[Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sat Jan 23, 2016 9:10
[Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
selamat siang para pengguna dan penghuni serayamotor
ane bela2in bikin id soalnya mau sharing+tuker pikiran terkait rencana ane mengangkut vw golf tsi mk6 2011
berawal dari rencana keluarga ane yang mau gantiin mobil ane(fyi ane masih sma ya hehehe) dari nissan x-trail t31 2009 menuju mobil yang lebih nyaman+bagus(tapi wajib dibawah 200jt) . dan ane mengajukan pilihan vw golf tsi mk6 2011, setelah mencari2 unit secondnya dpt bbrp(pedagan dan user) unit. ada 1 unit yang secara harga cocok(tidak terlalu overpriced dan tidak terlalu murah) . vw golf ini berwarna abu2, tahunnya 2011, km 40.000an, mechatronicnya sudah diganti di vw pik(oleh ini pedagang) dan riwayat servicenya di vw pik katanya ada(tpi ane belom liat, maklum kan masih muter2). dia buka harga 190jt. secara exterior ane rasa masih apik(ada baret2 halus+butuh di poles aja), secara interior plafon masih baik, lampu2 indikator masih baik. intinya exterior+interior masih wajar lah(ga ancur2 amat). nah yang ane takutkan di bagian dsg2nya itu(ane tau kok itu bagian paling rawan), tapi kata sellernya kalo mecha sudah diganti bakalan aman.
lalu setelah itu ane memutuskan untuk td singkat, masukkan ke D dan gas terasa agak lemot, begitu ane injek lebih dalem eh kekencengan. apakah ini memang seperti itu? dan saat digunakan untuk stop and go agak ndut2an(beda ama xtrail cvt ane)
nah pertanyaan ane:
1. apakah vw golf yang ane incar dari pedagang ini pilihan yang cocok(terkait mecha yang sudah diganti) dan ada riwayat service di vw pik?
2. apakah golf ini dengan mecha yang sudah diganti, dsgnya sudah aman untuk dipake sehari2(rute ane ga macet kok) dan rencana ga mau modif dari sisi enjin(kalo velg mungkin yaa)
3. dengan harga 190 jt, rencana ane mau tawar lebih sadis(mungkin 150an) karna persiapan bener2 di sisi sana dan sini, apakah cukup masuk akal(misalna tidak masuk akal, tolong para temen2 sekalian kasih tau harga yang harusnya ane ajukan) ?dan rencan ane mau liat sekali lagi+scan di bengkel vw untuk melihat apakah ada yang rusak/error. dan apakah bisa skalian di bengkel vw untuk chek part apa saja yang sudah mau rusak( jadi bisa persiapan uangnya+dpt gambarannya)
so far yang bikin ane takut baru pertanyaan diatas, nanti kalo ada lagi ane tambahkan yaa
ane bela2in bikin id soalnya mau sharing+tuker pikiran terkait rencana ane mengangkut vw golf tsi mk6 2011
berawal dari rencana keluarga ane yang mau gantiin mobil ane(fyi ane masih sma ya hehehe) dari nissan x-trail t31 2009 menuju mobil yang lebih nyaman+bagus(tapi wajib dibawah 200jt) . dan ane mengajukan pilihan vw golf tsi mk6 2011, setelah mencari2 unit secondnya dpt bbrp(pedagan dan user) unit. ada 1 unit yang secara harga cocok(tidak terlalu overpriced dan tidak terlalu murah) . vw golf ini berwarna abu2, tahunnya 2011, km 40.000an, mechatronicnya sudah diganti di vw pik(oleh ini pedagang) dan riwayat servicenya di vw pik katanya ada(tpi ane belom liat, maklum kan masih muter2). dia buka harga 190jt. secara exterior ane rasa masih apik(ada baret2 halus+butuh di poles aja), secara interior plafon masih baik, lampu2 indikator masih baik. intinya exterior+interior masih wajar lah(ga ancur2 amat). nah yang ane takutkan di bagian dsg2nya itu(ane tau kok itu bagian paling rawan), tapi kata sellernya kalo mecha sudah diganti bakalan aman.
