Mesin Altis Ngelitik setelah copot Katalis
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Aug 14, 2015 6:00
Mesin Altis Ngelitik setelah copot Katalis
dear all,
mohon masukan dan sarannya, mesin Altis 1zz-Fe tiba-tiba ngelitik saat mau jalan pas pedal gas ditekan. berawal dari ubahan di sisi CC yg saya copot digantikan pipa dengan tambahan resonator sebelum resonator OEM. setelah selesai pemasangan tidak ada perubahan yg signifikan, tetapi setelah coba cabut Aki beberapa saat dan dipasang seperti semula, mobil jadi berasa tambahan torsinya, maklum mobil matic jadi perbedaanya sangat terasa. masalahnya torsi besar yg timbul diawal dibarengi dengan ngelitik disisi mesinnya. tolong sarannya apakah yg perlu dilakukan agar tidak ngelitik, karena selama ini juga sudah pakai pertamax.
terima kasih sebelumnya.
mohon masukan dan sarannya, mesin Altis 1zz-Fe tiba-tiba ngelitik saat mau jalan pas pedal gas ditekan. berawal dari ubahan di sisi CC yg saya copot digantikan pipa dengan tambahan resonator sebelum resonator OEM. setelah selesai pemasangan tidak ada perubahan yg signifikan, tetapi setelah coba cabut Aki beberapa saat dan dipasang seperti semula, mobil jadi berasa tambahan torsinya, maklum mobil matic jadi perbedaanya sangat terasa. masalahnya torsi besar yg timbul diawal dibarengi dengan ngelitik disisi mesinnya. tolong sarannya apakah yg perlu dilakukan agar tidak ngelitik, karena selama ini juga sudah pakai pertamax.
terima kasih sebelumnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Mesin Altis Ngelitik setelah copot Katalis
saat cc dilepas , otomatis co sensor membaca ada gas polutan yang berlebih..
gas ini adalah campuran bbm yg tidak terbakar sempurna.., otomatis ecu memerintahkan injector untuk melakukan lean burn (mengurangi ratio bbm thd udara).
inilah yang mengakibatkan ngelitik.. solusi manipulasi sensor co. Dgn piggyback misalnya.. atau mengganti sensor dengan potensiometer misalnya...cuma voltage yg dikirim ke ecu dibuat fixed..(tetap ada potensi ngelitik cuma gak separah semula di rpm tertentu)
gas ini adalah campuran bbm yg tidak terbakar sempurna.., otomatis ecu memerintahkan injector untuk melakukan lean burn (mengurangi ratio bbm thd udara).
inilah yang mengakibatkan ngelitik.. solusi manipulasi sensor co. Dgn piggyback misalnya.. atau mengganti sensor dengan potensiometer misalnya...cuma voltage yg dikirim ke ecu dibuat fixed..(tetap ada potensi ngelitik cuma gak separah semula di rpm tertentu)
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Aug 14, 2015 6:00
Re: Mesin Altis Ngelitik setelah copot Katalis
Bro Mozawa,
Adakah literatur untuk mengganti sensor dengan potensiometernya? Kemarin pas bongkar CC tidak ada sensor diantara CC hingga Reson OEM, sensor hanya terpasang setelah header. Apakah tetap berpengaruh?
Adakah literatur untuk mengganti sensor dengan potensiometernya? Kemarin pas bongkar CC tidak ada sensor diantara CC hingga Reson OEM, sensor hanya terpasang setelah header. Apakah tetap berpengaruh?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mesin Altis Ngelitik setelah copot Katalis
coba carbon clean dan injector cleaner aja dulu
* Bukan ajakan Beli *
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Aug 14, 2015 6:00
Re: Mesin Altis Ngelitik setelah copot Katalis
Siap om,, saya sudah kepikiran untuk eksekusi carbon cleaner dan injector cleaner, sembari nyari-nyari bengkel bisa melakukan itu dan bisa diajak sharing.Turboman wrote:coba carbon clean dan injector cleaner aja dulu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: RE: Re: Mesin Altis Ngelitik setelah copot Katalis
Om mozawa mau tanya juga dong, bulan lalu saya juga ganti header di sx4 yg notabene cc utama nya jg dicopot. Setelah ganti header sih gk ngelitik. Tapi kdg-kdg kalau lagi macet2 an stop and go mesin terasa getar di kabin.Mozawa wrote:saat cc dilepas , otomatis co sensor membaca ada gas polutan yang berlebih..
gas ini adalah campuran bbm yg tidak terbakar sempurna.., otomatis ecu memerintahkan injector untuk melakukan lean burn (mengurangi ratio bbm thd udara).
inilah yang mengakibatkan ngelitik.. solusi manipulasi sensor co. Dgn piggyback misalnya.. atau mengganti sensor dengan potensiometer misalnya...cuma voltage yg dikirim ke ecu dibuat fixed..(tetap ada potensi ngelitik cuma gak separah semula di rpm tertentu)
Sama mau tanya satu lagi. Di sx4 kan sensor co2 nya hanya satu yaitu tepat diatas sebelum cc exhaust manifold original nya. Sesudah ganti header sensor co2 nya sekarang ada di cylinder no.3. Kira2 ecu nya jg membaca gas polutan yg berlebihan tidak mengingat sensor co2 nya sebelum ganti header yaitu hanya ada satu sebelum di cc exhaust manifold nya.
