Recovery captiva korban solar busuk
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 387
- Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Mantap sharingnya! Lanjutkan om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Recovery captiva korban solar busuk
YOU ARE VERY TOPP, GAN !!!!
Kalau customer yang awam tahu tips ginian, pasti rasa was was beli mesin CRDI bisa berkurang..
Selama ini yang paling takut bikin kantong jebol itu adalah tranny, turbo dan injector..
To momod, tolong ini ditaruh di Pejwan, biar bisa berguna bagi pengunjung SM tercinta..
Kalau customer yang awam tahu tips ginian, pasti rasa was was beli mesin CRDI bisa berkurang..
Selama ini yang paling takut bikin kantong jebol itu adalah tranny, turbo dan injector..
To momod, tolong ini ditaruh di Pejwan, biar bisa berguna bagi pengunjung SM tercinta..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Hormat buat TS @Judi.....banyakin sharing DIY -nya. Ternyata bisa dikerja sendiri atau dikerja bengkel non beres dengan supervisi ala DIY..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Recovery captiva korban solar busuk
mahal sekali 2 buah injektor 18 jutaJudi wrote:mungkin krn SOP di beres harus ganti om walaupun bisa diperbaiki.gobale wrote:Mantap....orang bengkel resmi pun ga kan tau cara bongkar injector...plg disuruh ganti...xixixi
Sebelum sy lakukan DIY sy sdh kontak beres dan mereka kirim mekanik hasilnya harus ganti injector 2 buah total ± Rp 18.000.000 belum purging, kuras tangki, dll .......
Perbandingan biaya dng cara DIY :
- perbaikan 1 buah nozzle yg buntu = 15.000
- ganti 2 buah valve control @ 500.000 = 1.000.000
- ongkos bongkar pasang injector = gratis
- ongkos kuras tangki = 80.000 (karena hrs beli jirigen 40l)
- purging dng liqui moly 1 kaleng = 180.000
- carbs cleaner 1 kaleng = 50.000
===> total biaya = 1.325.000 saja
KESIMPULAN 1.325.000 VS 18.000.000 pilih yg mana.......??????
hemat 16.675.000


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Feb 05, 2010 11:25
Re: Recovery captiva korban solar busuk
wah sy salah hitung, estimasi dari beres @8jt include ppn mereka tdk berani pastikan hrg krn tdk ready stock jd total 16jt belum lain2mahal sekali 2 buah injektor 18 juta
harga di eb*y yg baru 4,7jt belum ongkir, ppn 10%, pph 7% kl punya NPWP kalau ga punya kena 15% total ±6,5jt ini yg 30hr baru datang barangnya,
kl yg express 5-7hr lebih mahal lagi ongkirnya
yg bekas di eb*y juga banyak harga separuhnya
harga di lokal selain beres sy tdk tau.....

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Jul 08, 2008 11:01
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Very nice sharing om, 4 jempol ane udah diacungkan ini!Judi wrote: mungkin krn SOP di beres harus ganti om walaupun bisa diperbaiki.
Sebelum sy lakukan DIY sy sdh kontak beres dan mereka kirim mekanik hasilnya harus ganti injector 2 buah total ± Rp 18.000.000 belum purging, kuras tangki, dll .......
Perbandingan biaya dng cara DIY :
- perbaikan 1 buah nozzle yg buntu = 15.000
- ganti 2 buah valve control @ 500.000 = 1.000.000
- ongkos bongkar pasang injector = gratis
- ongkos kuras tangki = 80.000 (karena hrs beli jirigen 40l)
- purging dng liqui moly 1 kaleng = 180.000
- carbs cleaner 1 kaleng = 50.000
===> total biaya = 1.325.000 saja
KESIMPULAN 1.325.000 VS 18.000.000 pilih yg mana.......??????
hemat 16.675.000
Sy pakai ctv FL 2011, check engine di dashboard menyala dan setelah di scan, fault code yg muncul sy agak lupa antara P02D0 atau P0203, pokoknya artinya injector nomor 3 bermasalah. Dari sy pakai selalu sy isi dex (tdk tau kalau pemilik sebelumnya), pernah pakai shell juga tapi sekarang udah ga pernah pakai lagi.
Pertama coba reset cabut baterai, selesai, baru 1 jam jalan CE nyala lagi, lalu di purging, besoknya CE nyala lagi, dan akhirnya menurut BeRes injector nomor 3 harus diganti. Karena harganya mahal dan tidak terlalu ada masalah di tenaga (hanya ngempos kalau di-kickdown, harus diurut gasnya), masih sy pakai sampai sekarang dengan kondisi CE masih menyala.
