wihhh sama kayak punya ane dulu nihh
Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1052
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Kijang memang tiada duanya. Gigi 1 langsung lompat 3.
Sent from my m2 using Tapatalk
Sent from my m2 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Saya jg mungkin br bbrp bulan yg lalu tahu itu. Hasil ngobrol dgn om newrubble jugaginting wrote:coklatMetalik wrote:Saya bantuin jawab ya...newrubble wrote:
kuda sy pernah crita knapa pake naming itu...... alasan simple n.tdk masuk akal sehat avg.indo yg biasa apa apa serba rumit
cari sj
Nama M. Kuda asalnya dari shio Gunaevy Djajasasmita, salahsatu orang penting di KTB
======
Baru tahu, ternyata itu dari Shio pak Gunaevy...
Untung gak dibuat namanya Elang/Rajawali secara di ruangan kantornya di lantai 3 di Jalan Bangka, dan dipucuk rumah dia, masih di Jalan Bangka, sebelah kanan jalan kelau mau ke arah Tendean, juga ada patung elangnya..

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Start jalan dr gigi 2 juga bisa om. Saking besarnya torsi di rpm rendah. Mobil (bensin) lain kalo diginiin langsung stall.....octafiantos wrote:Kijang memang tiada duanya. Gigi 1 langsung lompat 3.
Sent from my m2 using Tapatalk
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu Sep 01, 2016 16:16
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
hihihi mobil badak emang nih kijang , salam kenal omgrandis_GT wrote:nice review om , jadi ingat mobil bapak ane dulu , less maintenence![]()
btw , sekali'' bahas bus donk om , ane sering baca'' di imotorium.com
bahas bus ya.. impresi jadi penumpang terus saya mah


makasi om, masi harus banyak belajar saya sama sesepuh disini.. pengen nyulik kucingsolar_kerosen wrote:enak baca reviewnya salut.....


kalau biasa naik sedan pasti naik ini jadi tinggi benerjar-jit-no wrote:Nice review om
Jadi inget piaraan bapak ane di kampung sampe skrg, kijang rover tahun 94. Kyknya sih yg short jg, kursi belakangnya yg hadap2an.
Kmrn beliau cerita, katanya cylinder head nya melenting sedikit gara2 masalah radiator. Dibenerin (bubut, dll.) katanya habis 1,5jt saja di bengkel kampung. Kata beliau habis diservis itu jd berasa seperti mobil baru tarikannya..hehe
btw, ane kalo naik itu rover rasanya tinggi bener posisi duduknya. apa emang gitu ya?


favorit nih emang kijang super / grand dibikin ceper dibanding kapsul atau ipah. wkwkwkw salam kenal ya omsJagonyaaki wrote:Jd inget jaman lulus sma ampe kuliah. Pernah pake yg LSX tahun 94 & 95. 2 2 ny dl warna abu monyet. Mesin lmyn bandel, cm y itu bensin lmyn boros. Tp dl ketolong bensin ny murah kl ngg salah jaman bensin harga 1rb/L. Sama karena stirny masih power sepiring, lmyn bikin ber otot kl parkir d tempat sempit...![]()
Sempet kena virus ceper, ampe kl naek rasanya glodakan. Ampe orangtua pernah bilang ini mobil ap beca. Tp dl mikirnya yg penting GAYA![]()
![]()
Utk harga jual lmyn tinggi utk mobil seusianya, dijual tahun 2005 laku 70 jt. D beli ama teman deket. Beli avanza G baru kl ngg salah cm 97 jt. Lmyn nomboknya ngg banyak...![]()
Suatu saat pengen punya lg, d resrorasi 100% std pabrik. Kl ngg salah pernah bc jg om NR pernah crita soal restorasi kijang ini, tp lupa dmn..
Maap om ts jd curhat...
dulu pernah pakai sarung begini.. jaman saya masih piyik naik ini kijang .. disupirin sama almarhum uwacoklatMetalik wrote:Setuju sama om newrubble...
Dan (kalo msh ada yg jual) pake cover setir yg bahannya kayu, yg begini loh


