Background :
Sebenarnya saya ga ada rencana membeli sebuah LCGC lagi setelah honda brio sotoy laku lebaran kemarin, penginnya sih SUV sekenan macam CRV RE dan sempat tertarik CX3 sampai saya bela belain ke GIIAS, sapa tau bisa SPK, ternyata ZONK sodara sodara..ditengah kegalauan, terbesit pikiran kenapa ga ambil calya aja ya...bisa untuk uber, jadi pikiran saya waktu itu daripada beli weekend car yang ending2nya jarang dipake karna males kuarin dari garasi, mending beli mobil yang bisa diobyekin..weekend car nambah utang cicilan, kalo calya bisa langsung lunas, dapet duit pula, paling jeleknya kalo ga jalan, saya pake sampe bosen, jual juga ga rugi2 amat harusnya (toyota ini)
Kenapa matic?
Pasti ada yang bertanya tanya kenapa kok ambil matic om? Kan lemot maticnya? Karena gini, aslinya mau ambil E M/T ABS, barang ready stock, ambil silver biar perawatan mudah..Ehh, di PHP ama TAM, mereka SALAH PRODUKSI sodara2, barang non ABS dilabel ABS. Akhirnya ada secercah harapan ada unit G a/t white..ya udah saya sikat (to be honest, saya paling ga bisa inden mobil lama2, suka ga sabaran mobilnya datang, hahahaha).
Udah ah curhatnya, langsung ke mobilnya aja yuk
EKSTERIOR
Mestinya sudah pada paham ya bentuk dari calya ini, secara fisik, saya lebih prefer tampilan saudaranya si sigra yang lebih elegan, cuma skema harganya yang terpaut sedikit membuat saya pilih toyota, walaupun saya juga tau yang bikin mobil ini ya Daihatsu, pengaruh brand emang ga bisa bohong sih, dan sekalian menuntaskan kesan PHP ke seorang oknum disini, test drive mulu, beli kagak..hahahaha
Tampang depan mirip agya, walaupun bagusan ini kalo saya bilang, tarikan body ga ada yang aneh2, di fender ada tempelan dual vvti, sebelum delivery saya suruh klontokin biar clean aja kesannya, spion cakep model yaris TRD, handle model tarik, integrated antenna bukan model tarik, lampu belakang ala ala ANKI walaupun saya prefer ga pake garnish aja biar kesan JDMnya muncul (kaya sigra type X)
Velg R14 dengan ban dunlop enasave, menurut saya kekecilan, bagusnya pake R15, tapi toh ini sudah alloy bukan velg kaleng R13, cukup lah ya.
Krom ga gitu over,di grill, di bumper depan bawah, garnish plat nomor. Untung putih, ga gitu kentara.



Lanjut ke interior yukk
Buka pintu anda akan disambut oleh jok model pocong yang kurang enak didudukin, tinggi anda lebih dari 165, kepala ga ketopang headrest, setir mati ga ada tilt, menjadikan posisi mengemudi agak aneh, tapiiii tuas transmisinya asyik euy, di dasbor, bukan kaya sienta yang malah dipindah ke bawah, tuas rem tangan unik, tapi enak lho dioperasikannya.
Model dasbor sih cakep, speedometer biasa aja, ada mid disana (R3 kw8 ga punya mid btw woakaka), tombol ac mudah dijangkau. Tidak ada komplain buat dasbor dkk, semoga versi FL ada tilt steeringnya ya.

AUDIO
Type G ini dikasih HU merk toyota, yang bisa blutut dan konek 2 hp, coba2 konekin blutut ke iphone, viola ga pake lama konek, ga kaya HU HRV 1.8 prestige yang begonya ga ketulungan (maaf ini fakta, no offense), suara biasa aja, walaupun calya G ini punya 4 speaker dan tweeter (lagi2 R3 kw8 ga punya, uhuk).
Oh ya, saya mainkan musik via JOOX, kuar judulnya loh di HU


Mesin dan kesan berkendara
Diatas kertas, mesin 1.2 dual vvti ini cukup menjanjikan, tapi seperti biasa transmisi maticnya bikin lemot, manualnya sih enak..hehehe..
Saya coba mau overtaking mobil di depan Galaxy Mall, kickdown, transmisinya anteng doank..wakakaka sudah diduga.
kesan berkendara kata istri saya dan adiknya kaya bawa avanza gen 1, cuma ini bantingannya lbh enak dan ga goyang (karna ada stabilizernya mungkin ya).
Ada yang aneh waktu istri saya nyetir cari parkir di basement mall, jadi waktu calya ini merayap pelan, dia ada bunyi ctek ctek ctek dari mesin, saya kira ac, saya utik2 ac nya tidak ada perubahan..semoga bukan apa2 walaupun agak annoying sih

PROS :
Fitur lengkap buat mobil seharga ini
- rear wiper
- Immobilizer (dapet 2 kunci, 1 pake alarm, 1 nggak)
- 7 seater asli
- Toyota toyota dan toyota
- Speed sensing door lock (surprise!, saya dan istri sampe heran, kok ya dikasih ginian ama toyota)
- Abs 4 channel (almost all type)
- All type velg racing R14
- Kualitas buatan ga jelek, modcing approve that
- Bagasi lumayan gede kalo jok ditekuk (modcing sempet main mayat2an di belakang pas liat unit)
- Blinker
- Buka tutup pintu elegan (karet balon double)
- Audio blutut konek 2 hape dan user friendly banget
- Irit (mid 1:12an)
Minus :
- no tilt steering
- Jok ga supportif
- Indennya lamaaaaaa
- Kalo matic boyooo
Kesimpulan
Beli mobil ini jika :
- anda butuh 7 seater dan dana terbatas
- Anda keluarga kecil yang butuh mobil pertama
- Anda tidak gengsi naik lcgc
- Anak mau kuliah, butuh mobil baru dan irit, bisa ajak temen2nya.
Jangan beli jika :
- masih ragu durabilitasnya (mobil baru ini, seumur jagung)
- Tinggi anda hampir 2 meter (bingung mau taro kepala dimana)
- Anda masih gengsi naik lcgc
- keluarga lebih dari 5 orang, gede2 semua
Sekian very first user review dari saya (maksudnya mobilnya baru datang tadi, masih kesan2 awal), besok mau dicoba full load, jadinya kaya gimana, dan menambahkan yang kurang kurang.
Nanti saya update lagi
Kalo ada yang mau menambahkan, mengoreksi, silahkann.