Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Toyo hoda dianggap gak rewel ya mungkin karena mobilnya kebanyakan masih pake teknologinya yg jadul, kebanyakan ganti casing aja.
Nah giliran udah mulai tambah fitur dan update teknologi, baru deh mulai kelihatan rewelnya kayak jedug nya anki, dan juga masalah kaki hrv.
Nah giliran udah mulai tambah fitur dan update teknologi, baru deh mulai kelihatan rewelnya kayak jedug nya anki, dan juga masalah kaki hrv.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Masyarakat masih termakan brand image dari jaman nenek moyang dan resale valuenya. Blm beli mobilnya aja dah mikirin harga jual pasarannya jatuh apa engga.
Org indo kalo dibilang melek teknologi sih iya, cuma mereka gak mau beli merk anti mainstream dgn alasan nanti kalo rusak susah cari bengkelnya dan susah laku kalo dijual (depresiasinya sekejam ibu tiri)
Intinya gak mau repot soal ginian
Org indo kalo dibilang melek teknologi sih iya, cuma mereka gak mau beli merk anti mainstream dgn alasan nanti kalo rusak susah cari bengkelnya dan susah laku kalo dijual (depresiasinya sekejam ibu tiri)

Intinya gak mau repot soal ginian

Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
yg mikirin resale value karena belinya sedikit memaksa dengan kecukupan ekonominya skrg....kredit 4-6 tahun....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Apr 14, 2008 5:07
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
ngga ada yg ngmg fleet perusahaan & rental car ya?
padahal dua segmen itu penting, dan majority semua ke toyota/honda (taxi, fleet perusahaan besar, fleet pemerintah, rental).
bos nya bisa pake merk non mainstream kyk mazda chevy tapi kalau udah urusan perusahaan mrk ga mau repot, dan yang image ga repot ya 2 itu.
padahal dua segmen itu penting, dan majority semua ke toyota/honda (taxi, fleet perusahaan besar, fleet pemerintah, rental).
bos nya bisa pake merk non mainstream kyk mazda chevy tapi kalau udah urusan perusahaan mrk ga mau repot, dan yang image ga repot ya 2 itu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Wkwkwkw. bener itu.. jadi memang kultur kita seperti itu. Padahal sama sekali tidak boleh lembek kalau berurusan dgn profesionalitas kerja. Bingung juga sebagian memuji merk karena ruang tunggunya mewah ber AC.. dapat snack.. makanan enak.. hubungane opo dengan mesin yg ambrol di bawah sana ??? Kita memang harus belajar tegas. Dilingkungan kerja saya dulu sampe heran bosnya.. org indo itu kalau ditanya target selalu ngambang dan takut2.. termasuk gw Heheheh..newrubble wrote:sy tdk tau knapa krn awam
tapi sy liat mass psychology bermain baik dlm interhuman relationship dgn customers
org org di indo pd umumnya ..... dari level / kasta rock bottom sampai sky high ..... akan klépék klépék (spt merpati jantan terbang di umpani merpati betina di daratan) ..... nurut abis (spt ular cobra kena suitan suling india)
bgitu dengar secara intense kalimat kalimat manis menyiram ati ...... mrk akan merasa spt ........ dpt sorga birahi pagi siang malem nonstop
sy ketawa wkt kumpulan org yg hrsnya kecewa krn toyota yg baru mrk beli ternyata punya faulty shiftgear n turbine ...... tapi krn siraman ati yg intense itu ...... jempol nya smua arah atas
pdhl normal nya org kecewa itu jempol arah bawah (kalo middle finger sticks up dianggap terlalu 'amriki' .... unfit for indo culture yg sering anggap diri tersopan se-planet)
hebat itu astra (bkn toyota n dai) ..... benar benar jaga warisan william dlm bertutur kalimat sampai kapanpun
kalo honda di indo sy tdk tau krn seumur idup alamin punya honda cuma 6 x
Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Hahaha, Om NR memang indonesianist sejatiMitshuToyo wrote:Wkwkwkw. bener itu.. jadi memang kultur kita seperti itu. Padahal sama sekali tidak boleh lembek kalau berurusan dgn profesionalitas kerja. Bingung juga sebagian memuji merk karena ruang tunggunya mewah ber AC.. dapat snack.. makanan enak.. hubungane opo dengan mesin yg ambrol di bawah sana ??? Kita memang harus belajar tegas. Dilingkungan kerja saya dulu sampe heran bosnya.. org indo itu kalau ditanya target selalu ngambang dan takut2.. termasuk gw Heheheh..newrubble wrote:sy tdk tau knapa krn awam
tapi sy liat mass psychology bermain baik dlm interhuman relationship dgn customers
org org di indo pd umumnya ..... dari level / kasta rock bottom sampai sky high ..... akan klépék klépék (spt merpati jantan terbang di umpani merpati betina di daratan) ..... nurut abis (spt ular cobra kena suitan suling india)
bgitu dengar secara intense kalimat kalimat manis menyiram ati ...... mrk akan merasa spt ........ dpt sorga birahi pagi siang malem nonstop
sy ketawa wkt kumpulan org yg hrsnya kecewa krn toyota yg baru mrk beli ternyata punya faulty shiftgear n turbine ...... tapi krn siraman ati yg intense itu ...... jempol nya smua arah atas
pdhl normal nya org kecewa itu jempol arah bawah (kalo middle finger sticks up dianggap terlalu 'amriki' .... unfit for indo culture yg sering anggap diri tersopan se-planet)
hebat itu astra (bkn toyota n dai) ..... benar benar jaga warisan william dlm bertutur kalimat sampai kapanpun
kalo honda di indo sy tdk tau krn seumur idup alamin punya honda cuma 6 x

