FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
om eF saat nya lepas bpkb tuh namanya....
bungkus ANPS.... atau nebus lg vnt nya om... atau lgs rubicon skalian om...
bungkus ANPS.... atau nebus lg vnt nya om... atau lgs rubicon skalian om...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
sementara tukar calya dulu om , ntar kalau udah keluar fortune baru beli lagi 

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
calsig juga produk baru....ntar jebol lagi....datsun aja lah.....solar_kerosen wrote:sementara tukar calya dulu om , ntar kalau udah keluar fortune baru beli lagi

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
udaaa... oomm.... ganti pajero.... biar tentrem atinye......
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- SM Specialist
- Posts: 16675
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Wkwkwkwk tergelitik sama postingan om wahdi yang ini.... Just info turunin transmisi Innova MT buat ganti kopling di bengkel kecil kami di kampus sampe pake tenaga 5 orang....Saat di Tes Jalan itu TL yang jadi Driver dan saya duduk di samping, sepanjang jalan di isi dengan berbagai ritme kecepatan dan komentar2 tentang kondisi VRZ F272, kesimpulan nya : OK, VRZ F272 sudah normal kembali... tidak ada gejala2 keluhan yg saya sudah sampaikan di atas. Saya pun kembali ke A2K Yasmin utnuk mengantar TL Pak Rona pulang, dan sempat saya minta diperlihatkan Transmisi Automatic yang sudah di copot dari VRZ saya, ketika saya lihat .... Wooow... Bentuknya besar, terbuat dari bahan logam berat..dan memang saat saya poegang dan coba angkat Beraaattt sekali.. saya perkirakan sekitar 80 sd 100 kilogram (mungkin) karena tidak berhasil saya angkat dengan 2 tangan saya, sempat saya foto beberapa kali untuk dokumentasi pribadi, karena ini adalah sebuah pengalaman baru bagi saya, pertama seumur hidup memegang benda ini.. tidak pernah terbayangkan mobil yg baru saya beli di bulan pertama sudah harusa ganti Transmisi..OMG


Masang lagi nya itu.... jauh lebih ribet

Dah om... solusinya memang kayaknya harus ganti yang 8-speed






1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Wkwkwk, bener dugaan sayaTurboman wrote:Matic ANKI dan ANF ini si AW R6B45 adalah type baru
sebetulnya AW punya matic 6 AT yg udah lama exis dan sudah TERBUKTI dan TERUJI........yaitu AW 760 (2006 Lexus GS / 2006 Tundra 4.7 V8 / Lexus GX 470)
saya jadi heran knp bukan AW 760 yg dipasang
atau mungkin R6B45 ini adalah "cheapo" version dr aw 760......spy lebih murah.......
beda dgn Ipah / Forti lama dimana pake AW 340 yg sgt legendaris.......

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
walah, maticnya aisin juga tho.,, kirain matic hasil RnD nya toyota cabang thailand makanya banyak yg error 


