Matic 4 speed pada citroen bx

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Matic 4 speed pada citroen bx

Post by arissety »

Selamat siang,

Mau tanya, iseng2 lihat2 iklan citroen bx, ternyata ada 1 dua yg matic 4 speed.
Ada yg tahu jenis matic pada citroen bx 80-90-an ini?
Untuk perawatan dan durabilitynya bagaimana?
Pusing g ya klo rusak?

Terimakasih,
bejosupangat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by bejosupangat »

Hallo Pak.

Bantu jawab ya.

Untuk jenis transmisi AT nya bisa dipastikan sama dengan Peugeot 405, karena pada dasarnya Citroen BX dan Peugeot 405 adalah mobil dengan platform yang sama.

Yang membedakan adalah Citroen BX didaulat untuk menjadi lebih "technologically advanced" ketimbang Peugeot 405 (itupun hanya pada sektor suspensi saja, yaitu hydropneumatic suspension atau bahasa montir citroen-nya "bola-bola hijau"). Di luar suspensi, seperti mesin, transmisi, electrical, bisa dibilang sama semua.

Khusus untuk suspensi hidraulik ini, memang butuh montir& bengkel spesialis Citroen.
Namun untuk hal selain suspensi, montir dan bengkel spesialis Peugeot pasti bisa handle, dan jumlahnya lebih banyak serta komunitas lebih banyak.

UNtuk durabilitas nya sepertinya fine2 saja, jarang ada owner Peugeot 405 yang mengalami masalah.
Kalaupun ada masalah, seperti lazimnya problem transmisi matic (misalnya : tidak mau pindah gigi; menggerung; dll), yang seharusnya mudah ditangani oleh bengkel spesialis Peugeot mapunun specialis transmisi matic (cth : Ricardo / Wani Matic, dll).

Kalaupun malas repair kalau ada kerusakan, banyak juga copotan automatic transmission ex-singapore, biasanya bekasnya Peugeot 405, tapi kadang bisa dapat memang copotannya Citroen BX.
Atau kalau ada dana lebih, Astra Peugeot masih sedia automatic transmission assy 100% baru punya-nya Peugeot 405 SRi maupun STi (saran saya ambil yang SRi karena secara mesin sama persis XU9 1900 cc).

FYI, mekanik peugeot pasti bisa ngerjain Citroen, kecuali kalau urusan suspensi hehe.. :)
tapi mekanik Citroen pasti bisa ngerjain peugeot apapun. :p

Semoga membantu Pak.
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by arissety »

Halo,
Wah sangat membantu sekali pencerahannya. :big_exellent:

Nambah satu lagi ya mas.
Klo citroen bx yg blm power steering, apa bisa dimodif jadi powersteering?
Atau jangan2 tinggal dibawa ke bengkel peugeot juga hehe bercanda, :mky_01:
bejosupangat wrote:Hallo Pak.

Bantu jawab ya.

Untuk jenis transmisi AT nya bisa dipastikan sama dengan Peugeot 405, karena pada dasarnya Citroen BX dan Peugeot 405 adalah mobil dengan platform yang sama.

Yang membedakan adalah Citroen BX didaulat untuk menjadi lebih "technologically advanced" ketimbang Peugeot 405 (itupun hanya pada sektor suspensi saja, yaitu hydropneumatic suspension atau bahasa montir citroen-nya "bola-bola hijau"). Di luar suspensi, seperti mesin, transmisi, electrical, bisa dibilang sama semua.

Khusus untuk suspensi hidraulik ini, memang butuh montir& bengkel spesialis Citroen.
Namun untuk hal selain suspensi, montir dan bengkel spesialis Peugeot pasti bisa handle, dan jumlahnya lebih banyak serta komunitas lebih banyak.

UNtuk durabilitas nya sepertinya fine2 saja, jarang ada owner Peugeot 405 yang mengalami masalah.
Kalaupun ada masalah, seperti lazimnya problem transmisi matic (misalnya : tidak mau pindah gigi; menggerung; dll), yang seharusnya mudah ditangani oleh bengkel spesialis Peugeot mapunun specialis transmisi matic (cth : Ricardo / Wani Matic, dll).

Kalaupun malas repair kalau ada kerusakan, banyak juga copotan automatic transmission ex-singapore, biasanya bekasnya Peugeot 405, tapi kadang bisa dapat memang copotannya Citroen BX.
Atau kalau ada dana lebih, Astra Peugeot masih sedia automatic transmission assy 100% baru punya-nya Peugeot 405 SRi maupun STi (saran saya ambil yang SRi karena secara mesin sama persis XU9 1900 cc).

