Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Siang all, lama gak login.
Forum keliatannya masih gini-gini aja ya dari dulu.. hehehe..
Mau share sedikit cerita lucu nih. Lama nggak main di SM tapi saya iseng-iseng tetep ngikutin perkembangan otomotif. Akhir-akhir ini saya lebih seneng belajar dari forum-forum otomotif di luar, mulai dari perawatan biasa, detailing sampai yang [cencored] performance atau tuning tampilan. Pun mulai aktif di beberapa grup otomotif yang intens sekali diskusinya (bisa sampai ribuan chat dalam 1 jam).
Dalam forum-forum / grup tersebut, saya perhatikan yang dominan jumlahnya adalah orang-orang yang baru menjajaki / baru belajar otomotif / baru mencoba mengenal mobilnya dan belajar improvisasi. Dan biasanya dalam suatu komunitas selalu ada seseorang yang berusaha keras membentuk opini baik independen, atau sales beneran, atauu sales terselubung. Personally, I am totally fine with it, karena mereka yang memberi warna dan paling sering membuka obrolan ke range yang jauh lebih luas.
Permasalahannya, seringkali (mungkin karena faktor range usia pengguna forum juga – yang cenderung kebanyakan remaja) pembentukan opini ini kecenderungan mendukung sesuatu yang nyeleneh dan secara teknis malah bikin mobil-mobil user yang lagi cari ilmu ini suffer.
Berikut beberapa contoh hal terkonyol (menurut saya) yang pernah saya baca:
1. “Naikin aja tenaganya pakai chip sampai maksimal!”
Kasus pertama yang bikin saya ngeh, sampe ngakak, ada di forum VW luar negeri. Ada tren dimana member forumnya percaya bahwa yang paling worth dibeli saat ini adalah varian TSI 1.4. Kenapa? Karena performanya bisa di tuning maksimal bahkan sampai mendekati Golf R.
Ada satu kasus dimana ada member yang TSI nya baru datang kena racun ini. Dan dia beli barang-barangnya dari anggota forumnya juga (lupa merknya antara CR atau Nitrotech) yang di mapping kenaikan tenaganya dari sekitaran 120hp/200Nm ke 230hp/350Nm oleh si penjual. Padahal sudah ada yang ngomong kalau ABT saja membatasi mappingnya hingga 160hp/250Nm tanpa mengubah parts lain. Tapi karena reputasi seller member di forum ini cukup tinggi (sering koar-koar) dan banyak yang terpana ucapannya dan pada akhirnya banyak member ended up support (walau ga pernah beli/pakai produknya secara langsung), jadinya terjadilah transaksi.
Long story short, cylinder head gasketnya mbleduk.
Saya pernah baca juga ada orang share di situs Jalopnik mobil dieselnya mbleduk head gasketnya gara-gara chip tuning juga.
Dan rasanya tren ini juga marak di Indonesia, walau rasanya belum pernah secara langsung liat orang Indonesia yang kena masalah mencak2 di forum.
2. “Potong per aja, rasanya sama kok sama beli aftermarket.”
3. “Lebarin ban biar stance.”
Untuk kasus 2 dan 3 saya rasa ga perlu di jelasin ya... Apalagi tren stance/hellaflush yang udah menyimpang suangat juauh dari kodrat aslinya yang sebenernya hanya maksimalisasi width dan offset jadi bannya keluar-keluar gak jelas dari bodynya. Terus yang bikin ngakak kalau liat di forum ada yang nanya gimana cara bikin mobil yang di stance nyaman dipakai sehar-hari, terus disaut sama member-member lain yang komentar miring sambil bilang kalau mobil stance mereka tetep nyaman dipakai sehari-hari , bahkan ga jauh beda kenyamanannya dari kondisi standarnya.
Nah, demikian beberapa hal yang menurut saya konyol tapi nyata. Mungkin rekan-rekan bisa share hal yang menurut rekan-rekan sama konyolnya atau mungkin bahkan lebih konyol lagi dari diatas. Monggo.
Forum keliatannya masih gini-gini aja ya dari dulu.. hehehe..
Mau share sedikit cerita lucu nih. Lama nggak main di SM tapi saya iseng-iseng tetep ngikutin perkembangan otomotif. Akhir-akhir ini saya lebih seneng belajar dari forum-forum otomotif di luar, mulai dari perawatan biasa, detailing sampai yang [cencored] performance atau tuning tampilan. Pun mulai aktif di beberapa grup otomotif yang intens sekali diskusinya (bisa sampai ribuan chat dalam 1 jam).