lalu setelah itu ane memutuskan untuk td singkat, masukkan ke D dan gas terasa agak lemot, begitu ane injek lebih dalem eh kekencengan. apakah ini memang seperti itu? dan saat digunakan untuk stop and go agak ndut2an(beda ama xtrail cvt ane)
nah pertanyaan ane:
1. apakah vw golf yang ane incar dari pedagang ini pilihan yang cocok(terkait mecha yang sudah diganti) dan ada riwayat service di vw pik?
2. apakah golf ini dengan mecha yang sudah diganti, dsgnya sudah aman untuk dipake sehari2(rute ane ga macet kok) dan rencana ga mau modif dari sisi enjin(kalo velg mungkin yaa)
3. dengan harga 190 jt, rencana ane mau tawar lebih sadis(mungkin 150an) karna persiapan bener2 di sisi sana dan sini, apakah cukup masuk akal(misalna tidak masuk akal, tolong para temen2 sekalian kasih tau harga yang harusnya ane ajukan) ?dan rencan ane mau liat sekali lagi+scan di bengkel vw untuk melihat apakah ada yang rusak/error. dan apakah bisa skalian di bengkel vw untuk chek part apa saja yang sudah mau rusak( jadi bisa persiapan uangnya+dpt gambarannya)
so far yang bikin ane takut baru pertanyaan diatas, nanti kalo ada lagi ane tambahkan yaa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
Bantu jawab ya oom.azerbaijan wrote:
nah pertanyaan ane:
1. apakah vw golf yang ane incar dari pedagang ini pilihan yang cocok(terkait mecha yang sudah diganti) dan ada riwayat service di vw pik?
2. apakah golf ini dengan mecha yang sudah diganti, dsgnya sudah aman untuk dipake sehari2(rute ane ga macet kok) dan rencana ga mau modif dari sisi enjin(kalo velg mungkin yaa)
3. dengan harga 190 jt, rencana ane mau tawar lebih sadis(mungkin 150an) karna persiapan bener2 di sisi sana dan sini, apakah cukup masuk akal(misalna tidak masuk akal, tolong para temen2 sekalian kasih tau harga yang harusnya ane ajukan) ?dan rencan ane mau liat sekali lagi+scan di bengkel vw untuk melihat apakah ada yang rusak/error. dan apakah bisa skalian di bengkel vw untuk chek part apa saja yang sudah mau rusak( jadi bisa persiapan uangnya+dpt gambarannya)
so far yang bikin ane takut baru pertanyaan diatas, nanti kalo ada lagi ane tambahkan yaa
1. Mecha udah diganti bagus. Tapi harus tetep siap2 bakal crap out sewaktu2. Jangan lupa juga crosscheck sama vw pik nya ini kapan udah diganti mecha nya. Baru apa udah bertaun2 yg lalu
2. DSG ini kalau saya kena macet yg agak merayap di tanjakan biasanya saya simpen di mode manual di gear 1. Karena dia biasanya start di 2, agak kebanyakan slipnya jdnya (bikin kopling panas). Hal ini jg menjelaskan kenapa pas digas awal agak lemot karena dia start di 2 dan beda sama matic kebanyakan, dia ga pake torque converter jd hrs tunggu clutch engage dulu. Memang tricky mobil ini pas macet kalo blm biasa, lagnya agak ganggu dan bisa bikin nyundul mobil depan kalo boostnya masuk. Udah agak dibenerin di Mk. VII kalau saya rasa rasa
3. Kalo om di bandung sih itu harga udah lumayan oke. Kayaknya dapet di 165-170 untuk yg km 40 ribuan udah lumayan bagus CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4385
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
oom TS dan oom Egibao,..emangnya DSG dan Mechatronic itu dua hal berbeda ya ? bukannya mechatronic itu bagian dari DSG tranny ??
