Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by bivanos88 »

waduh kl xv40 3.5Q sama w211 e280 FL terakhir sih, jelas w211 kemana mana sih om.. jauh banget rasanya..
yogaadhiyasa wrote:
andyez86 wrote:Vote E280 7G-tronic....klo beruntung dpt yg full accesories amg..ini mbl tenaga sm handling nya enak bgt,klo dibandingin camry 3.5 Q jauh y..krn ud pernah bawa 2 mbl itu..saran aja cari E280 akhr2...taon 2008 ato 2009 yg 9th edition...
Terimakasih atas sarannya om. Saya juga sempet liat di iklan tipe 9th edition ini om. Kalau dilihat secara harga dia emg agak tinggi ya dibandingkan tipe regulernya. Kalau secara kasat mata sih yg saya cuma liat sih cuma desain dan ukuran velgnya yg berbeda. Mungkin om atau suhu2 yang lain bisa kasih tau apa saja perbedaan antara tipe biasa (elegance) dengan tipe 9th edition ini? Karena setelah dilihat2 jg lumayan langka barangnya di pasaran.
untuk bedanya yang 9th edition, kl ngga salah beda fiturnya cuma sedikit sekali, seingat saya koneksi ipod, dan yang paling signifikan sudah pakai suspensi airmatic, serta dapat sertifikat juga. CMIIW
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by armann »

yogaadhiyasa wrote:
armann wrote:kalo udh gk mikirin umur sih dah pasti ambil merc, apalagi ts kyknya pengen mobil yg menggugah, sporti, beda cerita kalo pake camry q v6, msh lebih enak jadi penumpang daripada dikemudinya.. cmn 2 mobil ini kyknya lemah di dasbor ya cmiiw, sering liat bnyk yg retak2 dan lengket2 mengkilap karena kejemur panas matahari, and kalo camry xv40 sih parah retaknya (ex user) bisa retak dari bagian plg deket dgn tape sampe ke ujung dasbor deket kap mesin & tampilannya spt dasbor yg disemir berlebihan, parah deh itu... kalo di xv40 hampir smuanya penyakitan begitu
Makasih atas sarannya om. Sebenernya kalo saya penggunaan mobil sekarang ini bisa dibilang 50:50 dengan supir. Jadi untuk aktivitas sehari2 saya masih pakai supir, tp kadang2 saya juga suka nyetir sendiri. Jd harapannya saya pengen punya mobil yang balance untuk kesenangan saat nyetir sendiri ataupun disupirin. Mungkin masalah dashboard yang retak itu karena bahan softpad di dashboard yang nggak kuat sama cuaca di indonesia ya om? Soalnya di altis saya jg ada bagian softpad di dashboard yang sedikit retak di bagian pinggirnya walaupun nggak terlalu signifikan. Nah sekarang pertanyaannya kalau kita sampai dapet unit yang dashboardnya bermasalah apakah harus ganti dashboardnya segelondong? Atau bisa direkondisi seperti sedia kala? Mohon pencerahannya para suhu SM.
Ya itu dashboardnya mnrt sy gk tahan dgn sinar matahari, kena dikit jg rusak & pastinya susah bgt cari yg bner2 mulus dashboardnya... in bkn soal low km, mungkin aja om dpt unit yg bner2 mulus dashboardnya, itupun bisa aja high km, tapi jarang kena panas atau direct sunlight, ya jadi gk tentu deh, pokoknya emg kalo yg low km kemungkinan lebih terawat iya, cmn ya blm tentu jg, contohnya dulu sy punya camry v xv40, baru pemakaian 15km dasbor udh mulai retak2. Bisa di bekleed, atau dilapisi kulit lagi kok om kalo sampe dpt unit dgn dashboard retak, itu kyknya emg kelemahan kedua monil ini. Kalo emg dashboard di restorasi pun dgn bahan yg bagus pasti hasilnya akan bisa lebih baik dari standar, alias kebal panas. Oh ya, utk comparison nya mah kalo om gk masalah dgn thn tua dan model tua sih sy saranin ambil merc, dan kalo lebih suka jadi penumpang, parts lebih murah, lebih durable, oke merk jepang, tahun lebih mudaan (bukan muda, apalagi modelnya, walaupun bgs sih modelnya mnrt sy, xv50 aja model blkgnya kotak), ya choice is yours
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3059
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by farizfsa »

lebih condong ke E280 W211, mobil enak, apalagi yg 9th edition, sudah airsus, tp kalo blm siap ganti airsus (8jtan sebiji) ya yang non 9th edition aja.

penyakit yg harus hati2 adalah ECU di mesin M272 ini karena posisinya diatas head mesin.

Bensin saya sih pake mbl dengan mesin sama dalkot bisa 1:7an, lukot 1:15 deh.

camry 3.5? mendingan mark x kayanya ya.
User avatar
gils
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by gils »

saya ex user Camry xv40 facelift 2010 baru dijual beberapa bulan lalu, n skrg pakai merc w204 2012

untuk masalah dashboard retak sepertinya di xv40 facelift sdh tidak di temukan lagi, karena camry saya sudah 120k ++ kilometer sampai dijual dashboard tidak retak2 sama sekali, memang di versi sbelum FL hampir semua kena dashboard retak ( mirip sperti penyakit harrier). dan banyak yang sudah bs re trim dashboard camry/harrier ini.

perbandingan nya, yang pasti saya lebih seneng nyetir w204 tapi kalau di supirin saya lbh prefer camry. camry ya plain aja feel bawa nya, FC lebih irit w204 saya. FC camry sekitaar 1:6 Dalkot

maaf perbandingan nya dgn w204 karena belum pernah coba dan pakai w211.

kalo sesuai judul saya pilih merc ajah,walopun camry Q mobil yang special juga (setidak nya buat saya)
For everything, there is a season, there is a reason...