Dalam forum-forum / grup tersebut, saya perhatikan yang dominan jumlahnya adalah orang-orang yang baru menjajaki / baru belajar otomotif / baru mencoba mengenal mobilnya dan belajar improvisasi. Dan biasanya dalam suatu komunitas selalu ada seseorang yang berusaha keras membentuk opini baik independen, atau sales beneran, atauu sales terselubung. Personally, I am totally fine with it, karena mereka yang memberi warna dan paling sering membuka obrolan ke range yang jauh lebih luas.
Permasalahannya, seringkali (mungkin karena faktor range usia pengguna forum juga – yang cenderung kebanyakan remaja) pembentukan opini ini kecenderungan mendukung sesuatu yang nyeleneh dan secara teknis malah bikin mobil-mobil user yang lagi cari ilmu ini suffer.
Berikut beberapa contoh hal terkonyol (menurut saya) yang pernah saya baca:
1. “Naikin aja tenaganya pakai chip sampai maksimal!”
Kasus pertama yang bikin saya ngeh, sampe ngakak, ada di forum VW luar negeri. Ada tren dimana member forumnya percaya bahwa yang paling worth dibeli saat ini adalah varian TSI 1.4. Kenapa? Karena performanya bisa di tuning maksimal bahkan sampai mendekati Golf R.
Ada satu kasus dimana ada member yang TSI nya baru datang kena racun ini. Dan dia beli barang-barangnya dari anggota forumnya juga (lupa merknya antara CR atau Nitrotech) yang di mapping kenaikan tenaganya dari sekitaran 120hp/200Nm ke 230hp/350Nm oleh si penjual. Padahal sudah ada yang ngomong kalau ABT saja membatasi mappingnya hingga 160hp/250Nm tanpa mengubah parts lain. Tapi karena reputasi seller member di forum ini cukup tinggi (sering koar-koar) dan banyak yang terpana ucapannya dan pada akhirnya banyak member ended up support (walau ga pernah beli/pakai produknya secara langsung), jadinya terjadilah transaksi.
Long story short, cylinder head gasketnya mbleduk.
Saya pernah baca juga ada orang share di situs Jalopnik mobil dieselnya mbleduk head gasketnya gara-gara chip tuning juga.
Dan rasanya tren ini juga marak di Indonesia, walau rasanya belum pernah secara langsung liat orang Indonesia yang kena masalah mencak2 di forum.
2. “Potong per aja, rasanya sama kok sama beli aftermarket.”
3. “Lebarin ban biar stance.”
Untuk kasus 2 dan 3 saya rasa ga perlu di jelasin ya... Apalagi tren stance/hellaflush yang udah menyimpang suangat juauh dari kodrat aslinya yang sebenernya hanya maksimalisasi width dan offset jadi bannya keluar-keluar gak jelas dari bodynya. Terus yang bikin ngakak kalau liat di forum ada yang nanya gimana cara bikin mobil yang di stance nyaman dipakai sehar-hari, terus disaut sama member-member lain yang komentar miring sambil bilang kalau mobil stance mereka tetep nyaman dipakai sehari-hari , bahkan ga jauh beda kenyamanannya dari kondisi standarnya.
Nah, demikian beberapa hal yang menurut saya konyol tapi nyata. Mungkin rekan-rekan bisa share hal yang menurut rekan-rekan sama konyolnya atau mungkin bahkan lebih konyol lagi dari diatas. Monggo.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
pertamax diamanken.....
tenks a lot untuk mod helm yang selalu dengan analisis yang tajam dan mendalam dari berbagai sudut.
bahkan dengan helm full face dan kaca gelep pun masih dapat melihat jeli.
ane juga merasakan hal yang sama dari forum. banyak yang gak paham terjebak dalam lumpur samar2 ini... macam luwak dibungkus kopi lah...
sayangnya si samar2 ini gak berani terus terang siapa dirinya. selalu berlindung dibalik topeng...
tenks a lot untuk mod helm yang selalu dengan analisis yang tajam dan mendalam dari berbagai sudut.
bahkan dengan helm full face dan kaca gelep pun masih dapat melihat jeli.
ane juga merasakan hal yang sama dari forum. banyak yang gak paham terjebak dalam lumpur samar2 ini... macam luwak dibungkus kopi lah...
sayangnya si samar2 ini gak berani terus terang siapa dirinya. selalu berlindung dibalik topeng...
Last edited by maskopat on Fri Oct 21, 2016 3:23, edited 1 time in total.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Pertamax di tret master serayamotor
Ah keduluan maskopat
Ah keduluan maskopat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Pertamax om, kl baca2 SM yg plg ngenes kl di suggestion corner ada salah satu member yg ( l_g_n_r )sering black campaign suatu produk secara halus tapi urakan, semoga para TS tdk terpengaruh junk posts dr member tsb.