maaf kalau salah persepsi...
btw, saya baca di forum luar "berapa lama suatu tranny DSG VW akan bertahan sebelum failure"....jawabnya more less 60 000 miles, if you are lucky...kalau bad luck, yaaah...dibawah itu...
mechatronic itu kena berapa sih kalau TSI ? emang mahal pisan, ya ?
maaf kalau salah persepsi...
btw, saya baca di forum luar "berapa lama suatu tranny DSG VW akan bertahan sebelum failure"....jawabnya more less 60 000 miles, if you are lucky...kalau bad luck, yaaah...dibawah itu...
mechatronic itu kena berapa sih kalau TSI ? emang mahal pisan, ya ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
Berarti walaupun dirawat baik2, tetep aja bakal failure ya itu DSG?ginting wrote:oom TS dan oom Egibao,..emangnya DSG dan Mechatronic itu dua hal berbeda ya ? bukannya mechatronic itu bagian dari DSG tranny ??
maaf kalau salah persepsi...
btw, saya baca di forum luar "berapa lama suatu tranny DSG VW akan bertahan sebelum failure"....jawabnya more less 60 000 miles, if you are lucky...kalau bad luck, yaaah...dibawah itu...
mechatronic itu kena berapa sih kalau TSI ? emang mahal pisan, ya ?
Apa semua matic akan seperti ini?
*ane blm pernah punya matic
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
Sharing dikit dlu pernah hunting jg...
Mechatronic selama udh diganti sih mestinya aman, cek aja garansi DSG nya masih brp lama (ktny sih garansi DSG lbh lama dari garansi mobilnya) dan smua mobil DSG pasti kalo macet ndut ndutan, dari fiesta, gti mk5, tsi Mk6&7 sampe lambo pun gitu....
Mechatronic selama udh diganti sih mestinya aman, cek aja garansi DSG nya masih brp lama (ktny sih garansi DSG lbh lama dari garansi mobilnya) dan smua mobil DSG pasti kalo macet ndut ndutan, dari fiesta, gti mk5, tsi Mk6&7 sampe lambo pun gitu....
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
golf mk6 emank crappy klo saya bilang krn masalah dsg nya itu ga sempurna krn dia dry clutch beda ama gti yg wet clutch yang aman buat di upgrade walaupun pasti lama klamaan jebol jg buat yg vw mk6 ini tp ga tau kapan tunggu aja
...mecha itu komponen dlm si dsg... biasa dsg ga diganti krn paling masalah di mecha aja...ada jg yg jebol dsg nya gara2 modif chip up ya yu name it de...balik lg mecha diganti ya krn masi dlm garansi pihak vw klo uda ga garansi yaaa wasalam seglondong kayanya 30 apa 40 jt klo sama dsg nya sekalian kayanya bisa 50an lebi temen saya sama sodara saya punya uda diganti semua...emank mblnya enak napak di jalan sensation jg beda apa jepangan dengan harga miring...tp sekali rusak hmmm
saya sih ga saranin beli mbl ini biar murah jg... betulin seharga mbl premium


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4385
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
Not asking about the reliability issues so often talked of, but more specifically whether (well when) DSG gearboxes typically wear down their friction plates and what the cost of a standard replacement is under these (non fault) conditions. Modern manual cluthes don't last like they used to since (I think this is the reason) they stopped using asbestos. Do DSG gearboxes share the same "lucky if you get to 100K" feature?
Really after the view of a technician who see's loads of these (or not!) to give a wider view.