-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Tue Oct 30, 2012 7:09
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Saya dan keluarga termasuk yg terinspirasi road trip dari om F272, tahun ini masih sekitar pulau jawa saja dg Mazda CX5. Waktu bulan mei 2016 mau spk vrz tdk jadi karena indent, sales tdk bisa menjanjikan sebelum lebaran, rencana liburan lebaran ke Tanjung Lesung, Ujung Kulon dan Pulau Umang.
Jadinya spk anps, ready stock 8 hari dari spk, unit sudah siap di antar. Pemakaian selama ini hampir 4000 km puas dg anps, dan tdk ada keluhan. Jadi turut prihatin om 272 semoga lekas selesai dan ada solusi utk vrz nya.
Jadinya spk anps, ready stock 8 hari dari spk, unit sudah siap di antar. Pemakaian selama ini hampir 4000 km puas dg anps, dan tdk ada keluhan. Jadi turut prihatin om 272 semoga lekas selesai dan ada solusi utk vrz nya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
smoga ada tawaran wang balik utuh
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
inilah satu2nya DIY yg ga bsa ane kerjain sendiri.... ntuh gearbox berat bener dahh.... waktu si ipah ganti kopling jg ane coba angkat ga kuat... montir yg tangan nya super berotot aj tetep berdua buat ngangkat....ChZ wrote: Wkwkwkwk tergelitik sama postingan om wahdi yang ini.... Just info turunin transmisi Innova MT buat ganti kopling di bengkel kecil kami di kampus sampe pake tenaga 5 orang....dengan perlengkapan seadanya. 1 orang ngelepas baut-baut, 2 orang nahan transmisinya, 2 orang lagi nahan meja buat meletakkan girbok nya
![]()
Masang lagi nya itu.... jauh lebih ribet
Dah om... solusinya memang kayaknya harus ganti yang 8-speed![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
gearbox yg perna ane coba angkat sendiri paling cuman si lipina punya... berattt tp masi bsa ane angkat sendiri...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
sy dulu senang
punya vw 1303 n dua set engine+trx spares .... apa hrs bgitu lg jaman skrg?
unfortuner inikan dibikin di jaman susah
punya vw 1303 n dua set engine+trx spares .... apa hrs bgitu lg jaman skrg?
unfortuner inikan dibikin di jaman susah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Klo begini jadi mikir.. kadang2 kalimat pabrikan yg bikin ketawa: "mobil ini menggunakan mesin berkode X dan transmisi yg sama dgn generasi mobil sebelumnya, yang telah terbukti kehandalannya" ada benarnya jg 

Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Mungkin ini yg dipikirkan para pengguna Isuzu 4JA1L & Mitsubishi 4D56 NA ya...lemonadelovers wrote:Klo begini jadi mikir.. kadang2 kalimat pabrikan yg bikin ketawa: "mobil ini menggunakan mesin berkode X dan transmisi yg sama dgn generasi mobil sebelumnya, yang telah terbukti kehandalannya" ada benarnya jg
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Kalo pabrik mmg demen "experiment" gak ada urusan dgn harga mobilnya
mobil ekonomis spt Avanza so far oke2 aja, gak ada major problem berarti
kalo saya lihat di sini karena Toyota terlalu PeDe merasa Ipah dan Forti di atas angin
Hal yg akan membuat lebih baik bagi konsumen :
"Jika ada kompetitor kuat di kelas ANKI dan ANF, MPV dan SUV ladder frame modern"
Pasti si T gak akan berani experiment2 yg berakibat fatal
mobil ekonomis spt Avanza so far oke2 aja, gak ada major problem berarti
kalo saya lihat di sini karena Toyota terlalu PeDe merasa Ipah dan Forti di atas angin
Hal yg akan membuat lebih baik bagi konsumen :
"Jika ada kompetitor kuat di kelas ANKI dan ANF, MPV dan SUV ladder frame modern"
Pasti si T gak akan berani experiment2 yg berakibat fatal
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
ya kalo.ambil avanza ada f272 dan f273
atau f272 dan f272x
atau f272 dan f272x
-
- SM Specialist
- Posts: 16675
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Dan yang dipikirkan Toyota waktu bikin Yaris baru...coklatMetalik wrote:Mungkin ini yg dipikirkan para pengguna Isuzu 4JA1L & Mitsubishi 4D56 NA ya...lemonadelovers wrote:Klo begini jadi mikir.. kadang2 kalimat pabrikan yg bikin ketawa: "mobil ini menggunakan mesin berkode X dan transmisi yg sama dgn generasi mobil sebelumnya, yang telah terbukti kehandalannya" ada benarnya jg