iya nih om, kepengen sih dibalikin lagi ke tampilan orinya, sama almarhum kemarin dilepasin karena emang kepengen kelihatan clean mobilnya.. tapi stiker2 masih nempel dikacanewrubble wrote:kalo ada wang lebih ...... saran sy ..... belikan n tempelkan original side sticker set dan rear chromed emblem set serta (bikin kalo tdk ada tapi sampai thn 2013 masih di jual di a2k) 'tyt original body' yg dulu nya nempel di kaca blakang
tampil original spt saat baru dgn minimum funding

salam kenal om NR

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
salam kenal juga u pertemanan yg tulus
original interior kijang 1986-1995 bikin sy selalu kangen dgn kijang SX thn 1986 (harga onroad 9juta minibus n 7juta minitruck) dan SSX thn 1988 (harga onroad rp. 12.8juta)
terbayang dulu alm ayah sy ampir tiap selesai praktek dimanapun (kalo sy mampir klaar kuliah) ssdh klaar itung wang sering bercanda ..... mari kita beli kijang (sambil naik ke 1988 kijang ssx 'coupe' b-1284-sg yg dia beli tanpa rencana) .... atau yg ssdh itu b-2629-kv atau yg ssdh itu b-369-th atau yg kmudian b-.....
(jadi byk kalo di sebut tapi sy masih hafal plaat nomor kijang, kijang, kijang dan kijang yg dulu dia rajin beli tiap 15-18 bulan)
original interior kijang 1986-1995 bikin sy selalu kangen dgn kijang SX thn 1986 (harga onroad 9juta minibus n 7juta minitruck) dan SSX thn 1988 (harga onroad rp. 12.8juta)
terbayang dulu alm ayah sy ampir tiap selesai praktek dimanapun (kalo sy mampir klaar kuliah) ssdh klaar itung wang sering bercanda ..... mari kita beli kijang (sambil naik ke 1988 kijang ssx 'coupe' b-1284-sg yg dia beli tanpa rencana) .... atau yg ssdh itu b-2629-kv atau yg ssdh itu b-369-th atau yg kmudian b-.....
(jadi byk kalo di sebut tapi sy masih hafal plaat nomor kijang, kijang, kijang dan kijang yg dulu dia rajin beli tiap 15-18 bulan)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Mon Feb 29, 2016 12:28
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
salam kenal om , pengalaman dulu saya punya Kapsul 1997, dari tangan pertama beli di tahun 1997 kalau ga salah cuma 32 jutaan mobil yang nenemin saya dari balita sampe remaja tapi pas awal kuliah dijual
, walaupun sempet make untuk ngampus beberapa bulan.
salut buat mesin K series , ibarat "diesel" yang dikasih minum gasoline. start dari gigi 2 ga masalah, cuma saya sering ngalamin susah buat masuk gigi mundur ntah kalau di generasi sebelumnya apakah sama seperti itu, tapi overall kijang ini mobil yang sangat cocok buat postur orang indonesia rata-rata.
walaupun sekarang suka pake mobil ortu "mpv ala america" chevy spin dan juga si pengganti kijang yaitu mitsubishi kuda diesel tapi tetep om , susah move on dari enaknya bawa kijang hahahaha maaf jadi panjang lebar gini
kenangan sebelum pindah ke bandung nih


salut buat mesin K series , ibarat "diesel" yang dikasih minum gasoline. start dari gigi 2 ga masalah, cuma saya sering ngalamin susah buat masuk gigi mundur ntah kalau di generasi sebelumnya apakah sama seperti itu, tapi overall kijang ini mobil yang sangat cocok buat postur orang indonesia rata-rata.
walaupun sekarang suka pake mobil ortu "mpv ala america" chevy spin dan juga si pengganti kijang yaitu mitsubishi kuda diesel tapi tetep om , susah move on dari enaknya bawa kijang hahahaha maaf jadi panjang lebar gini
kenangan sebelum pindah ke bandung nih

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Mon Feb 29, 2016 12:28
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
permisi om newrubble salam kenal , mau nanya-nanya nih omnewrubble wrote:salam kenal juga u pertemanan yg tulus
original interior kijang 1986-1995 bikin sy selalu kangen dgn kijang SX thn 1986 (harga onroad 9juta minibus n 7juta minitruck) dan SSX thn 1988 (harga onroad rp. 12.8juta)
terbayang dulu alm ayah sy ampir tiap selesai praktek dimanapun (kalo sy mampir klaar kuliah) ssdh klaar itung wang sering bercanda ..... mari kita beli kijang (sambil naik ke 1988 kijang ssx 'coupe' b-1284-sg yg dia beli tanpa rencana) .... atau yg ssdh itu b-2629-kv atau yg ssdh itu b-369-th atau yg kmudian b-.....
(jadi byk kalo di sebut tapi sy masih hafal plaat nomor kijang, kijang, kijang dan kijang yg dulu dia rajin beli tiap 15-18 bulan)