I am thinking of a new A6, but if you want anything with more than the basic 4 pot, you have to have Multitronic or DSG. MT appears a no-no from the forums I have read, DSG a maybe, but I've not read anything about the standard life and standard costs of DSG friction plate repalcement. A manual (VAG) clutch is around £1000 these days (more through a VAG dealer), so if DSG's last upward of 90K and cost, say, £1500 for friction plate repalcement, it's not too bad (Even if a clutch really should be a £250 job like it used to be!!) I have test driven a Skoda Superb DSG (identical box of course) and it was in fact superb - the only auto gearbox I have ever driven to change gear when I would do so myself, only more smoothly. But the thought of costs down the line bother me - I always keep cars to at least 100,000 miles so long term costs are a major factor for me.
source :
http://www.pistonheads.com/gassing/topic.asp?t=979840
Really after the view of a technician who see's loads of these (or not!) to give a wider view.
I am thinking of a new A6, but if you want anything with more than the basic 4 pot, you have to have Multitronic or DSG. MT appears a no-no from the forums I have read, DSG a maybe, but I've not read anything about the standard life and standard costs of DSG friction plate repalcement. A manual (VAG) clutch is around £1000 these days (more through a VAG dealer), so if DSG's last upward of 90K and cost, say, £1500 for friction plate repalcement, it's not too bad (Even if a clutch really should be a £250 job like it used to be!!) I have test driven a Skoda Superb DSG (identical box of course) and it was in fact superb - the only auto gearbox I have ever driven to change gear when I would do so myself, only more smoothly. But the thought of costs down the line bother me - I always keep cars to at least 100,000 miles so long term costs are a major factor for me.
source :
http://www.pistonheads.com/gassing/topic.asp?t=979840
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4385
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Thu Jan 08, 2015 7:10
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
Sedikit ikut nimbrung soal DSG Golf. Saya sebelumnya pemakai Mk6 dan Mk6 GTI. Sekarang pakai MK7 TSI (di rumah) dan MK7 GTI (di tempat kerja).
Dulu pas pake Mk6 sempat ganti mecha juga, free 100%. Ganti sebenernya bukan krn ada masalah (waktu itu KM mobil mkn sktr 12000) tp karena dihubungi pihak VW buat ganti (semacam recall tidak resmi) kebetulan mekaniknya kenal baik dgn saya. Memang Mk6 kurang nyaman utk stop-n-go klo macet2 padat hrs hati2, solusinya pindahin ke mode manual. Tidak lama setelah itu mobil saya jual dan ganti dgn Mk6 GTI. Ternyata di GTI surprisingly lebih halus DSG-nya, dipake macet2 jg masih enak meskipun tetap di mode matic. Kemungkinan krn jenis DSG-nya yg berbeda (wet clutch).
Nah.. klo di Mk7 (baik TSI dan GTI) masalah ini sdh bener2 gak ada. Transmisi sangat responsif dan smooth. Mekanik kenalan saya juga bilang kalau di Mk7 durability transmisi nya jauh lebih baik dibandingkan Mk6. Kata dia sejak mulai dipasarkan 3th lalu belum ada yg komplain soal transmisi di Mk7. Menurut saya pribadi.. dr Mk6 ke Mk7 memang bener2 lompatan yg jauuuhhh sekali.. semua baru. Mulai dr chassis, engine sampai transmisi. Build quality juga jauh lebih baik.
Dulu pas pake Mk6 sempat ganti mecha juga, free 100%. Ganti sebenernya bukan krn ada masalah (waktu itu KM mobil mkn sktr 12000) tp karena dihubungi pihak VW buat ganti (semacam recall tidak resmi) kebetulan mekaniknya kenal baik dgn saya. Memang Mk6 kurang nyaman utk stop-n-go klo macet2 padat hrs hati2, solusinya pindahin ke mode manual. Tidak lama setelah itu mobil saya jual dan ganti dgn Mk6 GTI. Ternyata di GTI surprisingly lebih halus DSG-nya, dipake macet2 jg masih enak meskipun tetap di mode matic. Kemungkinan krn jenis DSG-nya yg berbeda (wet clutch).