FYI, mekanik peugeot pasti bisa ngerjain Citroen, kecuali kalau urusan suspensi hehe.. :)
tapi mekanik Citroen pasti bisa ngerjain peugeot apapun. :p

Semoga membantu Pak.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4385
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by ginting »

Kalau untuk power steering modif gitu saran saya konsultasi dulu ke 085959000366 dengan Pak Purnama. Bengkelnya adalah Milala Power Steering. Bisa di google juga.
Tanya saja apakah dia punya solusi jitu untuk mobil langka, dan berapa duit...bilang saja jangan mahal-mahal..
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by arissety »

ginting wrote:Kalau untuk power steering modif gitu saran saya konsultasi dulu ke 085959000366 dengan Pak Purnama. Bengkelnya adalah Milala Power Steering. Bisa di google juga.
Tanya saja apakah dia punya solusi jitu untuk mobil langka, dan berapa duit...bilang saja jangan mahal-mahal..
Sudah dikontak,
Katanya blm pernah handle citroen.
halooo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by halooo »

tunggu komentar dari om NR. pengalamannya banyak
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by arissety »

Mungkin blm ada yg bisa pasang PS di Citroen BX MK1, karena harus integrasi denga pompa hidrolik utk suspensi nya. IMHO.
Untuk Citroen BX MK2, yg sdh power steering, katanya sih lebih sering bocor hidrolik nya dari yg MK1. Denger infonya seperti itu.
Dan katanya yg MK1, wlpn non-ps tsb stir nya enteng katanya. Penasaran TD, karena dl sempat bawa carry 94, duh pegel2 leher sama bahu.
bejosupangat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by bejosupangat »

arissety wrote:
ginting wrote:Kalau untuk power steering modif gitu saran saya konsultasi dulu ke 085959000366 dengan Pak Purnama. Bengkelnya adalah Milala Power Steering. Bisa di google juga.
Tanya saja apakah dia punya solusi jitu untuk mobil langka, dan berapa duit...bilang saja jangan mahal-mahal..
Sudah dikontak,
Katanya blm pernah handle citroen.
Kalau boleh saran, sebaikya biarkan orisinil saja tanpa power steering Pak. Berat2 sedikit gak apa lah.
Justru banyak masalah di 70-90's euro car di Indonesia, pasti di power steering.

Analisa sederhana saya, mobil2 tersebut didesain untuk motorway cruising / light traffic di kota2 negara2 eropa / america / aus-nz yang jalan perkotaannya selain sedikit macet, tikungan2 nya juga tidak patah2. Jadi kerja power steering tidak terlalu berat, meskipun bobot mobilnya termasuk berat pada masa itu.

Nah problemnya di negara berkembang adalah sebaliknya, jalan tol sedikit, lebih banyak jalan sempit perkotaan, low-speed, dan kalaupun perjalanan luar kota banyak harus zig-zag menghindari jalan rusak. Kerja power steering jadi lebih berat, ditambah lagi dengan bobot mobilnya yang berat, plus biasanya hampir semua mobil badly-maintained a'la mcgyver pada waktu itu (contoh : banyak Citroen BX / Peugeot 405 bermesin XU9 atau Peugeot 306 bermesin XU7 alloy block, keropos bloknya gara2 untuk sekedar refill coolant saja bukannya pakai proper coolant malah pakai air ledeng).

Kalau saya, dapat mobil jadul yang tidak pakai PS, malah bersyukur. artinya ada 1 komponen yang saya yakin tidak akan rusak hehe. :)
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by marmut »

kalo ndak salah inget di sekitar jalan amil pejaten ada bengkel spesialis sitrun, yang punya bengkel namanya rahman. entah masih ada apa enggak.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by newrubble »

sy cuma dikit experienz brand ini paling trahir ibu sy jaman masih di ccf pernah di jemput anter dgn ax-14

saat itu di rumah ada bx-19dtr (ckd pt alun .... ada 3 units total production) n alm ayah sy beli cuma beli satu unit harga nya rp. 63 juta onroad plus 4speed matic optional rp. 1.5juta trmsk install plus rear oem towhook rp.800 ribu

sblm itu sdh ada bx estate juga diesel ex french embassy (rp.11 juta plus ongkos u bpkb n stnk)

