Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by ween »

luginar wrote:
nflfrs705 wrote:Muncul juga tuh orang. Kemana aja?

Lebih prefer ke G CVT sebetulnya (kalau malas ngopling) tapi kalau mobil sebelumnya manual, ambil V 6MT jg ga masalah. Yg penting disesuaikan sama kebutuhan, apakah PSD cukup kiri saja atau perlu kiri kanan, apakah AC manual dirasa cukup atau kurang, dsb.

Saya sendiri, klo dihadapkan pilihan spt itu prefer ke 6MT
luginar wrote:Kalau saya tidak akan pilih sienta. Mobil yg tidak lbh baik dr pada freed dlm segala aspek.
Udah ada media yang bilang freed baru tidak akan dimasukkan ke NKRI lho, what do you expect from current gen Freed against Sienta?


Freed yg sekarang saja yg sudah keluar lama bisa menang telak terhadap sienta. Bentuk jelas lbh berkelas dan mewah freed, interior berkualitas, build quality bagus, kekedapan bagus sangat praktis bahkan alphard caravelle saja kalah praktis dr freed apalg cuma sienta.

Tenaga juga jelas menang telak freed apalg freed model baru. Sienta lemot abis. Itu dicipularang bisa mundur sienta walau cm sndiri apalg rame2. Beda dg freed yg akselerasi nya kuat walaupun muatan penuh.
Bbm jd hemat freed. Teknologi dual vvti sienta itu teknologi jadul lemot bin boros bbm.

Safety jg menang freed. Freed ada gcon sedangkan sienta blm.
Kalau saya, daripada freed mendingan datsun go+......built quality lbh bgs, kekedapan luar biasa, bahkan lebih kedap drpd odyssey, teknologi terkini 3 silinder yg lebih bertenaga, turunan langsung dr nissan gtr, handling mantab, lewat cipularang bisa 160kpj dengan mudah (gelinding turun), muatan bisa masuk lebih banyak, interior sangat nyaman, apalagi kepraktisannya.....
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by sandal »

Hallo lugintod, sudah lama ga nyepam yah? :mky_03:

Btt
Kalo ane go for V Manual, atau budget nambah ke V CVT.
Tinggal nyesuain kebutuhan dan apakah suka ngopling apa engga :mky_01:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by arfs »

Kalau om etisme sudah terbiasa manual yah ambil tipe V manual gpp. Toh sudah 6 speed kan manual nya sienta. :big_love:
Tapi kalau sudah muak dengan macet nya Jabodetabek ambil yg G cvt aja, toh ada tiptronic juga kalau mau ngebut.

BTW calon thread rame nih. Ada staff nya jonpiss, si lugintod nge spam/junk... :ngacir:
ween wrote: Kalau saya, daripada freed mendingan datsun go+......built quality lbh bgs, kekedapan luar biasa, bahkan lebih kedap drpd odyssey, teknologi terkini 3 silinder yg lebih bertenaga, turunan langsung dr nissan gtr, handling mantab, lewat cipularang bisa 160kpj dengan mudah (gelinding turun), muatan bisa masuk lebih banyak, interior sangat nyaman, apalagi kepraktisannya.....
Ok, Kalau gitu saya pilih Toyota-Astra Cayla, built quality jauh lbh bagus, kekedapan jauh luar biasa, bahkan lebih kedap drpd Alphard atau Lexus LS, teknologi 4 silinder yg bertenaga, turunan lansung dr Lexus LFA, handling super mantab, lewat cipularang bisa 180 kpj sampe mesin sudah meraung-raung (diturunan), muatan terutama baris 3 lebih baik, interior semuanya soft touch sangat nyaman, kepraktisan ala Dyna... :big_slap:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
pendoli
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1316
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by pendoli »

mmm nganu, kalo concernnya budget mentok di 260, setelah diskon kan V CVT pun masi dibawah itu :big_childish:

kemarin di plaza toyota tendean dikasi pricelist ada split TDP 23jt, pas ditanya katanya itu ditanggung sama leasing n dealer... jadi efektifnya diskon 23jt... jadi 252jt deh. sedangkan kalau cash diskon 10jt... dari 275 jadi 265jt masi deket juga :mky_01:
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by andyez86 »

Nahhh...itu masukan dari temen2...cb nego diskon nya juga..siapa tau dapet..hehe
nflfrs705
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Wed May 06, 2015 6:32

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by nflfrs705 »

luginar wrote: Freed yg sekarang saja yg sudah keluar lama bisa menang telak terhadap sienta. Bentuk jelas lbh berkelas dan mewah freed, interior berkualitas, build quality bagus, kekedapan bagus sangat praktis bahkan alphard caravelle saja kalah praktis dr freed apalg cuma sienta.