Nah.. klo di Mk7 (baik TSI dan GTI) masalah ini sdh bener2 gak ada. Transmisi sangat responsif dan smooth. Mekanik kenalan saya juga bilang kalau di Mk7 durability transmisi nya jauh lebih baik dibandingkan Mk6. Kata dia sejak mulai dipasarkan 3th lalu belum ada yg komplain soal transmisi di Mk7. Menurut saya pribadi.. dr Mk6 ke Mk7 memang bener2 lompatan yg jauuuhhh sekali.. semua baru. Mulai dr chassis, engine sampai transmisi. Build quality juga jauh lebih baik.
Improvise, Adapt and Overcome!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4385
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
Ooom Swag7, mau tanya dong..
kalau Polo itu genetic dari DSGnya sudah mengadopsi Mk7 atau masih pake yang kolot (MK6) ??
Gimana reliabilitynya oom ?
kalau Polo itu genetic dari DSGnya sudah mengadopsi Mk7 atau masih pake yang kolot (MK6) ??
Gimana reliabilitynya oom ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
Menurut sales VW pada saat GIIAS untuk polo sudah tidak ada cacat DSG dari keluaran tahun 2014. Katanya sudah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Ini kata salesnya loh ya.ginting wrote:Ooom Swag7, mau tanya dong..
kalau Polo itu genetic dari DSGnya sudah mengadopsi Mk7 atau masih pake yang kolot (MK6) ??
Gimana reliabilitynya oom ?
Polo terbaru yg sy test di giias memang mantap sekali akselerasinya pas kick down, di jalur test drive ice yang terbatas pas kick down bisa dapat top speed 120km/h.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sat Jan 23, 2016 9:10
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
1. dia baru ganti di tahun 2016 ini kok(sebelom dijual) tapi emang sebelomnya mechanya masih aman, tapi dia ganti aja supaya pembeli barunya ga menderita terror mecha katanyaegibaio wrote:Bantu jawab ya oom.azerbaijan wrote:
nah pertanyaan ane:
1. apakah vw golf yang ane incar dari pedagang ini pilihan yang cocok(terkait mecha yang sudah diganti) dan ada riwayat service di vw pik?
2. apakah golf ini dengan mecha yang sudah diganti, dsgnya sudah aman untuk dipake sehari2(rute ane ga macet kok) dan rencana ga mau modif dari sisi enjin(kalo velg mungkin yaa)
3. dengan harga 190 jt, rencana ane mau tawar lebih sadis(mungkin 150an) karna persiapan bener2 di sisi sana dan sini, apakah cukup masuk akal(misalna tidak masuk akal, tolong para temen2 sekalian kasih tau harga yang harusnya ane ajukan) ?dan rencan ane mau liat sekali lagi+scan di bengkel vw untuk melihat apakah ada yang rusak/error. dan apakah bisa skalian di bengkel vw untuk chek part apa saja yang sudah mau rusak( jadi bisa persiapan uangnya+dpt gambarannya)
so far yang bikin ane takut baru pertanyaan diatas, nanti kalo ada lagi ane tambahkan yaa
1. Mecha udah diganti bagus. Tapi harus tetep siap2 bakal crap out sewaktu2. Jangan lupa juga crosscheck sama vw pik nya ini kapan udah diganti mecha nya. Baru apa udah bertaun2 yg lalu
2. DSG ini kalau saya kena macet yg agak merayap di tanjakan biasanya saya simpen di mode manual di gear 1. Karena dia biasanya start di 2, agak kebanyakan slipnya jdnya (bikin kopling panas). Hal ini jg menjelaskan kenapa pas digas awal agak lemot karena dia start di 2 dan beda sama matic kebanyakan, dia ga pake torque converter jd hrs tunggu clutch engage dulu. Memang tricky mobil ini pas macet kalo blm biasa, lagnya agak ganggu dan bisa bikin nyundul mobil depan kalo boostnya masuk. Udah agak dibenerin di Mk. VII kalau saya rasa rasa
3. Kalo om di bandung sih itu harga udah lumayan oke. Kayaknya dapet di 165-170 untuk yg km 40 ribuan udah lumayan bagus CMIIW
2. jadi kalo macet2 selalu taro di manual mode yaa... kalo jalan super lancar taro di D?
