FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by nyotnyet »

Di ipah lawas saya dan lcgc baru saya (calya), kebetulan 2-2nya matic, abis parkir ya langsung gredek ke P tidak ada nyangkut sama sekali

Begitu juga dengan mazda 2 adik, freed adik, GL dan dakar papa begitu pake ya langsung gredek ke P

Aneh aja harus mampir gitu...

Soul Red zoom zoom
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by jivos »

Cb begini om....

1. Problem hentakan---> dg remap b'kurang
Tebakan sy ini dia akan ngentak lagi. Cb bw driving agak lama/bbrp jam/saat panas n mekanikal internal tranny mulai memuai/mengembang---hentakan akan muncul.
cmiiw.
Q to Kabeng : klo hentakan muncul lagi, terus sy hrs remap lagi?

2. Probem P -->R akan nyangkut jk pd saat mw ke P dr R tdk mampir k N.
Q to Kabeng : cb sebutkan logic reason knp hrs mampir ke N klo ngga mw nyangkut?

Semua matic yg pernah sy coba, tdk perlu demikian. Bisa langsung.

Asumsi sy: pd saat kita di P, pin lock (bentuk spt huruf L terbalik) ngunci wheeldriven gear. Pd saat mw keluar dr P, pin lock berbentuk L tsb aka di push ujung satunya o/"spring" agar bs unlock dr driven gear. Ada kemungkinan springnya flaws lemah. Hingga tdk full bs angkat ujung L yg msh tersangkut di gear.
Klo sering nyangkut begini, itu gigi2 gear bs aus kemakan.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by F272 »

Seingat saya...dan saya baca lagi berulang2..
Saya tidak sebut ini saya anggap sudah selesai....

Jadi saya masih terus akan lakukan langkah2
Saya pun tetap berharap ada saran dan masukan dari teman2 disini..

Sementara sudah saya sampaikan semua apa yg saya keluhkan, dan keanehan2 yg saya anggap lucu dan tidak normal pada sistem pengoperasian transmisi VRZ ini kepada pihak Plaza Toyota, dan saya sangat perhatikan bahwa pihak Plaza Toyota sangat care dg masalah ini..mereka tidak meninggalkan saya sebagai owner VRZ yg sudah membeli di Dealer mereka, tapi disisi lain mereka jg seakan tak bisa berbuat lebih dalam mengatasi apa yg terjadi pada unit VRZ saya, bahkan lewat beberapa petinggi yg menemui saya tadi pagi (sabtu, 3 september 2016) bahwa mereka juga tetap siap merima keluhan apapun terkait VRZ F272, sesuai dengan warranty yg berlaku.

Saya hargai sikap Dealer Plaza Toyota, dan saya bilang bahwa saya akan terus melakukan Review dan menyampaikan hasilnya kepada 3 fihak : Dealer Plaza Toyota, Tam, dan Tmc Japan.

Mereka setuju, dan saya mulai akan pakai untuk melihat apa yg akan terjadi selanjut nya dg VRZ ini..
(Saya hampir ga nulis kata2 Fortuner, karena kan sudah dianggap berubah menjadi UnFortuner ya..)

:big_childish: :big_dunno: :big_blushing:
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by armann »

wah kalo gini mah mngkn cacat produksi kali ya, sejauh ini si sy punya oke2 aja, paling ada rattle di bwh cup holder dpn dan bau gk enak kalo kcptan diatas 140 kmh
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by newrubble »

mungkin lbh bagus sebut production code saja ..... ha ha ha ..... an-160 (sy lbh mudah ingat krn mirip 'antonov')
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by pernahmiskin »

yahh sad ending
Kata orang daerah saya terima nasib aja...toh juga pihak TAM sudah berusaha memberikan yg terbaik buat customer....
Nasib customer yg harus legowo karena kesalahan pihak lain...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
piko25
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by piko25 »

wah kalo gitu di negoro kita semua2 kudu legowo, :big_peace:

btw ini Ipah juga kena masalah yg sama ya?
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by F272 »

Asslm. Selamat pagi SMer...