Apa perbaikan injector DIY om Judi diatas bisa juga berlaku untuk kasus sy diatas?
Beli part seperti valve control dan nozzle (seandainya tidak bisa diperbaiki) dimana?
Terakhir sy bagi link youtube-nya ya om utk DIY diatas terutama pas bongkar injectornya dan ganti valve control dll.
Terima kasih banyak atas sharingnya om, sangat bergizi.

| BIC # 714 |
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Recovery captiva korban solar busuk
ada yg bilang injector deplhi ga boleh sembarang copot ya om ? dicopot trus dipasang ga bisa idup lagi ? apa ada langkah harus registrasi ? gmn punya om sekarang udah hidup normal ?Judi wrote:mungkin krn SOP di beres harus ganti om walaupun bisa diperbaiki.gobale wrote:Mantap....orang bengkel resmi pun ga kan tau cara bongkar injector...plg disuruh ganti...xixixi
Sebelum sy lakukan DIY sy sdh kontak beres dan mereka kirim mekanik hasilnya harus ganti injector 2 buah total ± Rp 18.000.000 belum purging, kuras tangki, dll .......
Perbandingan biaya dng cara DIY :
- perbaikan 1 buah nozzle yg buntu = 15.000
- ganti 2 buah valve control @ 500.000 = 1.000.000
- ongkos bongkar pasang injector = gratis
- ongkos kuras tangki = 80.000 (karena hrs beli jirigen 40l)
- purging dng liqui moly 1 kaleng = 180.000
- carbs cleaner 1 kaleng = 50.000
===> total biaya = 1.325.000 saja
KESIMPULAN 1.325.000 VS 18.000.000 pilih yg mana.......??????
hemat 16.675.000
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Feb 05, 2010 11:25
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Berlaku om dan biasanya itu ada temannya bukan cuma no 3 saja, utk memastikan lakukan test spt gambar 1 dan jalankan mesin sambil memperhatikan gelas penampung solar jangan sampai penuh cukup sampai setengah kemudian matikan mesin, gelas yg isinya paling banyak itu yg injectornya bermasalah. Dalam kondisi normal debit solar yg keluar melalui return outled pd semua injector sama, ini bs dilihat di gelas penampung spt pd gambar3, itu hasil test pd captiva sy setelah melakukan penggantian control valve dan membersihkan nozzel.Apa perbaikan injector DIY om Judi diatas bisa juga berlaku untuk kasus sy diatas?
control valve di https://www.aliexpress.com/item/Genuine ... 71641d4136Beli part seperti valve control dan nozzle (seandainya tidak bisa diperbaiki) dimana?
control valve+nozzle di https://www.aliexpress.com/item/Origina ... 71641d4136
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Feb 05, 2010 11:25
Re: Recovery captiva korban solar busuk
ga masalah om, semenjak perbaikan injector sd skrg captiva sy sdh jalan hampir 8.000 kmada yg bilang injector deplhi ga boleh sembarang copot ya om ? dicopot trus dipasang ga bisa idup lagi ? apa ada langkah harus registrasi ? gmn punya om sekarang udah hidup normal ?
sebelum melepas injector cabut dulu kabel negatif pd aki, tetapi sy juga pernah kelupaan tanpa cabut kabel negatif aki jg tdk apa2 tetapi utk mobil jenis lain sy tdk pernah coba sebaiknya pelajari dulu service manualnya.
Kalau membutuhkan manual service GM europe sy ada
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Fri Oct 14, 2016 14:30
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Ijin nyimak om judi.. Salken semua suhu2 di mari.. Ilmu nya bermanfaat banget nih buat ane yg masih awam pelihara badak diesel my 2015.. Baru baru ini ganti fuel pump. Padahal odometer belum sampai 5000 km. Untung semua biaya nya msh gratis karena garansi blum habis. Tp aneh nya setelah badak ane keluar dari nginap 3harian di beres, ane baru nyadar tiap kali berdiri di samping pintu setir terdengar suara ngiiiiiinnngg gitu om.. Curiga ini bakal nambah daftar rusak berikut nya huhuhu... Btw. kok gambar nya gak ada yg bisa ane lihat yah om. Di setiap postingan gambar pasti disitu tertulis gini:
"You do not have the required permissions to view the files attached to this post."
Sorry masih newbie bgt di forum ini, baru aja daftar hehe..
"You do not have the required permissions to view the files attached to this post."