smua bx matic

sblm itu pernah ada cx pallas dua x punya n ds lbh dr skali punya. cx 2400 injection dan cx 2500 diesel itu smua 3 speed matic. ds 21 break 4 speed semi auto dan ds 23 itu 3 speed auto

bengkel langganan dulu ya rasa sayang total motor (alm yantje) yg skrg jadi plaza toyota tendean (dulu core biz rstm itu jualan rc models (rstm milik kel haryanto yg skrg 3rd gen main f one) n sebelahnya itu busticket box milik kluarga yg sama

sy punya pengalaman dorong smua ex fleet itu n record paling jauh dari bioscoop metropole (megaria) sampai rumah (jl surabaya)

smua tukang becak yg pernah ada di ujung jln surabaya n jl probolinggo pernah bantuin dorong ..... paling berat cx n paling enteng ax-14 .... paling sering mogok ds diesel
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by newrubble »

marmut wrote:kalo ndak salah inget di sekitar jalan amil pejaten ada bengkel spesialis sitrun, yang punya bengkel namanya rahman. entah masih ada apa enggak.
namanya sy tdk tau krn yg sering ksono supir supir sy tapi dia tdk jauh dr bappenas housings .... setau sy dah lama tutup (sy tdk tau kalo buka lg) n di situ ada wreckage bx b-181-rw diesel itu bekas punya alm ayah sy (asli nya solid white n trahir pas sy liat dah jadi light strawberry red n sdh brantakan ntah knapa)
maspakde
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Oct 03, 2016 12:18

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by maspakde »

arissety wrote:Halo,
Wah sangat membantu sekali pencerahannya. :big_exellent:

Nambah satu lagi ya mas.
Klo citroen bx yg blm power steering, apa bisa dimodif jadi powersteering?
Atau jangan2 tinggal dibawa ke bengkel peugeot juga hehe bercanda, :mky_01:
Bukannya semua citraan bx sudah Power stering ya? Saya pernah pake bx16trs tahun 86 itu sudah Power stering.
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by arissety »

Maaf baru bisa reply.
Weekend kemarin sy jadi meluncur ke jakarta untuk ambil itu citroen bx. :big_smile]

mas @bejosupangat,
Untuk masalah setir manual-nya, emang lbh berat dari mobil EPS yg pnah sy pakai.
Tapi mmg stir manualnya, tidak seberat setir carry atau espas yg pnah sy pakai juga dulu.
Ya nanti sambil jalan mo tanya2 ke bengkel PS di jogja, sapa tahu bisa dipasangi EPS saja atau ada cara lain yg awet g bikin hidrolis jebol.

Untuk maticnya, ternyata itu ambil dari pug 306. Jadi kondisi ori citroen nya, tidak ada matic nya alias manual.
Lancar kok maticnya. Tanjakan alas roban, salatiga, sukses dilewati.
Hanya pedal gas nya saja yg rasa injakannya kok pendek sekali (tidak panjang), dan berat/keras.
Bisa g ya itu pedal gas nya dibikin lebih dalam injakannya dan dibuat bh enteng? :big_childish:

Mobil tua gitu, bisa kok dibawa jalan dari jakarta, lewat tol pantura, at 110-120 km/jam, sampai semarang turun kebawah (klo di peta), masuk tol, keluar bawen, dst.
Buat nikung kecepatan tinggi, enak. Sampai kakak saya ketagihan terus untuk mencobanya terus. :big_exellent:
Sepertinya ini peran dari suspensi hidrolisnya.

Yg jadi masalah, perjalanan dari jakarta -> semarang "selalu" hujan deras dan jalan banyak yg rusak, termasuk jalan tol.
Kondisi hujan lebat dan jalan rusak, mengakibatkan banyak jebakan2 lobang yg g bisa dihindari krn tertutup air.
Sampai kendal, pas makan, itu suspensi hidrolis belakangnya udak failure, g mau turun, dan suspensi depan terasa keras (mati).
Sabtu mau sy bawa ke bengkel citroen jogja buat ganti bola2 nya.
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by arissety »

Kalau kemarin sy lihat di faktur asli dr pt alun nya, harga beli 20jt tahun 1986.
Trus di faktur juga ada logo renault, yg menandakan itu pt alun sudah main jualan truk renault pas masih jadi atpm nya citroen.

