Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed Dec 16, 2015 17:29
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
http://otomotif.kompas.com/read/2016/06 ... .pada.LCGC
Bogor, KompasOtomotif – Dari lima merek pemain di segmen low cost green car (LCGC), cuma Honda Prospect Motor (HPM) yang belum kelihatan berusaha merancang model 7-penumpang. Pihak HPM masih mempertanyakan efektivitas menawarkan dua model satu platform yang hanya dibedakan tambahan jok pada baris ketiga.
Sejak peraturan LCGC dibuka pemerintah pada 2013 cuma Datsun yang menawarkan MPV 5+2 penumpang yaitu GO+, desainnya bisa dikatakan sama persis dengan saudaranya yang 5-penumpang, hatchback GO.
Sebentar lagi GO+ tidak akan sendirian sebab pada Mei lalu Daihatsu dan Toyota ketahuan lagi mempersiapkan dua model MPV baru berbasis Ayla. Bila diingat lagi, pada 2013, Suzuki juga sudah pernah memperkenalkan Karimun Wagon R dengan tiga baris jok.
Menurut Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy, seharusnya model 7-penumpang di LCGC berbeda segmen dibanding yang sudah ada. Pasalnya bila mirip ada potensi bergesekan atau saling hantam pasar. Dampaknya dirasa merugikan diri sendiri.
“Ngapain keluarkan 7-seater kalau yang 5-seater dimakan. Apalagi kalau dia yang makan sendiri, dia rugi sendiri,” kata Jonfis, di Bogor, Kamis (2/6/2016).
Jonfis mengungkap analisa, dikatakan MPV yang sekarang ada di segmen LCGC, GO+, tidak segemilang hatchback .
Berdasarkan data wholesales 2015, GO+terjual 19.821 unit.
Angka segitu memang masih kalah dari Toyota Agya 57.646 unit, Daihatsu Ayla 35.084 unit, dan Honda Brio 31.820 unit. Di posisi buncit ada Wagon R yang punya bodi boxy dengan hasil 11.526 unit.
GO+ sendirian memang belum kuat, tapi hampir dipastikan pasar MPV di LCGC bakal berkembang pesat apabila dua model MPV dari Toyota dan Daihatsu muncul. Salah satu model yang terlihat yaitu Toyota Calya, penampakannya sudah muncul lewat foto colongan.
Jonfis mengatakan tambahan MPV baru kemungkinan memperbesar pasar keseluruhan LCGC tapi diprediksi tidak mengganggu segmen tradisionalnya,
hatchback .
“DIa akan membuat segmen lain, tapi akan bertumbuh atau tidak ya belum tahu,” ujar Jonfis.
“Saya tidak mau berargumen atau memperdebatkan apakah itu bisa laku atau tidak yang saya bicarakan di sini segmen itu berbeda. Pemakainya rasanya berbeda fungsi, 5 atau 7 penumpang mungkin ada segmen masing-masing,” katanya lagi.
Hingga saat ini Jonfis mengatakan masih mempelajari seluk-beluk model MPV untuk LCGC. Bila saja HPM ingin mengikuti tren maka yang digarap jadi 7-penumpang adalah Brio, tapi model seperti itu sudah kita kenal dengan nama Mobilio.
“Kami pelajari dulu apakah pasarnya terpisah. Harapan kami sih terpisah, mungkin yang lain juga begitu,” ucap Jonfis.
=======================
Nih gua ulangin pernyataan Honda:
Hingga saat ini Jonfis mengatakan masih mempelajari seluk-beluk model MPV untuk LCGC. Bila saja HPM ingin mengikuti tren maka yang digarap jadi 7-penumpang adalah Brio, tapi model seperti itu sudah kita kenal dengan nama Mobilio.
========================
Mobilio emang basic Brio. tapi Mobilio itu NOT LCGC, maka dipastikan akan hadir Brio Satya LCGC 7 seat lain yang beda sama Mobilio.
Siap-siap pemilik [cencored] Calya/Sigra bakal menyesal seumur hidup.
Btw... yang bilang gua gila. gua sumpahin malam ini tidur [cencored]. Wkwkwkwkwkwkkk
Bogor, KompasOtomotif – Dari lima merek pemain di segmen low cost green car (LCGC), cuma Honda Prospect Motor (HPM) yang belum kelihatan berusaha merancang model 7-penumpang. Pihak HPM masih mempertanyakan efektivitas menawarkan dua model satu platform yang hanya dibedakan tambahan jok pada baris ketiga.