Sekarang diikutin Suzuki dengan S-Cross

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Thu Jul 14, 2016 10:45
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
s cross mesin lama compresi bedaChZ wrote:Dan yang dipikirkan Toyota waktu bikin Yaris baru...coklatMetalik wrote:Mungkin ini yg dipikirkan para pengguna Isuzu 4JA1L & Mitsubishi 4D56 NA ya...lemonadelovers wrote:Klo begini jadi mikir.. kadang2 kalimat pabrikan yg bikin ketawa: "mobil ini menggunakan mesin berkode X dan transmisi yg sama dgn generasi mobil sebelumnya, yang telah terbukti kehandalannya" ada benarnya jg![]()
Sekarang diikutin Suzuki dengan S-Cross
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 720
- Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
klo diswap sama transmisi hilux 5 AT cocok ga yah...mbok ya kmren diantara 230 mobil yg diganti transmisi salah satunya dicobain....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Saya br inget. ANKI & ANF yg bensin jg mesinnya gk ganti kan ??ChZ wrote:Dan yang dipikirkan Toyota waktu bikin Yaris baru...coklatMetalik wrote:Mungkin ini yg dipikirkan para pengguna Isuzu 4JA1L & Mitsubishi 4D56 NA ya...lemonadelovers wrote:Klo begini jadi mikir.. kadang2 kalimat pabrikan yg bikin ketawa: "mobil ini menggunakan mesin berkode X dan transmisi yg sama dgn generasi mobil sebelumnya, yang telah terbukti kehandalannya" ada benarnya jg![]()
Sekarang diikutin Suzuki dengan S-Cross
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Halloooo...Selamat sore teman2 SMer ...
Saya segera update kelanjutan cerita VRZ F272
Sambil nunggu... bisa nonton & lihat2 dulu yg berikut ini....
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)


Saya segera update kelanjutan cerita VRZ F272
Sambil nunggu... bisa nonton & lihat2 dulu yg berikut ini....






![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)








Last edited by F272 on Sun Aug 28, 2016 11:15, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Errrr... Durable ? How about mux ?ginting wrote:Saya sebenarnya sudah ada pikiran untuk COP beli ANF tapi yang G saja supaya nomboknya tidak banyak.
Tapi dengan situasi kayak gini dan info oom Turbo bahwa ada 230 unit yg sdh bermasalah, saya jadi ragu-ragu dan wait and see...
Semoga batch berikutnya sudah klaarr dan tidak ada masalah lagi...
Saya yakin bahwa profil pembeli Toyota itu adalah yang durability oriented, gak masalah overpriced, tapi hati tenang. Tidak masalah juga disalib MItsu di jalan.
Tapi kalau unsur DURABILITY_nya hilang, lalu apa lagi alasan terkuat untuk beli merk itu ?
Saya termasuk yang anti mobil rewel. Kalau mogok saya akan tinggal.

Sepanjang ini saya kok blm denger mux defect , ga tau deh tp kalau ada masalah..

Tapi yaaaaa, ga canggih, ga nyaman, interior seadanya, mesin seadanya

Ditunggu kelanjutannya ya om wah..