Sedikit OOT. Saya pengguna Commuter Line (CL) tiap hari. Dulu waktu Jonan jadi dirut KAI, dia merombak konsep perjalanan KRL Jadebotabek jadi CL. Alhasil, hampir tiap hari (terutama jam sibuk pagi-sore-malam) perjalanan KRL ngaco, tdk sesuai jadwal. Penumpang menumpuk di stasiun. Blm lagi AC kereta banyak yg gak dingin. Banyak pengguna yg tiap hari memaki2x Jonan di medsos, termasuk saya. Anehnya, banyak juga yg pro Jonan dgn alasan : Jonan sdh membuat stasiun2 jadi nyaman, gak ada lagi pedagang asongan & mushola bersih. Lha, emang semua itu bisa bikin perjalanan KRL jadi ontime dan AC kereta jadi dingin?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
sy sebagai konsumer sudah melakukan itu, benar2 mindset konsumen adalah raja....kmrn baru ngamuk2 di salah satu beres jepun karena parts dijanjiin 20 hari kerja sampe sebulan lebih ga dateng2...sampe boss nya turun tangan....walaupun pelayanannya sangat ramahh....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Tue May 17, 2016 4:16
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
makin banyak populasi mobil, tentu saja volume dan variasi kualitas spare part yg beredar makin banyak om.. otomatis kalo volume produksi makin banyak, harga bisa ditekan..Satya21 wrote:Mobil sy ge8 m/t 2010, mobil kerabat sy ma*da2 m/t lupa taun brp.
Sy dan kerabat sering sharing masalah harga spare part mobil masing2.
Misalnya busi mobil sy 700rb (4pcs) busi iridium.
Busi mobilnya 600rb (1pcs), sy gak tau bener atau enggak, kalo di kali 4 berarti 2jt 400rb utk busi tok.
2jt 400rb kalo di mobil sy bisa digunain utk ganti oli 5w30 kelas menengah, ganti busi, tune up, carbon clean, ngasih uang tip ke mekanik.
Masalah spare part, kerabat sy cerita agak susah cari spare part utk mobilnya di bengkel luaran/sentra otomotif. Dan kalo pun ada, harganya gak jauh beda dr harga beres(sekali lagi, sy gak tau bener atau enggak).
Kalo mobil sy, spare part di bengkel luaran/sentra otomotif banyak pilihan, ori, oem dan kw. Tinggal sesuaikan dgn isi dompet mampu beli yang mana.
Kesimpulan yang sy ambil dari bbrp hal kecil di atas, masalah harga spare part juga menentukan pilihan seseorang membeli mobil merk apa.
Memang, kadang ada harga ada kualitas yg terbayarkan.
Tentunya menyesuaikan kesanggupan financial masing2 orang.
Tp menurut sy yang awam ini, sy beli mobil, sy rawat si mobil, si mobil ya ngelayani sy. Bukan ngerongrong sy.
Ini pandangan awam sy saja loh ya om2 semua.
Mohon maaf sy tidak bermaksud menjelekkan atau memuji merk tertentu.
dalam kasus ini jazz vs mazda 2 jelas populasi jazz jauh lebih banyak.. makanya parts jazz jauh lebih mudah cari oem, kw dibanding mazda 2.
sebenernya bukannya susah, tapi pabrik2 spare part otomatis lebih prioritaskan barang yg lebih mudah dijual (spare parts jazz).. agen2 dan distributor spare parts pun jg tidak mau ambil stock banyak2 untuk barang2 yg jarang laku.. otomatis cari parts mazda 2 lebih susah dibanding jazz..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Rundeer wrote:Masyarakat masih termakan brand image dari jaman nenek moyang dan resale valuenya. Blm beli mobilnya aja dah mikirin harga jual pasarannya jatuh apa engga.
Org indo kalo dibilang melek teknologi sih iya, cuma mereka gak mau beli merk anti mainstream dgn alasan nanti kalo rusak susah cari bengkelnya dan susah laku kalo dijual (depresiasinya sekejam ibu tiri)![]()
Intinya gak mau repot soal ginian
itu bahasa alusnya om bahasa kasarnya yg APLIKASI kridit paling gampang.......... piece of butter



Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
ya ga ush jauh2 analisa masyarakat indo...
cb d forum ini aja dl...
pd punya mobil brand apa ? byk jg kan yg pake T & H... alasannya dah byk tuh di atas sy..
cb d forum ini aja dl...
pd punya mobil brand apa ? byk jg kan yg pake T & H... alasannya dah byk tuh di atas sy..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Entahlah, mungkin kalo orang indonesia mayoritas lebih teredukasi, dan tingkat ekonomi nya juga lebih tinggi, mungkin mobil2 merek non mainstream tadi presentasi nya jualan nya bisa lebih banyak.ChZ wrote:Saya agak lucu kalo baca di forum sebelah orang yang beli merek non-mainstream terkesan seakan - akan paling pinter sendiri "gak ditipu merek", "gak dibegoin ATPM" "gak beli mobil sunat fitur". Apalagi kalo udah grup user spesifik merek tertentu. Berasa paling pinter sejagat. Hahahaha.rajapb wrote:Nah, mungkin ya kalo mayoritas masyarakat udah well educated, mungkin beda cerita. Tapi bukan berarti pembeli T dan H gak well educated semua
Buat saya, gak ada orang bodoh beli mobil. Orang buat hasilin duit ratusan juta pake otak, masa buangnya gak pake otak? Paling lucu even di level mobil 500juta pun masih ada orang yang ngatain yang beli SUV T dan H harga 500juta itu orang bodo ditipu ATPM blablabla... well, ada ya orang bodo bisa beli mobil setengah milyar? Klw ada orang bodo bisa hasilin duit 500juta ya tutup aja semua univ berkualitas di indon...
Yang beli mobil mainstream ya simply mengutamakan segala kemudahan dibanding gaya... mudah dipake, mudah dirawat, mudah cari part, mudah dijual kembali...
Yang beli non-mainstream ya simply orang yang technology freak dan suka mencoba hal baru... Ini cuma sekian persen dari masyarakat indonesia terutama mereka yang beli mobil sekedar "hobby" ganti-ganti mobil, bukan beli mobil berdasarkan basic needs of transport aja... yang berdasarkan basic needs of transport ya balik ke merek mainstream lagi. Makanya knp merek non-mainstream ya cuma berkuasa di kota besar aja...
Entahlah masih asumsi sotoy gua, gak bisa generalisasi juga. Masih banyak kok orang well educated dan tingkat ekonomi nya tinggi tapi tetep beli toyota, liat aja alphard aja laku kan, masa orang yang mampu beli alphard dibilang bodoh
Jadi emang bener kok, gak semua yang beli toyohon bodoh, tapi kalo banyak masyarakat yang lebih teredukasi, kemungkinan presentasi penjualan mobil non mainstream tadi, bakal lebih baik.
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Jedug nya ANKI/ANF dan masalah kaki HR-V gak ada kaitannya sama update teknologi...vipere wrote:Toyo hoda dianggap gak rewel ya mungkin karena mobilnya kebanyakan masih pake teknologinya yg jadul, kebanyakan ganti casing aja.
Nah giliran udah mulai tambah fitur dan update teknologi, baru deh mulai kelihatan rewelnya kayak jedug nya anki, dan juga masalah kaki hrv.
Jedug nya ANKI/ANF itu design faulty dari pabrikan pembuat transmisi nya (and so as the turbo putu).
Kaki HR-V konstruksinya udah konstruksi zaman batu koq dari Jazz GE (McPherson Strut dan H-Shape Torsion Beam). Itu masalah QC aja. Mungkin dikejar target jadi QC nya kurang diperhatikan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Di kota besar (Jkt/Sby) persentase yang pake merek M, F itu lumayan banyak... Bahkan di kota kelahiran saya Smg udah banyak juga walaupun cuma segelintir kalangan yang pake.rajapb wrote: Entahlah, mungkin kalo orang indonesia mayoritas lebih teredukasi, dan tingkat ekonomi nya juga lebih tinggi, mungkin mobil2 merek non mainstream tadi presentasi nya jualan nya bisa lebih banyak.