Sejak peraturan LCGC dibuka pemerintah pada 2013 cuma Datsun yang menawarkan MPV 5+2 penumpang yaitu GO+, desainnya bisa dikatakan sama persis dengan saudaranya yang 5-penumpang, hatchback GO.
Sebentar lagi GO+ tidak akan sendirian sebab pada Mei lalu Daihatsu dan Toyota ketahuan lagi mempersiapkan dua model MPV baru berbasis Ayla. Bila diingat lagi, pada 2013, Suzuki juga sudah pernah memperkenalkan Karimun Wagon R dengan tiga baris jok.
Menurut Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy, seharusnya model 7-penumpang di LCGC berbeda segmen dibanding yang sudah ada. Pasalnya bila mirip ada potensi bergesekan atau saling hantam pasar. Dampaknya dirasa merugikan diri sendiri.
“Ngapain keluarkan 7-seater kalau yang 5-seater dimakan. Apalagi kalau dia yang makan sendiri, dia rugi sendiri,” kata Jonfis, di Bogor, Kamis (2/6/2016).
Jonfis mengungkap analisa, dikatakan MPV yang sekarang ada di segmen LCGC, GO+, tidak segemilang hatchback .
Berdasarkan data wholesales 2015, GO+terjual 19.821 unit.
Angka segitu memang masih kalah dari Toyota Agya 57.646 unit, Daihatsu Ayla 35.084 unit, dan Honda Brio 31.820 unit. Di posisi buncit ada Wagon R yang punya bodi boxy dengan hasil 11.526 unit.
GO+ sendirian memang belum kuat, tapi hampir dipastikan pasar MPV di LCGC bakal berkembang pesat apabila dua model MPV dari Toyota dan Daihatsu muncul. Salah satu model yang terlihat yaitu Toyota Calya, penampakannya sudah muncul lewat foto colongan.
Jonfis mengatakan tambahan MPV baru kemungkinan memperbesar pasar keseluruhan LCGC tapi diprediksi tidak mengganggu segmen tradisionalnya,
hatchback .
“DIa akan membuat segmen lain, tapi akan bertumbuh atau tidak ya belum tahu,” ujar Jonfis.
“Saya tidak mau berargumen atau memperdebatkan apakah itu bisa laku atau tidak yang saya bicarakan di sini segmen itu berbeda. Pemakainya rasanya berbeda fungsi, 5 atau 7 penumpang mungkin ada segmen masing-masing,” katanya lagi.
Hingga saat ini Jonfis mengatakan masih mempelajari seluk-beluk model MPV untuk LCGC. Bila saja HPM ingin mengikuti tren maka yang digarap jadi 7-penumpang adalah Brio, tapi model seperti itu sudah kita kenal dengan nama Mobilio.
“Kami pelajari dulu apakah pasarnya terpisah. Harapan kami sih terpisah, mungkin yang lain juga begitu,” ucap Jonfis.
=======================
Nih gua ulangin pernyataan Honda:
Hingga saat ini Jonfis mengatakan masih mempelajari seluk-beluk model MPV untuk LCGC. Bila saja HPM ingin mengikuti tren maka yang digarap jadi 7-penumpang adalah Brio, tapi model seperti itu sudah kita kenal dengan nama Mobilio.
========================
Mobilio emang basic Brio. tapi Mobilio itu NOT LCGC, maka dipastikan akan hadir Brio Satya LCGC 7 seat lain yang beda sama Mobilio.
Siap-siap pemilik [cencored] Calya/Sigra bakal menyesal seumur hidup.
Btw... yang bilang gua gila. gua sumpahin malam ini tidur [cencored]. Wkwkwkwkwkwkkk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Makin banyak badut aja di sm. Baru buka nih trit
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
@kaleng penyok: mobilio bukan LCGC krn displacement enjin. Sisanya sama persis Brio...
Peraturan LCGC 2013 membatasi displacement mesin dan harga off the road dgn pemerintah mensubsidi bbrp pajak.
Ane sendiri uda ga di Honda, tp ane tau policy mereka. Ga terpikir mereka akan stretch Brio untuk kedua kali nya dan cemplungkan mesin 1300cc. Unless..., pasang turbo. Which is stupid as heck...
One last thing. Idiotic tidak sama dengan gila... Do some google if you still have one or two IQ points left, brother...
Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Peraturan LCGC 2013 membatasi displacement mesin dan harga off the road dgn pemerintah mensubsidi bbrp pajak.
Ane sendiri uda ga di Honda, tp ane tau policy mereka. Ga terpikir mereka akan stretch Brio untuk kedua kali nya dan cemplungkan mesin 1300cc. Unless..., pasang turbo. Which is stupid as heck...
One last thing. Idiotic tidak sama dengan gila... Do some google if you still have one or two IQ points left, brother...
Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Bayangin brio dimelarin trus dikasi mesin 1200cc...betapa buruk rupanya wakakaka
Kalo calya dibilang kaleng susu brio itu apa ya...kalah segala2nya dengan calya kecuali driving position aja
Kalo calya dibilang kaleng susu brio itu apa ya...kalah segala2nya dengan calya kecuali driving position aja

Soul Red zoom zoom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Baru kmrn satu ditelan bumi, eh muncul yg lain lagi.. 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 11, 2016 13:57
Re: RE: Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
btw , duo A sama brio tipisan mana om??nyotnyet wrote:Bayangin brio dimelarin trus dikasi mesin 1200cc...betapa buruk rupanya wakakaka
Kalo calya dibilang kaleng susu brio itu apa ya...kalah segala2nya dengan calya kecuali driving position aja
Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Ketebalan plat saya ga tau pasti, yg pasti saya berani bilang calya lebih solid, at least peredamannya jauh lebih baiktokeknyungsep wrote:btw , duo A sama brio tipisan mana om??nyotnyet wrote:Bayangin brio dimelarin trus dikasi mesin 1200cc...betapa buruk rupanya wakakaka
Kalo calya dibilang kaleng susu brio itu apa ya...kalah segala2nya dengan calya kecuali driving position aja
Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk

Soul Red zoom zoom
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed May 20, 2009 15:11
- Location: Jakarta
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Jadi intinya recomended ngga cong?(eh bener kan ya ini acong?)buat harga 150jt?
sbtlnya klo dari tampang depan masih cakep sigranya sih
1200cc e py?buat full load mumpuni ngga?
sbtlnya klo dari tampang depan masih cakep sigranya sih
1200cc e py?buat full load mumpuni ngga?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Hahaha..ketemu disini juga...denny2708 wrote:Jadi intinya recomended ngga cong?(eh bener kan ya ini acong?)buat harga 150jt?
sbtlnya klo dari tampang depan masih cakep sigranya sih
1200cc e py?buat full load mumpuni ngga?
Tergantung kebutuhan sih...kalo sering full load ya jangan...mentok..
Mesin e cukupan...kalo sampe kepayahan nggak juga sih...
Kalo tampang selera, aku suka calya e...hahahaha
Soul Red zoom zoom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 904
- Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Barusan tdi pagi td calya matic
Impresinya
Mengagumkan bwt mobil seharga segini
Maticnya halus,bwt cruising di kemacetan sby enak gak jendut2
Posisi duduk juga pas
Tuas ada di dashboard jadi enak gampang diraih
Rem tangan spt model transmisi,enak pake nya
Kekedapan juga mayan loh dibanding lcgc laennya apalgi divanding datgo,lewat jauh
Bisa dikubur pake batu makam itu datgo.menang calya sigar kemana2
Cuma itu kipas angin agak gak guna bgt
Sudah berisik terus ga bisa nyedot ademnya ac depan
Selebihnya pas sih
Pas bwt 1st car
Pas bwt brand new pamily
Pas buat cruising perkotaan
Sent from my HTC One m7 using Seraya Motor mobile app
Impresinya
Mengagumkan bwt mobil seharga segini
Maticnya halus,bwt cruising di kemacetan sby enak gak jendut2
Posisi duduk juga pas
Tuas ada di dashboard jadi enak gampang diraih
Rem tangan spt model transmisi,enak pake nya
Kekedapan juga mayan loh dibanding lcgc laennya apalgi divanding datgo,lewat jauh
Bisa dikubur pake batu makam itu datgo.menang calya sigar kemana2
Cuma itu kipas angin agak gak guna bgt
Sudah berisik terus ga bisa nyedot ademnya ac depan
Selebihnya pas sih
Pas bwt 1st car
Pas bwt brand new pamily
Pas buat cruising perkotaan
Sent from my HTC One m7 using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Impresinya persis yg saya rasakan sebagai user.ternakblog wrote:Barusan tdi pagi td calya matic
Impresinya
Mengagumkan bwt mobil seharga segini
Maticnya halus,bwt cruising di kemacetan sby enak gak jendut2
Posisi duduk juga pas
Tuas ada di dashboard jadi enak gampang diraih
Rem tangan spt model transmisi,enak pake nya
Kekedapan juga mayan loh dibanding lcgc laennya apalgi divanding datgo,lewat jauh
Bisa dikubur pake batu makam itu datgo.menang calya sigar kemana2
Cuma itu kipas angin agak gak guna bgt
Sudah berisik terus ga bisa nyedot ademnya ac depan
Selebihnya pas sih
Pas bwt 1st car
Pas bwt brand new pamily
Pas buat cruising perkotaan
Sent from my HTC One m7 using Seraya Motor mobile app
Cuma kalo matic, kadang ada jendutnya lho om...kalo dari ngerem trus kita jalan lagi...maticnya kaya bingung gitu..
