garuda itu bukan bumn 100%. dia udah tbk, sebagian sahamnya milik swasta, malah hampir seperempatnya punya chairul tanjung.gobale wrote:eh iya.....ga ada yg protes itu Garuda Indonesia di baju burung liver ? xixixi.....termasuk besar loh itu sponsorshipnya...alesan karena dia buka rute ke UK ? silahkan diliat utilisasi pax nya![]()
negara cuman punya saham 60%.
selain milik ct, sisanya punya credit suisse dan masyarakat umum.
pangsa pasarnya juga ngga kayak pertamina yg nyaris monopoli di bisnis bbm dalam negri.
fluktuasi harga tiket garuda ngga bakalan bikin resah masyarakat karena pilihan airlines yg lain masih bejibun, beda dgn fluktuasi
harga bbm pertamina yg bisa bikin orang demo.
untuk domestik pangsa pasar garuda (26%) masih kalah oleh lion (35%) si raja delay.
jadi kalo garuda mau ambruk karena boros2an rakyat ngga akan terlalu peduli.
kalau ditanya apakah dgn pasang logo garuda di tim bola ada dampak positif?
menurut laporan rups 2016, pangsa pasar internasional 2015 naik jadi 27% dibanding 2014 yg 23%.
apakah itu karena pasang logo di kaos tim bola atau bukan ya ngga tau, tapi jelas setelah pasang logo di tim bola ada peningkatan sales.
jadi bener yg dibilang bung motormatic, kalau mau klaim 'untung' dgn jadi sponsor itu liat aja performance nya di laporan keuangan berikutnya. apakah ada korelasi positif antara pasang logo dgn kenaikan sales atau ngga. jangan blm apa2 udah klaim untung.
garuda kalah saing di penerbangan domestik karena tiketnya kemahalan (bandung-denpasar bisa 1,8 juta vs citilink/airasia/lion yg rata2 500-700 ribuan). ya wajar aja namanya juga full service airline.
tapi untuk penerbangan internasional garuda cukup bisa bersaing dlm hal harga tiket maupun service.
terus terang buat penerbangan internasional sekarang saya lebih nyaman pake garuda daripada yg lain (kalau rute dan etd nya cocok).
apalagi garuda udah gabung skyteam, untuk connecting flight beda negara bisa lebih gampang dan lebih murah.
kemarin ke sydney pp juga pake garuda, dapet tiket promo yg lebih murah daripada airasia di tanggal yg sama.
bayangin aja, full service carrier tiketnya bisa lebih murah daripada low cost carrier.
jadi ngga ada alesan sedikitpun buat saya komplain sama garuda, even though dia bayar mahal pasang logo di tim bola bule.