Oiya, perasaan sy kemarin lihat bx hijau di boyolali, itu bodynya dari plat semua, kecuali bumper2 nya dari fiber.
Tapi ni bx yg saya bawa pulang, saya ketak ketok sana sini, kap, pintu bagasi, kok sepertinya fiber semua.
Yg bahan fiber itu bukannya untuk model bx sport saja ya?

Btw, sempat underestimate sama joknya yg masih ori bahan fabric dan sandaran kepalanya yg bentuknya mengkerut kayak kumal2 gitu.
Ternyata nyaman banget, soft joknya, headrest juga enak banget, kayak mencengkeram kepala.
Ditambah ayunan suspensi yg kental kentul. :big_exellent:
newrubble wrote:sy cuma dikit experienz brand ini paling trahir ibu sy jaman masih di ccf pernah di jemput anter dgn ax-14

saat itu di rumah ada bx-19dtr (ckd pt alun .... ada 3 units total production) n alm ayah sy beli cuma beli satu unit harga nya rp. 63 juta onroad plus 4speed matic optional rp. 1.5juta trmsk install plus rear oem towhook rp.800 ribu

sblm itu sdh ada bx estate juga diesel ex french embassy (rp.11 juta plus ongkos u bpkb n stnk)

smua bx matic

sblm itu pernah ada cx pallas dua x punya n ds lbh dr skali punya. cx 2400 injection dan cx 2500 diesel itu smua 3 speed matic. ds 21 break 4 speed semi auto dan ds 23 itu 3 speed auto

bengkel langganan dulu ya rasa sayang total motor (alm yantje) yg skrg jadi plaza toyota tendean (dulu core biz rstm itu jualan rc models (rstm milik kel haryanto yg skrg 3rd gen main f one) n sebelahnya itu busticket box milik kluarga yg sama

sy punya pengalaman dorong smua ex fleet itu n record paling jauh dari bioscoop metropole (megaria) sampai rumah (jl surabaya)

smua tukang becak yg pernah ada di ujung jln surabaya n jl probolinggo pernah bantuin dorong ..... paling berat cx n paling enteng ax-14 .... paling sering mogok ds diesel
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by newrubble »

arissety wrote:Kalau kemarin sy lihat di faktur asli dr pt alun nya, harga beli 20jt tahun 1986.
Trus di faktur juga ada logo renault, yg menandakan itu pt alun sudah main jualan truk renault pas masih jadi atpm nya citroen.

Oiya, perasaan sy kemarin lihat bx hijau di boyolali, itu bodynya dari plat semua, kecuali bumper2 nya dari fiber.
Tapi ni bx yg saya bawa pulang, saya ketak ketok sana sini, kap, pintu bagasi, kok sepertinya fiber semua.
Yg bahan fiber itu bukannya untuk model bx sport saja ya?

Btw, sempat underestimate sama joknya yg masih ori bahan fabric dan sandaran kepalanya yg bentuknya mengkerut kayak kumal2 gitu.
Ternyata nyaman banget, soft joknya, headrest juga enak banget, kayak mencengkeram kepala.
Ditambah ayunan suspensi yg kental kentul.
front seat pair itu sama persis dgn cx-gti n kalo di copot coba liat di bagian bawah ada sticker tulisan recaro dgn logo brand itu n 'made in belgium' ( yg cbu LHD tulisan fabriqué en france tanpa tulisan recaro atau logo brand ) tapi ini krn sticker jadi bisa bikin

kalo sdh kotor bisa minta tlg tukang service kursi u copot n cuci spt cuci baju n minta mrk pasang lg kalo sdh klaar .... sayang kalo di ganti krn itu asli

utk pre facelift bx (1986) yg composite (bukan fiberglass) itu ... hood, fenders (front n rear pairs, roofpiece n pillarC (dgn see through plasto-glass ornament) ..... hood u batch ini tanpa air inlet grille dan

frontfender turning lamp masih half-tip dgn mica cover oranje ... beda dgn facelifted model.(1987-93) yg sdh pakai front turning lamp pair model full-tip dgn clear reflector set dan smua full aluminized metal dan front dash layout beda .... layaknya mobil normaaaal

kalo di dealer's invoice harga onroad rp.20 juta itu artinya beli pd 1986 antara bulan august - december krn pas launching 1986.03 harga onroad rp.16juta

jauh lbh murah drpd bmw 318i e30 m10 saat itu (rp.31 juta onroad) seharga renault 18-tl facelift dan rp. 2juta lbh mahal drpd tyt starlet 1.0 xl