Trus masalah yang skrg muncul :
- rattle dari dasbor tengah atasnya HU, pas servis 1000 sudah dibenerin ama THS, dipake bentar muncul lagi
- bunyi ngik2 dari row3, ban serep direposisi trus dikencengin, hilang, skrg muncul lagi
Sementara dibiarin dulu...toh buat rental
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
mobil buat taksi online,tapi setau ane harus 1.3cc ya?
paling kecil Avanza/Xenia yang 1.3cc baik K3-VE atau 1NR-VE
Sent from my D5322 using Tapatalk
paling kecil Avanza/Xenia yang 1.3cc baik K3-VE atau 1NR-VE
Sent from my D5322 using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Sementara masih bisa om...sampe kapan belom tau...malah ada yg pake xenia 1000cc kok om (setidaknya ini di surabaya ya)alamsandiwijaya wrote:mobil buat taksi online,tapi setau ane harus 1.3cc ya?
paling kecil Avanza/Xenia yang 1.3cc baik K3-VE atau 1NR-VE
Sent from my D5322 using Tapatalk
Soul Red zoom zoom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 904
- Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38
Re: RE: Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Nah itu tadi ane blm ngalamin om,pdhal pecindilan kalo pagi mayan padatnyotnyet wrote:Impresinya persis yg saya rasakan sebagai user.ternakblog wrote:Barusan tdi pagi td calya matic
Impresinya
Mengagumkan bwt mobil seharga segini
Maticnya halus,bwt cruising di kemacetan sby enak gak jendut2
Posisi duduk juga pas
Tuas ada di dashboard jadi enak gampang diraih
Rem tangan spt model transmisi,enak pake nya
Kekedapan juga mayan loh dibanding lcgc laennya apalgi divanding datgo,lewat jauh
Bisa dikubur pake batu makam itu datgo.menang calya sigar kemana2
Cuma itu kipas angin agak gak guna bgt
Sudah berisik terus ga bisa nyedot ademnya ac depan
Selebihnya pas sih
Pas bwt 1st car
Pas bwt brand new pamily
Pas buat cruising perkotaan
Sent from my HTC One m7 using Seraya Motor mobile app
Cuma kalo matic, kadang ada jendutnya lho om...kalo dari ngerem trus kita jalan lagi...maticnya kaya bingung gitu..
Trus masalah yang skrg muncul :
- rattle dari dasbor tengah atasnya HU, pas servis 1000 sudah dibenerin ama THS, dipake bentar muncul lagi
- bunyi ngik2 dari row3, ban serep direposisi trus dikencengin, hilang, skrg muncul lagi
Sementara dibiarin dulu...toh buat rental
Oh iya bener kualitas dashboard mirip2 sama sotoy,agak krg manteb
Tadi unit td sudah pada pudar itu aksen silver di handrest,padahal berakte bulan agustus kmrn itu mobil:-s
Oh iya lupa,baris 3 cukupan itu beti sama baris 3 nya lipina
Sent from my HTC One m7 using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Minusnya lagi kalo full load, dia langsung ambles...kaya GL...musti dikasih damper kali ya...ternakblog wrote:Nah itu tadi ane blm ngalamin om,pdhal pecindilan kalo pagi mayan padatnyotnyet wrote:Impresinya persis yg saya rasakan sebagai user.ternakblog wrote:Barusan tdi pagi td calya matic
Impresinya
Mengagumkan bwt mobil seharga segini
Maticnya halus,bwt cruising di kemacetan sby enak gak jendut2
Posisi duduk juga pas
Tuas ada di dashboard jadi enak gampang diraih
Rem tangan spt model transmisi,enak pake nya
Kekedapan juga mayan loh dibanding lcgc laennya apalgi divanding datgo,lewat jauh
Bisa dikubur pake batu makam itu datgo.menang calya sigar kemana2
Cuma itu kipas angin agak gak guna bgt
Sudah berisik terus ga bisa nyedot ademnya ac depan
Selebihnya pas sih
Pas bwt 1st car
Pas bwt brand new pamily
Pas buat cruising perkotaan
Sent from my HTC One m7 using Seraya Motor mobile app
Cuma kalo matic, kadang ada jendutnya lho om...kalo dari ngerem trus kita jalan lagi...maticnya kaya bingung gitu..