3. ane di jakarta om hehehe
dia baru aja gan ganti dsgnya di 2016 ini(persiapan sebelom dijual), kalo mechanya udh digantinya apakah pasti aman?? rute ane ga macet2 kok, dan paling ane make hanya 30rb-40rb km lagi. nanti mau ganti mk7 tsi secondnya(saat udh make 30rb)anrico17 wrote:Sharing dikit dlu pernah hunting jg...
Mechatronic selama udh diganti sih mestinya aman, cek aja garansi DSG nya masih brp lama (ktny sih garansi DSG lbh lama dari garansi mobilnya) dan smua mobil DSG pasti kalo macet ndut ndutan, dari fiesta, gti mk5, tsi Mk6&7 sampe lambo pun gitu....
tapi mobil yang se fun to drive ini ga ada lagi om... yakan?Shonen wrote:golf mk6 emank crappy klo saya bilang krn masalah dsg nya itu ga sempurna krn dia dry clutch beda ama gti yg wet clutch yang aman buat di upgrade walaupun pasti lama klamaan jebol jg buat yg vw mk6 ini tp ga tau kapan tunggu aja...mecha itu komponen dlm si dsg... biasa dsg ga diganti krn paling masalah di mecha aja...ada jg yg jebol dsg nya gara2 modif chip up ya yu name it de...balik lg mecha diganti ya krn masi dlm garansi pihak vw klo uda ga garansi yaaa wasalam seglondong kayanya 30 apa 40 jt klo sama dsg nya sekalian kayanya bisa 50an lebi temen saya sama sodara saya punya uda diganti semua...emank mblnya enak napak di jalan sensation jg beda apa jepangan dengan harga miring...tp sekali rusak hmmm
saya sih ga saranin beli mbl ini biar murah jg... betulin seharga mbl premium
ane ngincer bmw e90 tapi itu juga sama aja ya masalahnya(electrical , engine ,dsb?) apa mending bmw e90?
dan golfnya dia udh ganti mechanya(gatau ama dsgnya ato ngga) dan ane rencana pake 30rb-40rb km. rute tanpa macet2an, dan yang make hanya ane... jadi bisa ati2.... gamau chip up, hanya ganti estetika aja(lampu velg dsb)
buat ambil mk6 gti aja bujet masiih kurang om... apalagi mk7 tsi/gtinya malahanswag7 wrote:Sedikit ikut nimbrung soal DSG Golf. Saya sebelumnya pemakai Mk6 dan Mk6 GTI. Sekarang pakai MK7 TSI (di rumah) dan MK7 GTI (di tempat kerja).
Dulu pas pake Mk6 sempat ganti mecha juga, free 100%. Ganti sebenernya bukan krn ada masalah (waktu itu KM mobil mkn sktr 12000) tp karena dihubungi pihak VW buat ganti (semacam recall tidak resmi) kebetulan mekaniknya kenal baik dgn saya. Memang Mk6 kurang nyaman utk stop-n-go klo macet2 padat hrs hati2, solusinya pindahin ke mode manual. Tidak lama setelah itu mobil saya jual dan ganti dgn Mk6 GTI. Ternyata di GTI surprisingly lebih halus DSG-nya, dipake macet2 jg masih enak meskipun tetap di mode matic. Kemungkinan krn jenis DSG-nya yg berbeda (wet clutch).