Entahlah masih asumsi sotoy gua, gak bisa generalisasi juga. Masih banyak kok orang well educated dan tingkat ekonomi nya tinggi tapi tetep beli toyota, liat aja alphard aja laku kan, masa orang yang mampu beli alphard dibilang bodoh
Jadi emang bener kok, gak semua yang beli toyohon bodoh, tapi kalo banyak masyarakat yang lebih teredukasi, kemungkinan presentasi penjualan mobil non mainstream tadi, bakal lebih baik.
Marketshare Atoyot dan Ngahon sebenernya gede justru di kota-kota kecil dan daerah yang belum ada bengkel / dealer resmi selain Atoyot dan Ngahon. Di kota besar sendiri saya lihat ya gede... tapi sudah mulai keliatan digerogotin merek non-mainstream.
Ya kembali lagi, produknya gak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mau ekspansi ke daerah juga percuma gak ada yang melek teknologi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
toyota=telkomsel, semua orang pakai, semua orang tenang.....mahal ga jadi masalah
Last edited by gobale on Wed Oct 19, 2016 5:56, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
yang pro itu keknya bukan pengguna CL, jadi cuma lihat kulitnya tanpa lihat "produk" sesungguhnyaadityabp wrote: Sedikit OOT. Saya pengguna Commuter Line (CL) tiap hari. Dulu waktu Jonan jadi dirut KAI, dia merombak konsep perjalanan KRL Jadebotabek jadi CL. Alhasil, hampir tiap hari (terutama jam sibuk pagi-sore-malam) perjalanan KRL ngaco, tdk sesuai jadwal. Penumpang menumpuk di stasiun. Blm lagi AC kereta banyak yg gak dingin. Banyak pengguna yg tiap hari memaki2x Jonan di medsos, termasuk saya. Anehnya, banyak juga yg pro Jonan dgn alasan : Jonan sdh membuat stasiun2 jadi nyaman, gak ada lagi pedagang asongan & mushola bersih. Lha, emang semua itu bisa bikin perjalanan KRL jadi ontime dan AC kereta jadi dingin?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Gimana ya...
Brand image memang faktor terbesar sih..
Yg kedua reputasi...
Yg ketiga karena pola pikir..
Butuh effort lebih buat brand2 minoritas supaya bisa menarik hati calon konsumen..
Mulai dari contoh paling simple..
Saat oe pameran di mall bersama brand2 lain, brand yg oe handle selalu paling sepi peminat.
Trus customer selalu pertanyaannya soal diskon..
Padahal brand oe jualnya kualitas, bukan jual diskon..
Jarang ada customer yg nanya fitur & teknologinya saat pertama datangi mobil kami..
Disitu kelihatan bahwa mayoritas customer masih sekedar memakai mobil saja, tidak menikmatinya..
Jadi ya bgitulah..
Bingung juga jelasinnya.. Hehehe...
Brand image memang faktor terbesar sih..
Yg kedua reputasi...
Yg ketiga karena pola pikir..
Butuh effort lebih buat brand2 minoritas supaya bisa menarik hati calon konsumen..
Mulai dari contoh paling simple..
Saat oe pameran di mall bersama brand2 lain, brand yg oe handle selalu paling sepi peminat.
Trus customer selalu pertanyaannya soal diskon..
Padahal brand oe jualnya kualitas, bukan jual diskon..
Jarang ada customer yg nanya fitur & teknologinya saat pertama datangi mobil kami..
Disitu kelihatan bahwa mayoritas customer masih sekedar memakai mobil saja, tidak menikmatinya..
Jadi ya bgitulah..
Bingung juga jelasinnya.. Hehehe...
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
intinya layani mindset org org indo yg suka urusan apapun kulit (non-core) lbh penting dr isi (core)
infrastructure ikutin cara fikir mrk ......
mrk fikir apa dijual lg bakal jatuh value ya dibikinin mobil88 ...... ada hidden defect within 6 months bisa exchange (sama spt jaman alm william dagang spatu dulu ataua jualan chevy trucks di cv astra jln sabang jauh sblm premises itu jadi toko kaset n cd)
mrk fikir wang cukup apa engga ya dibikinin in'house financing yg punya lenient loan requirement ......