Sorry masih newbie bgt di forum ini, baru aja daftar hehe..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Feb 05, 2010 11:25
Re: Recovery captiva korban solar busuk
koq lama sampai 3 hr ya.....apa bengkelnya rameMujtaba wrote:Ijin nyimak om judi.. Salken semua suhu2 di mari.. Ilmu nya bermanfaat banget nih buat ane yg masih awam pelihara badak diesel my 2015.. Baru baru ini ganti fuel pump. Padahal odometer belum sampai 5000 km. Untung semua biaya nya msh gratis karena garansi blum habis. Tp aneh nya setelah badak ane keluar dari nginap 3harian di beres, ane baru nyadar tiap kali berdiri di samping pintu setir terdengar suara ngiiiiiinnngg gitu om.. Curiga ini bakal nambah daftar rusak berikut nya huhuhu... Btw. kok gambar nya gak ada yg bisa ane lihat yah om. Di setiap postingan gambar pasti disitu tertulis gini:
"You do not have the required permissions to view the files attached to this post."
Sorry masih newbie bgt di forum ini, baru aja daftar hehe..
btw, fuel pump juga bs DIY koq....dan jauhhh lebih murah, tdk perlu ganti full set tp kalau msh garansi ya di klaim aja om
biar bs lihat gambar hrs login dulu om
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Wowh mantap diy bongkar nozzlenya wkwk.... hrs di bookmark nie. Sya baru jalan 30rb sofar fine2 aja
Btw saya uda tanya SA, harusnya injector masuk garansi selama 3thn/unlimited km
Harga injector captiva di bukalapak, 2.7jt /pc saya liat innova diesel 3jt/pc pajerosport 2.1jt ranger 2.2 3jt/pc di pedagang ada yg lebi murah ada yg lebi mahal

Btw saya uda tanya SA, harusnya injector masuk garansi selama 3thn/unlimited km
Harga injector captiva di bukalapak, 2.7jt /pc saya liat innova diesel 3jt/pc pajerosport 2.1jt ranger 2.2 3jt/pc di pedagang ada yg lebi murah ada yg lebi mahal

Last edited by billyd1773dz on Sat Oct 15, 2016 11:21, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Knp diganti om fuelpumpnya?Mujtaba wrote:Ijin nyimak om judi.. Salken semua suhu2 di mari.. Ilmu nya bermanfaat banget nih buat ane yg masih awam pelihara badak diesel my 2015.. Baru baru ini ganti fuel pump. Padahal odometer belum sampai 5000 km. Untung semua biaya nya msh gratis karena garansi blum habis. Tp aneh nya setelah badak ane keluar dari nginap 3harian di beres, ane baru nyadar tiap kali berdiri di samping pintu setir terdengar suara ngiiiiiinnngg gitu om.. Curiga ini bakal nambah daftar rusak berikut nya huhuhu... Btw. kok gambar nya gak ada yg bisa ane lihat yah om. Di setiap postingan gambar pasti disitu tertulis gini:
"You do not have the required permissions to view the files attached to this post."
Sorry masih newbie bgt di forum ini, baru aja daftar hehe..
Ngiing itu bunyi fuelpum om... Memang kata komunitas hampir semua captiva bunyi fuelpumpnya, tp g pernah/jarang sampai mogok/fatal atw ganggu performa hanya bunyi saja.
klw uda diganti masi bunyi ya di komplen aja.
Harus login dlu om untuk liat fotonya

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Feb 05, 2010 11:25
Re: Recovery captiva korban solar busuk
alat yg diperlukan:
- ragum
- kunci sok 15
injector yg sdh dibongkar
sebaiknya pd step ini didokumentasikan supaya pd saat reassembly tdk terjadi kesalahan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Tue Jul 05, 2016 14:55
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Om Judi, boleh sharing service manualnya GM Europe di mari ngak ?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Feb 05, 2010 11:25
Re: Recovery captiva korban solar busuk
injector dlm kondisi terbongkar
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Recovery captiva korban solar busuk
bisa bangkrut nih bengkel resmi kalau semua user bisa DIY...kayak gini...wkwkwkwk..
mantap oom, sharingnya...
keep up the good job...
pahala juga kan untuk sharing ilmu..
mantap oom, sharingnya...
keep up the good job...