2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

newrubble wrote:kalo.mau trasa naik klaas tapi wang terbatas krn biasa beli parts toyota sy saran bukan camry 35

tapi toyota mark x ..... asli bikinan jpn
Makasih sarannya om. Kalo untuk urusan biaya perawatan dan partsnya insyaallah sih saya siap. Sebagai informasi saya sudah punya pengalaman ngerawat beberapa mobil eropa sebelumnya (saya ex user BMW 530i E39 dan sempat pakai BMW 318i E46 walaupun cuma sebentar). Nah, mark X ini menurut saya juga option yang cukup menarik karena saya suka sama modelnya dan mesinnya yang cukup bertenaga (2.500cc V6 RWD) CMIIW. Unitnya juga jarang keliatan di jalan sehingga berasa lebih eksklusif kalo dibandingkan sama camry. Apakah suhu2 SM disini ada yang punya pengalaman dengan mobil ini? Silahkan bisa dishare disini kelebihan dan kekurangan dari mobil ini berhubung saya cukup awam soal mobil ini.
solar_kerosen wrote:kalau duit masih cukupan prefer camry 3,5v pasti quantum leap dari altis , akselerasi 7,5 dtk untuk 100 km/jam dan harga operasional masih dibawah merc lain hal beli baru go merc
Makasih atas sarannya om. Betul om, untung ukuran sebuah sedan jepang memang camry 3.5 ini bisa dibilang outstanding dalam segi performa. Biaya operasionalnya juga bisa dibilang murah jika dibandingkan sama mercy karena ini mereknya toyota.
egibaio wrote:Kalau w211 nya yang udah taun 2008/2009 ambil aja om. Udah banyak improvement dibanding pre fl. Rumornya 2000 parts diubah untuk beresin issue yg muncul di tahun2 sblmnya

Go for merc
Makasih sarannya om. Wah, kalau sampe ada 2000 komponen yang diganti dari yang pre fl berarti sudah banyak improvement ya om dibandingkan dengan model sebelumnya. Kalo problem yang sering saya dengar dari W211 pre fl sih seputar masalah SBCnya ya om?

ak4ng wrote:Ini w211 fl yg udah lumayan balik lagi ke mercy, walo masi ada sisa2 chrysler nya, kl ud mikirin mercy, knp masih harus mikirin camry doang om? Aplg uang tidak masalah..... jogja rasanya banyak bengkel spesialisnya, cmiiw

Makasih sarannya om. Iya om, jadi sebenernya alasan saya milih camry juga karena fitur2nya yang lengkap, mesinnya yang bertenaga, serta durabilitynya om kalau dibandingkan mercy. Tapi dua2nya pasti punya plus minusnya masing2 sih om menurut saya. Betul om, di jogja sudah bertebaran bengkel2 spesialis buat merek2 eropa dengan kualitas yang bagus serta harga yang wajar kalo dibandingkan dengan bengkel resmi.

ripratama wrote:Ambil W211 tipe apapun asal sudah facelift; SBC yg bermasalah sudah ditiadakan dan overall ini tipe yg sangat-sangat bulletproof.

E200 jangan didiskualifikasi dulu Om, utk power cukup mengejutkan walaupun fitur nya jelas kalah dari E280.

Pilihan lain yg lega dan enak disetir maupun disetiri: BMW seri 5 E60, Toyota Crown Royal Saloon.
Makasih sarannya om. Wah, jadi bisa dibilang kalo E280 ini adalah tipe mercy yang lumayan bandel ya om? Saya sebenernya juga lumayan tertarik om sama E200 kompressor, karena biarpun ccnya kecil tapi sudah dibantu sama supercharger CMIIW. Nah masalahnya, saya masih ragu dengan durability dari komponen tersebut karena selama ini selalu pegang mobil N/A tanpa force induction. Pertanyaannya, apakah komponen tersebut cukup bandel atau malah sering bermasalah ya om? Mohon pencerahannya dari suhu2 SM disini.

Kalo soal E60 saya sudah pernah testdrive punya teman yang tipe 530i dan cukup amaze dengan performa dan handlingnya. Kebetulan saya juga ex user 530i E39 yang cukup puas dengan mobil tersebut. Pertanyannya, apakah ada masalah khusus di BMW E60 ini? Dan bagaimana durabilitynya jika dibandingkan dengan W211?

Toyota Crown Royal Saloon juga modelnya oke dan sangat mewah ya om. Tapi kok saya liat2 unitnya lumayan jarang di pasaran.

12valves wrote:setuju sm yg atas, quantum leap tetap terasa di Camry 3.5Q

Tapi klo boleh kasi pilihan V6 jejepangan mungkin bisa ke Teana 250XV
Makasih sarannya om. Jadi dengan camry 3.5 saja sudah terasa naik kelasnya ya om? Kalau teana saya juga sudah pernah naik punya teman walaupun waktu itu nggak nyetir (duduk dibelakang). Komentar saya sih mobil ini cukup nyaman ya om, suspensinya empuk bgt dan kabinnya sangat kedap untuk ukuran mobil jepang. Apakah suhu2 SM disini ada yang punya pengalaman dengan mobil ini? Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

akbarfit wrote:Either Toyota MarkX, Teana, or E280 7G Tronik....