2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Kyknya jarang ya di Indonesia ada yg mempunyai 3 hal ini sekaligus ;adityawei wrote:Errrr... Durable ? How about mux ?ginting wrote:Saya sebenarnya sudah ada pikiran untuk COP beli ANF tapi yang G saja supaya nomboknya tidak banyak.
Tapi dengan situasi kayak gini dan info oom Turbo bahwa ada 230 unit yg sdh bermasalah, saya jadi ragu-ragu dan wait and see...
Semoga batch berikutnya sudah klaarr dan tidak ada masalah lagi...
Saya yakin bahwa profil pembeli Toyota itu adalah yang durability oriented, gak masalah overpriced, tapi hati tenang. Tidak masalah juga disalib MItsu di jalan.
Tapi kalau unsur DURABILITY_nya hilang, lalu apa lagi alasan terkuat untuk beli merk itu ?
Saya termasuk yang anti mobil rewel. Kalau mogok saya akan tinggal.dan katanya mesinnya gampang ditune jg kan..
Sepanjang ini saya kok blm denger mux defect , ga tau deh tp kalau ada masalah..![]()
Tapi yaaaaa, ga canggih, ga nyaman, interior seadanya, mesin seadanya![]()
Ditunggu kelanjutannya ya om wah..
- Murah
- Awet, durable, badak, kuat diabuse, minum bahanbakar murahan
- Canggih, banyak gimmick modern, tidak "seadanya"
CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Saya akan coba lanjutkan cerita tentang VRZ F272..
Tidak terasa VRZ sudah memasuki usia 2 bulan di tangan saya & keluarga, terus terang kami sekeluarga suka dengan VRZ ini baik interior maupun Exterior, kepraktisan, dan kenyamanan nya boleh diacungi jempol.. semua sudah sesuai dengan kebutuhan kami sehari2, walaupun VRZ ini baru 1x diajak Road Trip jauh yaitu ke Palembang saat Mudik Lebaran 2016, lalu 2x Road Trip jarak pendek ke Jalur Puncak 2 & Ke Lembang via Cipali exit Subang... Rencana kami, VRZ ini akan kami gunakan untuk minimal 3 tahun ke depan dengan berbagai rute Road Trip yang cukup jauh, dengan Planning ke Banda Aceh nyebrang ke Sabang, lalu ke NTT lanjut Pulau Komodo, bahkan mau jelajah Trans Kalimantan & Trans Sulawesi.
Tapi kenyataan nya, Masalah tuas Transmisi nyangkut dari P ke R ini cukup membuat kami kurang nyaman, bahkan sedikit timbul kekhawatiran akan membahayakan kami diperjalanan, walaupun mungkin bisa dinilai ini terlalu berlebihan, tapi rasanya cukup wajar bagi konsumen seperti saya yg kurang faham tentang mesin mengkhawatirkan itu, ini menyangkut kami sekeluarga dan rasanya teman2 setuju bahwa tidak ada toleransi jika menyangkut soal keselamatan keluarga.
Kejadian Tuas Transmisi nyangkut dari P ke R ini saya alami secara acak, artinya tidak selalu terjadi tapi kadang2 timbul..kadang2 tidak ada.. tapi setiap timbul, saya upayakan untuk mendokumentasikan nya menggunakan camera HP untuk saya simpan dan akan saya putar jika diperlukan. tapi ada juga yang tidak saya rekam karena posisi tidak memungkinkan..spt saya sedang buru2 jadi saya tidak sempat lagi melakukan aktifitas merekam kejadian tuas Transmisi nyangkut dari P ke R tersebut.
Berkaitan dengan niat saya untuk melakukan Complaint ke Dealer penjual VRZ saya yaitu PLAZA Toyota Karanggan, sudah saya mulai dengan melakukan komunikasi dengan Sales yang handel saya yaitu Mas Dana.. saya utarakan semua kronologis, dan minta ketemu dengan Spv marketing, Kepala Bengkel, dan Kepala Cabang.. dan Mas Dana siap mengkomunikasikan kepada pimpinan2 nya tersebut.. Ok saya tunggu kabar dari Sales, jika OK saya akan segera meluncur... Rencana nya begitu.
Tapi rupanya Mas Dana juga sibuk dengan aktifitas jualan Toyota nya, begitu juga dengan saya... sampai akhirnya :
Complaint #3 di PLAZA TOYOTA Karanggan - Kab. Bogor
Rabu Pagi Tanggal 24 Agustus 2016 saat saya parkir di Seputaran Danau Sentul city sehabis olah raga pagi.. kembali terasa Tuas Transmisi nyangkut dari P ke R dan menimbulkan bunyi keras sekali di kolong mobil... bahkan sangat keras.. disitulah saya baru teringat kembali Sales yang akan menjanjikan saya untuk bertemu Pimpinan nya di Plaza Toyota Karanggan, saya pun langsung hubungi... dan jawaban nya OKE PAK, Silahkan ke Kantor...dan saya langsung masuk Tol Jagorawi dari Sentul selatan exit Citeureup otw menuju Plaza Toyota Karanggan..
Sampai di Plaza Toyota Karanggan, langsung bertemu Sales Mas Dana, Spv Pak Jimmy, dan Kepala Bengkel Pak Syafei... Penjelasan Kronologis langsung saya sampaikan... dilanjutkan dengan Test oleh Tekhnik Leader (TL) di hadapan Kabeng, Spv & Sales..
Pertama di lakukan di lantai Rata, Hasilnya = Tidak bunyi, alias Normal..
Kedua saya minta di lakukan di Lantai menurun, Hasilnya = Tidak bunyi, alias Normal..
Ketiga saya minta mesin di matikan dg Mobil masih di posisi lantai menurun, lalu hidupkan lagi Hasilnya = Bunyi dg suara Keras !!!
Setelah menyaksikan sendiri kejadian itu, saya lihat Kepala Bengkel Pak Syafei langsung menghubungi Plaza Tendean saat itu juga..
Saya & istri dipersilahkan masuk ke Lobby dan di tawarkan mau minum apa..? Terus terang untuk kesekian kali nya saya merasakan Pelayanan Ramah ...Standar Toyota, kemarin di Auto2000 Yasmin, dan sekarang di Plaza Toyota Karanggan.. Salute..!!!
Saya coba tanya ulang : Saya nunggu apa Pak..?
didapat jawaban : Sebentar lagi Pihak Plaza Toyota Tendean akan datang pak... Oke saya tunggu
dan tidak sampai 40 menit, benar datang 1 Avanza berisi 2 orang yaitu : Kepala Bengkel Pak Supriana & TL Mas Adit
Kembali saya jelaskan kronologis singkat nya.. lalu dilanjutkan test ulang..karena Kabeng & TL Plaza Tendean belum lihat test yg tadi..
Pertama dilakukan di lantai rata, Hasilnya = Langsung Bunyi dg suara Keras !!!
Jadi ini membuktikan bahwa timbulnya bunyi itu tidak tergantung dari kondidi lantai rata atu miring, dan bisa timbul kapan saja secara acak.
OKE, semua sudah lihat & saksikan...Maka saya langsung bilang : Ini mobil saya minta di tangani secara serius,
dan saya tidak mau urus mobil ini sendiri ke Plaza Tendean.. karena jarak rumah saya di Bogor dan Lokasi bengkel di Tendean itu lumayan jauh, jika saya antar sendiri... saya harus pulang dulu karena saya sudah tahu proses nya tidak akan sebentar... Complaint 1 & 2 itu saja makan waktu 2 sd 3 hari, mobil pasti menginap di Bengkel... jika saya pulang, saya tidak mau repot2 bawa mobil saya 1 lagi dari bogor hanya untuk pulang...atau saya juga tidak mau naik Taxi... Jadi lebih baik saya minta diantar pulang dulu dan Mobil silahkan di Bawa ke Plaza Toyota Tendean.. dan saat itu smeua menyatakan OKE SETUJU..!!!