Tenaga juga jelas menang telak freed apalg freed model baru. Sienta lemot abis. Itu dicipularang bisa mundur sienta walau cm sndiri apalg rame2. Beda dg freed yg akselerasi nya kuat walaupun muatan penuh.
Bbm jd hemat freed. Teknologi dual vvti sienta itu teknologi jadul lemot bin boros bbm.

Safety jg menang freed. Freed ada gcon sedangkan sienta blm.
Take note: build quality bagus oke saya akui, bahan interior 11 12, mewah boleh dibilang freed ada lebihnya (krn captain seats sdngkn sienta bench), kepraktisan? No. Alphard & Caravelle bukan tandingannya freed, sorry.

Tenaga menang oke lah, freed 118 hp vs sienta 109 hp, tapi logika mundur di tanjakan? Hahaha ini diluar akal sehat bos, mbah saya ada carry 1000 cc yang cuma 63 hp masih bisa nanjak di cipularang dlm kondisi full load. Soal bbm irit mana blm tahu, tapi pengalaman saya yang pernah pake freed punya ponakan saya, freed boros. Dan honda ga punya dual i-VTEC toh?

G-Con body emangnya seberapa perannya melindungi penumpang kalo ada tabrakan? Avanza yg punya judul GOA body (11 12 sama G-Con) kalo tabrakan sama aja hancurnya koq. Take note juga bhw sienta ada traction control, stability control, hill assist. Apa freed punya?

Once more, apa freed ada opsi M/T?
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by ibar78 »

sebenarnya om mau beli seinta kan...sesuain ma anggarannya apa n dapet apa......pgn lebih nyaman lagi om beli sienta trus pake supir---nah cari supir yg muda dan sehat....dijamin om tinggal naik aja tanpa pusing kepala.....
:popcorn:
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by Andrian »

untuk Om Estime,

Abaikan saja kicauan lugintod yg masih ngigo. :big_dunno:

Senada dengan om ryan steele. Mau manual, ambil yang V manual. Mau metik ambil yg G. kalo ada dana lebih ya ambil yg V metik.

yang penting om TD aja keduanya. mana yg lebih nyaman dihati. :big_smile]

plus, tanya discout mentok berapa.

Kalau perlu, om estime TD juga tu emprit. buat perbandingan. plus tanya discount mentoknya berapa.

Kenapa ane saranin om TD si emprit? karena yg bermain di kelas ini cuma emprit sama sienta.

btw, ane ga begitu paham masalah mesin. tapi ane coba tulis spek mesin emprit sama sienta versi brosur. biar suhu2 yg kasih penjelasan :mky_01:

Emprit :

mesin : 1,497 cc SOHC 4 cyl 16 Valve i-vtec
bore x stroke : 73,0 x 89,4
max output (ps/rpm) : 118 / 6,600
max torque (kgm / rpm) : 14,9 / 4,800

Sienta :

mesin : 1,497 cc DOHC 4 cl 16 Valve dual vvti
bore x stroke : 72,5 x 90,6
max output (ps/rpm) : 107 / 6,600
max torque (kgm / rpm) : 14,3 / 4,200

Data yang ane ga nemu : :mky_01:

- untuk bobot emprit sama sienta
- GC sienta (emprit GC 170mm)

monggo suhu2 menambahkan :big_peace:
Image
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by imingwahyudi »

pegang V manual, kalo kebutuhan ganti mobil oom bukan karena ingin transisi dari manual ke automatik :D

kalo selama ini daily routinity nya gak sampe teriak teriak kecapekan ngopling, V manual aja dah :D
supposed to be peppier I presume..
User avatar
bobstare
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Sun Apr 24, 2016 9:34

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by bobstare »

Newbie sumbang saran, berhubung sudah pernah test drive Sienta V CVT.
sudah mas bro TS ambil Sienta V CVT aja sekalian. Velg nya lebih ganteng.

Dan om jarang nyetir matik kan? nah, mungkin ini pendapat yang tidak populer di SM, tapi ane cukup menikmati nyetir mobil CVT. cocok buat jalan santai di perkotaan, buat jalan santai di tol juga enak :big_smoking:

semoga membantu :big_peace:
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by liat2aja »

Kalau saya di posisi ambil V Matic VS Q Matic, maklum saya bukan real man :big_cry: , ga nyaman pakai manual dan 3 mobil terakhir saya semuanya matic.

Posisi TS jika nyaman pakai manual, dan keluarganya juga nyaman pakai manual, kayaknya enak ambil V Manual saja. Pintu Slide yg hanya 1 powered di tipe G kurang nyaman menurut saya (berangkat dari pengalaman saya sebagai pengguna Freed Tipe A yg kedua pintu slidenya manual). Dan berhubung tipe Q tidak ada tipe manual kayaknya jadi pilihan yg gampang. Mau hemat malah ke G Manual saja (ada kan tipe ini?)

