Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Om2 sekalian, udah pake T32 1.5 thn, boss di rmh selalu complaint pas naik mbl ini di blkg, mabok, ngayun kata nya. Temen ada nyaranin suruh pake Eibach atau inti nya ganti spring standard.
Pertanyaan saya :
1. Apakah mmg bisa bikin ga jadi mabok? Ngayun?
2. Apa pengaruh terhadap ride comfort? Apakah jadi keras? Takutnya tar udah ganti boss complaint lagi, kekerasan
3. Merek apa yg bagus? Jaman ane muda dulu sih Eibach, tapi udah ga prnh ngikutin perkembangan yg bgtu ya jadi kudet (krg update istilah boss kcl). H&R gmn?
4. Pokoknya mau ganti spring yg karakter nya sama dgn yg standard minus ngayun2 itu dan masih enak layaknya kondisi standard. Ga mau lbh pendek ataupun lebuh tinggi juga.
5. Kira2 budget kena brp gituan ya? Dan beli dimana?
Karakter bawaan suspensi Nissan... travelnya panjang jadi in some cases akan terasa sangat memabukkan...
Rata-rata per aftermarket itu lebih keras dari per standar... Jadi lebih keras jaminan pasti... cuma gak tau seberapa keras. Takutnya ya oom... kalo ganti per doank nanti gak cocok sama karakter shockbreaker bawaan. Logikanya shock bawaan pabrik pasti sudah diitung buat ngikutin karakter spring bawaan... Jadi takutnya dengan pemasangan per yang punya jarak main lebih pendek ngeredamnya akan lebih telat... Belum lagi faktor umur shock bawaannya yang *bisa jadi* berkurang...
Jadi amannya ganti per sekalian ganti shock kalo mau nyaman... Nurut saya amannya coba ganti shock dulu dengan yang lebih ngeredam. Baru kalo masih belom puas ganti pernya. Cuma jeleknya berarti ini trial and error... cocok-cocokan per sama shocknya. Per mungkin bisa ambil copotan kali ya... tapi entah per mobil apa yang cocok di X-Trail...
Ohya jangan terburu-buru pasang adjustable coilovers... memang bisa diset empuk kerasnya, tapi menurut testimoni orang-orang diset paling empuk pun tetep terasa keras... karena tujuan coilover sebetulnya naikin handling...
Kalo eibach pasti lebih pendek dan cenderung masih empuk
Kalo h&r pasti lebih pendek dan lebih keras dr pd h&r.
Keduanya bisa dapet 3-4jt
Kalo coilover yg pasti belasan sampe 20jtan. Bisa atur naik tinggi keras empuk dan damping. Yg pasti handling ningkat mobil belok nekuk pun masih enak body roll berkurang. Tp cenderung bakal paling keras dr pd dua opsi pertama.
Per custom dr mbl lain? Kurang rekomen
Kalo mau agak kerasin paling pakein eibach plus shockbreaker bilstein kuning yg asli banyak palsu.
Atau bisa juga beli shock koni aja yg bisa adjustable keras empuk tanpa hrs ganti per
Coba cari shock aftermarket yang bertipe gas tanpa ganti per, biasanya cukup membantu mengurangi efek ngayun karena sedikit lebih keras. Opsi ganti per mungkin udah dijelasin ama suhu2 diatas.
Btw bos saya di rumah juga termasuk sensitif, selalu ngeluh sama guncangan2 mobil tinggi. Beliau sempet pake T32 juga dan ini termasuk mobil yang cukup memuaskan soal guncangannya menurut beliau. Serena C26 menurut beliau juga masih kurang enak guncangannya.
Menurut ane sendiri emang udah karakter bawaan dari mobil2 yang basicnya diciptain dengan centre of gravity jauh dari aspal (bener gak nih bahasanya). Terbukti waktu bos saya naik sedan gak pernah protes hehe.
ok deh, thanks atas masukan semua nya sejauh ini. mgkn lbh jelas nya langsung ke bengkel aja kali ya. Btw, dimana bengkel khusus shock breaker / per yg lumayan ?
winsome wrote:ok deh, thanks atas masukan semua nya sejauh ini. mgkn lbh jelas nya langsung ke bengkel aja kali ya. Btw, dimana bengkel khusus shock breaker / per yg lumayan ?
winsome wrote:ok deh, thanks atas masukan semua nya sejauh ini. mgkn lbh jelas nya langsung ke bengkel aja kali ya. Btw, dimana bengkel khusus shock breaker / per yg lumayan ?
winsome wrote:ok deh, thanks atas masukan semua nya sejauh ini. mgkn lbh jelas nya langsung ke bengkel aja kali ya. Btw, dimana bengkel khusus shock breaker / per yg lumayan ?