Foto bersama 2 Kepala Bengkel, Tekhnik Leader & Sales Spv PLAZA TOYOTA
Saya merasa dapat Teman2 baru yang sangat bersahabat...
Maka VRZ langsung di supiri oleh TL Mas Adit dan duduk disamping nya Kabeng Pak Supriana, saya & istri duduk di belakang...Sebuah kejadian langka..karena saya sangat jarang sekali disupiri dan duduk di belakang... bahkan saya berani jamin tidak alami 1x dalam 1 tahun

Sebelum sampai di rumah saya, sempat putar2 ke Sentul city untuk isi Bahan bakar sekaligus merasakan gejala2 lain seperti mesin tersendat di kecepatan 20 - 30 km / jam ...karena saya juga merasakan kemarin2 saat macet2 di jalan raya... tapi saat test jalan bersama siang itu sama sekali tidak terasa menurut TL & Kabeng.. entah mungkin Driver belum hafal VRZ atau bagaimana, yang jelas saya sering merasakan gejala itu... Sampai di rumah saya langsung keluarkan beberapa barang2 yang ada di Kabin dan membuatkan Surat Tanda Terima kendaraan untuk di tanda tangani penerima VRZ, karena mereka memang tidak membawa Form TT tersebut. Tidak lama kemudia VRZ pun keluar dari Garasi saya otw menuju Plaza Toyota Tendean bersama Kepala Bengkel & TL sebagai Driver.