Ketigax, minimal masih di P1.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Ketigax, minimal masih di P1.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Last edited by setsuka09 on Fri Oct 21, 2016 3:21, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 400
- Joined: Wed Sep 18, 2013 2:26
- Location: Di atas genteng
- Daily Vehicle: CX-5
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Legend dan master-master SM pada turun gunung nih..
Ane numpang absen dulu
----------------------------------------------
Ane pernah baca somewhere di sebuah forum, pakai matic ga boleh mulai jalan di D, jadi kalau tuasnya ada P-R-N-D-3-2-L maka mulai dr L lalu pindahin ke 2 ke 3 baru D alasannya kalau di D transmisi lgsg loncat ke yg tertinggi bikin berat engine dan bikin cepat rusak trans.
Lah kalau gitu buat apa ada trans otomatic, lah kalau transnya cm ada PRNDS atau tiptronic gitu piye
Ane numpang absen dulu
----------------------------------------------
Ane pernah baca somewhere di sebuah forum, pakai matic ga boleh mulai jalan di D, jadi kalau tuasnya ada P-R-N-D-3-2-L maka mulai dr L lalu pindahin ke 2 ke 3 baru D alasannya kalau di D transmisi lgsg loncat ke yg tertinggi bikin berat engine dan bikin cepat rusak trans.
Lah kalau gitu buat apa ada trans otomatic, lah kalau transnya cm ada PRNDS atau tiptronic gitu piye
Last edited by antekakio on Fri Oct 21, 2016 3:33, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
kalo jelas no prob om... yang rempong kalo samar2... seperti kasus yang diceritakan mod helm.. trus emang si samar2 ini mau tanggung jawab?setsuka09 wrote:Pertamax om, kl baca2 SM yg plg ngenes kl di suggestion corner ada salah satu member yg ( l_g_n_r )sering black campaign suatu produk secara halus tapi urakan, semoga para TS tdk terpengaruh junk posts dr member tsb.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Lugintod, beri² gud member,...
All hail briok v6 lugintod edition
All hail briok v6 lugintod edition
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
whiw om helem udah lama ngilang akhirnya muncul
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
lu ngebet di reply ama lugintod kan.....b8099ok wrote:Lugintod, beri² gud member,...
All hail briok v6 lugintod edition
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
satu hal yang ane kadang pertanyakan dengan tuning2 gini... apa mereka gak mikir ya kalo mesin dirancang pabrikan itu ada batasnya?
ni kadang si samar2 bilang... "masih amaaaan"
masih aman pale lu peyang... dan konyol lagi ada juga yang menjudge produk baru akan lebih baeek daripada yang sebelumnya seperti kasus AT jedag jedug nee...
ni kadang si samar2 bilang... "masih amaaaan"
masih aman pale lu peyang... dan konyol lagi ada juga yang menjudge produk baru akan lebih baeek daripada yang sebelumnya seperti kasus AT jedag jedug nee...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Sran terkonyol ala lugila., brv kemampuan offroadnya diatas gwagen
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Halo oom khopat akang, fizrmen, antekakio, b8099ok.. Lama tak bersua...
Salam kenal setsuka09..
Anyway ni tret bukan untuk perang ya.. Dari kacamata nubie pasti ada jenis-jenis member seperti diatas baik yang terselubung maupun eksposur tinggi sampai pendapatnya diluar logic, kita sama-sama tau saja.
BTW kalau di SM sendiri yang lucu-lucu apa aja ya? Terutama yang baru-baru ini terjadi, soalnya ga 100% mantau. Kalau jaman saya dulu kan ada TM gitu, terus si resale value.. hehehe
Salam kenal setsuka09..
Anyway ni tret bukan untuk perang ya.. Dari kacamata nubie pasti ada jenis-jenis member seperti diatas baik yang terselubung maupun eksposur tinggi sampai pendapatnya diluar logic, kita sama-sama tau saja.
BTW kalau di SM sendiri yang lucu-lucu apa aja ya? Terutama yang baru-baru ini terjadi, soalnya ga 100% mantau. Kalau jaman saya dulu kan ada TM gitu, terus si resale value.. hehehe
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Waduh...terlambat gueeeeee
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Haha jelas ga bakalan om, bisa disebut "postingan tabrak lari".maskopat wrote:kalo jelas no prob om... yang rempong kalo samar2... seperti kasus yang diceritakan mod helm.. trus emang si samar2 ini mau tanggung jawab?setsuka09 wrote:Pertamax om, kl baca2 SM yg plg ngenes kl di suggestion corner ada salah satu member yg ( l_g_n_r )sering black campaign suatu produk secara halus tapi urakan, semoga para TS tdk terpengaruh junk posts dr member tsb.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- SM Specialist
- Posts: 15602
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Trend seperti itu di Indonesia banyak ga sih, terutama di forum sebelah inisial "M" ?