Toyota Mark X built in jpn dan 2.5v6
Teana, hanya jika mau rasakan v6
E280 pilihan pribadi
Makasih sarannya om. Iya, memang dari beberapa pilihan diatas semuanya punya plus dan minusnya masing2 ya om. Jadi om pribadi lebih menyarankan ke E280 ya om?
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

irdna wrote:kalau nyetir sama di supirin masi 50 50 saya pasti ambil camry xv40 3.5
heheh

kalau full nyetir sndiri dan ga takut ama penyakit2 aneh mobil eropa si ambil merc

masalah dashboard retak bisa di rekondisi kok sya pernah liat di IG yg recoating panel gitu cmn utk harga sya kurang tau om
Makasih sarannya om. Jadi om lebih menyarankan ambil camry saja ya om? Oh iya om, setelah searching2 di google memang ada jasa buat rekondisi panel2 yang sudah ngelupas dan hasilnya bisa dibilang sama seperti baru lagi. Sayangnya rata2 lokasinya jauh2 om dari tempat saya soalnya di kota saya belom ada jasa seperti itu. :big_dunno:

farizfsa wrote:lebih condong ke E280 W211, mobil enak, apalagi yg 9th edition, sudah airsus, tp kalo blm siap ganti airsus (8jtan sebiji) ya yang non 9th edition aja.

penyakit yg harus hati2 adalah ECU di mesin M272 ini karena posisinya diatas head mesin.

Bensin saya sih pake mbl dengan mesin sama dalkot bisa 1:7an, lukot 1:15 deh.

camry 3.5? mendingan mark x kayanya ya.
Makasih atas sarannya om. Wah, ternyata harga airsusnya lumayan mahal jg ya om. Kalo misalnya mau tetep ambil yang 9th edition bagaimana dengan durability dari airsusnya sendiri ya om? Apakah airsusnya cepet jebol atau malah lumayan awet? Untuk ukuran mesin 3000cc V6 lumayan irit juga ya bensinnya om. Oiya, mesin M272 di E280 W211 ini apakah sama persis ya om sama mesinnya E300 W212?

gils wrote:saya ex user Camry xv40 facelift 2010 baru dijual beberapa bulan lalu, n skrg pakai merc w204 2012

untuk masalah dashboard retak sepertinya di xv40 facelift sdh tidak di temukan lagi, karena camry saya sudah 120k ++ kilometer sampai dijual dashboard tidak retak2 sama sekali, memang di versi sbelum FL hampir semua kena dashboard retak ( mirip sperti penyakit harrier). dan banyak yang sudah bs re trim dashboard camry/harrier ini.

perbandingan nya, yang pasti saya lebih seneng nyetir w204 tapi kalau di supirin saya lbh prefer camry. camry ya plain aja feel bawa nya, FC lebih irit w204 saya. FC camry sekitaar 1:6 Dalkot

maaf perbandingan nya dgn w204 karena belum pernah coba dan pakai w211.

kalo sesuai judul saya pilih merc ajah,walopun camry Q mobil yang special juga (setidak nya buat saya)
Makasih sarannya om. Jadi bisa dibilang untuk urusan dashboard retak sudah solved ya om untuk XV40 facelift? Kalau untuk nyetir sendiri camry cenderung kurang asik ya om kalo dibandingkan dengan mercy? Konsumsi BBM juga kayaknya masih lebih borosan camry kalau dibandingkan dengan mercy. Kalo boleh tau dulu camrynya yang versi 2.4 atau 3.5 ya om? Jadi overall om masih tetep lebih merekomendasikan mercy ya om kalo dibandingkan sama camry?

bivanos88 wrote:waduh kl xv40 3.5Q sama w211 e280 FL terakhir sih, jelas w211 kemana mana sih om.. jauh banget rasanya..
yogaadhiyasa wrote:
andyez86 wrote:Vote E280 7G-tronic....klo beruntung dpt yg full accesories amg..ini mbl tenaga sm handling nya enak bgt,klo dibandingin camry 3.5 Q jauh y..krn ud pernah bawa 2 mbl itu..saran aja cari E280 akhr2...taon 2008 ato 2009 yg 9th edition...
Terimakasih atas sarannya om. Saya juga sempet liat di iklan tipe 9th edition ini om. Kalau dilihat secara harga dia emg agak tinggi ya dibandingkan tipe regulernya. Kalau secara kasat mata sih yg saya cuma liat sih cuma desain dan ukuran velgnya yg berbeda. Mungkin om atau suhu2 yang lain bisa kasih tau apa saja perbedaan antara tipe biasa (elegance) dengan tipe 9th edition ini? Karena setelah dilihat2 jg lumayan langka barangnya di pasaran.
untuk bedanya yang 9th edition, kl ngga salah beda fiturnya cuma sedikit sekali, seingat saya koneksi ipod, dan yang paling signifikan sudah pakai suspensi airmatic, serta dapat sertifikat juga. CMIIW
Makasih infonya om. Mantap juga ya kalo sudah pakai airmatic. Oiya om selain E200 & E280 sebenernya ada versi apalagi ya om? Dan E280 9th edition ini masuk ke indonesia lewat jalur resmi (ATPM) atau lewat jalur IU ya om? Mohon pencerahannya para suhu SM.