Jadi VRZ F272 mulai di tangani Bengkel Plaza Toyota Tendean mulai Rabu, 24 AGustus 2016




Dari tanggal 8 Agustus 2016, VRZ tetap saya pakai Rutinitas harian... dengan aktifitas yang cukup padat dimulai dari jam 06.00 pagi hari antar 2 Anak Cibul (kelinci gembul) berangkat ke sekolah yang berbeda lalu disambung dengan aktifitas saya pribadi seputaran Kota & Kabupaten Bogor, dan kembali jemput 2 Cibul di 2 sekolah yang berbeda.F 272 wrote: --cut--
Complaint Awal (saat Service 1.000 km di Plaza Toyota Tendean)
Penyampaian pertama soal keluhan :
1. Tuas Transmisi terasa "nyangkut" atau "tertahan" saat akan di geser dari P ke R, tapi dari R ke N ke D ke S dan sebaliknya itu lancar2 saja
2. Akselerasi perneling naik dari 1 ke 2,3,4,5,6 terjadi hentakan2 agak kasar begitupun Deakselerasi perneling turun dari 6 ke 5,4,3,2,1
-- cut --
Complaint #1 di AUTO2000 Yasmin Bogor
dilakukan Flushing oil matic + Bersihkan Strainer Matic
-- cut --
Complaint #2 di AUTO2000 Yasmin Bogor
VRZ Operasi Besar .. yaitu Pergantian 1 set Transmisi Automatic Assy
-- cut --
OK Mobil sudah Normal kembali.. saya sangat senang mengendarai nya...
![]()
![]()
![]()
![]()
Tapi ternyata... Kondisi Normal itu tidak berlangsung lama...![]()
![]()
Karena pada tanggal 8 Agustus 2016 kembali terjadi Keluhan no. 1 yaitu : Tuas Transmisi terasa "nyangkut" atau "tertahan" saat akan di geser dari P ke R, tapi dari R ke N ke D ke S dan sebaliknya itu lancar2 saja, kali ini disertai bunyi yang cukup menyeramkan di area kolong mobil dimana Transmisi bersemayam... ada bunyi keras berasal dari gesekan Logam / benda keras .. yang memang jika saya di dalam kabin dengan kondisi semua kaca tertutup tidak akan terlalu terdengar apalagi dengan adanya suara mesin Diesel... tapi jika kaca dibuka atau bahkan pintu dibuka, atau bagi orang2 yang sedang berada di luar kabin.. berdiri di samping VRZ ini akan terasa keras dan sangat jelas sekali bunyi denting gesekan logam nya.. Saya buatkan banyak video nya dengan tempat dan waktu berbeda karena memang kejadian nya semakin sering, dan video2 itu saya kirim ke TL & SA supaya terlihat & terdengar jelas oleh mereka, selain itu juga untuk jadi dokumentasi saya pribadi yang akan saya pergunakan jika dibutuhkan.
![]()
![]()
![]()
![]()
-- cut --
Tidak terasa VRZ sudah memasuki usia 2 bulan di tangan saya & keluarga, terus terang kami sekeluarga suka dengan VRZ ini baik interior maupun Exterior, kepraktisan, dan kenyamanan nya boleh diacungi jempol.. semua sudah sesuai dengan kebutuhan kami sehari2, walaupun VRZ ini baru 1x diajak Road Trip jauh yaitu ke Palembang saat Mudik Lebaran 2016, lalu 2x Road Trip jarak pendek ke Jalur Puncak 2 & Ke Lembang via Cipali exit Subang... Rencana kami, VRZ ini akan kami gunakan untuk minimal 3 tahun ke depan dengan berbagai rute Road Trip yang cukup jauh, dengan Planning ke Banda Aceh nyebrang ke Sabang, lalu ke NTT lanjut Pulau Komodo, bahkan mau jelajah Trans Kalimantan & Trans Sulawesi.
Tapi kenyataan nya, Masalah tuas Transmisi nyangkut dari P ke R ini cukup membuat kami kurang nyaman, bahkan sedikit timbul kekhawatiran akan membahayakan kami diperjalanan, walaupun mungkin bisa dinilai ini terlalu berlebihan, tapi rasanya cukup wajar bagi konsumen seperti saya yg kurang faham tentang mesin mengkhawatirkan itu, ini menyangkut kami sekeluarga dan rasanya teman2 setuju bahwa tidak ada toleransi jika menyangkut soal keselamatan keluarga.
Kejadian Tuas Transmisi nyangkut dari P ke R ini saya alami secara acak, artinya tidak selalu terjadi tapi kadang2 timbul..kadang2 tidak ada.. tapi setiap timbul, saya upayakan untuk mendokumentasikan nya menggunakan camera HP untuk saya simpan dan akan saya putar jika diperlukan. tapi ada juga yang tidak saya rekam karena posisi tidak memungkinkan..spt saya sedang buru2 jadi saya tidak sempat lagi melakukan aktifitas merekam kejadian tuas Transmisi nyangkut dari P ke R tersebut.