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: RE: Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
been there, done that.octafiantos wrote:Kijang memang tiada duanya. Gigi 1 langsung lompat 3.
Sent from my m2 using Tapatalk
kejadian nyata waktu start di sentul taun 96 silam......
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
kf40/50 di pinoyland malah diesel (tamaraw) tdk ada petrol n jaman itu diesel kena xtra tax (taxation class upgrade) 10% lbh mahal drpd petrol engine trpasang di lineup sama
tyt qualis di india juga sama sj bahkan indian embassy di.washington dc saja pake u clerical operation
tyt qualis di india juga sama sj bahkan indian embassy di.washington dc saja pake u clerical operation
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Mon Feb 29, 2016 12:28
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
ko bisa kena xtra pajak gtu ya om? apa yg membuat diesel kena lebih ?newrubble wrote:kf40/50 di pinoyland malah diesel (tamaraw) tdk ada petrol n jaman itu diesel kena xtra tax (taxation class upgrade) 10% lbh mahal drpd petrol engine trpasang di lineup sama
tyt qualis di india juga sama sj bahkan indian embassy di.washington dc saja pake u clerical operation
baru ingat qualis, bermesin 2L body ala KF50 hahaha, aneh juga selera india ya om ko mau nya dikasih KF50 dijaman kita udah KF70/80

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Qualis hasil perkawinan KF50&KF70LTZ wrote:ko bisa kena xtra pajak gtu ya om? apa yg membuat diesel kena lebih ?newrubble wrote:kf40/50 di pinoyland malah diesel (tamaraw) tdk ada petrol n jaman itu diesel kena xtra tax (taxation class upgrade) 10% lbh mahal drpd petrol engine trpasang di lineup sama
tyt qualis di india juga sama sj bahkan indian embassy di.washington dc saja pake u clerical operation
baru ingat qualis, bermesin 2L body ala KF50 hahaha, aneh juga selera india ya om ko mau nya dikasih KF50 dijaman kita udah KF70/80
Bentuk bodi KF 50 tp grill & pintu belakang KF 70
Dashboard KF 70 tp handbrake KF 50
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
ya krn dulu govt indo anggap brandholders 'curang' bikin kempes state income from auto sales (n pertamina juga jadi lbh byk jualan solar)
masa cj-7 biasa 4.2L jadi lbh laku yg 2.4L ....fj40 jadi bj40 (2.9L)
ini sy sebut krn mrk market leaders yg byk di pakai privateers maupun govt. sempat wkt itu diesel engine application mau dilarang utk under 5 tonnage application (sayang skali eman yogasara n giri suseno dah alm .... pdhl mrk bs crita byk ttg bginian .... fritz hendrik, hasjim ning n wiliam ada di frontline yg tolak rencana bgitu)
btw sy suka lift up rear cargo door tyt qualis
masa cj-7 biasa 4.2L jadi lbh laku yg 2.4L ....fj40 jadi bj40 (2.9L)
ini sy sebut krn mrk market leaders yg byk di pakai privateers maupun govt. sempat wkt itu diesel engine application mau dilarang utk under 5 tonnage application (sayang skali eman yogasara n giri suseno dah alm .... pdhl mrk bs crita byk ttg bginian .... fritz hendrik, hasjim ning n wiliam ada di frontline yg tolak rencana bgitu)
btw sy suka lift up rear cargo door tyt qualis
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Mon Feb 29, 2016 12:28
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
bagus juga bentuknya, saya senang lihat front face nyacoklatMetalik wrote:Qualis hasil perkawinan KF50&KF70LTZ wrote:ko bisa kena xtra pajak gtu ya om? apa yg membuat diesel kena lebih ?newrubble wrote:kf40/50 di pinoyland malah diesel (tamaraw) tdk ada petrol n jaman itu diesel kena xtra tax (taxation class upgrade) 10% lbh mahal drpd petrol engine trpasang di lineup sama
tyt qualis di india juga sama sj bahkan indian embassy di.washington dc saja pake u clerical operation
baru ingat qualis, bermesin 2L body ala KF50 hahaha, aneh juga selera india ya om ko mau nya dikasih KF50 dijaman kita udah KF70/80
Bentuk bodi KF 50 tp grill & pintu belakang KF 70
Dashboard KF 70 tp handbrake KF 50