Freed? Saya masih pakai sampai sekarang dan jika pindah ke Sienta jadi upgrade buat saya. BR-V saya sudah tes drive sebenarnya menurut saya fun to drive (Dibandingkan Freed!) tapi kualitas interior kurang baik.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by egibaio »

Ini simple jawabannya. Udah capek bawa manual belum? Kalau sudah ya harus ambil tipe G mau ga mau
etisme
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue May 03, 2016 14:51

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by etisme »

Makasih om semua masukannya. :big_deal:
Udah saya baca satu2 saran para suhu sekalian, saat ini lebih condong ke V manual.
etisme
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue May 03, 2016 14:51

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by etisme »

luginar wrote:Kalau saya tidak akan pilih sienta. Mobil yg tidak lbh baik dr pada freed dlm segala aspek. Mobilio dan brv pun juga lbh baik dr sienta, innova, fortuner dan pajero sport.

Sebaiknya uang segitu dibelanjakan kpd mobil yang tepat yakni mobilio rs atau brv.
:big_blushing: :big_blushing:
leakbali wrote:FANS BOY AND SALES beraksi, kasian TS nya :big_bored: :big_bored: :big_bored: :big_bored:
pertanyaan nya G CVT atau V manual, kok sampe perang produk? :off_bored: :off_bored: :off_bored: :off_bored:
tapi kalau jalannya segala medan dan macet maka pilihan mobil lain yang CC lebih besar patut jadi option
Gapapa om, malah seneng saya trit rame, makin banyak masukan makin bagus :e-dance:
etisme
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue May 03, 2016 14:51

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by etisme »

cruising wrote:Kalau saya ambil yg matic oom. Fitur bisa dibeli, banyak yg jual barang aftermarket.
Tapi coba swap transmisi dari MT ke CVT, effort nya jauh lebih banyak, dan beresiko

lain halnya kalau mobil jadul, jadi inget ubah W124 manual jadi matic

Ngomong-ngomong beda fiturnya apa aja sih? :mky_01:
Fitur yg kentara paling dual psd nya, sisanya sih steering switch, start stop engine, retrac, ac digital.
Di G juga disunat defogger blkg ga ada dan satu lagi yg lumayan penting menurut saya, kantong di bagian blkg jok depan ga ada baik kanan & kiri (bisa diakalin kantong tambahan/ lapis jok, tp sy ga demen :e-doh:)
ibar78 wrote:sebenarnya om mau beli seinta kan...sesuain ma anggarannya apa n dapet apa......pgn lebih nyaman lagi om beli sienta trus pake supir---nah cari supir yg muda dan sehat....dijamin om tinggal naik aja tanpa pusing kepala.....
Andrian wrote:untuk Om Estime,

Abaikan saja kicauan lugintod yg masih ngigo. :big_dunno:
Senada dengan om ryan steele. Mau manual, ambil yang V manual. Mau metik ambil yg G. kalo ada dana lebih ya ambil yg V metik.
yang penting om TD aja keduanya. mana yg lebih nyaman dihati. :big_smile]
siap makasih om ibar dan om andrian masukannya :frm_tumbright:
etisme
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue May 03, 2016 14:51

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by etisme »

pendoli wrote:mmm nganu, kalo concernnya budget mentok di 260, setelah diskon kan V CVT pun masi dibawah itu :big_childish:

kemarin di plaza toyota tendean dikasi pricelist ada split TDP 23jt, pas ditanya katanya itu ditanggung sama leasing n dealer... jadi efektifnya diskon 23jt... jadi 252jt deh. sedangkan kalau cash diskon 10jt... dari 275 jadi 265jt masi deket juga :mky_01:
wah saya belum nemu yg sampe 10 jt diskonnya. paling dikisaran 5-6.
boleh nih toyota tendean. barangkali om pendoli ada nama/kontak salesnya om?
etisme
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue May 03, 2016 14:51

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by etisme »

liat2aja wrote:Kalau saya di posisi ambil V Matic VS Q Matic, maklum saya bukan real man , ga nyaman pakai manual dan 3 mobil terakhir saya semuanya matic.

Posisi TS jika nyaman pakai manual, dan keluarganya juga nyaman pakai manual, kayaknya enak ambil V Manual saja. Pintu Slide yg hanya 1 powered di tipe G kurang nyaman menurut saya (berangkat dari pengalaman saya sebagai pengguna Freed Tipe A yg kedua pintu slidenya manual). Dan berhubung tipe Q tidak ada tipe manual kayaknya jadi pilihan yg gampang. Mau hemat malah ke G Manual saja (ada kan tipe ini?)