pahala juga kan untuk sharing ilmu..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Feb 05, 2010 11:25
Re: Recovery captiva korban solar busuk
test nozzle :
1. cek apakah jarum nozzle tdk lengket/macet di dalam nozzle
2. jika tdk lengket/macet keluarkan jarum dr nozzle
3. cek fisik terutama ujung jarum yg warna hitam apakah ada kerusakan/tergores
4. test lobang nozzle dng menyemprotkan carb/injector cleaner spt pd gambar
hasilnya cairan hrs keluar dr 8 lobang dng debit yg sama
perbaikan:
- jika ujung jarum yg warna hitam rusak/tergores
===> ganti
- jika jarum lengket/macet dan lobang nozzle ada yg buntu
===> beli thinner A yg biasa (sy beli eceran di toko bangunan Rp 15rb)
rendam min 1 jam, jika msh macet rendam kembali dlm wadah yg tertutup
- lakukan test no.4
1. cek apakah jarum nozzle tdk lengket/macet di dalam nozzle
2. jika tdk lengket/macet keluarkan jarum dr nozzle
3. cek fisik terutama ujung jarum yg warna hitam apakah ada kerusakan/tergores
4. test lobang nozzle dng menyemprotkan carb/injector cleaner spt pd gambar
hasilnya cairan hrs keluar dr 8 lobang dng debit yg sama
perbaikan:
- jika ujung jarum yg warna hitam rusak/tergores
===> ganti
- jika jarum lengket/macet dan lobang nozzle ada yg buntu
===> beli thinner A yg biasa (sy beli eceran di toko bangunan Rp 15rb)
rendam min 1 jam, jika msh macet rendam kembali dlm wadah yg tertutup
- lakukan test no.4
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Feb 05, 2010 11:25
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Pada saat pemeriksaan nozzle menemukan kerusakan dan kerusakan sdh diperbaiki dan di test tdk ada yg buntu atau jarum macet sebaiknya injector di reassembly tanpa mengganti valve control krn ada kemungkinan masalah pd injector sdh solved.
Pasang kembali injector dan sambungkan return outled injector ke selang dan gelas air mineral untuk test hasil perbaikan apakah sdh sempurna.
Pasang kembali kabel negatif pd aki.
PENTING !!!!!!
tangki hrs sdh dikuras dan diganti dengan solar yg bagus
ganti filter solar
jangan langung start engine, lakukan bleeding untuk mengeluarkan udara
caranya:
1. Turn on the ignition key dan tunggu 5 detik
2. Turn off the ignition key dan tunggu 3 detik
3. Ulangi step 1 & 2 sebanyak 5X
4. Start engine (biasanya butuh start agak panjang sampai mesin hidup)
setelah mesin hidup perhatikan penampungan solar pd gelas air mineral, jika hasilnya tdk sama dng perbandingan yg sangat jauh maka injector yg return outlednya mengeluarkan solar paling banyak itu valve controlnya hrs diganti.
Pasang kembali injector dan sambungkan return outled injector ke selang dan gelas air mineral untuk test hasil perbaikan apakah sdh sempurna.
Pasang kembali kabel negatif pd aki.
PENTING !!!!!!
tangki hrs sdh dikuras dan diganti dengan solar yg bagus
ganti filter solar
jangan langung start engine, lakukan bleeding untuk mengeluarkan udara
caranya:
1. Turn on the ignition key dan tunggu 5 detik
2. Turn off the ignition key dan tunggu 3 detik
3. Ulangi step 1 & 2 sebanyak 5X
4. Start engine (biasanya butuh start agak panjang sampai mesin hidup)
setelah mesin hidup perhatikan penampungan solar pd gelas air mineral, jika hasilnya tdk sama dng perbandingan yg sangat jauh maka injector yg return outlednya mengeluarkan solar paling banyak itu valve controlnya hrs diganti.
Last edited by Judi on Sun Oct 16, 2016 9:00, edited 1 time in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Feb 05, 2010 11:25
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Penggantian valve control
sy blm menemukan part ini dijual di lokal jadi sy membeli di luar,
sy membeli sebanyak 4 pcs dng harga US $148 dan shipping US $25 pakai EMS
total waktu pengiriman 7 hr, jika ingin cepat diambil sendiri di kantor pos bs hemat waktu 2 hr.
sy sengaja beli lebih krn yg 2 pcs buat spare.
sy blm menemukan part ini dijual di lokal jadi sy membeli di luar,
sy membeli sebanyak 4 pcs dng harga US $148 dan shipping US $25 pakai EMS
total waktu pengiriman 7 hr, jika ingin cepat diambil sendiri di kantor pos bs hemat waktu 2 hr.
sy sengaja beli lebih krn yg 2 pcs buat spare.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Feb 05, 2010 11:25
Re: Recovery captiva korban solar busuk
krn itu pada saat pembongkaran perlu didokumentasikan/foto.
Lakukan bleeding dan test setelah penggantian valve control spt tsb diatas.
