Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ini review awam pengguna ya . Sebelumnya punya New Picanto manual (2007), karena Bandung semakin macet maka ingin mencari matic di kelas mini car lagi. Soalnya rumah kecil, jalanan Bandung kecil, parkir kecil2 dst, males pindah ke mobil yang lebih besar. Saya nggak terlalu pusing dengan merk, interior dan eksterior. Mobil mayoritas digunakan dalam kota Bandung, non tol (sekitar 15km/hari) dengan isi 1-2 orang saja. Prioritas utama adalah rem karena picanto yang lama nggak akurat rem-nya dan sering buat ngeri sendiri, dan kemudian harga. Setelah cari-cari, akhirnya di bulan Juli 2016 pilih Brio Satya E-CVT karena yang paling murah (151jt) dengan tenaga+fitur lumayan (terutama ABS+EBD).
Waktu test drive menggunakan Brio RS CVT, selain interior dan eksterior RS ini hanya beda di setting suspensi yang lebih keras sedikit dibandingkan E-CVT. Menurut saya, Brio RS jelas kemahalan. Beres test drive, semua sudah sesuai ekspektasi, jadi langsung beli (yg satya E cvt tentunya) dan besoknya barang diantar. Karena jarang mencoba mobil lain saya bandingkannya dengan Picanto yang lama.
Positif:
Rem akurat
Tenaga dan akseerasi enak.
Suspensi empuk
Tdk terlalu ngebanting, dicoba ke Lembang sekitar jam 6 pagi nyaman sekali. Kalau dulu picanto walau dari tenaga nggak masalah tapi badan kelempar ke kiri - kanan.
Stir enteng, nggak berasa. Ada yang nggak suka mungkin, tapi kalau saya suka.
Kursi baris depan lebih lega daripada picanto lama. Dulu sikut kanan sering nabrak pintu, tangan kiri nabrak tangan penumpang hehe.
Lampu terang, ada foglamp, picanto dulu kurang terang sampai2 sering nggak yakin sudah menyalakan lampu atau tidak.
Irit, rute dalkot bandung nontol bisa dapat 11.5km/l, picanto dapetnya 9-10km/l. (Shell Super)
Enak kalau dibawa santai dalam kota (nggak agresif) bisa halus banget.
Negatif:
Kualitas dashboard, plastik lebih tipis dari picanto. Picanto saya dipake 9 tahun dashboard nggak bunyi, ini Brio baru satu bulan sudah ada bunyi halus
Saat mau akselerasi ada efek telat. Mungkin efek rubber band CVT? atau i-vtec? Meraung dulu mesinnya (kadang malu orang jadi minggir karena suaranya, maaf). Perlu ancang-ancang kalau nyalip.
Peredaman, tapi lebih berisik picanto lama saya sih jadi sudah biasa. Suara mesin, terutama saat idle lebih hening picanto.
Jok tipis, kalau anak saya duduk di belakang saya yg nyetir, kadang kalau bergerak lututnya langsung kerasa ke punggung (ugh). Untung cuma punya satu anak, suruh pindah ke sisi kiri.
Tdk ada footrest untuk kaki kiri, picanto manual aja ada
Pintu bagasi belakang harus dibuka dengan tuas atau kunci. Sudah beberapakali kunci ketinggalan nancep.
Warna interior terlalu terang, bakal gampang kotor, lebih repot dibersihkan.
IMHO, saya pribadi puas dengan mobil ini, sudah sesuai dengan hargalah.
Last edited by yudiwbs on Mon Aug 22, 2016 6:00, edited 3 times in total.
Nimbrung pengguna Brio A/T tahun 2013..
Mesin seharusnya lebih enak karena tenaga juga lebih besar sekitar 90HP, lebih besar dibanding versi milik saya (88HP).. Untuk peredaman sepertinya tidak berubah ya, karena memang berisik dari sononya (tidak ada peredam di firewall juga)
CVT? Rasanya bukan, saya pakai yang versi 5AT kickdown lambat dan tenaga kosong meraung baru mulai nafas catatan waktu ditumpangi satu orang saya menggunakan mobil ini untuk sekedar nyalip agak extra sabar...
Edited, untuk rem ini salah satu mobil yang agak ngeri saya tumpangi karena kalau ngerem seperti ada delay. Cek reservoir dll aman test punya teman juga sama... Good kalau saat ini sudah diperbaiki performa braking nya
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
NYoman wrote:Nimbrung pengguna Brio A/T tahun 2013..
Mesin seharusnya lebih enak karena tenaga juga lebih besar sekitar 90HP, lebih besar dibanding versi milik saya (88HP).. Untuk peredaman sepertinya tidak berubah ya, karena memang berisik dari sononya (tidak ada peredam di firewall juga)
CVT? Rasanya bukan, saya pakai yang versi 5AT kickdown lambat dan tenaga kosong meraung baru mulai nafas catatan waktu ditumpangi satu orang saya menggunakan mobil ini untuk sekedar nyalip agak extra sabar...