Trus masalah yang skrg muncul :
- rattle dari dasbor tengah atasnya HU, pas servis 1000 sudah dibenerin ama THS, dipake bentar muncul lagi
- bunyi ngik2 dari row3, ban serep direposisi trus dikencengin, hilang, skrg muncul lagi
Sementara dibiarin dulu...toh buat rental
Oh iya bener kualitas dashboard mirip2 sama sotoy,agak krg manteb
Tadi unit td sudah pada pudar itu aksen silver di handrest,padahal berakte bulan agustus kmrn itu mobil:-s
Oh iya lupa,baris 3 cukupan itu beti sama baris 3 nya lipina
Sent from my HTC One m7 using Seraya Motor mobile app
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
suspensi ambles ya?
lagi booming tuh masalah. tapi bisa aja di oprek kaki-kakinya biar gak ambles..
bisa ganti yang keras..
kata ane ya, calya-sigra cocoknya buat mobil anak kuliah gitu... lebihh luas drpada Gl. meningat 7 seater itu memaksa dengan mesin 1.2cc+FWD

Sent from my D5322 using Tapatalk
lagi booming tuh masalah. tapi bisa aja di oprek kaki-kakinya biar gak ambles..
bisa ganti yang keras..
kata ane ya, calya-sigra cocoknya buat mobil anak kuliah gitu... lebihh luas drpada Gl. meningat 7 seater itu memaksa dengan mesin 1.2cc+FWD

Sent from my D5322 using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Iya ambles..alamsandiwijaya wrote:suspensi ambles ya?
lagi booming tuh masalah. tapi bisa aja di oprek kaki-kakinya biar gak ambles..
bisa ganti yang keras..
kata ane ya, calya-sigra cocoknya buat mobil anak kuliah gitu... lebihh luas drpada Gl. meningat 7 seater itu memaksa dengan mesin 1.2cc+FWD
Sent from my D5322 using Tapatalk
So far yg lagi hit masalahnya...overheat di type G a/t (semua a/t yg bermasalah), trus ada yg koilnya mati, setelah dikomplain ternyata koil no2 yg mati..
Puji Tuhan unit saya normal, cuma ya rattle itu...
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56
Re: RE: Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
hmm...mobil matic cuman enak praktisnya doank. awet juga gak. kalau awet yah manual. banyak tuh mobil kek panther yang manual masih sehat.nyotnyet wrote:Iya ambles..alamsandiwijaya wrote:suspensi ambles ya?
lagi booming tuh masalah. tapi bisa aja di oprek kaki-kakinya biar gak ambles..
bisa ganti yang keras..
kata ane ya, calya-sigra cocoknya buat mobil anak kuliah gitu... lebihh luas drpada Gl. meningat 7 seater itu memaksa dengan mesin 1.2cc+FWD
Sent from my D5322 using Tapatalk
So far yg lagi hit masalahnya...overheat di type G a/t (semua a/t yg bermasalah), trus ada yg koilnya mati, setelah dikomplain ternyata koil no2 yg mati..
Puji Tuhan unit saya normal, cuma ya rattle itu...
bokap aja pake ipah matic aja mesin mati pas mau parkir di rumah agak nanjak aja. loss transmisi. Tapi tergantung perawatan dan cara pakai juga. kalau manual dipake kasar juga,juga rusak...