sy ingat wkt launching pr-manager masih tine sigarlaki (krn pt alun kan punya ayah nya dia) jauh sblm dia jadi pr director benz indo (sblm dia di ganti y.hartono yg skrg ada di chevy indo) dan y.hartono masih jadi .... salesman (jauh sblm dia tinggal di pdk indah) n masih naik motor bebek

pt alun dari jaman masih headoffice di medan sdh pegang soleagency renault trucks

ttg suspensi itu baru lowered down kalo sdh parkir lbh dr 2 jam n kalo suspension terasa keras coba cek LHM oil

kalo masih bagus warna neon green n kalo masih jelek warna kuning .... bersihkan juga filter suspension dgn hydraulinçage bikinan total

jgn lupa tiap abis LHM change u reset body leveling
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by arissety »

maspakde wrote: Bukannya semua citraan bx sudah Power stering ya? Saya pernah pake bx16trs tahun 86 itu sudah Power stering.
Klo yg mk1, blm power steering.
Yg mk2, nah itu sudah power steering. Tapi malah dari 3 citroen mk2 yg ane temuin, semua power steering nya dimatiin.
Alasannya mereka bilang banyak trouble dari situ, karena tekanannya tinggi banget,
maspakde
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Oct 03, 2016 12:18

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by maspakde »

arissety wrote:
maspakde wrote: Bukannya semua citraan bx sudah Power stering ya? Saya pernah pake bx16trs tahun 86 itu sudah Power stering.
Klo yg mk1, blm power steering.
Yg mk2, nah itu sudah power steering. Tapi malah dari 3 citroen mk2 yg ane temuin, semua power steering nya dimatiin.
Alasannya mereka bilang banyak trouble dari situ, karena tekanannya tinggi banget,
Setau saya, troublenya di selang baliknya. Selang baliknya sering copot, karena tekanan tinggi. Kalau mau sedikit prakarya, selang baliknya dibikin pake nepel pake pipa aluminium kaya selang rem.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by marmut »

setau saya, suspensi hidrolis yang sehat itu nggak akan turun walau mesin nggak nyala 3 hari. kalau mesin baru mati trus mobil langsung ndéprok, artinya bola ijo udah wajib ganti, atau ada kebocoran parah.
urusan jok, mirip renault 18 tl, super empuk tapi nyaman.
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by arissety »

marmut wrote:setau saya, suspensi hidrolis yang sehat itu nggak akan turun walau mesin nggak nyala 3 hari. kalau mesin baru mati trus mobil langsung ndéprok, artinya bola ijo udah wajib ganti, atau ada kebocoran parah.
urusan jok, mirip renault 18 tl, super empuk tapi nyaman.
Barusan cek garasi, mobil sudah ndeprok.
Pas manasi mobil, cek2 di tangki reservoir LHM, ternyata indikatornya sudah dibawah normal, alias harus isi LHM dulu.
Mungkin ini yg nyebabin suspensi depan jadi keras.

Disaraninnya merk Total LHM.
Ada g ya merk LHM lain yg gampang nemuinnya?
User avatar
pendoli
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1316
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by pendoli »

marmut wrote:kalo ndak salah inget di sekitar jalan amil pejaten ada bengkel spesialis sitrun, yang punya bengkel namanya rahman. entah masih ada apa enggak.
di amil kayanya ngga ada pak. tapi kalau ga salah di jalan samali deket situ ada sih bengkel/junkyard citroen
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by marmut »

pendoli wrote:
di amil kayanya ngga ada pak. tapi kalau ga salah di jalan samali deket situ ada sih bengkel/junkyard citroen
yaaa.... itu dia, samali. kan dari amil tinggal belok kiri.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by marmut »

merk lhm sih harusnya bebas ya.... yg penting lhm sesuai dgn spek yg diminta. kalo temen saya dulu selalu isi pake minyak makan merk bimoli, harus merk bimoli katanya.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Matic 4 speed pada citroen bx

Post by newrubble »

LHM oil di indo ada macam macam ..... castrol ..... elf ..... esso ..... total ..... bosch .... trw ...... delphi (made in india) ...... valeo

jaman dulu di jkt (2013) harga valeo ukuran 0.5 litre skitar rp.96,000 - 105,000 ..... sy biasa pesan di toda, radio dlm raya

ingat jgn campur oil LHM dgn oil DOT grade apapun yg terjadi ..... kiamat skalipun

kecuali mau (curious) experiment bgmn hydropneumatic bisa disintegrate (jebol) itungan menit