Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
Berhubung di SM ada trit ttg pesawat, jadi ane coba utk bikin trit sesuatu yg masih erat hubungannya dgn dunia otomotif
KENDARAAN TAMBANG / ALAT BERAT
Part 1
ARTICULATED TRUCK
sebetulnya Art Truck sudah exist sejak lama pisan, walau ada bbrp merek di pasaran, tapi spt nya si VOLVO merajai segment ini. CMIIW
Kalo ane lihat si Articulate ini Turning Circle nya relatif kecil dan kemampuan nanjak di sudut agak curam yg menjadi keunggulan dia dibanding truk2 dgn disain konvensional
ABS, VSC, HSA, Suspensi aktif, etc.
Nuwbie Ingin tahu juga apa sih Plus - Minus Art Truck VS truk konvensional
Silakan tambahkan bagi yg punya data / pengalaman dgn truk ini
Buatan CAT
Komatsu
juga ada buatan TEREX, Deere, dll.
KENDARAAN TAMBANG / ALAT BERAT
Part 1
ARTICULATED TRUCK
sebetulnya Art Truck sudah exist sejak lama pisan, walau ada bbrp merek di pasaran, tapi spt nya si VOLVO merajai segment ini. CMIIW
Kalo ane lihat si Articulate ini Turning Circle nya relatif kecil dan kemampuan nanjak di sudut agak curam yg menjadi keunggulan dia dibanding truk2 dgn disain konvensional
ABS, VSC, HSA, Suspensi aktif, etc.
Nuwbie Ingin tahu juga apa sih Plus - Minus Art Truck VS truk konvensional
Silakan tambahkan bagi yg punya data / pengalaman dgn truk ini
Buatan CAT
Komatsu
juga ada buatan TEREX, Deere, dll.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Sun Dec 13, 2015 14:40
Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
Dulu d lokasi gawe ane d kaltim ada ginian..cmn merek CAT...prtama liat lucu juga bentuknya..ini bisa nengak nengok kepalanya..hahaha..tinggi rodanya skitar 180 cm kali ya...d compare ama tinggi ane...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
Setahu piyiks ya Om, articulated ini lebih populer untuk underground mine, fungsinya seperti yg Om Turbo bilang, maneuverability. Karena di tunnel underground lebih sempit, min. 6 meteran.
Sweden lebih advance dlm hal underground equipment, Atlas Copco, Volvo, Sandvic, dll.
Untuk open pit mine kurang populer krn area maneuver lebih luas.
US, jepun, korea produk lebih populer.
Masalah utama articulated ini di sambungan joint nya, vibrasi, heavy load, elevasi jalan terlalu terjal.
Sehingga capacity tidak bisa banyak, sehingga production cost tinggi.
Untuk detail teknis nya, mohon maaf saya kurang faham.
Mungkin teman2 lain bisa koreksi saya...
Sweden lebih advance dlm hal underground equipment, Atlas Copco, Volvo, Sandvic, dll.
Untuk open pit mine kurang populer krn area maneuver lebih luas.
US, jepun, korea produk lebih populer.
Masalah utama articulated ini di sambungan joint nya, vibrasi, heavy load, elevasi jalan terlalu terjal.
Sehingga capacity tidak bisa banyak, sehingga production cost tinggi.
Untuk detail teknis nya, mohon maaf saya kurang faham.
Mungkin teman2 lain bisa koreksi saya...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Sun Dec 13, 2015 14:40
Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
Owh..d tempat ane artic lebih sering d pake buat overburden aja..mngkin bisa ngrayap d medan yg curam ora tanah lumpur..paidjho wrote:Setahu piyiks ya Om, articulated ini lebih populer untuk underground mine, fungsinya seperti yg Om Turbo bilang, maneuverability. Karena di tunnel underground lebih sempit, min. 6 meteran.
Sweden lebih advance dlm hal underground equipment, Atlas Copco, Volvo, Sandvic, dll.
Untuk open pit mine kurang populer krn area maneuver lebih luas.
US, jepun, korea produk lebih populer.
Masalah utama articulated ini di sambungan joint nya, vibrasi, heavy load, elevasi jalan terlalu terjal.
Sehingga capacity tidak bisa banyak, sehingga production cost tinggi.
Untuk detail teknis nya, mohon maaf saya kurang faham.
Mungkin teman2 lain bisa koreksi saya...