armann wrote:
yogaadhiyasa wrote:
armann wrote:kalo udh gk mikirin umur sih dah pasti ambil merc, apalagi ts kyknya pengen mobil yg menggugah, sporti, beda cerita kalo pake camry q v6, msh lebih enak jadi penumpang daripada dikemudinya.. cmn 2 mobil ini kyknya lemah di dasbor ya cmiiw, sering liat bnyk yg retak2 dan lengket2 mengkilap karena kejemur panas matahari, and kalo camry xv40 sih parah retaknya (ex user) bisa retak dari bagian plg deket dgn tape sampe ke ujung dasbor deket kap mesin & tampilannya spt dasbor yg disemir berlebihan, parah deh itu... kalo di xv40 hampir smuanya penyakitan begitu
Makasih atas sarannya om. Sebenernya kalo saya penggunaan mobil sekarang ini bisa dibilang 50:50 dengan supir. Jadi untuk aktivitas sehari2 saya masih pakai supir, tp kadang2 saya juga suka nyetir sendiri. Jd harapannya saya pengen punya mobil yang balance untuk kesenangan saat nyetir sendiri ataupun disupirin. Mungkin masalah dashboard yang retak itu karena bahan softpad di dashboard yang nggak kuat sama cuaca di indonesia ya om? Soalnya di altis saya jg ada bagian softpad di dashboard yang sedikit retak di bagian pinggirnya walaupun nggak terlalu signifikan. Nah sekarang pertanyaannya kalau kita sampai dapet unit yang dashboardnya bermasalah apakah harus ganti dashboardnya segelondong? Atau bisa direkondisi seperti sedia kala? Mohon pencerahannya para suhu SM.
Ya itu dashboardnya mnrt sy gk tahan dgn sinar matahari, kena dikit jg rusak & pastinya susah bgt cari yg bner2 mulus dashboardnya... in bkn soal low km, mungkin aja om dpt unit yg bner2 mulus dashboardnya, itupun bisa aja high km, tapi jarang kena panas atau direct sunlight, ya jadi gk tentu deh, pokoknya emg kalo yg low km kemungkinan lebih terawat iya, cmn ya blm tentu jg, contohnya dulu sy punya camry v xv40, baru pemakaian 15km dasbor udh mulai retak2. Bisa di bekleed, atau dilapisi kulit lagi kok om kalo sampe dpt unit dgn dashboard retak, itu kyknya emg kelemahan kedua monil ini. Kalo emg dashboard di restorasi pun dgn bahan yg bagus pasti hasilnya akan bisa lebih baik dari standar, alias kebal panas. Oh ya, utk comparison nya mah kalo om gk masalah dgn thn tua dan model tua sih sy saranin ambil merc, dan kalo lebih suka jadi penumpang, parts lebih murah, lebih durable, oke merk jepang, tahun lebih mudaan (bukan muda, apalagi modelnya, walaupun bgs sih modelnya mnrt sy, xv50 aja model blkgnya kotak), ya choice is yours
Makasih infonya om. Kalo misalnya dashboardnya di bekleed ulang apa nggak mengganggu sistem airbagnya om? Maaf newbie, jadi kurang paham masalah begini. :mky_03: Kalo menurut saya pribadi, saya juga lebih suka bentuknya XV40 yang agak membulat dibandingkan sama XV50 yang mengkotak, IMHO ya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16683
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by ChZ »

yogaadhiyasa wrote: Makasih sarannya om. Kalau misalnya nanti dapet E280 dengan kondisi interior yang pada ngelupas tapi kondisi yang lain masih oke apa bisa direkondisi seperti baru lagi om? Dan kalau bisa berapa ya kisaran harganya?
Bisa banget, om.... Banyak kok sekarang spesialis restorasi interior.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
little hunter
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu Mar 28, 2013 16:56

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by little hunter »

Mending ambil mercy kalau dapat kondisi yang bagus karena masih mau nyetir sendiri. Kecuali suka disupirin kebanyakan, pilih Camry spare part mudah dan perawatan ga ribet.
Dulu newbie sempat pakai 3.5Q bensin supir isi premium dan pertalite 1:6, isi pertamax 1:7 dan sampai sekarang camry nya masih jalan normal no complain km sudah 60rb(dibeli teman ane). Overall camry mobil nyaman, lega, kenceng, irit perawatannya
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by newrubble »

kalo ambil toyota apapun sbtul nya tdk butuh expertise level manapun

selama auto2000 masih buka (n mobil 88 masih jualan)
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by armann »

Kalo di bekleed gak bakal ngaruh ke airbag kok om & kalo bisa jgn sampe yg odo diatas 80rb, udh mulai rewel soalnya, salah satu alasan sy juga jual xv40 lama karena itu jg lah, sparepart gampang ganti dan ada dimana2 tapi lama2 ngabisin uang lumayan jg (dulu dijual udh 120rb di odo), udh ambil camry q ajadeh om, sy pribadi gk suka mobil2 thn tua, apalagi kalo model biasa aja, gk timeless atau nothing special imho
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1485
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by Pugman »