Nah.. klo di Mk7 (baik TSI dan GTI) masalah ini sdh bener2 gak ada. Transmisi sangat responsif dan smooth. Mekanik kenalan saya juga bilang kalau di Mk7 durability transmisi nya jauh lebih baik dibandingkan Mk6. Kata dia sejak mulai dipasarkan 3th lalu belum ada yg komplain soal transmisi di Mk7. Menurut saya pribadi.. dr Mk6 ke Mk7 memang bener2 lompatan yg jauuuhhh sekali.. semua baru. Mulai dr chassis, engine sampai transmisi. Build quality juga jauh lebih baik.
tpi dulu om pas udh ganti mechanya apakah mechanya ga pernah rusak? dan pemakai setelahya apakah pernah ngasih tau om bahwa mechanya jebol/ngga?
rencana ane sih kalo misal mechanya udh diganti, ane anggap worry free ampe 30rb-40rb km setelahnya(setelah di upgrade), apakah asumsi ane bener om?
oiya nanti rencana juga mau scan ke bengkel vw buat scan clutchnya udh diganti ato belom(kalo belom, ane mau minta ganti+harga jual mobilnya turun jauh)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
1. Kalo memang bener begitu keadaannya boleh lah. Golf temen saya sih si gearbox berulah km 48rb, ya bisa dianggap setelah ganti mecha expect dapet sekitar 48 rb an km juga. Tapi itupun dengan catatan dia ada clutch judder di gear 2 dibiarin aja (ngga dianggap issue) kalo om orgnya agak sensitif kayak saya mungkin bakal terganggu dengan clutch judder begituazerbaijan wrote:
1. dia baru ganti di tahun 2016 ini kok(sebelom dijual) tapi emang sebelomnya mechanya masih aman, tapi dia ganti aja supaya pembeli barunya ga menderita terror mecha katanya
2. jadi kalo macet2 selalu taro di manual mode yaa... kalo jalan super lancar taro di D?
3. ane di jakarta om hehehe
2. Yess, terutama yg nanjak. Geser ke mode M masukin gear 1 aja.
Btw, saya baca om mempertimbangkan e90 juga. Saran saya avoid yg 4 silinder, itu mesin N46 ribet bener ngerawatnya.
Mecha itu nampaknya otaknya DSG deh om. Kalau saya lihat mecha tranny konvensional punya bmw E90 sih, mecha itu terdiri dr solenoid2 yg ngatur pindah gigi. Kalau yang punya DSG saya blm pernah lihat langsungginting wrote:oom TS dan oom Egibao,..emangnya DSG dan Mechatronic itu dua hal berbeda ya ? bukannya mechatronic itu bagian dari DSG tranny ??
maaf kalau salah persepsi...
btw, saya baca di forum luar "berapa lama suatu tranny DSG VW akan bertahan sebelum failure"....jawabnya more less 60 000 miles, if you are lucky...kalau bad luck, yaaah...dibawah itu...
mechatronic itu kena berapa sih kalau TSI ? emang mahal pisan, ya ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
1. Kalo memang bener begitu keadaannya boleh lah. Golf temen saya sih si gearbox berulah km 48rb, ya bisa dianggap setelah ganti mecha expect dapet sekitar 48 rb an km juga. Tapi itupun dengan catatan dia ada clutch judder di gear 2 dibiarin aja (ngga dianggap issue) kalo om orgnya agak sensitif kayak saya mungkin bakal terganggu dengan clutch judder begituazerbaijan wrote:
1. dia baru ganti di tahun 2016 ini kok(sebelom dijual) tapi emang sebelomnya mechanya masih aman, tapi dia ganti aja supaya pembeli barunya ga menderita terror mecha katanya
2. jadi kalo macet2 selalu taro di manual mode yaa... kalo jalan super lancar taro di D?
3. ane di jakarta om hehehe
2. Yess, terutama yg nanjak. Geser ke mode M masukin gear 1 aja.
Btw, saya baca om mempertimbangkan e90 juga. Saran saya avoid yg 4 silinder, itu mesin N46 ribet bener ngerawatnya.