Edited, untuk rem ini salah satu mobil yang agak ngeri saya tumpangi karena kalau ngerem seperti ada delay. Cek reservoir dll aman test punya teman juga sama... Good kalau saat ini sudah diperbaiki performa braking nya
Berarti mesin vtec-nya ya. Kalau RPM-nya sudah tinggi enak banget tenaganya, tapi kayaknya dibuat irit di rpm rendah. Mengenai rem, saya tidak tahu apa delay atau tidak, yg penting konsisten sih. Dulu picanto saya, dengan tekanan yg sama kadang jadi ngerem parah sampai nyentak kadang malah ngeloyor nggak pakem, jadi nyetir perlu ekstra hati-hati (lebih capek).
NYoman wrote:Nimbrung pengguna Brio A/T tahun 2013..
Edited, untuk rem ini salah satu mobil yang agak ngeri saya tumpangi karena kalau ngerem seperti ada delay. Cek reservoir dll aman test punya teman juga sama... Good kalau saat ini sudah diperbaiki performa braking nya
Agreed, punya saya dulu Satya 2013 jg sama seperti itu rem nya.
Tp kl udah biasa sebenarnya no problemo jg sih. Selama jantung kuat kl rem mendadak awal2 kaya loss gitu rem nya
Dulu brio saya pake struntulan di JORR aman2 saja sih ga pernah ada insiden berarti (nyundul nabrak), padahal PP rumah-kantor-rumah gaya nyetir saya semi-agresif, faktor ga sabar lama2 di jalan
Ikut nimbrung user sotoy juga 13 manual
Impresinya malah enak dibuat sruntulan di kepadatan sby,mmg pas kick down harus meres tebu dulu barungacir,kayake mmg karakter mesinnya spt itu.ane malah avg 1:14 dalkot sby yg padat merayap
Versi 1.3 konon lebih irit dan enak bawaan nya walaupun yang AT nya sekalipun.. Cuma masalah kelengkapan aja sih yang seri lama..
Saya bawa surabaya-bali selalu dapat 1:13 plg irit 1:14.. Dalkot? Di ECO aja masih sering 1:10-1:11 an, Honda gak ada ceritanya irit sih dari dulu =P
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
1:14? Wah Bandung sulit untuk seirit itu. Bahkan salesnya juga bilang 1:10an. Mungkin karena banyak tanjakan juga (salah satu penyebab menggunakan matik, males macet di tanjakan) plus banyak perempatan. Kalau dipakai santai mungkin mentoknya di 12km/l. Tapi untuk matik termasuk irit menurut saya.
Last edited by yudiwbs on Mon Aug 22, 2016 20:13, edited 1 time in total.
adityawei wrote:FRD certified car yg nyangkut di rel KA
Ada yg bahas di forum lain, kapasitas maks Brio itu sekitar 450kg (orang+bagasi). Kalau seperti saya yg 90kg kali 5 orang memang sudah masuk batas kelebihan muatan. Belum lagi kalau mobilnya ada tambahan spt peredam, speaker dst.
Edit: penasaran lihat manual
Berat kosong: 910-935 (MT) 937-970 (CVT)
Berat maks yg diijinkan: 1345 (MT) 1365 (CVT)
Asumsi 35l bensin sekitar 25kg, kapasitas maks untuk MT sekitar 1345-(935+25) = 385kg dan untuk CVT: 370kg
Last edited by yudiwbs on Mon Aug 22, 2016 20:36, edited 1 time in total.
yudiwbs wrote:
Ada yg bahas di forum lain, kapasitas maks Brio itu sekitar 450kg (orang+bagasi). Kalau seperti saya yg 90kg kali 5 orang memang sudah masuk batas kelebihan muatan. Belum lagi kalau mobilnya ada tambahan spt peredam, speaker dst.
Edit: penasaran lihat manual
Berat kosong: 910-935 (MT) 937-970 (CVT)
Berat maks yg diijinkan: 1345 (MT) 1365 (CVT)
Asumsi 35l bensin sekitar 25kg, kapasitas maks untuk MT sekitar 1345-(935+25) = 385kg dan untuk CVT: 370kg
ah pantes.. FRD aja udah lebih dari separonya
mbah sat, mod chz, modcing mana ya
arissety wrote:
maksudnya, pernah ada yg nyangkut di rel ya?
karena ane lihat, itu kayaknya GC rendah bgt.