Belakangan ini sering mampir ke sebelah karena gak ada bacaan euy di SM... reply reply thread gak jelas lalu mampir ke sebelah. Banyak juga suggestion "sesat" seperti itu... mostly di trit show off... "kurang rebah broo... wah kurang kenceng mobilnya broo..."
Tuners pun terkadang saking ga mau dibilang bengkelnya jelek / payah... dituntut untuk bisa memenuhi kemauan konsumen yang haus power dibanding memberikan edukasi akan kemampuan mesin...
Ane pernah sharing dengan salah satu sesepuh bengkel Honda... dia bilang dulu ada tuner official nya Mugen di Jakarta, namanya koh siapa gitu... lupa gua... Punya prinsip kalo mau tuning habis-habisan sampe ngerusak mesin jangan ke bengkel gua. Gua gak mau... Gua tau kemampuan mesinnya seberapa.
Belakangan ini sering mampir ke sebelah karena gak ada bacaan euy di SM... reply reply thread gak jelas lalu mampir ke sebelah. Banyak juga suggestion "sesat" seperti itu... mostly di trit show off... "kurang rebah broo... wah kurang kenceng mobilnya broo..."
Tuners pun terkadang saking ga mau dibilang bengkelnya jelek / payah... dituntut untuk bisa memenuhi kemauan konsumen yang haus power dibanding memberikan edukasi akan kemampuan mesin...
Ane pernah sharing dengan salah satu sesepuh bengkel Honda... dia bilang dulu ada tuner official nya Mugen di Jakarta, namanya koh siapa gitu... lupa gua... Punya prinsip kalo mau tuning habis-habisan sampe ngerusak mesin jangan ke bengkel gua. Gua gak mau... Gua tau kemampuan mesinnya seberapa.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
iya.... baru ketemu helemnya, jadi berani main kemari lagi...............fizrmen wrote:whiw om helem udah lama ngilang akhirnya muncul
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3691
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Wah menyimak aja deh di trit mod helm......
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Lha disini juga banyak, dgn embel2 nano, trus natural lah apa lah, sampai cementit bisa naikin HP, bisa naikin octane, dan ngukurnya rata2 hanya dengan butt-meter (feeling di pantat), bukan dynometer. Kalo orang ngaco org jualan, di seluruh dunia juga ada.. it is everywhere.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
aaaa kalau yang beginian di grup pun banyak... jangankan mesin, bahkan di grup yang saya ikuti ada yang jualan talang air sampai dia test bisa mengurangi drag sampai 10%. Test nya kayak apa tapi gak mau ditunjukin.. uwkwkwmaskopat wrote:satu hal yang ane kadang pertanyakan dengan tuning2 gini... apa mereka gak mikir ya kalo mesin dirancang pabrikan itu ada batasnya?
ni kadang si samar2 bilang... "masih amaaaan"
masih aman pale lu peyang... dan konyol lagi ada juga yang menjudge produk baru akan lebih baeek daripada yang sebelumnya seperti kasus AT jedag jedug nee...
Naaa ini unik ni... Yang kayak ginian udah outlier biasanya... historinya gimana sampai ada kesimpulan gitu oom?ak4ng wrote:Sran terkonyol ala lugila., brv kemampuan offroadnya diatas gwagen
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: RE: Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
suka2 yg punya mobil lah om...buat apa mikir batasan2? "rusak-benerin-jual" itu step2nya...maskopat wrote:satu hal yang ane kadang pertanyakan dengan tuning2 gini... apa mereka gak mikir ya kalo mesin dirancang pabrikan itu ada batasnya?
ni kadang si samar2 bilang... "masih amaaaan"
masih aman pale lu peyang... dan konyol lagi ada juga yang menjudge produk baru akan lebih baeek daripada yang sebelumnya seperti kasus AT jedag jedug nee...
lagian emang ente mau pake mobil itu seumur idup? [emoji42]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
pengalaman terkonyol ? baca aja komen2nya fanboy....ada tuh di salah satu forum sebelah.....pasti ngakak bacanya
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Haiiii jemmmmm..... Miss uuuZombiEE wrote:Waduh...terlambat gueeeeee
Di forum sebelah saya ikuti yang audio. Sekarang yang bawa2 nama besar pernah menang iasca atau emma gitu2 pada gugur.. Satu2 ketauan nipu, satu2 ketauan kenal sama jurinya waktu kontes.. dsbChZ wrote:Trend seperti itu di Indonesia banyak ga sih, terutama di forum sebelah inisial "M" ?