Thanks before.
Sent from my ASUS_T00F using Seraya Motor mobile app
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Mesin Altis Ngelitik setelah copot Katalis
waduh..harusnya untuk mobil baru sensor o2 ( atau saya sebelumnya nyebut sensor co) , ada dua , yaitu di exhaust sebelum cc dan setelah cc..hadihantara wrote:Bro Mozawa,
Adakah literatur untuk mengganti sensor dengan potensiometernya? Kemarin pas bongkar CC tidak ada sensor diantara CC hingga Reson OEM, sensor hanya terpasang setelah header. Apakah tetap berpengaruh?
kalau memang hanya ada 1(pada mobil injeksi lama) , yaitu sebelum cc , logikanya pelepasan cc tidak berpen garuh terhadap bacaan sensor....
ini bisa dilihat letak sensor di altis setelah cc....(mungkin beda tahun atau beda varian ya?)
https://youtu.be/DOW55QkOtXg
Untuk literaturnya saya gak punya...cuma logikanya kerja sensor itu adalah , menerima voltage dari aki , lalu voltage ini diteruskan ke ecu...voltage ini naik turun karena ada hambatan ( resistor ) yang selalu berubah tergantung dari kadar O2 dalam exhaust system.
semua sensor dari sensor temperatur , mass air flow , o2 sensor , speed sensor basiknya adalah sama.
misal voltage yang dikirim ke ecu adalah 1.5 volt itu menandakan campuran udara terlalu banyak /rich.. saat voltage yg dikirim 2 volt, campuran lambda normal.
Langkah pertama adalah kita harus tahu berapa voltage keadaan normal. O2 sensor biasanya membuat system close loop saat iddle , akselerasi moderat atau saat mobil berjalan pada kec konstan tanpa beban lebih.
saat hard acceleration , o2 ini ditidak dibaca , karena systemnya menjadi open loop. Ecu mengabaikan o2 sensor..
kita harus tahu diagram o2 sensor altis. Berapa saja voltage yg dikirim ke ecu. Misal kita ambil fix saat moderat acceleration ..yaitu 2 volt....
simple tinggal kita cari saja resistor atau potensio. Kita sambungkan pada kabel power pada inputnya....lalu kita putar2 knop potensio sambil ootputnya kita ukur pakai avometer...saat voltage menunjukkan 2 volt , maka itulah voltage fix yg dikirim ke ecu. Ecu mengira ada moderate acceleration.
memang tidak sempurna..,tapi murah dan jauh lebih baik daripada tidak ada voltage / error reading...
nah utk kasus ini ane gak tau , pada altis ada 1 atau 2 sensor...kalau 2 sensor , cara diatas bisa dipakai.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: RE: Re: Mesin Altis Ngelitik setelah copot Katalis
pertanyaan yang sebenarnya harus dilakukan dengan menggunakan engine scanner....takutnya kalau saya jawab dengan logika , gak mesti tepat mengingat saya gak punya pengalaman serupa dangan sx4 hahaha....arfs wrote:Om mozawa mau tanya juga dong, bulan lalu saya juga ganti header di sx4 yg notabene cc utama nya jg dicopot. Setelah ganti header sih gk ngelitik. Tapi kdg-kdg kalau lagi macet2 an stop and go mesin terasa getar di kabin.Mozawa wrote:saat cc dilepas , otomatis co sensor membaca ada gas polutan yang berlebih..
gas ini adalah campuran bbm yg tidak terbakar sempurna.., otomatis ecu memerintahkan injector untuk melakukan lean burn (mengurangi ratio bbm thd udara).
inilah yang mengakibatkan ngelitik.. solusi manipulasi sensor co. Dgn piggyback misalnya.. atau mengganti sensor dengan potensiometer misalnya...cuma voltage yg dikirim ke ecu dibuat fixed..(tetap ada potensi ngelitik cuma gak separah semula di rpm tertentu)
Sama mau tanya satu lagi. Di sx4 kan sensor co2 nya hanya satu yaitu tepat diatas sebelum cc exhaust manifold original nya. Sesudah ganti header sensor co2 nya sekarang ada di cylinder no.3. Kira2 ecu nya jg membaca gas polutan yg berlebihan tidak mengingat sensor co2 nya sebelum ganti header yaitu hanya ada satu sebelum di cc exhaust manifold nya.
Thanks before.