yogaadhiyasa wrote:
armann wrote:kalo udh gk mikirin umur sih dah pasti ambil merc, apalagi ts kyknya pengen mobil yg menggugah, sporti, beda cerita kalo pake camry q v6, msh lebih enak jadi penumpang daripada dikemudinya.. cmn 2 mobil ini kyknya lemah di dasbor ya cmiiw, sering liat bnyk yg retak2 dan lengket2 mengkilap karena kejemur panas matahari, and kalo camry xv40 sih parah retaknya (ex user) bisa retak dari bagian plg deket dgn tape sampe ke ujung dasbor deket kap mesin & tampilannya spt dasbor yg disemir berlebihan, parah deh itu... kalo di xv40 hampir smuanya penyakitan begitu
Makasih atas sarannya om. Sebenernya kalo saya penggunaan mobil sekarang ini bisa dibilang 50:50 dengan supir. Jadi untuk aktivitas sehari2 saya masih pakai supir, tp kadang2 saya juga suka nyetir sendiri. Jd harapannya saya pengen punya mobil yang balance untuk kesenangan saat nyetir sendiri ataupun disupirin. Mungkin masalah dashboard yang retak itu karena bahan softpad di dashboard yang nggak kuat sama cuaca di indonesia ya om? Soalnya di altis saya jg ada bagian softpad di dashboard yang sedikit retak di bagian pinggirnya walaupun nggak terlalu signifikan. Nah sekarang pertanyaannya kalau kita sampai dapet unit yang dashboardnya bermasalah apakah harus ganti dashboardnya segelondong? Atau bisa direkondisi seperti sedia kala? Mohon pencerahannya para suhu SM.
Kalau sabar, nyari interior E280 yang masih mulus saya yakin masih banyak, mobil saya yang jauh lebih tua aja softpad didashboard aman2 saja. Entah mitos atau sugesti, karena mobil eropa dianggap benda unik dan perawatan juga unik dan ekstra maka sebagian usernya juga memberikan perhatian ekstra ke mobilnya.. Sehingga umumnya kondisi yang sering ditemukan adalah antara baik sekali atau buruk.
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by arfyano »

Saya kebetulan pernah punya camry xv40 type Q tahun 2008.. kl si om di supirin, ni mobil enak bgt. Tp kl mau merasakan sensasi mengemudi yg lbh asik mungkin mercy (sya blm prnh pke mercy).. camry Q ini g bs d bilang murah jg utk perawatan mesinnya, beda soalnya sm yg 2.4, kl kaki2 kayaknya sama.. saya jual dl karena dashboard nya retak parah&pajak mati 2 thn (pajaknya lumayan lowh).
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by egibaio »

yogaadhiyasa wrote:
egibaio wrote:Kalau w211 nya yang udah taun 2008/2009 ambil aja om. Udah banyak improvement dibanding pre fl. Rumornya 2000 parts diubah untuk beresin issue yg muncul di tahun2 sblmnya

Go for merc
Makasih sarannya om. Wah, kalau sampe ada 2000 komponen yang diganti dari yang pre fl berarti sudah banyak improvement ya om dibandingkan dengan model sebelumnya. Kalo problem yang sering saya dengar dari W211 pre fl sih seputar masalah SBCnya ya om?
Saya juga ga terlalu paham detailnya apa yg di address soal "quality issues" sampai 2000 parts begitu hahaha yang jelas engine M112 ganti ke M272 dan mesin kompressornya naik horsepowernya . Yes saya udah denger beberapa horror stories ttg SBC ini meski blm pernah lihat langsung. W211 yang pernah saya lihat malfunction malah seluruh convenience feature (audio, AC, dll) dimatikan oleh sistem. Dugaan saya sih kayaknya auxiliary battery nya kena. Ada juga yg kerjaannya battery abis mulu karena katanya ada fault di jam analognya (?). Ini cuma pengalaman saya yg sempet hunting W211 juga kmrn.

SBC ini in concept sih bagus, jd injekan rem kita ini memerintahkan komputer buat ngirim precisely sekian persen ke tiap ban dan membantu pengereman sehalus dan seefektif mungkin. Nah in practice sayangnya SBC ini kalau saya rasa feelingnya kurang natural dan injekan rem rasanya spongy sekali. Untuk driver antusias saya rasa bakal kurang pede dengan karakter rem begini. Belum lagi jaman skrg sistem ESP, TCS, dll udah canggih sampai akhirnya SBC ini udah ga diperlukan lagi.

Saya juga skrg lagi hunting merc om, W211 FL masuk sebagai salah satu kandidat karena bahkan yg pre-fl aja menurut saya udah immensely comfortable meskipun ya memang ga cocok buat driver yg grasa grusu. Hati2 pedagang nakal ngerubah satuan odometer dr KM ke Mil. Tinggalin aja kalau nemu yg gt, itikadnya sudah ga baik (kecuali mungkin kalau unit IU saya ga tau)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16683
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by ChZ »

arfyano wrote:Saya kebetulan pernah punya camry xv40 type Q tahun 2008.. kl si om di supirin, ni mobil enak bgt. Tp kl mau merasakan sensasi mengemudi yg lbh asik mungkin mercy (sya blm prnh pke mercy).. camry Q ini g bs d bilang murah jg utk perawatan mesinnya, beda soalnya sm yg 2.4, kl kaki2 kayaknya sama.. saya jual dl karena dashboard nya retak parah&pajak mati 2 thn (pajaknya lumayan lowh).
Hehehe betul... justru saya ngerasain naik E280 duduk di belakang gak ada enak-enaknya.... Padahal aneh ya, orang bilang Mercedes Benz rajanya kenyamanan dan enakan duduk di belakang....

Sandaran joknya aneh, legroom sempit, dan keras.... Better duduk di Camry atau Accord...

