bisa?
Btw, dah pesen full system e ord? Test yo kapan2
Sent from my iPhone using Tapatalk
Soul Red zoom zoom
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Light Daily Modification Discussion
Muffler masih dalam perjalanan bro... sik nyangkut nang juanda iku loh...nyotnyet wrote: Suhu nih...sarapannya asep knalpot yo chris?
Btw, dah pesen full system e ord? Test yo kapan2
Sent from my iPhone using Tapatalk

Nteni ngkok pas wes ganti reson sisan ae... aku rencana bulan depan tuku reson... nanggung nek ga ganti reson sisan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Light Daily Modification Discussion
Metik?anrico17 wrote:Sekalian mau nanya dong....
Klo mau ganti exhaust system bwt mesin L15, ada rekomendasi gk kyk gmn, apa ganti front and midpipe + muffler cukup bwt ningkatin akselerasi scara noticeable
Coba main di DP + FP + resonator
Kalo mau suara tanbah garang ya bisa ganti muffler juga.
Kalo merk relatif, tapi kalo om Chris ngmg bagus harusnya bagus sih. Soalnya kalo orang lain nyudut rokok, orang ini nyudut exhaust. Wkwkwk.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Light Daily Modification Discussion
sarapannya kalo orang roti ama kopi, dia ampas ama asep exhaust yo...sintoni wrote:Metik?anrico17 wrote:Sekalian mau nanya dong....
Klo mau ganti exhaust system bwt mesin L15, ada rekomendasi gk kyk gmn, apa ganti front and midpipe + muffler cukup bwt ningkatin akselerasi scara noticeable
Coba main di DP + FP + resonator
Kalo mau suara tanbah garang ya bisa ganti muffler juga.
Kalo merk relatif, tapi kalo om Chris ngmg bagus harusnya bagus sih. Soalnya kalo orang lain nyudut rokok, orang ini nyudut exhaust. Wkwkwk.
Wis BTT...hahahaha
Asik, kabari nek wis jadi mobil e chris
Sent from my iPhone using Tapatalk
Soul Red zoom zoom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Light Daily Modification Discussion
Thank you om jawabannya, mau nanya lg... Klo misalnya pasang Down ama front pipe itu apa efeknya ketahanan kalo pk muffler biasa, soalnya gk mau berisik...sintoni wrote:Metik?anrico17 wrote:Sekalian mau nanya dong....
Klo mau ganti exhaust system bwt mesin L15, ada rekomendasi gk kyk gmn, apa ganti front and midpipe + muffler cukup bwt ningkatin akselerasi scara noticeable
Coba main di DP + FP + resonator
Kalo mau suara tanbah garang ya bisa ganti muffler juga.
Kalo merk relatif, tapi kalo om Chris ngmg bagus harusnya bagus sih. Soalnya kalo orang lain nyudut rokok, orang ini nyudut exhaust. Wkwkwk.
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Light Daily Modification Discussion
Ya kalo menurut ane muffler sih ga terlalu pengaruh ke tenaga, lebih ke sound.anrico17 wrote:Thank you om jawabannya, mau nanya lg... Klo misalnya pasang Down ama front pipe itu apa efeknya ketahanan kalo pk muffler biasa, soalnya gk mau berisik...sintoni wrote:Metik?anrico17 wrote:Sekalian mau nanya dong....
Klo mau ganti exhaust system bwt mesin L15, ada rekomendasi gk kyk gmn, apa ganti front and midpipe + muffler cukup bwt ningkatin akselerasi scara noticeable
Coba main di DP + FP + resonator
Kalo mau suara tanbah garang ya bisa ganti muffler juga.
Kalo merk relatif, tapi kalo om Chris ngmg bagus harusnya bagus sih. Soalnya kalo orang lain nyudut rokok, orang ini nyudut exhaust. Wkwkwk.
Kalo ganti DP sama FP aja ya pasti ada perubahan suara, tapi tetap ga separah kalo dibandingkan sama ganti muffler. Hehe.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Light Daily Modification Discussion
* ngacungChZ wrote:[
Dulu sempet ngetrend air funnel billion... Biasa disambungin lewat slot foglamp atau malah kadang bolongin body. masih adakah yang pake?
sempet iseng bkin buat ferio... dan sempet mau dipindahin ke GL cuman ga jadi...
kl di ferio, potong ujung intake trus sambungin belalai, ngambil angin di blakang tempat foglamp... krn ferio ane ga ad foglamp, jd taruh ujung belalai nya disitu... cuman ga bolongin rumah slot foglamp krn takut ribet kl pas ujan...
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Light Daily Modification Discussion
Bir itu apa?nyotnyet wrote:sarapannya kalo orang roti ama kopi, dia ampas ama asep exhaust yo...sintoni wrote: Metik?
Coba main di DP + FP + resonator
Kalo mau suara tanbah garang ya bisa ganti muffler juga.
Kalo merk relatif, tapi kalo om Chris ngmg bagus harusnya bagus sih. Soalnya kalo orang lain nyudut rokok, orang ini nyudut exhaust. Wkwkwk.
Wis BTT...hahahaha
Asik, kabari nek wis jadi mobil e chris
Sent from my iPhone using Tapatalk
Enakan minum LiquiMoly 5W-30...