Berkaitan dengan niat saya untuk melakukan Complaint ke Dealer penjual VRZ saya yaitu PLAZA Toyota Karanggan, sudah saya mulai dengan melakukan komunikasi dengan Sales yang handel saya yaitu Mas Dana.. saya utarakan semua kronologis, dan minta ketemu dengan Spv marketing, Kepala Bengkel, dan Kepala Cabang.. dan Mas Dana siap mengkomunikasikan kepada pimpinan2 nya tersebut.. Ok saya tunggu kabar dari Sales, jika OK saya akan segera meluncur... Rencana nya begitu.
Tapi rupanya Mas Dana juga sibuk dengan aktifitas jualan Toyota nya, begitu juga dengan saya... sampai akhirnya :
Complaint #3 di PLAZA TOYOTA Karanggan - Kab. Bogor
Rabu Pagi Tanggal 24 Agustus 2016 saat saya parkir di Seputaran Danau Sentul city sehabis olah raga pagi.. kembali terasa Tuas Transmisi nyangkut dari P ke R dan menimbulkan bunyi keras sekali di kolong mobil... bahkan sangat keras.. disitulah saya baru teringat kembali Sales yang akan menjanjikan saya untuk bertemu Pimpinan nya di Plaza Toyota Karanggan, saya pun langsung hubungi... dan jawaban nya OKE PAK, Silahkan ke Kantor...dan saya langsung masuk Tol Jagorawi dari Sentul selatan exit Citeureup otw menuju Plaza Toyota Karanggan..
Sampai di Plaza Toyota Karanggan, langsung bertemu Sales Mas Dana, Spv Pak Jimmy, dan Kepala Bengkel Pak Syafei... Penjelasan Kronologis langsung saya sampaikan... dilanjutkan dengan Test oleh Tekhnik Leader (TL) di hadapan Kabeng, Spv & Sales..
Pertama di lakukan di lantai Rata, Hasilnya = Tidak bunyi, alias Normal..
Kedua saya minta di lakukan di Lantai menurun, Hasilnya = Tidak bunyi, alias Normal..
Ketiga saya minta mesin di matikan dg Mobil masih di posisi lantai menurun, lalu hidupkan lagi Hasilnya = Bunyi dg suara Keras !!!
Setelah menyaksikan sendiri kejadian itu, saya lihat Kepala Bengkel Pak Syafei langsung menghubungi Plaza Tendean saat itu juga..
Saya & istri dipersilahkan masuk ke Lobby dan di tawarkan mau minum apa..? Terus terang untuk kesekian kali nya saya merasakan Pelayanan Ramah ...Standar Toyota, kemarin di Auto2000 Yasmin, dan sekarang di Plaza Toyota Karanggan.. Salute..!!!
Saya coba tanya ulang : Saya nunggu apa Pak..?
didapat jawaban : Sebentar lagi Pihak Plaza Toyota Tendean akan datang pak... Oke saya tunggu
dan tidak sampai 40 menit, benar datang 1 Avanza berisi 2 orang yaitu : Kepala Bengkel Pak Supriana & TL Mas Adit
Kembali saya jelaskan kronologis singkat nya.. lalu dilanjutkan test ulang..karena Kabeng & TL Plaza Tendean belum lihat test yg tadi..
Pertama dilakukan di lantai rata, Hasilnya = Langsung Bunyi dg suara Keras !!!
Jadi ini membuktikan bahwa timbulnya bunyi itu tidak tergantung dari kondidi lantai rata atu miring, dan bisa timbul kapan saja secara acak.
OKE, semua sudah lihat & saksikan...Maka saya langsung bilang : Ini mobil saya minta di tangani secara serius,
dan saya tidak mau urus mobil ini sendiri ke Plaza Tendean.. karena jarak rumah saya di Bogor dan Lokasi bengkel di Tendean itu lumayan jauh, jika saya antar sendiri... saya harus pulang dulu karena saya sudah tahu proses nya tidak akan sebentar... Complaint 1 & 2 itu saja makan waktu 2 sd 3 hari, mobil pasti menginap di Bengkel... jika saya pulang, saya tidak mau repot2 bawa mobil saya 1 lagi dari bogor hanya untuk pulang...atau saya juga tidak mau naik Taxi... Jadi lebih baik saya minta diantar pulang dulu dan Mobil silahkan di Bawa ke Plaza Toyota Tendean.. dan saat itu smeua menyatakan OKE SETUJU..!!!