Mecha itu nampaknya otaknya DSG deh om. Kalau saya lihat mecha tranny konvensional punya bmw E90 sih, mecha itu terdiri dr solenoid2 yg ngatur pindah gigi. Kalau yang punya DSG saya blm pernah lihat langsungginting wrote:oom TS dan oom Egibao,..emangnya DSG dan Mechatronic itu dua hal berbeda ya ? bukannya mechatronic itu bagian dari DSG tranny ??
maaf kalau salah persepsi...
btw, saya baca di forum luar "berapa lama suatu tranny DSG VW akan bertahan sebelum failure"....jawabnya more less 60 000 miles, if you are lucky...kalau bad luck, yaaah...dibawah itu...
mechatronic itu kena berapa sih kalau TSI ? emang mahal pisan, ya ?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sat Jan 23, 2016 9:10
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
itu pas 48rb km, apakah mobilnya full mogok? biasa tenaganya ilang yaa kalo udh mechanya mau rusak?egibaio wrote:1. Kalo memang bener begitu keadaannya boleh lah. Golf temen saya sih si gearbox berulah km 48rb, ya bisa dianggap setelah ganti mecha expect dapet sekitar 48 rb an km juga. Tapi itupun dengan catatan dia ada clutch judder di gear 2 dibiarin aja (ngga dianggap issue) kalo om orgnya agak sensitif kayak saya mungkin bakal terganggu dengan clutch judder begituazerbaijan wrote:
1. dia baru ganti di tahun 2016 ini kok(sebelom dijual) tapi emang sebelomnya mechanya masih aman, tapi dia ganti aja supaya pembeli barunya ga menderita terror mecha katanya
2. jadi kalo macet2 selalu taro di manual mode yaa... kalo jalan super lancar taro di D?
3. ane di jakarta om hehehe
2. Yess, terutama yg nanjak. Geser ke mode M masukin gear 1 aja.
Btw, saya baca om mempertimbangkan e90 juga. Saran saya avoid yg 4 silinder, itu mesin N46 ribet bener ngerawatnya.
Mecha itu nampaknya otaknya DSG deh om. Kalau saya lihat mecha tranny konvensional punya bmw E90 sih, mecha itu terdiri dr solenoid2 yg ngatur pindah gigi. Kalau yang punya DSG saya blm pernah lihat langsungginting wrote:oom TS dan oom Egibao,..emangnya DSG dan Mechatronic itu dua hal berbeda ya ? bukannya mechatronic itu bagian dari DSG tranny ??
maaf kalau salah persepsi...
btw, saya baca di forum luar "berapa lama suatu tranny DSG VW akan bertahan sebelum failure"....jawabnya more less 60 000 miles, if you are lucky...kalau bad luck, yaaah...dibawah itu...
mechatronic itu kena berapa sih kalau TSI ? emang mahal pisan, ya ?
btw ane bandingin e90 yang seharga 200jtan max ato vw golf tsi mk6 bisa dpt yang 6 silinder kah? ato hanya dpt yang 4 silinder(yang ngerawatnya naujubilah)
jadi bisa dianngap mecha rusak setelah 40rb km yaa. rencana ane emang cuma mau make 1 tahunan-2 thn max(rutenya hanya full kebayoran baru jakarta selatan, macam senayan gitu2)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4385
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
berarti di line-up vw itu :
wet clutch :
golf gti
touran
tiguan
touareg
polo gti
dry clutch :
golf tsi
polo tsi
benarkah begitu ?
wet clutch :
golf gti
touran
tiguan
touareg
polo gti
dry clutch :
golf tsi
polo tsi
benarkah begitu ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: [Ask] Rencana Angkut VW GOLF TSI MK6 2011
Yg 7spd at dry clutch semua mas ..DQ200 geabox
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.