Kalo buat nyetir jauh enak E280 dibanding Jepangan udah.... Kemarin temen saya mau lepas harga 3xx nego... Coba ada duit sudah saya tebus :big_cry:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by armann »

Pugman wrote:
yogaadhiyasa wrote:
armann wrote:kalo udh gk mikirin umur sih dah pasti ambil merc, apalagi ts kyknya pengen mobil yg menggugah, sporti, beda cerita kalo pake camry q v6, msh lebih enak jadi penumpang daripada dikemudinya.. cmn 2 mobil ini kyknya lemah di dasbor ya cmiiw, sering liat bnyk yg retak2 dan lengket2 mengkilap karena kejemur panas matahari, and kalo camry xv40 sih parah retaknya (ex user) bisa retak dari bagian plg deket dgn tape sampe ke ujung dasbor deket kap mesin & tampilannya spt dasbor yg disemir berlebihan, parah deh itu... kalo di xv40 hampir smuanya penyakitan begitu
Makasih atas sarannya om. Sebenernya kalo saya penggunaan mobil sekarang ini bisa dibilang 50:50 dengan supir. Jadi untuk aktivitas sehari2 saya masih pakai supir, tp kadang2 saya juga suka nyetir sendiri. Jd harapannya saya pengen punya mobil yang balance untuk kesenangan saat nyetir sendiri ataupun disupirin. Mungkin masalah dashboard yang retak itu karena bahan softpad di dashboard yang nggak kuat sama cuaca di indonesia ya om? Soalnya di altis saya jg ada bagian softpad di dashboard yang sedikit retak di bagian pinggirnya walaupun nggak terlalu signifikan. Nah sekarang pertanyaannya kalau kita sampai dapet unit yang dashboardnya bermasalah apakah harus ganti dashboardnya segelondong? Atau bisa direkondisi seperti sedia kala? Mohon pencerahannya para suhu SM.
Kalau sabar, nyari interior E280 yang masih mulus saya yakin masih banyak, mobil saya yang jauh lebih tua aja softpad didashboard aman2 saja. Entah mitos atau sugesti, karena mobil eropa dianggap benda unik dan perawatan juga unik dan ekstra maka sebagian usernya juga memberikan perhatian ekstra ke mobilnya.. Sehingga umumnya kondisi yang sering ditemukan adalah antara baik sekali atau buruk.
iya kalo cari merc dgn dasbor yg terawat dan msh bgs ya bnyk.... ini kan sy blg kalo misalnya ngambil camry q, ya sampe dpt unit dashboard ngelupas dikit pun msh bisa di bekleed kok :big_peace: ,emg itu salah satu resikonya kalo ngambil mobkas, segala kekurangannya mesti siap ditanggung
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
gils
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by gils »

yogaadhiyasa wrote:Makasih sarannya om. Jadi bisa dibilang untuk urusan dashboard retak sudah solved ya om untuk XV40 facelift? Kalau untuk nyetir sendiri camry cenderung kurang asik ya om kalo dibandingkan dengan mercy? Konsumsi BBM juga kayaknya masih lebih borosan camry kalau dibandingkan dengan mercy. Kalo boleh tau dulu camrynya yang versi 2.4 atau 3.5 ya om? Jadi overall om masih tetep lebih merekomendasikan mercy ya om kalo dibandingkan sama camry?
Ya om, Di Unit ex Camry saya sampe 120rbkm++ gak ada yang retak sama sekali,mulus aja.. padahal sering juga kejemur matahari langsung, saya sempet pakai dua dua nya om,2.4V dan terakhir ya 3.5Q ini. kebetulan waktu itu om saya punya showroom mobkas n ada masuk 3.5 Q mint condition, akhirnya saya tuker tambah.. rasa nyetir camry ya saya bilang sih bosenin om sama kaya bawa sedan toyota lain lah, cuman diobati tenaga 3500cc v6 nya memang salah satu yg bikin saya seneng kalo nyetir. lain cerita kalau sdh duduk di belakang,mantap berasa jadi bos.. nyalain kursi pijit,buka sunroof, bakar rokok.. :big_smoking:

saya bandingin sama w204 aja ya om, saya lbh suka nyetir 204. tp jok belakang nya sempit (kalau di bandingkan camry) n saya berasa lebih nyaman di supirin pake camry.. Camry juga bukan mobil rewel sih,saya pakai hampir setiap hari untuk kerja sampai di pake 120rbkm++ (waktu ambil masih 30rb). gada penyakit aneh2, hanya servis berkala. pernah ganti engine mounting.. terakhir di kaki2 ada bunyi gluduk2 tp belom sempet di service mobil dah laku.

kalo om suka main golf, bagasi camry cukup besar bisa muat 2-3 bag Golf :big_exellent:
For everything, there is a season, there is a reason...

2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 615
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by 3mul »

E280 kelasnya beda. tapi kalo 50:50 penumpang dan nyupir sendiri saya tawarin alternatif lain: Accord 3.5 L :mky_01:
Driving pleasure dapet dan duduk di kursi belakangnya lebih lega dari Merc.
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

little hunter wrote:Mending ambil mercy kalau dapat kondisi yang bagus karena masih mau nyetir sendiri. Kecuali suka disupirin kebanyakan, pilih Camry spare part mudah dan perawatan ga ribet.
Dulu newbie sempat pakai 3.5Q bensin supir isi premium dan pertalite 1:6, isi pertamax 1:7 dan sampai sekarang camry nya masih jalan normal no complain km sudah 60rb(dibeli teman ane). Overall camry mobil nyaman, lega, kenceng, irit perawatannya
Makasih sarannya om. Betul om, saya kadang2 masih suka nyetir sendiri walaupun nggak terlalu sering juga sih. Wah, ternyata mobil sekelas camry pun nggak bermasalah juga ya om kalau dikasih premium. Konsumsi BBMnya juga tergolong sangat wajar untuk ukuran mesin 3.500 V6.
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

newrubble wrote:kalo ambil toyota apapun sbtul nya tdk butuh expertise level manapun