#peace
Sent from my D5322 using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Saya pake ipah diesel 5 taun berjalan ini normal aja sih om...bener asal tau rawatnya aja..alamsandiwijaya wrote:hmm...mobil matic cuman enak praktisnya doank. awet juga gak. kalau awet yah manual. banyak tuh mobil kek panther yang manual masih sehat.nyotnyet wrote:Iya ambles..alamsandiwijaya wrote:suspensi ambles ya?
lagi booming tuh masalah. tapi bisa aja di oprek kaki-kakinya biar gak ambles..
bisa ganti yang keras..
kata ane ya, calya-sigra cocoknya buat mobil anak kuliah gitu... lebihh luas drpada Gl. meningat 7 seater itu memaksa dengan mesin 1.2cc+FWD
Sent from my D5322 using Tapatalk
So far yg lagi hit masalahnya...overheat di type G a/t (semua a/t yg bermasalah), trus ada yg koilnya mati, setelah dikomplain ternyata koil no2 yg mati..
Puji Tuhan unit saya normal, cuma ya rattle itu...
bokap aja pake ipah matic aja mesin mati pas mau parkir di rumah agak nanjak aja. loss transmisi. Tapi tergantung perawatan dan cara pakai juga. kalau manual dipake kasar juga,juga rusak...
#peace
Sent from my D5322 using Tapatalk
Lha itu mobil baru lho om, sudah overheat wkwkwkwk
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
oh iya,mobil ini udah paling the best antara semua LCGC,udah "Real" 7 seater, safety di semua tipe, ada matic sama matic. ane kalau pilihan brio satya,wagon r,go+,sama alya-agya. tetep pilih calya/sigra. kalau sama avanza beda cerita lagi.
Mobil ini bener-bener fenomena,liat aja penjualan avanza dikalahkan. dulu.
kijang kapsul kemahalan tapi fitur seadanya aja di jual tinggi,keluar avanza yang agak moderen dengan harga dibawah 100 juta
now? kijang udah naik kelas jadi innova, avanza juga naik kelas dengan harga 230 juta an di tipe veloz 1.5 a/t. baru deh keluarin calya-sigra sebagai mengulang sukses era avanza gen 1
KIJANG (1977-2004) --->AVANZA-XENIA (2003-2016) ---> CALYA-SIGRA (2016)
Golongan mobil terlaris fenomena, jangan ada ipah,ipah udah gak kijang,cuman emblem doank. liat aja basis dari hilux kan?
avanza mulai memudar karena "kaleng" "gak nyaman" "model jelek" akhirnya orang suka mobil tampang ok kek mobilio yang dashboard BR-V liat aja udah monokok yang mobil nyaman,penggerak belakang udah gak jaman (kata reviewer di video otomotif review sienta). sama dasboard udah ok. wkwkwkwkwkwkwk
oh iya,mobil murah kek calya bukan berarti murahan. bahkan lebih lengkap dari avanza era 2003. liat aja fitur...
penggerak depan belakang monokok ladder frame orang gak di permasahkan yang PENTING Tampang oke sama bisa dibawa keluar kota. liat aja mobil monokok-fwd aja banyak dibawa ke luar kota aja masih poll. mungkin penggunaan ladder frame+penggerak roda belakang adalah "pembodohan" dari suatu brand?
bukan tujuan flame
Sent from my D5322 using Tapatalk
Mobil ini bener-bener fenomena,liat aja penjualan avanza dikalahkan. dulu.
kijang kapsul kemahalan tapi fitur seadanya aja di jual tinggi,keluar avanza yang agak moderen dengan harga dibawah 100 juta
now? kijang udah naik kelas jadi innova, avanza juga naik kelas dengan harga 230 juta an di tipe veloz 1.5 a/t. baru deh keluarin calya-sigra sebagai mengulang sukses era avanza gen 1
KIJANG (1977-2004) --->AVANZA-XENIA (2003-2016) ---> CALYA-SIGRA (2016)
Golongan mobil terlaris fenomena, jangan ada ipah,ipah udah gak kijang,cuman emblem doank. liat aja basis dari hilux kan?
avanza mulai memudar karena "kaleng" "gak nyaman" "model jelek" akhirnya orang suka mobil tampang ok kek mobilio yang dashboard BR-V liat aja udah monokok yang mobil nyaman,penggerak belakang udah gak jaman (kata reviewer di video otomotif review sienta). sama dasboard udah ok. wkwkwkwkwkwkwk
oh iya,mobil murah kek calya bukan berarti murahan. bahkan lebih lengkap dari avanza era 2003. liat aja fitur...
penggerak depan belakang monokok ladder frame orang gak di permasahkan yang PENTING Tampang oke sama bisa dibawa keluar kota. liat aja mobil monokok-fwd aja banyak dibawa ke luar kota aja masih poll. mungkin penggunaan ladder frame+penggerak roda belakang adalah "pembodohan" dari suatu brand?