mrk fikir kuatir di tabrak / di colong disediakab in-house insurance .....
mrk mau pake longterm rental ada trac .....
mrk ga punya wkt ke bengkel disediakan ths ......
mrk gila hormat minta dilayanin a'la preman pasar disediakan kopi n teh n koran n wifi saat tggu maintenance n repair ......
yg mau light body repair quickie ya dibuatin masuk pagi klaar sore
smua dilatih tdk boleh (kliatan) trima tip trmsk urusan parkir
ada in-house personality course yg sifatnya induce u sales force n materi masuk perlahan ke mindset ..... kadang tanpa mrk sadar
**in-house dalam arti service integration krn mostly skrg sdh dlm separate corporate entities tapi smua bermula in-house in real sense
ini bicara toyota di indo ya .... dai likely tailing n honda di indo sy ga tau .....
infrastructure ikutin cara fikir mrk ......
mrk fikir apa dijual lg bakal jatuh value ya dibikinin mobil88 ...... ada hidden defect within 6 months bisa exchange (sama spt jaman alm william dagang spatu dulu ataua jualan chevy trucks di cv astra jln sabang jauh sblm premises itu jadi toko kaset n cd)
mrk fikir wang cukup apa engga ya dibikinin in'house financing yg punya lenient loan requirement ......
mrk fikir kuatir di tabrak / di colong disediakab in-house insurance .....
mrk mau pake longterm rental ada trac .....
mrk ga punya wkt ke bengkel disediakan ths ......
mrk gila hormat minta dilayanin a'la preman pasar disediakan kopi n teh n koran n wifi saat tggu maintenance n repair ......
yg mau light body repair quickie ya dibuatin masuk pagi klaar sore
smua dilatih tdk boleh (kliatan) trima tip trmsk urusan parkir
ada in-house personality course yg sifatnya induce u sales force n materi masuk perlahan ke mindset ..... kadang tanpa mrk sadar
**in-house dalam arti service integration krn mostly skrg sdh dlm separate corporate entities tapi smua bermula in-house in real sense
ini bicara toyota di indo ya .... dai likely tailing n honda di indo sy ga tau .....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Saya kadang juga kecewa dgn kbijakan sunat fitur T dan H, dan iri dengan fitur2nya M dan F. Tp ya sampai skrg saya gonta ganti mobil belinya kalau g T ya H. Mgkn saya termasuk golongan mainstream ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Kalo di daerah perkebunan di Kalteng saya banyaknya liat Mitsu
Dari kepala kuning, L200, Strada sing cab, dob cab sampe triton terbaru
Toyota adanya inova dan avanza dibuat travel sampe masuk2 jalan poros di perkebunan kelapa sawit
Honda nyaris ga ada...
Dari kepala kuning, L200, Strada sing cab, dob cab sampe triton terbaru
Toyota adanya inova dan avanza dibuat travel sampe masuk2 jalan poros di perkebunan kelapa sawit
Honda nyaris ga ada...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Pengguna juga om. Sama2x pengguna di jam sibuk juga. Kalo bukan pengguna, gimana dia tahu mushola stasiun bersih3mul wrote:yang pro itu keknya bukan pengguna CL, jadi cuma lihat kulitnya tanpa lihat "produk" sesungguhnyaadityabp wrote: Sedikit OOT. Saya pengguna Commuter Line (CL) tiap hari. Dulu waktu Jonan jadi dirut KAI, dia merombak konsep perjalanan KRL Jadebotabek jadi CL. Alhasil, hampir tiap hari (terutama jam sibuk pagi-sore-malam) perjalanan KRL ngaco, tdk sesuai jadwal. Penumpang menumpuk di stasiun. Blm lagi AC kereta banyak yg gak dingin. Banyak pengguna yg tiap hari memaki2x Jonan di medsos, termasuk saya. Anehnya, banyak juga yg pro Jonan dgn alasan : Jonan sdh membuat stasiun2 jadi nyaman, gak ada lagi pedagang asongan & mushola bersih. Lha, emang semua itu bisa bikin perjalanan KRL jadi ontime dan AC kereta jadi dingin?