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Mon Feb 29, 2016 12:28
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
kalau seandainya itu rencana jadi , kebayang gak akan ada panther dkk.. yang ada kita dicekokin gasoline terus..newrubble wrote:ya krn dulu govt indo anggap brandholders 'curang' bikin kempes state income from auto sales (n pertamina juga jadi lbh byk jualan solar)
masa cj-7 biasa 4.2L jadi lbh laku yg 2.4L ....fj40 jadi bj40 (2.9L)
ini sy sebut krn mrk market leaders yg byk di pakai privateers maupun govt. sempat wkt itu diesel engine application mau dilarang utk under 5 tonnage application (sayang skali eman yogasara n giri suseno dah alm .... pdhl mrk bs crita byk ttg bginian .... fritz hendrik, hasjim ning n wiliam ada di frontline yg tolak rencana bgitu)
btw sy suka lift up rear cargo door tyt qualis
nampaknya qualis adalah KF50 yang paling "sempurna" ya om , segalanya pas

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
sy malah senang kalo kf40/50 reborn dan punya lifetime almost eternal level hindustan ambassador (1958-2014)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Waduh 58 taun...newrubble wrote:sy malah senang kalo kf40/50 reborn dan punya lifetime almost eternal level hindustan ambassador (1958-2014)
Colt L300nya KTB msh kalah tua dibanding ini...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Nais ripiu, mbah Dharmo.... (semoga saya salah). 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Ah si tiada duanya ini
Mobil yang saya pake belajar nyetir di lapangan diajari ayah saya
Kijang super ambulans karoseri amalgam
Ketika silabus kursus masuk ke cara nyetir mundur barulah saya bingung...semua kaca kompartemen belakangnya 90% blinded..dicat putih
Untung ngga nabrak kambing orang yg lagi makan rumput
Oom NR mungkin tau kenapa kah tiba2 ada ide kijang dibuat coupe begini ya? Astra kan harusnya sudah studi demand pasar ya?
Mobil yang saya pake belajar nyetir di lapangan diajari ayah saya
Kijang super ambulans karoseri amalgam
Ketika silabus kursus masuk ke cara nyetir mundur barulah saya bingung...semua kaca kompartemen belakangnya 90% blinded..dicat putih
Untung ngga nabrak kambing orang yg lagi makan rumput
Waah om punya kijang coupe juga. Dulu paman saya juga punya ini dan semua keluarga suka protes...susah amat mau masuk ke belakang. Pembelaan dia selalu adalah..ini kijang resing (racing)newrubble wrote: ..... mari kita beli kijang (sambil naik ke 1988 kijang ssx 'coupe' b-1284-sg yg dia beli tanpa rencana) ....
Oom NR mungkin tau kenapa kah tiba2 ada ide kijang dibuat coupe begini ya? Astra kan harusnya sudah studi demand pasar ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
mobil2 sebelum tahun 2000 itu bisa harga beli < harga jual, setelah itu sepertinya tidak ada ya, mungkin cuman avxen gen awal

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
keluarga saya (lebih tepatnya eyang) pernah punya kijang gen super ini.. taun 88 kl ga salah, warna coklat.. sayangnya ane ga tau ini mobil, krn waktu ane lahir (1999) udah ada kijang kapsul waktu itu (beli baru dari 1997 dan jual di 2016 awal) 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Ada di waktu2 khusus om. Misalnya menjelang lebaran, saat inden mobil baru menumpuk, kadang ada yg jual mobil bekas yg umurnya baru bbrp bulan, harganya kadang lbh mahal dikit dr mobil baru. BBrp orang yg mau pamer mobil waktu mudik akhirnya memutuskan beli mobil kyk gini krn kalo nunggu inden mobil baru bisa batal bawa mobil ke kampung....daftar wrote:mobil2 sebelum tahun 2000 itu bisa harga beli < harga jual, setelah itu sepertinya tidak ada ya, mungkin cuman avxen gen awal
Kalo di waktu normal sih paling bagus ya Kijang LGX facelift terakhir, Kalo masih mulus & tangan pertama bisa dijual = harga beli belasan tahun lalu...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Mon Feb 29, 2016 12:28
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
duh hindustan ambassador jadi ingat iklan peugeot 206 beberapa tahun lalu, ambassador nya dipukul palu dan didudukin gajahnewrubble wrote:sy malah senang kalo kf40/50 reborn dan punya lifetime almost eternal level hindustan ambassador (1958-2014)