Saya sudah rekam beberapa (banyak) Video saat pengoperasian Tuas Persneling VRZ dan kalo dikumpulin dan dirangkai dalam 1 video bisa saya upload ke Youtube menjadi sebuah "Manual Book versi Baru" untuk para pengguna VRZ dalam pengoperasian tuas persneling nya.

Bagaimana menurut teman2..?
Judul apa yg pantas untuk video itu..?

Salam NETRAL From F272...

:big_biglaugh: :big_peace: :big_weee: :big_blushing:

Jadi ingat seorang teman yg saat ini jadi Gitaris Band NRTL (Netral) den Coki Bollymeyer.. :glodak:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by F272 »

armann wrote:wah kalo gini mah mngkn cacat produksi kali ya, sejauh ini si sy punya oke2 aja, paling ada rattle di bwh cup holder dpn dan bau gk enak kalo kcptan diatas 140 kmh
Om pake VRZ juga..?
Coba di cek om, kemaren VRZ milik pribadi seorang manager di Plaza Toyota pun awal saya tanya VRZ nya katanya baik2 saja..tapi ketika saya test..memang bagus dan tidak sama dengan VRZ saya..tapi..gejala tetap saya rasakan ketika berulang2 saya coba dan akhirnya timbul juga bunyi tuas nyangkut itu, (walaupun tidak begitu keras, spt VRZ saya pun demikian awalnya) pemilik nya pun mendengar dan menyaksikan langsung..termasuk para kabeng dan service opr.mgr nya yang duduk di samping saya, dia bilang nah mulai ada nih gejala itu.. lalu saya teat dg trik masuk N dulu, hasilnya gejala tidak ada alias normal lg.

Coba D jalan..lalu parkir mundur pake R, stelah itu langsung oper dari R ke P ..parkir... nah dari P geser tuas ke R, apakah nyangkut ? Menimbulkan bunyi keras di kolong mobil..?

Bandingkan dengan :

Coba D jalan..lalu parkir mundur pake R, stelah itu ke N dulu..diamkan beberapa detik lalu kemudian oper ke P parkir..nah dari P coba geser tuas ke R, ini pasti mulus..ga ada gejalan nyangkut apalagi menimbulkan bunyi keras di kolong mobil...

Selamat mencoba..

Salam Netral ..!!! :big_peace:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by F272 »

jivos wrote:Cb begini om....

1. Problem hentakan---> dg remap b'kurang
Tebakan sy ini dia akan ngentak lagi. Cb bw driving agak lama/bbrp jam/saat panas n mekanikal internal tranny mulai memuai/mengembang---hentakan akan muncul.
cmiiw.
Q to Kabeng : klo hentakan muncul lagi, terus sy hrs remap lagi?

2. Probem P -->R akan nyangkut jk pd saat mw ke P dr R tdk mampir k N.
Q to Kabeng : cb sebutkan logic reason knp hrs mampir ke N klo ngga mw nyangkut?

Semua matic yg pernah sy coba, tdk perlu demikian. Bisa langsung.

Asumsi sy: pd saat kita di P, pin lock (bentuk spt huruf L terbalik) ngunci wheeldriven gear. Pd saat mw keluar dr P, pin lock berbentuk L tsb aka di push ujung satunya o/"spring" agar bs unlock dr driven gear. Ada kemungkinan springnya flaws lemah. Hingga tdk full bs angkat ujung L yg msh tersangkut di gear.
Klo sering nyangkut begini, itu gigi2 gear bs aus kemakan.
Terimakasih om Jivos...
Saya juga sependapat banget dengan Om jivos
Okelah memang ada beberapa teman mengatakan, bahwa sebelum ke P memang harus ke N dulu..dan ini memang sudah jadi kebiasaan sebagian teman2 dalam mengoperasikan tuas persnelingnya selama ini, tapi tetap saja saya tidak faham kenapa VRZ ini demikian kasar menerima kebiasaan saya yg tidak ke N dulu sebelum ke P, sedang mobil2 matic lain nya kok biasa2 saja..termasuk sedan matic 7 speed yg 1 minggu saya pakai sebagai mobil pengganti kemaren jg halus2 saja menerima kebiasaan saya operasikan tuas persneling ke P tanpa mampir ke N.