selama auto2000 masih buka (n mobil 88 masih jualan)
Setuju sekali om, selama ini saya pakai produk toyota memang nggak pernah kesulitan buat nyari partsnya ataupun ngerawatnya. Bener2 mobil yang trouble-free kalo menurut saya.
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

armann wrote:Kalo di bekleed gak bakal ngaruh ke airbag kok om & kalo bisa jgn sampe yg odo diatas 80rb, udh mulai rewel soalnya, salah satu alasan sy juga jual xv40 lama karena itu jg lah, sparepart gampang ganti dan ada dimana2 tapi lama2 ngabisin uang lumayan jg (dulu dijual udh 120rb di odo), udh ambil camry q ajadeh om, sy pribadi gk suka mobil2 thn tua, apalagi kalo model biasa aja, gk timeless atau nothing special imho
Wah, jadi soal airbag masih bisa berfungsi seperti selayaknya ya om. Jadi kalo menurut om camry ini termasuk mobil yang rewel ya om kalo misalnya KMnya sudah gede. Padahal salah satu alasan saya ngelirik camry juga gara2 puas sama durability dari adiknya (altis). Sebagai informasi sekarang altis saya odo reading sudah sekitar 139.[cencored] KM dan sampe sekarang nggak pernah rusak yang aneh2 sih om. Modalnya cuma perawatan berkala di bengkel resmi dan mobil hampir setiap hari dipake. Anyway, terimakasih banyak buat infonya ya om.
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

Pugman wrote:
yogaadhiyasa wrote:
armann wrote:kalo udh gk mikirin umur sih dah pasti ambil merc, apalagi ts kyknya pengen mobil yg menggugah, sporti, beda cerita kalo pake camry q v6, msh lebih enak jadi penumpang daripada dikemudinya.. cmn 2 mobil ini kyknya lemah di dasbor ya cmiiw, sering liat bnyk yg retak2 dan lengket2 mengkilap karena kejemur panas matahari, and kalo camry xv40 sih parah retaknya (ex user) bisa retak dari bagian plg deket dgn tape sampe ke ujung dasbor deket kap mesin & tampilannya spt dasbor yg disemir berlebihan, parah deh itu... kalo di xv40 hampir smuanya penyakitan begitu
Makasih atas sarannya om. Sebenernya kalo saya penggunaan mobil sekarang ini bisa dibilang 50:50 dengan supir. Jadi untuk aktivitas sehari2 saya masih pakai supir, tp kadang2 saya juga suka nyetir sendiri. Jd harapannya saya pengen punya mobil yang balance untuk kesenangan saat nyetir sendiri ataupun disupirin. Mungkin masalah dashboard yang retak itu karena bahan softpad di dashboard yang nggak kuat sama cuaca di indonesia ya om? Soalnya di altis saya jg ada bagian softpad di dashboard yang sedikit retak di bagian pinggirnya walaupun nggak terlalu signifikan. Nah sekarang pertanyaannya kalau kita sampai dapet unit yang dashboardnya bermasalah apakah harus ganti dashboardnya segelondong? Atau bisa direkondisi seperti sedia kala? Mohon pencerahannya para suhu SM.
Kalau sabar, nyari interior E280 yang masih mulus saya yakin masih banyak, mobil saya yang jauh lebih tua aja softpad didashboard aman2 saja. Entah mitos atau sugesti, karena mobil eropa dianggap benda unik dan perawatan juga unik dan ekstra maka sebagian usernya juga memberikan perhatian ekstra ke mobilnya.. Sehingga umumnya kondisi yang sering ditemukan adalah antara baik sekali atau buruk.
Setuju om, pada akhirnya yang menentukan kondisi mobilnya itu juga perawatan yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya. Kalo pemilik sebelumnya apik dalam merawat mobil juga pasti kondisinya akan bagus. Tapi namanya mobil bekas juga pasti ada aja lah kurangnya ya om. Kalo mau yang tanpa cacat ya silahkan beli yang baru aja. :big_peace:
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

arfyano wrote:Saya kebetulan pernah punya camry xv40 type Q tahun 2008.. kl si om di supirin, ni mobil enak bgt. Tp kl mau merasakan sensasi mengemudi yg lbh asik mungkin mercy (sya blm prnh pke mercy).. camry Q ini g bs d bilang murah jg utk perawatan mesinnya, beda soalnya sm yg 2.4, kl kaki2 kayaknya sama.. saya jual dl karena dashboard nya retak parah&pajak mati 2 thn (pajaknya lumayan lowh).
Jadi biaya perawatan camry ini ternyata lumayan mahal juga ya om walaupun toyota terkenal murah sparepartnya. Wah, kalo boleh tau pajak per tahunnya di kisaran berapa ya om?
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

egibaio wrote:Saya juga ga terlalu paham detailnya apa yg di address soal "quality issues" sampai 2000 parts begitu hahaha yang jelas engine M112 ganti ke M272 dan mesin kompressornya naik horsepowernya . Yes saya udah denger beberapa horror stories ttg SBC ini meski blm pernah lihat langsung. W211 yang pernah saya lihat malfunction malah seluruh convenience feature (audio, AC, dll) dimatikan oleh sistem. Dugaan saya sih kayaknya auxiliary battery nya kena. Ada juga yg kerjaannya battery abis mulu karena katanya ada fault di jam analognya (?). Ini cuma pengalaman saya yg sempet hunting W211 juga kmrn.