Gak masalah, muffler cukup std saja buat harian sih klw gak mau berisik... Mending muffler standar daripada muffler beli murah 400ribu replika, banyak ngemposnya... Reson dan Muffler std sudah cukup optimal karena didesain khusus sesuai peruntukan mobil tersebut... Buat mobil matic saya gak brani sembarangan soal exhaust... kapok kemarin pasang muffler 300ribuan ngempos.anrico17 wrote: Thank you om jawabannya, mau nanya lg... Klo misalnya pasang Down ama front pipe itu apa efeknya ketahanan kalo pk muffler biasa, soalnya gk mau berisik...
DP+FP kan wajib diganti karena ada katalis disana... bikin respon mobil jadi bolot karena ketahan...
Ane sekarang kan reson sama muffler masih standar cuma ganti downpipe... lebih irit dari waktu std dengan cara nyetir sama.
Coba add line ORDExhaust aja... orangnya enak diajak konsultasi...
*bukan sales ORDExhaust.
Last edited by ChZ on Fri Oct 28, 2016 11:29, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Light Daily Modification Discussion
Ngaruh seberapa mbah klep...? Dari dulu penasaran, cuma sekarang kok makin jarang orang pasang... apa productnya sudah gak avail di pasaran lagi?DOHC wrote:
* ngacung
sempet iseng bkin buat ferio... dan sempet mau dipindahin ke GL cuman ga jadi...
kl di ferio, potong ujung intake trus sambungin belalai, ngambil angin di blakang tempat foglamp... krn ferio ane ga ad foglamp, jd taruh ujung belalai nya disitu... cuman ga bolongin rumah slot foglamp krn takut ribet kl pas ujan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Light Daily Modification Discussion
ChZ wrote:Ngaruh seberapa mbah klep...? Dari dulu penasaran, cuma sekarang kok makin jarang orang pasang... apa productnya sudah gak avail di pasaran lagi?DOHC wrote:
* ngacung
sempet iseng bkin buat ferio... dan sempet mau dipindahin ke GL cuman ga jadi...
kl di ferio, potong ujung intake trus sambungin belalai, ngambil angin di blakang tempat foglamp... krn ferio ane ga ad foglamp, jd taruh ujung belalai nya disitu... cuman ga bolongin rumah slot foglamp krn takut ribet kl pas ujan...
anuu.... itu dulu masang karena masi jaman ababil... sok2an aliran JDM wannabe...