Iya prod cost tinggi..jd gk d pakai buat ngerit..kpasitasnya kyknya gk sbanyak dumptruk biasa..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Mon May 02, 2016 14:54
Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
Iya operation cost articulated dump truck (adt) kalau dibandingin rigid dump truck (rdt) lebih tinggi (cost per bcm-nya), terurama dari fuel consumption, repair n maintenance cost jg terhitung tinggi. Kelebihannya dy bisa dipakai di medan yg lebih berat spt gradien jalan lebih tinggi, jalanan licin atau jalanan yg kurang rata. Sepengamatan aku di tambang om aku sih adt biasa dipakai kalau baru buka lahan seperti misalnya pada waktu top soil removal. Oot sedikit, di kalimantan ada salah kaprah istilah buat adt, banyak org bilangnya articulid/volvo/hm, kalau hm mgkn karena produk komatsu kan serinya hmxxx. Begitu jg untuk rdt n excavator mostly disebut hd n pc, padahal bisa jd itu produk caterpillar, hitachi, atau lainnya. Yg sering bikin bingun klo bilang antara komatsu hd785 ama cat 785 cuman disebut 785, kan ukurannya beda. Btw denger2 pt ba ama newmont mau pake belaz tuh, electric n ukurannya raksasa.
Oh iya jangan2 ntar aku dikira cowok karena ngomongin beginian.
Oh iya jangan2 ntar aku dikira cowok karena ngomongin beginian.
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: RE: Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
Om yg bener, setelah lihat video ke 3, articulated travel suspension buat overburden.alicevamps wrote:Iya operation cost articulated dump truck (adt) kalau dibandingin rigid dump truck (rdt) lebih tinggi (cost per bcm-nya), terurama dari fuel consumption, repair n maintenance cost jg terhitung tinggi. Kelebihannya dy bisa dipakai di medan yg lebih berat spt gradien jalan lebih tinggi, jalanan licin atau jalanan yg kurang rata. Sepengamatan aku di tambang om aku sih adt biasa dipakai kalau baru buka lahan seperti misalnya pada waktu top soil removal. Oot sedikit, di kalimantan ada salah kaprah istilah buat adt, banyak org bilangnya articulid/volvo/hm, kalau hm mgkn karena produk komatsu kan serinya hmxxx. Begitu jg untuk rdt n excavator mostly disebut hd n pc, padahal bisa jd itu produk caterpillar, hitachi, atau lainnya. Yg sering bikin bingun klo bilang antara komatsu hd785 ama cat 785 cuman disebut 785, kan ukurannya beda. Btw denger2 pt ba ama newmont mau pake belaz tuh, electric n ukurannya raksasa.
Oh iya jangan2 ntar aku dikira cowok karena ngomongin beginian.
Tadi nya persepsi saya pivoting kepala truk nya....
My bad, saya gak focus...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
Hadeuhh... Salah quote pulak....
Maaf mbak sist...
Gpp, namanya tukar pikiran... Salut, lady tahu juga...
Maaf mbak sist...
Gpp, namanya tukar pikiran... Salut, lady tahu juga...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
Wiiiwwww mantap pisann ulasan dari rekan2 semua
Terima kasih mau sharing dan berbagi
nubie jadi lebih paham skg
yuk dilanjut
Terima kasih mau sharing dan berbagi
nubie jadi lebih paham skg
yuk dilanjut
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Sun Dec 13, 2015 14:40
Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
Udh banyak jua perempuan yg nyemplung d tambang..dlu ada bbrp engineering..d tmpt lain kaabarnya driver HD ada yg cwek..btw tambang om msih survive kah?sedih liat kondisi batu bara sekarangalicevamps wrote:Iya operation cost articulated dump truck (adt) kalau dibandingin rigid dump truck (rdt) lebih tinggi (cost per bcm-nya), terurama dari fuel consumption, repair n maintenance cost jg terhitung tinggi. Kelebihannya dy bisa dipakai di medan yg lebih berat spt gradien jalan lebih tinggi, jalanan licin atau jalanan yg kurang rata. Sepengamatan aku di tambang om aku sih adt biasa dipakai kalau baru buka lahan seperti misalnya pada waktu top soil removal. Oot sedikit, di kalimantan ada salah kaprah istilah buat adt, banyak org bilangnya articulid/volvo/hm, kalau hm mgkn karena produk komatsu kan serinya hmxxx. Begitu jg untuk rdt n excavator mostly disebut hd n pc, padahal bisa jd itu produk caterpillar, hitachi, atau lainnya. Yg sering bikin bingun klo bilang antara komatsu hd785 ama cat 785 cuman disebut 785, kan ukurannya beda. Btw denger2 pt ba ama newmont mau pake belaz tuh, electric n ukurannya raksasa.