Salam Netral !
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by nugroho bagor »

Kepalang basah om,maju terus,gak ada namannya lagi sial,pas apesnya,sukses Om
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by F272 »

nugroho bagor wrote:Kepalang basah om,maju terus,gak ada namannya lagi sial,pas apesnya,sukses Om
Siaaaapp Om Nugroho bagor... Trims atas support nya via media ini maupun via Japri wa.. tq om..




Coba mengenang VNT Tangguh
yg udah jalan2 jauh selama 3th - 60.000 km - 4 pulau

:big_smile] :big_smile] :big_smile]
undertaker2011
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Tue Nov 26, 2013 1:35

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by undertaker2011 »

Vnt 3 th cuman 60K, ngiterin 4 pulau juga? Itu 60 k total di vnt apa cuman buat road adventure- na om?
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by F272 »

undertaker2011 wrote:Vnt 3 th cuman 60K, ngiterin 4 pulau juga? Itu 60 k total di vnt apa cuman buat road adventure- na om?
Salam kenal om undertaker2011
Dipake harian juga om tapi jarak dekat, gantian pake OS jg
muter2 sekitaran Bogor aja antar jemput anak sekolah dll.
ngiterin 4 pulau itu hanya 6 bulan 1x = Sumatera, Jawa, Bali, Lombok sejak 2013 sampai 2016





video mungkin tidak dapat di stel via HP,
tapi via Komputer/Laptop dapat di tonton dg lancar

:big_comfort: :big_comfort:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by solar_kerosen »

armann wrote:wah kalo gini mah mngkn cacat produksi kali ya, sejauh ini si sy punya oke2 aja, paling ada rattle di bwh cup holder dpn dan bau gk enak kalo kcptan diatas 140 kmh
ini yg gak bener om , kalau emang cacat barang mending di buyback aja 500 juta booooo uang semua itu bukan daun kalau dibelikan beras dapat berapa karung gile lu ndro.... . mobilnya dibelikan buat pamer dan menjelajah kalau mogok mogok apa gak diketawain org :wkkk:

gue aja punya Taft spare part ori susah , bengkel umum gak mampu , ke beres dihancurkan pusing pusing gue buang ke jakarta wkwkwkwk :wkkk:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by ddyta27 »

jivos wrote:
2. Probem P -->R akan nyangkut jk pd saat mw ke P dr R tdk mampir k N.
Q to Kabeng : cb sebutkan logic reason knp hrs mampir ke N klo ngga mw nyangkut?

Asumsi sy: pd saat kita di P, pin lock (bentuk spt huruf L terbalik) ngunci wheeldriven gear. Pd saat mw keluar dr P, pin lock berbentuk L tsb aka di push ujung satunya o/"spring" agar bs unlock dr driven gear. Ada kemungkinan springnya flaws lemah. Hingga tdk full bs angkat ujung L yg msh tersangkut di gear.
Klo sering nyangkut begini, itu gigi2 gear bs aus kemakan.
sorry newbie ikut berbagi pengalaman masalah seperti point 2 diatas berdasarkan pemakaian sendiri

saya sering juga tuh ngalamin proses nyangkut pindah dari P ke R tanpa mampir dulu di N.. jadi kalo udah seperti itu saya paksa itu tongkat transmisi dari P ke R dan hasilnya 100% dapat dipastikan ada bunyi jeduk yang cukup keras..

hal ini sering terjadi ketika pindah dari D langsung ke P terutama saat posisi mobil tidak datar, parkir tanjakan atau turunan.. tapi kalo mampir dulu ke N dipastikan tidak akan nyangkut..

nah kalo posisi parkir datar, nyangkut ini kadang kadang aja, itu juga kalo pindah langsung D ke P.. berdasarkan pengalaman kalo mampir dulu ke N, 100% ga pernah nyangkut kecuali dari D ke N trus ke P, rem tangan ga dipake, trus saya dorong paksa itu mobil sampe ada bunyi seperti transmisi kekunci.. itu dipastikan bakal susah pindah P ke R dan pasti jeduk..

pengalaman unit a/t yang saya pakai :

suka nyangkut :
1. toyota corona st171
2. kia sportage 1st gen
3. peugeot 307 hatchback
4. hyundai tucson 1st gen

terkecuali
1. grand livina 1.5
2. all new swift
3. karimun wagon r ags ---> ga ada gigi P nya :D
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by mr_mytplx »

Maka, hal ini dianggap NORMAL oleh teknisi TAM (menurut kabeng).