Mrk pro alasannya : Positive Thinking

Gila, gak bisa bedain positive thinking dgn denial.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

IMHO honda cenderung dibuat untuk mobil kota, jadi gk cocok dijejelin jalan begituan dan rata" ground clearancenya rendah.Mamang555 wrote:Kalo di daerah perkebunan di Kalteng saya banyaknya liat Mitsu
Dari kepala kuning, L200, Strada sing cab, dob cab sampe triton terbaru
Toyota adanya inova dan avanza dibuat travel sampe masuk2 jalan poros di perkebunan kelapa sawit
Honda nyaris ga ada...
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
bentar lagi om lugi muncul dg brv-nya yg lebih hebat dari landie n gelandenwagenRundeer wrote: IMHO honda cenderung dibuat untuk mobil kota, jadi gk cocok dijejelin jalan begituan dan rata" ground clearancenya rendah.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
bisa dibilang dananya kali om yg meinstream yahmarama wrote:Saya kadang juga kecewa dgn kbijakan sunat fitur T dan H, dan iri dengan fitur2nya M dan F. Tp ya sampai skrg saya gonta ganti mobil belinya kalau g T ya H. Mgkn saya termasuk golongan mainstream ya

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12545
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Toyodai Honda memenuhi kebutuhan masyarakat indo untuk merayap di kemacetan

Transmisi dual-clutch, dsb + teknologi mesin kekinian, untuk rute harian seperti itu, useless

Mayoritas orang di dunia ini, beli mobil karena practicality & can be used anytime. Can transport more people from A to B, etc.
Apalagi buat orang2 yg memiliki karir as middle executive ke atas, mereka udah gak ada waktu untuk berlama-lama nungguin servis mobil di bengkel. Waktu yg mereka punya dari senin - jumat udh habis buat kerja & weekend buat keluarga.
Klo waktu habis buat di bengkel, untuk seorang car enthusiast sekalipun, perlahan akan ngelirik ke brand yg sudah terbukti reputasi after sales servicenya tokcer.
Mayoritas orang beli mbl untuk kebutuhan, bukan keinginan.. beda loh antara kebutuhan dan keinginan.
Gak sedikit teman2 saya & bbrp di antaranya adalah hobi mobil, sekarang, klo cari mobil yg ditanya pertama kali adalah; ASS dan kemudahan jual kembali (bukan harga jual).
Klo pertanyaannya spt itu, brand mana yg bisa lawan toyodai honda?...

Transmisi dual-clutch, dsb + teknologi mesin kekinian, untuk rute harian seperti itu, useless
Sorry... Mungkin lbh tepatnya car enthusiast ganrajapb wrote:Nah, mungkin ya kalo mayoritas masyarakat udah well educated, mungkin beda cerita. Tapi bukan berarti pembeli T dan H gak well educated semua

Mayoritas orang di dunia ini, beli mobil karena practicality & can be used anytime. Can transport more people from A to B, etc.
Apalagi buat orang2 yg memiliki karir as middle executive ke atas, mereka udah gak ada waktu untuk berlama-lama nungguin servis mobil di bengkel. Waktu yg mereka punya dari senin - jumat udh habis buat kerja & weekend buat keluarga.
Klo waktu habis buat di bengkel, untuk seorang car enthusiast sekalipun, perlahan akan ngelirik ke brand yg sudah terbukti reputasi after sales servicenya tokcer.
Mayoritas orang beli mbl untuk kebutuhan, bukan keinginan.. beda loh antara kebutuhan dan keinginan.
Gak sedikit teman2 saya & bbrp di antaranya adalah hobi mobil, sekarang, klo cari mobil yg ditanya pertama kali adalah; ASS dan kemudahan jual kembali (bukan harga jual).
Klo pertanyaannya spt itu, brand mana yg bisa lawan toyodai honda?...

Last edited by Suryaputra on Wed Oct 19, 2016 11:23, edited 2 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Sekarang kalau faktor ASS penentu market share di indonesia, mengapa jualan suzuki di beberapa market gagal? (ga semua sih). Contoh: Grand Vitara, pelopor crossover compact suv di indo ini jualannya terseok2, bahkan disalip captiva dan cx5. Di pasar komersial kalah sama daihatsu gran max.
Mungkin hidupnya tinggal dari ertiga dan karimun saja.
Mungkin hidupnya tinggal dari ertiga dan karimun saja.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140