Foto bersama 2 Kepala Bengkel, Tekhnik Leader & Sales Spv PLAZA TOYOTA
Saya merasa dapat Teman2 baru yang sangat bersahabat...


Maka VRZ langsung di supiri oleh TL Mas Adit dan duduk disamping nya Kabeng Pak Supriana, saya & istri duduk di belakang...Sebuah kejadian langka..karena saya sangat jarang sekali disupiri dan duduk di belakang... bahkan saya berani jamin tidak alami 1x dalam 1 tahun



Sebelum sampai di rumah saya, sempat putar2 ke Sentul city untuk isi Bahan bakar sekaligus merasakan gejala2 lain seperti mesin tersendat di kecepatan 20 - 30 km / jam ...karena saya juga merasakan kemarin2 saat macet2 di jalan raya... tapi saat test jalan bersama siang itu sama sekali tidak terasa menurut TL & Kabeng.. entah mungkin Driver belum hafal VRZ atau bagaimana, yang jelas saya sering merasakan gejala itu... Sampai di rumah saya langsung keluarkan beberapa barang2 yang ada di Kabin dan membuatkan Surat Tanda Terima kendaraan untuk di tanda tangani penerima VRZ, karena mereka memang tidak membawa Form TT tersebut. Tidak lama kemudia VRZ pun keluar dari Garasi saya otw menuju Plaza Toyota Tendean bersama Kepala Bengkel & TL sebagai Driver.



Jadi VRZ F272 mulai di tangani Bengkel Plaza Toyota Tendean mulai Rabu, 24 AGustus 2016
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

Last edited by F272 on Sun Aug 28, 2016 14:26, edited 2 times in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 16675
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
well, sebenernya spek aslinya M15A ya yang ada di S-CROSS baru ini... Yang di SX4 lama itu de-tuned.ybyb wrote: s cross mesin lama compresi beda
Sama-sama 1TR dan 2TR tapi dual VVT.... cuma nambah extra VTC di Exhaust ajacoklatMetalik wrote:
Saya br inget. ANKI & ANF yg bensin jg mesinnya gk ganti kan ??

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
betul .... krn di indo tdk ada mobil yg murah tapi sy pernah bbrp x urusan dgn mobil seharga (black market) 100 gr hashish (as is where is)coklatMetalik wrote:
Kyknya jarang ya di Indonesia ada yg mempunyai 3 hal ini sekaligus ;
- Murah
- Awet, durable, badak, kuat diabuse, minum bahanbakar murahan
- Canggih, banyak gimmick modern, tidak "seadanya"
CMIIW
tapi kalo kondisi ready to hop in ya tambahin 10 gr xtra
n kasih 10 bungkus rokok camel / marlboro / lucky strike per org (atau cukup 1 celana levis) u kawal dgn truck di dpn n blakang sejauh 150-200 km
mobil jelek yg kuat n tdk rewel
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.