bukan tujuan flame
Sent from my D5322 using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Ya emang calya ini fenomena, kelihatan kok dari awal launching waktu saya lihar fitur2nya, tumben toyota royal, bahkan untuk type G aja langsung dikasih stabilizer.
Atau emang seharusnya mobil 150jutaan sudah lengkap spt ini?
Sunat di jok, material kabin ama tilt steering
Atau emang seharusnya mobil 150jutaan sudah lengkap spt ini?
Sunat di jok, material kabin ama tilt steering
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56
Re: RE: Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
setuju kali ini udah agresif si Toyota, bahkan Avanza E aja belum pake immoblizer,Innova G terbaru aja belum pake immoblizer,bahkan Fortuner VRZ 4x2 aja gak dikasih VSC sama HSA kek Innova Q dieselnyotnyet wrote:Ya emang calya ini fenomena, kelihatan kok dari awal launching waktu saya lihar fitur2nya, tumben toyota royal, bahkan untuk type G aja langsung dikasih stabilizer.
Atau emang seharusnya mobil 150jutaan sudah lengkap spt ini?
Sunat di jok, material kabin ama tilt steering
Sent from my D5322 using Tapatalk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Bagus juga ya calya.. tipe g m/t kayaknya menarik. Kalo liat di jalanan sih (saya di sidoarjo-surabaya) lebih banyak calya ketimbang sigra... so far.
Mungkin tahun depan calsig bakalan ada improvement2 minor lagi, sama kaya agya ayla. "Hebat" bener tuh mobil, baru 2 tahun keluar udah nyampe batch ke-4 (improvement/ver ke4). Pengalaman di rumah, ada agya e mt 2014 september (ver ke2) & ayla x at 2015 desember (ver ke4), bedanya lumayan kerasa. Non-teknisnya, versi terakhir lebih kedap & lebih mantep, tapi stirnya jadi berat banget (apa cuma punya saya aja?) utk ukuran city car yg memakai eps. Yang agya udah 2 tahun, 32k mulai ada rattle2 terutama di doortrim kiri depan & dashboard. Kalau utk mobil beginian (yg maticnya konvensional 4spd) kayaknya mending milih manualnya, lebih responsif & irit walaupun lebih pegel.
Mungkin tahun depan calsig bakalan ada improvement2 minor lagi, sama kaya agya ayla. "Hebat" bener tuh mobil, baru 2 tahun keluar udah nyampe batch ke-4 (improvement/ver ke4). Pengalaman di rumah, ada agya e mt 2014 september (ver ke2) & ayla x at 2015 desember (ver ke4), bedanya lumayan kerasa. Non-teknisnya, versi terakhir lebih kedap & lebih mantep, tapi stirnya jadi berat banget (apa cuma punya saya aja?) utk ukuran city car yg memakai eps. Yang agya udah 2 tahun, 32k mulai ada rattle2 terutama di doortrim kiri depan & dashboard. Kalau utk mobil beginian (yg maticnya konvensional 4spd) kayaknya mending milih manualnya, lebih responsif & irit walaupun lebih pegel.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Wed Jun 01, 2016 6:09
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Barusan saya menemani seorang teman utk testdrive Calya G AT. Menurut saya lebih enak yg matic. Langsung gas aja ngga usah mikir. Kalau di gas gede ya ok juga meskipun pasti rada boros. Btw, unit test yg saya pakai diisi Pertamax. Lbh enak dari yg manual kemaren yg notabene diisi Premium.
Kalau saya lbh seneng AT nya karena bisa kerasa panjang tarikan nya dan main gas. Meskipun temen saya bilang kaki saya ga lulus sekolah wkwkwkwk
Sent from my iPhone using Tapatalk
Kalau saya lbh seneng AT nya karena bisa kerasa panjang tarikan nya dan main gas. Meskipun temen saya bilang kaki saya ga lulus sekolah wkwkwkwk
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Wed Jun 01, 2016 6:09
Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T
Btw, yg saya pakai test unit Calya AT nya milik Auto2000 HR Muhammad Surabaya
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sent from my iPhone using Tapatalk