karena toyota way dan honda way kah?


spanjang taon in byk perisitiwa otomotif mengejutkan dengan hengkang nya merk mobil dari indo: chevy, ford dgn yg terbaru adalah mazda



walopun mereka tetap janji jualan di indo, terlihat bahwa pasar indo smakin ndak bersahabat dgn merk kecil
sesuai dengan link brita otomotif ini adalah terlihat penguasaan 10 besar mobil indo sepanjang januari- september ini hanya 2 merk : toyota dan honda, karena daihatsu sudah milik toyota 100%
http://otomotif.kompas.com/read/2016/10 ... .september
sementara merk lain berguguran semua keluar dari 10 besar, beda denga taon2 seblomnya yang pasti ada beberapa merk lainModel terlaris
Sepanjang tahun ini, model terlaris di Indonesia tetap Toyota Avanza walaupun penjualan bulanannya dikalahkan Calya pada Agustus dan September. Selama sembilan bulan, Toyota menguasai tiga besar daftar model terlaris, yaitu Toyota Avanza 91.282 unit, Toyota Innova 44.600 unit, dan Toyota Agya 36.029 unit.
Honda mengekor di posisi empat bersama HR-V 34.836 unit, lantas diikuti Daihatsu Xenia 32.345 unit dan Daihatsu Ayla 32.337 unit.
Berikut daftar mobil terlaris dari Januari – September:
Toyota Avanza 91.282 unit
Toyota Innova 44.600 unit
Toyota Agya 36.029 unit
Honda HR-V 34.836 unit
Daihatsu Xenia 32.345 unit
Daihatsu Ayla 32.337 unit
Honda BR-V 31.269 unit
Honda Mobilio 30.131 unit
Honda Brio Satya 24.637 unit
Toyota Fortuner 21.397 unit
terlihat semua adalah produk non global, kecuali hrv honda tapi juga dengan spec lokal indo
brarti pasar indo jg terus mengalami downgrade dan produk2 mobil global banyak yg ndak bakalan masuk, atopun jika masuk pasti harga ndak terjangkau


sementara konsumen hanya bisa tunduk pada penguasa pasar yg brarti masuk zaman dark age


menurut smers, merk yang paling berpotensi utk mengimbangi dominasi toyonda ? syuku2 jika saran dibaca oleh atpm mobil lain dan berhasil diterapkan. pasti bisa mencetak sejarah pertama kali di pasaran mobil indo



kalo newbir thok sih berharap pada mitsubishi full come back dengan produk lmpv x concept. dijanjikan harga menarik tapi fitur diatas kompetitor nya, juga smoga crossover otlander sport all new 2017. sehingga ada pilihan crossover slain hrv honda


slain itu mitsubishi sangat kuat di segmen kendaraan komersial dengan kepala kuning dan elsape yang ndak bisa digeser pesaing nya. yahh smoga bisa menular kepada segmen mobil penumpang nya


juga nissan indonesia yg berjanji datengin byk model global baru di taon depan (nissan kicks, terrano dan qashqai , smoga merk lain mau segera menyusul juga
sehingga persaingan akan smakin menarik dan konsumen diuntungkan dgn berbagai macam pilihan mobil yg lebih baik


ato memamg posisi ini sangat sulit utk berubah? karena byk faktor pola pikir konsumen, citra merk dan lain2