LJ479QNE2
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
dulu japan bikin toyota kf series hanya halfcab ..... full cab kit itu bodyvendored by superiorcoach(es) yg ada di hoek sutoyo-mt haryono
dan japan principal tdk ijinkan astra bikin 'b pillar"
dan superior / sci tdk mau buat b-pillar utk apapun krn masalah product liability absorbent yg tdk mau mrk ambil sehingga u bikin 'b pillar' terpaksa astra lakukan full acquisition nusa cendana harum secara bertahap mulai 1994 (saat kf40/50 swb mulai ada 2nd row access) hingga 1996 saat nch jadi nusa toyotetsu engineering
sdikit ttg sci yg skrg sdh alm:
superior (foreign direct investment tertua di indo dari lima, ohio, usa sampai divestment 1999 dan dibeli smua assets oleh kelompok mayasari bhakti) sdh exist di indo sejak 1924 n dulu jadi bodyvendor GM antjol dan btm / bataviasche tramweg maatschappij n mulai jadi astra vendor sejak hiace h11 dijadikan h20-indo dm
dan lanjut kijang kf-10FL (1980) bersamaan dgn berdirinya nisa cendana harum di pluit (samping kramat tunggak tdk jauh dr localcoachbuilder pramo jaya) sblm pindah ke jelambar III
wiliam selain sbg owner astra juga pernah kerja rangkap (sidejob) sbg govt.liaison sci (1968-1973) dan hasilnya sci menang usaid tender 1,000 citybus utk jakarta dgn basis dodge d500
sampai ahirnya 1986 astra kuasai 97% ownership superiorcoach indonesia
dan japan principal tdk ijinkan astra bikin 'b pillar"
dan superior / sci tdk mau buat b-pillar utk apapun krn masalah product liability absorbent yg tdk mau mrk ambil sehingga u bikin 'b pillar' terpaksa astra lakukan full acquisition nusa cendana harum secara bertahap mulai 1994 (saat kf40/50 swb mulai ada 2nd row access) hingga 1996 saat nch jadi nusa toyotetsu engineering
sdikit ttg sci yg skrg sdh alm:
superior (foreign direct investment tertua di indo dari lima, ohio, usa sampai divestment 1999 dan dibeli smua assets oleh kelompok mayasari bhakti) sdh exist di indo sejak 1924 n dulu jadi bodyvendor GM antjol dan btm / bataviasche tramweg maatschappij n mulai jadi astra vendor sejak hiace h11 dijadikan h20-indo dm
dan lanjut kijang kf-10FL (1980) bersamaan dgn berdirinya nisa cendana harum di pluit (samping kramat tunggak tdk jauh dr localcoachbuilder pramo jaya) sblm pindah ke jelambar III
wiliam selain sbg owner astra juga pernah kerja rangkap (sidejob) sbg govt.liaison sci (1968-1973) dan hasilnya sci menang usaid tender 1,000 citybus utk jakarta dgn basis dodge d500
sampai ahirnya 1986 astra kuasai 97% ownership superiorcoach indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
itu karena govt indo rajin bikin currency devaluation (1971, 1978, 1983, 1986) dan ssdh itu central bank rajin lakukan base-money adjustment (krn radius prawiro janji 1986 adalah last devaluation sehingga di cari cara spy idr / rupiah tdk terlalu kuat n tdk terlalu lemah) sblm indo punya bi-rate (2005)daftar wrote:mobil2 sebelum tahun 2000 itu bisa harga beli < harga jual, setelah itu sepertinya tidak ada ya, mungkin cuman avxen gen awal