
di hari kemerdakaan Indonesia yang ke - 71 ini, nubi mau ngepost review yang udah ditunda ada kali ya sebulan.. pas lagi kosong tiba tiba keinget ada di draft
kali ini saya mau review sedikit, mobil yang dulu merupakan temen garasi freed yg sekarang saya pakai, mobil yang kesehariannya sejak 2003 lebih sering diem digarasi, lebih sering dicuci daripada kena hujan, lebih sering disarungin daripada kena sinar matahari, dan pernah saya post fotonya tahun 2013 di thread review freed saya viewtopic.php?f=19&t=23636


1. Background
mobil yang saya review adalah mobil yang alm. Kakek saya beli pada tahun 2003, waktu itu saya masih SD kelas 2. Dengan impresi pertama saya adalah ketika melihat mobil ini pertama kali dari beli sudah ada di garasi lengkap ditutup sarung mobil (entah sudah berapa kali ganti sarung mobil sampai sekarang

mobil ini diluncurkan awal tahun 2003 di Indonesia, dengan kode GD8, menggantikan SX8 dimana saat itu hanya ada tipe I-DSI dengan pilihan 5MT atau CVT 7Speed yang waktu itu cukup revolusioner.. karena salah satu kelinci percobaan cvt honda di indonesia dan ada mode tiptronic dengan tombol segede gaban di kanan dan kiri setir untuk mode "manual" alias boong boongan rasio cvt nya
dimana, dulu seinget saya ada pilihan interiornya, yg saya review ini warna interiornya beige, kalo ga salah satu lagi warna abu2.. tergantung warna exteriornya
dan seperti biasa honda.. ternyata saya kira kasus facelift satu tahun pertama di freed cukup sekali aja kena taktik marketing nya honda, ternyata city ini yang pertama

2. Exterior
satu hal impresi pertama yang bisa saya bilang dari dulu, proporsi mobil ini agak...aneh? kelihatan sekali berusaha pakai chassis GD3 ditambahin pantat aja... antara bagian depan plek proporsi mirip sekali dengan sodaranya njes dan belakangnya tiba2 pipih, padahal dari depan sampe pilar b jelas sekali kelihatan hatchbacknya...

at least proporsi mobil ini ga semengerikan peugeot 206 sedan.. (tolong jgn dibayangin atau curious bentuknya kaya gimana.. takut sakit mata)
aside from it's weird proportion, tarikan mobil ini cenderung clean, manis dengan rounded details dan garis garis yang gampang diterima mata


ban di mobil ini menggunakan ukuran 175/65/R14 yang saya yakin ini ukuran aslinya, kenapa? karena ban Michelin Vivacy ini pas saya intip, kode produksinya 0103.... dan sepenglihatan saya mulai kecil - kecil muncul retak rambut

3. Interior
buka pintu mobil ini, dan pandangan saya tertuju langsung sama door trimnya. dibanding freed yg saya pakai, much nicer dan ada bahan fabric yang sama kaya jok asli mobil ini dan it's a plus karena saya suka sekali bahannya... dan saya ga suka sekali warnanya karena terang bener dan jamin pasti bikin kotor kalau sering dipegang
material dasbor plastic keras semua, dan saya rasa masih one step above freed... plasticnya solid dan ga goyang goyang pas diteken, meski kalo diketuk ya sama aja bunyinya. trim trim plastic di center console di mobil ini masih seperti plastic yg di cat, bukan facelift yang ada alumunium... salah satu wear yang sangat kelihatan adalah di gear knob yang berubah warnanya

untuk urusan penyimpanan, sama persis dengan GD8, laci di atas glove box menurut saya praktis bgt
di kursi belakang, hal yang langsungs saya notice adalah lot of head room, dengan headrest nya yang rada2 aneh bentuknya.. legroom juga ga kalah besar, dengan doortrim belakang kualiti sama kaya di depan.. oiya, mobil ini ada ultra seat nya, jadi kursi bagian paha bisa dinaikin buat ngangkut pot, atau senderan punggung direbahin rata lantai

salah satu kelebihan utama mobil ini adalah, bagasinya kelewat gede, kalau ga salah tanpa dilipet pun udah sekitar 500 literan karena bagasinya dalem dan lumayan lebar

4. On the rroad

buka pintu, duduk, cari posisi mengemudi, udah disetel seat adjuster paling mentok bawah tetep aja dahi saya hampir mentok sama visor depan (tinggi 182)

tengok kanan kiri, pilar a horror, blind spot nya mantap sekali, tanpa kaca film dan karena ga biasa bawa sedan rada kagok juga pas mundur.. masuk gigi 1, keluar dari garasi kerasa sekali beda koplingnya dimana range main gigit koplingnya kok sedikit ya? jadi mati2 melulu karena kebiasa bawa avanza (kopling sdh ganti 1 set 4 tahun lalu di km belasan ribu) transmisinya saya suka sekali.. short trow dan klek begitu masuk ke dalam gigi.. jadi kangen bawa mobil ini
injek gas.. dibanding vtec honda, sy merasa kurva tenaga dan torsinya lebih ngumpul di mid rpm dan agak bengek buat rpm atas, cocok ya buat dalkot dan akselerasi ringan2 saja.. dan memang di atas kertas ternyata torsi di 128 Nm @ 2.700 Rpm. cukup rendah juga (pertamax & oli 10w-30)
handling.. saya ngga ngecek fisik suspensi, tapi suspensinya keras dan firm, dan bonus.. persis sama kaya freed ada suara gluduk - dluguk di jalan lobang kecil2 curiga di support shock yang udah kena, steering hambar karena EPS, tapi feel "memberat" seiring speed naik terasa agak fake.. masih mending eps di generasi selanjutnya...
catatn terbesar saya dari suara kolong yang dari dulu ternyata honda ga pernah bener, suaranya parah bgt meski mungkin kontribusi terbesarnya ban yang udah 13 tahun

5. Fitur
Mobil ini fiturnya sedikit sekali...

hanya ada trip, 4 power window, heater, defogger, 4 spk cd & casette player dari kenwud, dan hanya itu yg saya bisa higlight..
no airbag, abs, mid, electric folding dll, baru deh di facelift tahun 04 muncul airbag sama absnya

6. kesimpulan
Sebagai penantang kuat baleno dan vios di zamannya, saya sendiri juga ga melihat ada terobosan berarti di mobil ini... secara ownership, mobil ini pun ga pernah ngerongrong sama sekali, aki soak karena ga dinyalain lama tinggal ganti, ganti oli 1 tahun sekali, and that's it. kalo ada apa2 juga ga worry karena rumah dan beres honda slamet riyadi sebaris... cuma naik mobil 15 detik udah sampai.. sekarang mobilnya di solo.. di garasi aja
the only problem is, ga ada yang pernah kepikiran copot antena waktu mobil disarungin akhirnya terus terusan ketekuk dan copot.. akhirnya diganti antena aftermarket yang pendek kemaren..
terima kasih sudah membaca review singkat yg nubi tulis sampe akhir


tambahan foto2
ini laba2 masuk darimana ya kok bisa mati dalem lampu blkg

ban serep full size michelin vivacy, notice, finishing sealantnya kok gitu ya..