adaa.. orang sini juga kok
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
baru2 ini brio saya nyangkut di Rel KA yg berlobang ban depan kiri masuk lobang..... dengan kondisi 5 manusia (3 cowo 2 cewe) dan 2 dari 3 cowo tsb badannya gede semua (termasuk saya) akhirnya pada turun, dan saya pelan2 mundurin dikit, koreksi arah setir terus majuin lg mobilnya... meskipun bisa lepas dari rel KA tsb, tp bagian kolong mobil harus beradu dengan lintasan rel KA... suaranya "grrroookkkkk"
FRD wrote:baru2 ini brio saya nyangkut di Rel KA yg berlobang ban depan kiri masuk lobang..... dengan kondisi 5 manusia (3 cowo 2 cewe) dan 2 dari 3 cowo tsb badannya gede semua (termasuk saya) akhirnya pada turun, dan saya pelan2 mundurin dikit, koreksi arah setir terus majuin lg mobilnya... meskipun bisa lepas dari rel KA tsb, tp bagian kolong mobil harus beradu dengan lintasan rel KA... suaranya "grrroookkkkk"
ga lagi2 dah pergi rame2 ama temen bawa brio
Rid awak pakai mobil ini keluar masuk kapal ferry baik2 aja.. Nyangkut di rel juga kayaknya gak pernah, mungkin yu bawa ke rel paling ujung yang gak kena border makanya jeglong
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
FRD wrote:baru2 ini brio saya nyangkut di Rel KA yg berlobang ban depan kiri masuk lobang..... dengan kondisi 5 manusia (3 cowo 2 cewe) dan 2 dari 3 cowo tsb badannya gede semua (termasuk saya) akhirnya pada turun, dan saya pelan2 mundurin dikit, koreksi arah setir terus majuin lg mobilnya... meskipun bisa lepas dari rel KA tsb, tp bagian kolong mobil harus beradu dengan lintasan rel KA... suaranya "grrroookkkkk"
ga lagi2 dah pergi rame2 ama temen bawa brio
Rid awak pakai mobil ini keluar masuk kapal ferry baik2 aja.. Nyangkut di rel juga kayaknya gak pernah, mungkin yu bawa ke rel paling ujung yang gak kena border makanya jeglong
ane lewat pas tengah kok, bordernya tu gak rata ada yg lobang ada yg utuh.., nah pas ban depan kiri itu ada lobang dan ane ga liat, makanya nyangkut disitu... dan kondisi full load 5 orang
tapi rel nya skrg udah mulai diperbaikin lagi wkwkwkkw..
FRD wrote:baru2 ini brio saya nyangkut di Rel KA yg berlobang ban depan kiri masuk lobang..... dengan kondisi 5 manusia (3 cowo 2 cewe) dan 2 dari 3 cowo tsb badannya gede semua (termasuk saya) akhirnya pada turun, dan saya pelan2 mundurin dikit, koreksi arah setir terus majuin lg mobilnya... meskipun bisa lepas dari rel KA tsb, tp bagian kolong mobil harus beradu dengan lintasan rel KA... suaranya "grrroookkkkk"
ga lagi2 dah pergi rame2 ama temen bawa brio
Wah, bayanginnya pasti panik banget ya om. Wlpn mungkin kereta masih lama, bayanginnya pasti kereta udah mau lewat aja kayak di sinetron2 gitu.
Iya om, jangan rame2 lg.
Itu mobil sebenernya ane suka, compact sekali, buat nyelip2 enak. Mesin jg 4 silinder.
Tapi ya minusnya plastik dashboardnya sama GC nya. 2 hal yg susah untuk dibenerin atau dicustom sendiri, terutama plastik dashboard.
Ng... krn brio, lio, brv itu satu basic.... suspensinya lio/brv g bs pnp gitu di brio? Klo bs kan lmyn solutif wkwk.. (sepjg g hrs coak sanasini, ato bikin custom bracket...)
Teman-teman saya bingung nih. mau kredit mobil antara new ertiga GL dan new brio sataya E MT. saya sudah berkeluarga. jumlah anggota ada 4. yang 2 masih anak-anak. kira-kira mobil yang cocok brio atau ertiga ya. mengingat selisih harga tidak jauh. karena new ertiga ada diskon 21 juta. new brio satya di harga 142.450.000 sedangkan new ertiga GL 185.500.000. bikin bingung.... kl saya pingin new brio kayaknya lincah ittu mobil buat dikendarai. tapi kira-kira baris ke dua mencukupi tidak ya buat keluarga. mungkin ada saran teman-teman. Terimakasih.
ioneviva wrote:Teman-teman saya bingung nih. mau kredit mobil antara new ertiga GL dan new brio sataya E MT. saya sudah berkeluarga. jumlah anggota ada 4. yang 2 masih anak-anak. kira-kira mobil yang cocok brio atau ertiga ya. mengingat selisih harga tidak jauh. karena new ertiga ada diskon 21 juta. new brio satya di harga 142.450.000 sedangkan new ertiga GL 185.500.000. bikin bingung.... kl saya pingin new brio kayaknya lincah ittu mobil buat dikendarai. tapi kira-kira baris ke dua mencukupi tidak ya buat keluarga. mungkin ada saran teman-teman. Terimakasih.
Kalau udah keluarga mending ertiga aja om. Nyaman dan irit.
Pernah pake dulu ke puncak Ber 7 ok aja, karena memang dibawa santai aja gak niat ngebut (karena emang ga bisa ngebut)...