Nah ini masalah. jadi musti tunggu Toyota perbaiki transmisinya baru klaim lg. setelah batch baru non jedug kluar musti klaim garansi 1x lagi.

jadi kebayang 5-10 taon lg di forum2 otomotif kl ada yg minta saran beli VRZ bekas nt di jawab jangan beli yg kluaran 2016 ada jedug transmisinya.

:big_biglaugh:
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by armann »

F 272 wrote:
armann wrote:wah kalo gini mah mngkn cacat produksi kali ya, sejauh ini si sy punya oke2 aja, paling ada rattle di bwh cup holder dpn dan bau gk enak kalo kcptan diatas 140 kmh
Om pake VRZ juga..?
Coba di cek om, kemaren VRZ milik pribadi seorang manager di Plaza Toyota pun awal saya tanya VRZ nya katanya baik2 saja..tapi ketika saya test..memang bagus dan tidak sama dengan VRZ saya..tapi..gejala tetap saya rasakan ketika berulang2 saya coba dan akhirnya timbul juga bunyi tuas nyangkut itu, (walaupun tidak begitu keras, spt VRZ saya pun demikian awalnya) pemilik nya pun mendengar dan menyaksikan langsung..termasuk para kabeng dan service opr.mgr nya yang duduk di samping saya, dia bilang nah mulai ada nih gejala itu.. lalu saya teat dg trik masuk N dulu, hasilnya gejala tidak ada alias normal lg.

Coba D jalan..lalu parkir mundur pake R, stelah itu langsung oper dari R ke P ..parkir... nah dari P geser tuas ke R, apakah nyangkut ? Menimbulkan bunyi keras di kolong mobil..?

Bandingkan dengan :

Coba D jalan..lalu parkir mundur pake R, stelah itu ke N dulu..diamkan beberapa detik lalu kemudian oper ke P parkir..nah dari P coba geser tuas ke R, ini pasti mulus..ga ada gejalan nyangkut apalagi menimbulkan bunyi keras di kolong mobil...

Selamat mencoba..

Salam Netral ..!!! :big_peace:
ok om akan sy coba wkwk pengen tau jg ada gejalanya atau gk, thanks for the info
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by armann »

solar_kerosen wrote:
armann wrote:wah kalo gini mah mngkn cacat produksi kali ya, sejauh ini si sy punya oke2 aja, paling ada rattle di bwh cup holder dpn dan bau gk enak kalo kcptan diatas 140 kmh
ini yg gak bener om , kalau emang cacat barang mending di buyback aja 500 juta booooo uang semua itu bukan daun kalau dibelikan beras dapat berapa karung gile lu ndro.... . mobilnya dibelikan buat pamer dan menjelajah kalau mogok mogok apa gak diketawain org :wkkk:

gue aja punya Taft spare part ori susah , bengkel umum gak mampu , ke beres dihancurkan pusing pusing gue buang ke jakarta wkwkwkwk :wkkk:
Hmmmm. kalo sy sih msh sesekali pake vrz nya utk keluar kota dan ke jalan offroad ringan di bogor. Mungkin org lain yg beli vrz sering gk ada keluhan soalnya dipake khusus utk mall to mall alias pemakaian ringan
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by F272 »

Bisa jadi begitu om..atau emang enga perhatiin bener2..
Lalu pas trasa pun dia anggap : ah biasa aja, masa mobil baru bisa rusak..? Ini kan mobil toyota, dan harga ga murah...mana mungkin rusak.. paling cuma sesuatu yg ga gitu penting aja...
Semoga sih engga ya.. om Arman offroad ringan ke Bogor nya ke sebelah mana ya..?
User avatar
bali_juventino
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 442
Joined: Wed Aug 01, 2012 6:33