Belakangan ini sering mampir ke sebelah karena gak ada bacaan euy di SM... reply reply thread gak jelas lalu mampir ke sebelah. Banyak juga suggestion "sesat" seperti itu... mostly di trit show off... "kurang rebah broo... wah kurang kenceng mobilnya broo..."
Tuners pun terkadang saking ga mau dibilang bengkelnya jelek / payah... dituntut untuk bisa memenuhi kemauan konsumen yang haus power dibanding memberikan edukasi akan kemampuan mesin...
Ane pernah sharing dengan salah satu sesepuh bengkel Honda... dia bilang dulu ada tuner official nya Mugen di Jakarta, namanya koh siapa gitu... lupa gua... Punya prinsip kalo mau tuning habis-habisan sampe ngerusak mesin jangan ke bengkel gua. Gua gak mau... Gua tau kemampuan mesinnya seberapa.
Hehehe...ahmad88 wrote:Lha disini juga banyak, dgn embel2 nano, trus natural lah apa lah, sampai cementit bisa naikin HP, bisa naikin octane, dan ngukurnya rata2 hanya dengan butt-meter (feeling di pantat), bukan dynometer. Kalo orang ngaco org jualan, di seluruh dunia juga ada.. it is everywhere.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Sebetulnya banyak kok saran konyol di forum/grup otomotif..
Masalahnya yang pengetahuan permesinan nya bagus vs cuma tunner asal dapet tenaga gede lebih banyak dipercaya tunner ngasal.. Yah jadinya seperti yang om helm sebutkan mesin meleduk dan siapa yang mau disalahkan kalau begini... Yang jelas karena sekarang era informasi mudah sekali tersebar fenomena seperti ini bakal terus ada (diluar banyak juga soalnya) fenomena orang lebih percaya yang di search lewat google dibanding pakarnya..
Masalahnya yang pengetahuan permesinan nya bagus vs cuma tunner asal dapet tenaga gede lebih banyak dipercaya tunner ngasal.. Yah jadinya seperti yang om helm sebutkan mesin meleduk dan siapa yang mau disalahkan kalau begini... Yang jelas karena sekarang era informasi mudah sekali tersebar fenomena seperti ini bakal terus ada (diluar banyak juga soalnya) fenomena orang lebih percaya yang di search lewat google dibanding pakarnya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26940
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
hai om helem.... pakabar...
saran terkonyol yg perna ane denger ?? banyakkk... chip2an... dsini jg sering... yg plg gokil... cementitid ama saran lugintod yg brv rasa lexus...
kl ane sehh... yg pasti2 aj lahh... pake mobil yg bener, rawat yg bener, kasi oli yg bagusan... dah itu aj... sesuaian ama peruntukan tuh mobil nya... nyetir nya mobil basis truk ga ngimpi tinggi2 nyamain nyetir mobil supercar
saran terkonyol yg perna ane denger ?? banyakkk... chip2an... dsini jg sering... yg plg gokil... cementitid ama saran lugintod yg brv rasa lexus...
kl ane sehh... yg pasti2 aj lahh... pake mobil yg bener, rawat yg bener, kasi oli yg bagusan... dah itu aj... sesuaian ama peruntukan tuh mobil nya... nyetir nya mobil basis truk ga ngimpi tinggi2 nyamain nyetir mobil supercar
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: RE: Re: Sharing Pengalaman Saran Terkonyol Di Forum / Grup Otomotif
Gaspooollll sampe jebooolllll yak om hayoo sapa mau trajet 2002 2.0 metik ane jual apa adanya dehmandala1 wrote:suka2 yg punya mobil lah om...buat apa mikir batasan2? "rusak-benerin-jual" itu step2nya...maskopat wrote:satu hal yang ane kadang pertanyakan dengan tuning2 gini... apa mereka gak mikir ya kalo mesin dirancang pabrikan itu ada batasnya?
ni kadang si samar2 bilang... "masih amaaaan"
masih aman pale lu peyang... dan konyol lagi ada juga yang menjudge produk baru akan lebih baeek daripada yang sebelumnya seperti kasus AT jedag jedug nee...
lagian emang ente mau pake mobil itu seumur idup? [emoji42]