Oh iya jangan2 ntar aku dikira cowok karena ngomongin beginian.

Sorry oot..btt...yg ane msih mikir itu artic klo belok bannya belok juga apa kepalanya yang nengok ya..hahaha..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
di PTFI pake ADT CAT, mantap juga, tanjakan heat road dilahap dengan mudah
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
kalo liat suspensi ADT nya Volvo, spt nya utk off road lebih nyaman naek ADT drpd Land Cruiser
apalagi UnFortuner alias Bosay
wwkwkkwkwkwk
apalagi UnFortuner alias Bosay
wwkwkkwkwkwk
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44
Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
kalo ADT belok kepalanya yang nengok omnekosaiyajin wrote:Udh banyak jua perempuan yg nyemplung d tambang..dlu ada bbrp engineering..d tmpt lain kaabarnya driver HD ada yg cwek..btw tambang om msih survive kah?sedih liat kondisi batu bara sekarangalicevamps wrote:Iya operation cost articulated dump truck (adt) kalau dibandingin rigid dump truck (rdt) lebih tinggi (cost per bcm-nya), terurama dari fuel consumption, repair n maintenance cost jg terhitung tinggi. Kelebihannya dy bisa dipakai di medan yg lebih berat spt gradien jalan lebih tinggi, jalanan licin atau jalanan yg kurang rata. Sepengamatan aku di tambang om aku sih adt biasa dipakai kalau baru buka lahan seperti misalnya pada waktu top soil removal. Oot sedikit, di kalimantan ada salah kaprah istilah buat adt, banyak org bilangnya articulid/volvo/hm, kalau hm mgkn karena produk komatsu kan serinya hmxxx. Begitu jg untuk rdt n excavator mostly disebut hd n pc, padahal bisa jd itu produk caterpillar, hitachi, atau lainnya. Yg sering bikin bingun klo bilang antara komatsu hd785 ama cat 785 cuman disebut 785, kan ukurannya beda. Btw denger2 pt ba ama newmont mau pake belaz tuh, electric n ukurannya raksasa.
Oh iya jangan2 ntar aku dikira cowok karena ngomongin beginian.![]()
Sorry oot..btt...yg ane msih mikir itu artic klo belok bannya belok juga apa kepalanya yang nengok ya..hahaha..
buat beloknya pake hydraulic cylinder, diiket antara frame depan dan belakang di kedua sisinya, kiri dan kanan
kalo mau belok kanan, silinder sebelah kanan memendek sedangkan yang kiri memanjang.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Mon May 02, 2016 14:54
Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
Selain bisa belok2 kepalanya, jg bs miring atau sedikit mengguling, jd di kontur jalan jelek jg lbh bisa diandalkan dibanding rigid dump truck. Bayangin aja aja kepalanya bisa miring kiri atau kanan dikit atau menggeleng ya, sementara vessel nya masuh tegak, susah dijelasin
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)
Hehe Kalo soal dump truck saya ga bisa komen, cm pengalaman pertama saya belajar nyetir pake Hino Ranger FF, ga tau itu yang 6700cc atau yang 10000-an. Yang jelas saat beban kosong dari keadaan diam aja pakai gigi 4 tidak masalah sama sekali. CM karena tabung kompresor buat rem udah bocor halus, jadi jika sudah berhenti diatas 30menit kalau mau jalan harus tunggu sekitar 5 menit supapa tekanan angin lebih dari 5 bar baru aman buat jalan. Oya pas jalan juga jangan sering2 ngerem biar angin ga tekor. Dan kalau sekadar iseng seh pernah numpang dump truck sejenis Hino kapasitas 20ton, habis itu naik RDT CAT kapasitas 40 ton yang kepalanya ditengah jadi agak aneh rasanya dalam kabin, dan tentu saja komatsu HD lupa seri berapa, tapi sama dengan CAT kapasitas 40ton. cm dari naik Dt Hino ke CAT itu ibarat naik avanza terus pindah ke Accord dan dari CAT pindah Komatsu pun ibarat dari Accord pindah ke E-klase. Suspensi nyaman, mesin dan perpindahan maticnya sangat halus.