ceritanya ane penasaran dengan i20 baru ini karena ngeliat desainnya yang menarik. kebetulan ane di surabaya, baru aja nih hyundai surabaya launching ni produk.
oke langsung aja mungkin para member disini udah tau gimana spek dan modelnya new i20 ini

dari depan tampangnya cukup menjanjikan dibanding grand avega, ada DRL,fog lamp trus di headlamp atas ada semacam alis lampu led yang mirip tucson/santa fe tp ini gada lampunya alias kopongan cuma hiasan. mungkin yang mau tampil beda bisa diisi lampu led biar ada keliatan alisnya.
tampilan bemper depan lumayan kalem dan cukup sporty tapi ga "seagresif" yg lain. dari sini tampilan new i20 ini menurut ane bisa dimaksimalkan lagi dengan add on lid biar makin sporty. oiya kap mesin cukup tebal standar produk india. sayang ga sempet motret ruang mesin tapi yang jelas ruang mesin masih cukup buat nambah turbo



letak radiator agak kesebelah kiri ngumpet. trus ada frame kayak penahan benturan dari depan.
anehnya disini pihak hyundai ga lagi masok mesin diesel kayak i20 lawas, padahal itu nilai poin lebih hyundai buat ngadepin serangan samurai jepang

mesin yang dipake sekarang kappa 1.4 dual cvvt sama kayak grand avega
beralih ke samping kayak gini

spion masih belum ada sein tapi udah electronic retractable trus ada semi floating roof mirip yaris lele ato mobilio tapi punya i20 ini dari bahan plastik doff bukan gloss yang mirip kaca. gada sunroof kayak i20 lawas. ada lis body samping warna item yang menurut ane sih agak aneh juga dipasangi ginian. mending polosan aja. ban pake ring 15 195/55 (CMIIW). desain velg menurut ane lumayanlah dengan warna dominan itemnya.
nah yang bokongnya ini bikin ane suka

tampilan rearlamp mirip ama golf MK7. udah ada spoiler dan led stoplamp. sensor parkir ada 3 tapi belum ada kamera parkir (yang kata salesnya kamera ini bisa jadi bonus)
beralih ke interior

tampilan interior menurut ane cukup moderat, ga terlalu banyak gimmick tombol2. bahan dashboard dari hard plastic yang menurut ane cukup bagus meski bukan yang terbaik, gada soft panel disini. pemasangan cukup rapi dan kuat. setir udah ada pelapis kulit. kisi2 AC tengah agak tinggi. AC udah auto climate. monitor 8" udah terintegrasi dengan gps (entah add on gps ato emang bener2 include, soalnya ane belum coba) kualitas audio juga lumayan sperti standar HB sejenis pada umumnya.
setir udah penuh dengan tombol2. desain cluster meter cukup simpel dan jelas. dan setirnya udah bisa angguk2 ama tarik ulur alias tilt & telescop. jok ada pengatur ketinggian meski secara manual. airbag standar sepasang didepan. tuas presneling cukup pas penempatannya. oiya nih mobil gada paddle shift. jadi sensasi mindahin gear triptonik masih berasa manual dengan mindahin tuas naik turun. oiya pandangan kaca depan menurut ane cukup luas ga terhalang pilar A. jok cukup baik menopang tubuh dan bisa digeser maju mundur cukup panjang buat kelegaan ruang kaki. kualitas bahan pembungkus cukup halus
kabin belakang cukup lega buat ane yg tinggi diatas 175 dengan ruang kaki cukup menghujam kebawah. tapi headrest ga bisa dinaik turunkan. udah ada ventilator AC buat penumpang belakang (well ini cukup melegakan biar dingin yang dibelakang). bagasi juga menurut ane cukup lega meski ga selega jazz tp jauh lebih luas daripada mazda2 / swift. dan kursi bisa dilipat meski ga rata lantai tp bisa memberi luang lebih untuk bagasi.
nah cukup sekian impresi statisnya saatnya mulai mencoba di jalanan. sensasi pertama mesin dinyalakan adalah ruang kabin masih terasa tenang, minim getaran. oiya nih mobil gada start/off button. ketika mulai jalan masuk ke D, sensasi awal setir terasa amat ringan. responsif mesin di jambakan awal cukup lah buat matik 4 speed. ga terlalu lemot tapi ga menjambak sensasinya tapi cukup untuk sdikit menghempas tubuh ke jok.
bantingan suspensi cukup lembut mampu meredam jalanan tambal sulam. beralih ke mode manual cukup geser tuas kekanan, voila mobil berasa nariknya. transmisi meski 4speed tapi cukup pintar dan minim lag menurut saya.
ketika lewat jalan agak bergelombang mulai tuh masuk suara berisik ban masuk ruang kabin. mungkin pake ban achiles ya tapi entahlah kok suara gemuruh cukup terasa di kabin berpadu dengan suara audio.
karena terbatasnya area testdrive ane ga bisa cobain handling ni mobil secara maksimal jadi gejala limbung dsb belum terdeteksi.
pengereman juga cukup baik, meski yang belakang masih pake teromol tapi ABS+EBD udah cukup mampu meredam kecepatan ni mobil.
so far ni mobil menurut penilaian ane cukup lah bagi pengganggu kompetitor yang ada. kenapa ane bilang cukup, karena dengan harga 260jt MT 6 speed dan 276jt AT 4 speed (OTR Surabaya) mobil ini dikatakan value for money juga masih belum. dibanding mazda2 yang penuh fitur harganya juga nempel ketat, belum lagi tawaran HB eropa macam VW polo dengan sensasi mesin TSI dan DSGnya yang harganya dikisaran 260jt terlebih melawan dominasi jazzset ato yaris lele. ditambah promo/diskon yang cukup terbatas rasanya sedikit jadi pengganggu di segmen small HB udah cukup buat new i20 ini .
harusnya pihak hyundai bisa memberika poin pembeda seperti i20 lawas dengan mesin diesel ato sunroof dan fitur keselamatan yang lebih lengkap niscaya ini mobil ga cuma jadi pengganggu tapi bisa jadi kuda hitam. soal desain exterior yang menurut ane cukup fresh dan modern dibanding grand avega menurut ane belum cukup kuat juga terlebih fitur yang ditawarkan ga jauh beda dengan kompetitor.
pros :
+ desain fresh, modern
+ kualitas interior cukup baik
+ ruang kabin cukup lega
+ fitur multimedia lengkap
+ manual 6 speed
+ mesin 1.4 dual cvvt (mestinya bisa irit BBM)
cons :
- lampu depan belum projie
- rem belakang teromol
- matik 4 speed (kompetitor udah main 6 speed)
- setir cukup ringan
- gimmick kurang (bila dibandingan mazda2)
- versi mesin diesel gada
sekian review dari ane, kurang dan lebihnya ane mohon maaf secara ane masih awam soal otomotif. mohon rekan2 lain bisa memberikan tambahan ato koreksi atas review ane. thanks