Sent from my ASUS_T00F using Seraya Motor mobile app
mungkin penempatan o2 sensor di cyl ketiga adalah dengan alasan kemudahan. Mungkin dgn anggapan sisa hasil pembakaran cylinder ke3 mewakili semua cylinder.
sebenarnya sih gak masalah, cuma kurang sempurna saja bacaannya. Selama gak ada perubahan yg aneh2 pada perform , gak ngelitik , gak boros, sih gak masalah..
logikanya o2 sensor standart diletakkan pada satu saluran yang merupakan muara dari 4 silinder. Kalau diletakkan di satu silinder saja, bacaan kurang akurat..
karena pembakaran pada satu silinder adalah terjadi pada seperempat langkah......ada jeda 3/4 langkah...(pembakaran selain silinder 3 ).
density o2 juga ada perbedaan. Ane gak tau signifikan atau tidak...hahaha.....
cara terbaik, coba ukur voltage dari sensor pada keadaan standart tanpa header.... ukur dari keadaan iddle , gas moderat dan ukur pada semua rpm.
bandingkan dgn voltage yg diukur pada keadaan dipasang di header...kalau sama, berarti gak ada masalah... ribet memang...dan rasanya gak mungkin dilakukan...
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Mesin Altis Ngelitik setelah copot Katalis
Ok, thanks om Mozawa atas jawaban nya, saya jadi ada bayangan atau gambaran tentang perubahan lokasi sensor co2 mobil saya.
Untuk ukur nya ane nyerah duluan deh kalau cara nya seperti itu. Ribet, ane nya sendiri gk ada tools dan skill/knowledge untuk melakukan nya
Untuk ukur nya ane nyerah duluan deh kalau cara nya seperti itu. Ribet, ane nya sendiri gk ada tools dan skill/knowledge untuk melakukan nya

“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Aug 14, 2015 6:00
Re: Mesin Altis Ngelitik setelah copot Katalis
Om,,Om,, report nih,,
Minggu kemarin selesai Carbon Clean dan tune up sekalian bersihin filter bensin, hasilnya memang sudah tidak menggelitik lagi, tarikannya juga lebih enteng. Terima kasih sarannya.
Oya, perubahan disisi katalis apakah akan berdampak pada HC tinggi dan CO2 rendah? mohon masukannya beberapa hasil test emisi berikut :
CO 0,280%Vol
CO2 11,34%Vol
HC 597ppm Vol
O2 2,74%Vol
Lamd 1,068
Minggu kemarin selesai Carbon Clean dan tune up sekalian bersihin filter bensin, hasilnya memang sudah tidak menggelitik lagi, tarikannya juga lebih enteng. Terima kasih sarannya.
Oya, perubahan disisi katalis apakah akan berdampak pada HC tinggi dan CO2 rendah? mohon masukannya beberapa hasil test emisi berikut :
CO 0,280%Vol
CO2 11,34%Vol
HC 597ppm Vol
O2 2,74%Vol
Lamd 1,068
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Mesin Altis Ngelitik setelah copot Katalis
nah kanhadihantara wrote:Om,,Om,, report nih,,
Minggu kemarin selesai Carbon Clean dan tune up sekalian bersihin filter bensin, hasilnya memang sudah tidak menggelitik lagi, tarikannya juga lebih enteng. Terima kasih sarannya.
Oya, perubahan disisi katalis apakah akan berdampak pada HC tinggi dan CO2 rendah? mohon masukannya beberapa hasil test emisi berikut :
CO 0,280%Vol
CO2 11,34%Vol
HC 597ppm Vol
O2 2,74%Vol
Lamd 1,068
berarti bukan soal ada / ngga katalik
kalo mobil2 yg pake 2 lambda sensor before / after, katalik dilepas kalo diprogram bisa deteksi yg muncul adalah lampu check engine nyala, bukan ngelitik2
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Mesin Altis Ngelitik setelah copot Katalis
nah sekalian aja deh nanya soalnya saya juga ada masalah sama 1zz-fe A/T
1.Ketika mobil dalam posisi N dan saya tekan pedal gas sampai kurleb 5rb rpm tiba-tiba check engine menyalah dan akan hilang bilang dimatikan mesinnya kira2 itu permasalahnnya dimana ya?
2.Ketika jalan pelan < 30Km/jam pedal rem diinjak terasa sekali mobil langsung ngebuang ke arah kiri depan dan sepertl ada jeda dibandingkan yang lainnya nah apa yg harus saya check padahal tahun lalu baru ganti2 kaki2 semua dan kmrn di cek bagian kaki masih bagus belum ada kerusakan
mungkin itu aja dulu om mohon advicenya soalnya 2 masalah tersebut sudah lama dan kebetulan saya ingin restorasi ini mobil
1.Ketika mobil dalam posisi N dan saya tekan pedal gas sampai kurleb 5rb rpm tiba-tiba check engine menyalah dan akan hilang bilang dimatikan mesinnya kira2 itu permasalahnnya dimana ya?
2.Ketika jalan pelan < 30Km/jam pedal rem diinjak terasa sekali mobil langsung ngebuang ke arah kiri depan dan sepertl ada jeda dibandingkan yang lainnya nah apa yg harus saya check padahal tahun lalu baru ganti2 kaki2 semua dan kmrn di cek bagian kaki masih bagus belum ada kerusakan
mungkin itu aja dulu om mohon advicenya soalnya 2 masalah tersebut sudah lama dan kebetulan saya ingin restorasi ini mobil