Sekian sharing sy mudah2 berguna dan dr pengalaman sy menggunakan mobil ini sejak awal 2014 adalah:
nyaman,
stabil,
standart saja sdh powerfull krn torsi yg besar,
cocok untuk stop n go di dlm kota,
dan take over di jalur pantura,
maupun melibas jalur pegunungan (sy biasa ke malang lewat jalur pacet-cangar-batu),
perawatan murah krn hrg fast moving part yg sy dpt :
- fuel filter US $27.14
- oil filter US $8.62
- air filter US $15.08
- cabin filter US $14.93
- oli mesin Q8 5-30 dexos2 Rp 120.000/l
sejak th 1995 s/d skrg mobil utk daily yg berkesan :
1. Cefiro dng RB25DET
2. W124 Masterpiece
3. Captiva Z20D
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Nov 17, 2012 1:47
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Salken om Judi. nice share... Kerja Anda sangat rapi. Menurut om purging rutin bisa mencegah masalah ini terulang ga ya?
Salam diy.
Salam diy.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Sun Sep 29, 2013 4:17
Re: RE: Re: Recovery captiva korban solar busuk
Nice Share om Yudi.Judi wrote:yg perlu diperhatikan pada saat pemasangan kembali valve control jangan sampai terbalik,
krn itu pada saat pembongkaran perlu didokumentasikan/foto.
Lakukan bleeding dan test setelah penggantian valve control spt tsb diatas.
Sekian sharing sy mudah2 berguna dan dr pengalaman sy menggunakan mobil ini sejak awal 2014 adalah:
nyaman,
stabil,
standart saja sdh powerfull krn torsi yg besar,
cocok untuk stop n go di dlm kota,
dan take over di jalur pantura,
maupun melibas jalur pegunungan (sy biasa ke malang lewat jalur pacet-cangar-batu),
perawatan murah krn hrg fast moving part yg sy dpt :
- fuel filter US $27.14
- oil filter US $8.62
- air filter US $15.08
- cabin filter US $14.93
- oli mesin Q8 5-30 dexos2 Rp 120.000/l
sejak th 1995 s/d skrg mobil utk daily yg berkesan :
1. Cefiro dng RB25DET
2. W124 Masterpiece
3. Captiva Z20D
Parts nya order OL sendiri ya?
Susah ga masukin nya ya?
Jauh tuh sama yg resmi sini.
Sent from my LG-H845 using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Feb 05, 2010 11:25
Re: RE: Re: Recovery captiva korban solar busuk
ya om sy order OL kecuali oli dan gampang + free shipping 2hr sdh sampai dan kl proses clearance di customs lancar biasanya hr itu jg diantar oleh shipperhendrahot wrote:Nice Share om Yudi.Judi wrote:injector6.jpgyg perlu diperhatikan pada saat pemasangan kembali valve control jangan sampai terbalik,
krn itu pada saat pembongkaran perlu didokumentasikan/foto.
Lakukan bleeding dan test setelah penggantian valve control spt tsb diatas.
Sekian sharing sy mudah2 berguna dan dr pengalaman sy menggunakan mobil ini sejak awal 2014 adalah:
nyaman,
stabil,
standart saja sdh powerfull krn torsi yg besar,
cocok untuk stop n go di dlm kota,
dan take over di jalur pantura,
maupun melibas jalur pegunungan (sy biasa ke malang lewat jalur pacet-cangar-batu),
perawatan murah krn hrg fast moving part yg sy dpt :
- fuel filter US $27.14
- oil filter US $8.62
- air filter US $15.08
- cabin filter US $14.93
- oli mesin Q8 5-30 dexos2 Rp 120.000/l
sejak th 1995 s/d skrg mobil utk daily yg berkesan :
1. Cefiro dng RB25DET
2. W124 Masterpiece
3. Captiva Z20D
Parts nya order OL sendiri ya?
Susah ga masukin nya ya?
Jauh tuh sama yg resmi sini.
Sent from my LG-H845 using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Feb 05, 2010 11:25
Re: Recovery captiva korban solar busuk
bisa ya bisa tidak om,shale shaker wrote:Salken om Judi. nice share... Kerja Anda sangat rapi. Menurut om purging rutin bisa mencegah masalah ini terulang ga ya?
Salam diy.
karena spt kejadian captiva sy, isi solar busuk dan jalan 600km selama 2hr langsung mogok
yg penting isi solar yg berkualitas krn injector captiva sdh euro5 dan liner silinder captiva rentan terhadap bbm yg kandungan sulfurnya tinggi