Freed? Saya masih pakai sampai sekarang dan jika pindah ke Sienta jadi upgrade buat saya. BR-V saya sudah tes drive sebenarnya menurut saya fun to drive (Dibandingkan Freed!) tapi kualitas interior kurang baik.
Yup G manual ada om, hmm pintu slide manual kurang nyaman ya :e-think:
egibaio wrote:Ini simple jawabannya. Udah capek bawa manual belum? Kalau sudah ya harus ambil tipe G mau ga mau
Ini bener jg sih om :e-clap: , sebenernya belum terlalu capek juga, cuma karna lama ga bawa manual aja jd mungkin butuh penyesuaian lagi
dari awal tahun sy bawaannya matic mulu, sblmnya 4 tahun full manual hehe
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by ternakblog »

Abaikan lugintong,dia habis nyimeng sekilo :big_love:
Oh iya.kmrn nanya2,sienta lgi on stock.jadi beli lgsg dapet ga pake inden,dan lagi spk ga banyak.isa overstocks
It means klo kondisi kyk gini terus.ga mnutup kmungkinan sienta bakal diobral kayak yasir
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by PRBS »

menurut saya, ambil yang cvt type V or Q sekalian aja. llebih nyaman.

ya manual no problem sih, buat sruntul lebih responsif memang. jujur.. dulu saya juga tipe orang yg suka manuall banget. ga suka sama AT.. ga ada tarikannya menurut saya.

tapi sejak dirumah ada cvt, kok enak ya.. memang lemot sih, tapi kalo gasnya diurut.. enak loh. hahaha ga capek.

oiya, manual sliding door bukan masalah nyaman dan tidak sih.. lebih ke arah "wah" kalau saya.. ibaratnya, punya sliding door manual trus mau diupgrade sendiri ke power sliding door pasti dijamin harga upgradenya mencengangkan..
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by Mozawa »

luginar wrote:Kalau saya tidak akan pilih sienta. Mobil yg tidak lbh baik dr pada freed dlm segala aspek. Mobilio dan brv pun juga lbh baik dr sienta, innova, fortuner dan pajero sport.

Sebaiknya uang segitu dibelanjakan kpd mobil yang tepat yakni mobilio rs atau brv.

si sampah muncul lagi...,hahaaha.....dia sengaja mengadu domba, bikin kompor mbledhuk..hahaha..

pernyataannya absurd dan bersayap....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Pink
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Aug 30, 2015 5:04

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by Pink »

Plis deh, postingan2 dari luginar jgn pada balesin.. yg ada bikin thread jg ga mutu, males bgt bacanya.. makin dibalesin makin seneng dia.. org kaya gini biasa aslinya culun dan pathetic abis, cuman di belakang keyboard doank berani klaim ini itu, coba di real life.. ga digampar orang uda bagus..
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by coklatMetalik »

luginar wrote:Kalau saya tidak akan pilih sienta. Mobil yg tidak lbh baik dr pada freed dlm segala aspek. Mobilio dan brv pun juga lbh baik dr sienta, innova, fortuner dan pajero sport.

Sebaiknya uang segitu dibelanjakan kpd mobil yang tepat yakni mobilio rs atau brv.
Ehh ada om luginar...
Salken om, ane member baru.. . :big_deal:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by carlzeiss »

Kalo pilihan 2 itu tok saya pilih sienta G CVT ya, manual untuk mobil keluarga saya rasa kurang gitu mantap, karna kan mobil keluarga biasa peruntukan untuk kenyamanan, kepraktisan dan ketidakmudah lelahan dalam menyetir bersama keluarga . Tapi saya lebih menyarankan untuk mengambil trim V CVT yang saya yakinin menjadi trim worth it untuk sienta ini
User avatar
pendoli
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1316
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by pendoli »

etisme wrote:
pendoli wrote:mmm nganu, kalo concernnya budget mentok di 260, setelah diskon kan V CVT pun masi dibawah itu :big_childish:

kemarin di plaza toyota tendean dikasi pricelist ada split TDP 23jt, pas ditanya katanya itu ditanggung sama leasing n dealer... jadi efektifnya diskon 23jt... jadi 252jt deh. sedangkan kalau cash diskon 10jt... dari 275 jadi 265jt masi deket juga :mky_01:
wah saya belum nemu yg sampe 10 jt diskonnya. paling dikisaran 5-6.
boleh nih toyota tendean. barangkali om pendoli ada nama/kontak salesnya om?
lo ga bisa dikirimin PM :mky_01: cek [spoiler=cp]eniwei coba kontak Ferdy 083893498606[/spoiler]
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Bingung pilih Sienta: G cvt atau V manual

Post by kunaskun »

selain fitur ada juga banyak hal tak kasat mata yang bisa dilenyapkan toyota di type G, karena ini emang kesaktian toyota. bisa jadi ntar pas udah pake type G eh ga taunya peredaman kabin beda dari type V atau hal2 kecil lainnya.