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by bali_juventino »

bagi pengalaman saja.. nx200 klo dr D ke P langsung.. begitu dari P ke R pasti agak keras.
tp sebelum ke P ke N sekitar 1/2 detik trus br ke P,
begitu dr P ke R supeeer ringan.
di prado juga begitu. tp tdk ada bunyi besi beradu.
jadi skrng sudah terbiasa bawa ke N dulu. :mky_01:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by F272 »

bali_juventino wrote:bagi pengalaman saja.. nx200 klo dr D ke P langsung.. begitu dari P ke R pasti agak keras.
tp sebelum ke P ke N sekitar 1/2 detik trus br ke P,
begitu dr P ke R supeeer ringan.
di prado juga begitu. tp tdk ada bunyi besi beradu.
jadi skrng sudah terbiasa bawa ke N dulu. :mky_01:
Terimakasih info & bagi2 pengalaman nya.. Om bali_juventino
Selama ini saya kurang focus ke hal itu kalo pas test drive berbagai type mobil
Mulai saat ini spertinya saya akan lebih perhatian kepada si tuas trasmisi hehehe...
Besok2 saya cobain deh pas TD New Prado..or mobil lain nya..
dan saya percaya, kalopun tuas nyangkut or agak keras saat digeser, pasti engga ada bunyi keras besi/logam beradu
:big_bored: :big_bored: :big_dunno: :big_dunno:


VNT di Taman Nasional Gunung Halimun Salak
masuk dari Gunung Pongkor jam 9 pagi..
keluar di Parung kuda Sukabumi jam 3 sore :angel:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by Turboman »

kalo ane sih pas parkir yg ada penahan roda pasti selalu ke N dulu sampe roda gerak bebas baru ke P

kalp di tanjakan tarik rem tangan dulu, ke N, sampe gak gerak, baru ke P
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by F272 »

Turboman wrote:kalo ane sih pas parkir yg ada penahan roda pasti selalu ke N dulu sampe roda gerak bebas baru ke P

kalp di tanjakan tarik rem tangan dulu, ke N, sampe gak gerak, baru ke P
Nah...aman ini, cara om Turbo..
Kalo gitu..ayolah beli VRZ om..atau ANKI.. jangan ragu lg..
Hehehe saya udah kayak jadi sales T nih..xixixi

Tadi pagi sampe siang saya simulasi terus di Garasi dg tuas VRZ, memang sudah dapat dipastikan jika ke N dulu, tuas engga nyangkut...aman semua, sebaliknya jika tidak ke N ya tuas keras saat di geser..ketika di paksa, ada bonus nya : suara besi/logam berat beradu di kolong mobil.. omg...beda banget sama matic mobil2 lain..

:big_dunno: :big_childish: :big_think:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4385
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by ginting »

F 272 wrote:
Turboman wrote:kalo ane sih pas parkir yg ada penahan roda pasti selalu ke N dulu sampe roda gerak bebas baru ke P

kalp di tanjakan tarik rem tangan dulu, ke N, sampe gak gerak, baru ke P
Nah...aman ini, cara om Turbo..
Kalo gitu..ayolah beli VRZ om..atau ANKI.. jangan ragu lg..
Hehehe saya udah kayak jadi sales T nih..xixixi

Tadi pagi sampe siang saya simulasi terus di Garasi dg tuas VRZ, memang sudah dapat dipastikan jika ke N dulu, tuas engga nyangkut...aman semua, sebaliknya jika tidak ke N ya tuas keras saat di geser..ketika di paksa, ada bonus nya : suara besi/logam berat beradu di kolong mobil.. omg...beda banget sama matic mobil2 lain..

:big_dunno: :big_childish: :big_think:
ooh wahdi, kalau keluar dari P apakah sudah terasa berat sebelum sampai R atau N ?

Kalau di Ipah saya, kalau saya masukkan ke P, sebelum mobil relax di N, maka besok paginya, melepaskan dari P itu susah...mirip kayak melepas mobil manual yang gak direm tangan, tapi dimasukkan gigi 1.. untuk nahan beban mobil..

jadi seolah-olah,..parkirdi garasi saya yang miring sedikit ini, gaya gravitasi harus dilawan oleh rem tangaan, bukan oleh jepitan tranny di posisi P..
Kalau gravitasi dilawan oleh tranny P, pasti besok paginya njedug..