thanks all
wah jika membaca opini master2 smers di atas, brarti memang kecil kemungkinan akan ada merk yg bisa menggoyahkan dominasi ke 2 nya utk saat ini

yah smoga ndak bener itu ketakutan duopoly di pasar mobil yg bisa membuat konsumen kehilangan power dan mau ndak mau harus tunduk pada penguasa pasar, syerem juga
kembali ke saat taon 90-00 an yg merupakan dark age ato zaman kegelapan bagi konsumen mobil indo saat itu, karena berbagai macam faktor yang lebih menguntungkan produsen
smoga itu ndak akan terjadi di era modern, karena konsumen smakin pintar dan kritis dengan berbagai macam info yg mengalir deras tak terbendung dibanding pada masa 90-00
sintoni wrote:Rasanya baru 1-2 tahun terakhir ini deh om.
Sebelumnya, tahun 2008-2014 itu masa jaya otomotif padahal. Banyak merek2 baru keluarin produk2 bagus. Kayak Mazda, Mitsubishi, Chevy, Ford, duo Korea.
Tapi emang abis 2014 keatas, ekonomi negeri kita lagi anjlok. Penjualan mobil jadi stagnan, orang2 jadi takut beli mobil yang aftersalesnya kurang dipercaya sama yang "susah dijual".
ATPM kecil2 jadi agak kesulitan jual mobil karena itu berdampak beberapa kabur.
bener banget bung sintoni, itu yg sy maksud
2008-2014 toyonda tetap kuat, tapi masih byk merk lain masuk ke 10 besar dgn produk menarik mereka , skarang sperti saya bilang sudah berguguran semua , apalage di taon ini
terliat dengan jelas banget penguasaan totl ke 2 nya yg brarti semakin kuat dari masa 2008-2014
konsumen kembali ke merk penguasa pasar karena resale value yg lebih terjamin depresiasi nya
ChZ wrote:Reputasi yang dibangun oleh Toyodai dan Ngahon bukan sesuatu yang terjadi dalam semalam saja... Dan reputasi mereka bukan hanya diakui di Indonesia, tapi worldwide.
bener banget, bahkan di amrik juga yg paling laku juga memang toyonda ini bung chz, merk amrik ford, chrysler dan gm malah loyo
silentIm2 wrote:Merek yg berani riset dan sesuaikan kebutuhan dan minat pasar indonesia yg akan merajai pasar.
Di indonesia mana butuh safety, yang penting mesinnya jalan. Ga peduli emisi dan karsinogen. Jalan biar diaspal tapi ga ada mulusnya. Cuaca panas dan lembab. Oli dan bbm bagus ga merata suplainya. Drivernya ogah baca manual book. Bahkan minat baca masyarakat kita ga lebih dari baca koran, gosip, dan status facebook dan path. Ignorance terhadap cara kerja teknologi di mobil sehingga mikir kalo mobilnya tau2 mogok di tempat angker berarti dikerjain jin. Temen aja ada yang tidak tau kalo mobil ada yang bermesin diesel. Dia pikir solar buat truk, bensin buat mobil dan motor. Duit 100 M dipercayakan ke dukun pengganda uang daripada investasi riil.
.
bener banget bung silentim, khasnya indo
percaya dimas kanjeng dan juga hobi instagram orang2 indo skrg
beberapa kale pernah liat konsumen yg mau isi bensin ke mobil diesel nya, untung dicegah sama petugas spbu nya