btw kl dibilang ngaruh... utk pmakaian normal kayanya ga tralu om... malah lebi nendang waktu ganti AF aftermarket, pas di bejeg lebi ngisi...
itu belalai2 gtuan masi dijual koq di jakarta om... cman kayanya ud jarang yg beli...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Light Daily Modification Discussion
btw lite tuning ipah tuwir ane...
- poles TB (ngikutin cara2 nya dr forum sebelah)
- make busi twin tip (ngikutin saran si mods hansiong)
kenaikan HP kira2 jd 1000 bhp...............
- poles TB (ngikutin cara2 nya dr forum sebelah)
- make busi twin tip (ngikutin saran si mods hansiong)
kenaikan HP kira2 jd 1000 bhp...............
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: RE: Re: Light Daily Modification Discussion
ok, makasihChZ wrote:Rekomen ganti full... tapi kalo buat harian seharusnya header saja cukup...doge wrote:
i see... tq"
gnti fullsystem ato 1 ato bbrp bagian aja bisa?


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: Light Daily Modification Discussion
oalahhhChZ wrote:Hmm belum coba ironcraft... udah telanjur pake ORDstevenanthony wrote:denger2 dari bbrp temen, lebih suggest pake ironcraft dibanding ord, katanya sih tenaganya lebih ga ngempos sama lebih cocok kalo matic... kalo ga salah ironcraft bikin di dd exhaust kalo ord di budi. CMIIW
kalo ane rencana di mobil daily mau colok pelek aftermarket sama coilover, kalo exhaust kayaknya tipsnya yg chrome aja, karena kalo ganti exhaust keberisikan ga nyaman juga kalo lagi capek...
sama paling illumination light, biar kalo malem di dalem ga gelap2 amat, sisanya ane printilan exterior macem lampu ato semacemnyacuma kalo H kayaknya pada rekomen bikin di ORD sih... ownernya ngerti banget mesin H soalnya

2015 Honda HR-V E CVT
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47
Re: Light Daily Modification Discussion
Ini hasil dyno sama fotonya omnuelgs wrote:Ikutan share ya kalo saya sih lebih suka upgrade tenaga
Jazz GK5 MT:
- Full exhaust system ORD
- Dastek Q4
- Velg Rep. RPF01 15" by SSW
- Champiro SX2 195/50/15
- Tein S-Tech
- Red emblem depan+belakang+stir
- Kaca film heat protection premium
Wishlist:
-PnP mesin + tb
-Velg oriChZ wrote:Waaaah asik ni modifnya.... boleh dishare gain berapa HP dan berapa Nm torque?
Oyah foto mobilnya juga boleh kalo mau dipamerin (kayak oom F272) hahahaha... saya malah berharap banyak foto-foto disini. Jadi buat ngeracun SMer yang mobilnya masih ting-ting![]()


run 1 dengan full exhaust saja
run 4 full exhaust + dastek Q4

Last edited by nuelgs on Fri Oct 28, 2016 14:28, edited 2 times in total.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47
Re: Light Daily Modification Discussion
Edited
Sorry salah post mod

Sorry salah post mod

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Light Daily Modification Discussion
Ini full system pake apa aja ya, penasaran bs nambah 20hp cm ganti knalpot....nuelgs wrote:Ini hasil dyno sama fotonya omnuelgs wrote:Ikutan share ya kalo saya sih lebih suka upgrade tenaga
Jazz GK5 MT:
- Full exhaust system ORD
- Dastek Q4
- Velg Rep. RPF01 15" by SSW
- Champiro SX2 195/50/15
- Tein S-Tech
- Red emblem depan+belakang+stir
- Kaca film heat protection premium
Wishlist:
-PnP mesin + tb
-Velg oriChZ wrote:Waaaah asik ni modifnya.... boleh dishare gain berapa HP dan berapa Nm torque?
Oyah foto mobilnya juga boleh kalo mau dipamerin (kayak oom F272) hahahaha... saya malah berharap banyak foto-foto disini. Jadi buat ngeracun SMer yang mobilnya masih ting-ting![]()
run 1 dengan full exhaust saja
run 4 full exhaust + dastek Q4
Om chz ama om sintoni thx you jawabnya td...
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15