SBC ini in concept sih bagus, jd injekan rem kita ini memerintahkan komputer buat ngirim precisely sekian persen ke tiap ban dan membantu pengereman sehalus dan seefektif mungkin. Nah in practice sayangnya SBC ini kalau saya rasa feelingnya kurang natural dan injekan rem rasanya spongy sekali. Untuk driver antusias saya rasa bakal kurang pede dengan karakter rem begini. Belum lagi jaman skrg sistem ESP, TCS, dll udah canggih sampai akhirnya SBC ini udah ga diperlukan lagi.

Saya juga skrg lagi hunting merc om, W211 FL masuk sebagai salah satu kandidat karena bahkan yg pre-fl aja menurut saya udah immensely comfortable meskipun ya memang ga cocok buat driver yg grasa grusu. Hati2 pedagang nakal ngerubah satuan odometer dr KM ke Mil. Tinggalin aja kalau nemu yg gt, itikadnya sudah ga baik (kecuali mungkin kalau unit IU saya ga tau)
Wah, salut sekali sama pengetahuan om soal otomotif, sampai tau soal seluk beluk dari mobil tersebut. Jadi overall electrical di E280 ini butuh perhatian lebih ya om. Kalo SBC ini saya liat2 sangat advance ya om teknologinya, sangat disayangkan kalo teknologi secanggih ini harus dibayar dengan durability yang kurang baik.

Nah iya om, mumpung lagi ngomongin odometer yang sudah dimanipulasi, saya mau tanya. Dulu waktu masih pegang E39 pernah dibilangin sama montir langganan saya kalo ada titik di akhir odo readingnya mobil bmw (ex: 123456.KM) itu artinya odometernya sudah diakalin sama pemilik sebelumnya. Saya nggak tau apakah ini beneran apa cuma mitos. Nah kalo misalnya benar apakah trik ini bisa dipakai juga om buat mendeteksi mercy yang pernah diubah odometernya? Maaf ya om kalo kesannya saya banyak tanya, maklum saya newbie yang harus banyak belajar dari suhu2 di SM. :big_blushing:
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

ChZ wrote:
arfyano wrote:Saya kebetulan pernah punya camry xv40 type Q tahun 2008.. kl si om di supirin, ni mobil enak bgt. Tp kl mau merasakan sensasi mengemudi yg lbh asik mungkin mercy (sya blm prnh pke mercy).. camry Q ini g bs d bilang murah jg utk perawatan mesinnya, beda soalnya sm yg 2.4, kl kaki2 kayaknya sama.. saya jual dl karena dashboard nya retak parah&pajak mati 2 thn (pajaknya lumayan lowh).
Hehehe betul... justru saya ngerasain naik E280 duduk di belakang gak ada enak-enaknya.... Padahal aneh ya, orang bilang Mercedes Benz rajanya kenyamanan dan enakan duduk di belakang....

Sandaran joknya aneh, legroom sempit, dan keras.... Better duduk di Camry atau Accord...

Kalo buat nyetir jauh enak E280 dibanding Jepangan udah.... Kemarin temen saya mau lepas harga 3xx nego... Coba ada duit sudah saya tebus :big_cry:
Wah, jadi kalo soal kenyamanan jok belakang E280 masih kalah ya om kalo dibandingkan sama camry. Betul om, saya sudah pernah coba duduk di camry memang nyaman sekali, apalagi yang tipe Q karena jok belakangnya sudah bisa reclining secara electric dan ada kursi pijatnya juga. Jadi diem2 naksir juga ya om sama W211? :big_blushing:
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

armann wrote:
Pugman wrote:
yogaadhiyasa wrote: Makasih atas sarannya om. Sebenernya kalo saya penggunaan mobil sekarang ini bisa dibilang 50:50 dengan supir. Jadi untuk aktivitas sehari2 saya masih pakai supir, tp kadang2 saya juga suka nyetir sendiri. Jd harapannya saya pengen punya mobil yang balance untuk kesenangan saat nyetir sendiri ataupun disupirin. Mungkin masalah dashboard yang retak itu karena bahan softpad di dashboard yang nggak kuat sama cuaca di indonesia ya om? Soalnya di altis saya jg ada bagian softpad di dashboard yang sedikit retak di bagian pinggirnya walaupun nggak terlalu signifikan. Nah sekarang pertanyaannya kalau kita sampai dapet unit yang dashboardnya bermasalah apakah harus ganti dashboardnya segelondong? Atau bisa direkondisi seperti sedia kala? Mohon pencerahannya para suhu SM.
Kalau sabar, nyari interior E280 yang masih mulus saya yakin masih banyak, mobil saya yang jauh lebih tua aja softpad didashboard aman2 saja. Entah mitos atau sugesti, karena mobil eropa dianggap benda unik dan perawatan juga unik dan ekstra maka sebagian usernya juga memberikan perhatian ekstra ke mobilnya.. Sehingga umumnya kondisi yang sering ditemukan adalah antara baik sekali atau buruk.
iya kalo cari merc dgn dasbor yg terawat dan msh bgs ya bnyk.... ini kan sy blg kalo misalnya ngambil camry q, ya sampe dpt unit dashboard ngelupas dikit pun msh bisa di bekleed kok :big_peace: ,emg itu salah satu resikonya kalo ngambil mobkas, segala kekurangannya mesti siap ditanggung
Betul om, namanya juga ambil mobil bekas pasti ada saja kurangnya. Sekarang fokusnya gimana cara meminimalisir kekurangannya itu. Kalo pengen bebas dari segala resiko kerusakan ya mending beli unit yang baru saja kan om? :big_peace: