Sy br tau msh ada mbl yg koplingnya pk kawat ...daftar wrote:kopling yang pake kawat harusnya udah ga ada lagi, semua mobil termasuk LCGC & niaga harusnya pake hidrolis
Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Anki
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Kabel baja mungkin mksdnya.coklatMetalik wrote:Sy br tau msh ada mbl yg koplingnya pk kawat ...daftar wrote:kopling yang pake kawat harusnya udah ga ada lagi, semua mobil termasuk LCGC & niaga harusnya pake hidrolis

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
- Location: Surabaya
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Grand New Avanza 1.3 masih pake kawat om..daftar wrote:kopling yang pake kawat harusnya udah ga ada lagi, semua mobil termasuk LCGC & niaga harusnya pake hidrolis
Sent from my iPhone using Tapatalk
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Iya om ane tau itu mksdnya. Ane kira mbl jaman skrg pk hydraulic semua kecuali L300. Lah kan Kijang super aja hydraulic. Ane kaget ada mobil baru yg pk kawat...k0b0chan wrote:Kabel baja mungkin mksdnya.coklatMetalik wrote:Sy br tau msh ada mbl yg koplingnya pk kawat ...daftar wrote:kopling yang pake kawat harusnya udah ga ada lagi, semua mobil termasuk LCGC & niaga harusnya pake hidrolis
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Terus apakah kelebihan kopling hidrolik selain dapat mencegah kopling copot juga lbih ringan dan konstruksi lebih ringkas?



I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
masih banyak om, apalagi mobil niaga kayak gran max. LCGC ayla. bahkan rush-teri (ga tau yang keluaran terakhir)coklatMetalik wrote:
Iya om ane tau itu mksdnya. Ane kira mbl jaman skrg pk hydraulic semua kecuali L300. Lah kan Kijang super aja hydraulic. Ane kaget ada mobil baru yg pk kawat...
yang paling utama lebih enteng aja om, biar ga tambah pegelB1335AM wrote:Terus apakah kelebihan kopling hidrolik selain dapat mencegah kopling copot juga lbih ringan dan konstruksi lebih ringkas?![]()


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Pernah ngerasain kopling ANF & ANHilux belum?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Sun Dec 13, 2015 14:40
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Asik kali yah klo gituan...kyk naik motor kopling..cmn kyknya bkin capek tangan..newrubble wrote:nah itu bener .... EC itu sering di pasang di taxi taxi di korea trutama di kampung kampungdaftar wrote:kalo custom ada om, pasang aja easy clutchnekosaiyajin wrote:btw udah ada kah..yang mobil manual tapi koppingnya d tangan...jadi kyk mobil matic..d tuasnya kn ada tombol..pas dia pencet tombol berarti lg teken kopling..pas d lepas baru masuk giginya..jd ntr d tuas tranamisinya ada tulisan 1 smpe 5 (kalo 5 speed) dr atas k bawah...trus gigi mundurnya k atas..tp bener2 full manual..cmn mindahin kopling dari kaki kiri k jempol kiri...wkwkkwk....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
sebetulnya dulu thn 79 sdh ada di indo honda civic 1500 4door yg husus di datangkan dari JDM utk alm notaris kusbiono (dia cacat kaki saat accodent di japan bbrp thn sblm ...
n wheelchaired)
dia penyuka manual shift sehingga manual clutching ada di kiri di posisi satellite stick (mirip bike handlebar lengkap dgn handgrip) yg (versi regular) hrsnya u blinkers .... gear selector juga disitu hanya saja dilakukan dgn memutar handgrip ke atas / bawah
tdk ada front center console dan wheelchair ada di sisi kiri dan single seat n jok supir bisa mundur sampai mentok rear parcel shelf (release stick ada dekat bahu tdk jauh dr headrest)
agak repot u masukkan wheelchair buat yg blm biasa (thn 1995 mas koes ajarkan sy caranya trmsk buka pintu blakang kiri dulu u dia pindah ke bangku lipat (mirip troop seat di blakang toyota-fj40 / dai-f50rv) dan dia naikkan / lipat wheelchair
th 1998 mas koes beli lexus automatic yg juga husus handicaped n dipakai terus sampai dia kena stroke (ganti hiace welcab diesel pakai supir) n tdk lama wafat ..... ssdh itu smua mobil yg pernah dia punya dijual tdk tau kmn
n wheelchaired)
dia penyuka manual shift sehingga manual clutching ada di kiri di posisi satellite stick (mirip bike handlebar lengkap dgn handgrip) yg (versi regular) hrsnya u blinkers .... gear selector juga disitu hanya saja dilakukan dgn memutar handgrip ke atas / bawah
tdk ada front center console dan wheelchair ada di sisi kiri dan single seat n jok supir bisa mundur sampai mentok rear parcel shelf (release stick ada dekat bahu tdk jauh dr headrest)
agak repot u masukkan wheelchair buat yg blm biasa (thn 1995 mas koes ajarkan sy caranya trmsk buka pintu blakang kiri dulu u dia pindah ke bangku lipat (mirip troop seat di blakang toyota-fj40 / dai-f50rv) dan dia naikkan / lipat wheelchair
th 1998 mas koes beli lexus automatic yg juga husus handicaped n dipakai terus sampai dia kena stroke (ganti hiace welcab diesel pakai supir) n tdk lama wafat ..... ssdh itu smua mobil yg pernah dia punya dijual tdk tau kmn
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Mon Jan 25, 2016 18:07
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Kalau mau lestari, jalanan lancarin dulu,
Di daerah manual masih banyak krn jlnan lancar
Pernah ntn utube porsche pdk vs manual, manual masih punya advantage jg dibanding pdk di track, kalau drag manual kalah,
Tapi buat kita2 yg hobby mobil, suatu hari mobil2 manual high performance jg bakal jadi seperti kuda pacuan, cuma buat hobby aja,
Mobil buat org umum cuma transport a to b
Suatu hari bakal terganti sama autonomous car, electric car yg ga ada bunyi, dll
Di daerah manual masih banyak krn jlnan lancar
Pernah ntn utube porsche pdk vs manual, manual masih punya advantage jg dibanding pdk di track, kalau drag manual kalah,
Tapi buat kita2 yg hobby mobil, suatu hari mobil2 manual high performance jg bakal jadi seperti kuda pacuan, cuma buat hobby aja,
Mobil buat org umum cuma transport a to b
Suatu hari bakal terganti sama autonomous car, electric car yg ga ada bunyi, dll
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual


I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Atau yang lagi punya HRV 6MT, tolong jelasin pengalaman memakai auto brake hold.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
E46 saya kalau someday stepronicnya jebol kayaknya mau saya swap MT. AT nya sedikit bikin "tembok" di antara saya dan mobil
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Kmaren saya iseng mlipir ke website bbrp ATPM Indonesia & download bbrp ebrochure. Ternyata mobil2 yg harganya miliaran (land cruiser vx200, mercedes g class, land rover discovery) semua AT, gk ada yg ada opsi MT 

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Hehehhehearfs wrote:Jadi penasaran sama 6-Speed Skyactiv manual nya Mazda 2... Sepertinya fun to drive...


hal yang paling annoying di MT untuk jaman sekarang ya creeping while jammed in traffic. Opsi ke dua (first start assist) mungkin akan menarik, dan bisa dinonaktifkan saat tidak diperlukan.. Logika bodoh saya mengatakan itu mungkin, dengan menambah torque converter diantara gearbox-engine sandwich

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Yup paling annoying kalau pake manual saat hadapin macet total dan harus maju dikit-dikit.imingwahyudi wrote: Hehehhehe![]()
![]()
hal yang paling annoying di MT untuk jaman sekarang ya creeping while jammed in traffic. Opsi ke dua (first start assist) mungkin akan menarik, dan bisa dinonaktifkan saat tidak diperlukan.. Logika bodoh saya mengatakan itu mungkin, dengan menambah torque converter diantara gearbox-engine sandwich
Dulu ane penah alamin pas awal masuk kuliah (pertengahan 2011) sampe pertengahan 2013, waktu itu pake escudo 2.0 manual.
Beuh apes bener kalo kena macet parah udah gitu panjang.
Tapi ane perhatiin mobil-mobil sekarang kopling nya bener2 enteng gk berat kyk dulu. Walau mungkin kalo dibuat enthusiastic driving kopling enteng feeling nya jadi hilang sama spt EPS. But still I miss to shift using the third pedal and the stick.
Wah kalau manual pake torque converter gmn yah?!
Dulu pernah iseng2 pas nyetir manual kopling dibiarin setengah kopling (atau lebih) terus kalo lagi rem, rasanya kyk mobil matic, mau maju pas rem di lepas. Dan pas di rem berhenti kgk mati mesin, untung sadar itu bikin gearbox dan kopling cepet jebol jadi cuman buat experimen sebentar saja asal buat sekedar tau.

“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Padahal di negara asal nya ada tuh manual nya...coklatMetalik wrote:Kmaren saya iseng mlipir ke website bbrp ATPM Indonesia & download bbrp ebrochure. Ternyata mobil2 yg harganya miliaran (land cruiser vx200, mercedes g class, land rover discovery) semua AT, gk ada yg ada opsi MT
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Macet biar lebih bearable pake mobil manual saya rasa harus disediakan gear khusus merayap deh (semacam low range) jadi tinggal angkat kopling udah deh merayap. Berguna buat mesin2 yg torsinya kecil.
Atau bisa juga atur dari dbw nya sedemikian rupa biar pas angkat kopling pelan2 ga mati.
Atau bisa juga atur dari dbw nya sedemikian rupa biar pas angkat kopling pelan2 ga mati.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Mungkin krn di negara asalnya mobil yg begini dipake sm petrolhead, sedangkan disini dipake sm horang kayah yg pikirannya cuma: mahal=mevvah, langsung beli, & duduk di row 2 (disupiri)arfs wrote:Padahal di negara asal nya ada tuh manual nya...coklatMetalik wrote:Kmaren saya iseng mlipir ke website bbrp ATPM Indonesia & download bbrp ebrochure. Ternyata mobil2 yg harganya miliaran (land cruiser vx200, mercedes g class, land rover discovery) semua AT, gk ada yg ada opsi MT

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sun Feb 28, 2010 6:12
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Manual never dies! Sistem konvensional masih akan terus dipakai sebagai opsi transmisi, walaupun nantinya ditambah macem2, wajar aja namanya juga kemajuan teknologi. Angkat kopling, Gan!
True Power, True Spirit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Ane setuju Om Backfire, ane ngira mobil sport di masa depan juga musti pertahanin MT buat memelihara rasa sport yang natural.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 331
- Joined: Wed Oct 14, 2015 8:16
- Location: Bogor Kota
- Daily Vehicle: Yaris Off-road
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Full manual tanpa hsa dan add-on apapun, the real manual ya suzuki carry om hehe... Cmiw *kiddingMarYuko wrote:konvensional....
tanpa HSA, tanpa add-on apapun...
pure 3 pedal, clutch, brake, throttle...
(masih berharap pajero sport V6 MT atau toyota Mark X MT masuk indo)
belum pernah mrasakan V6 3.0 manual euyy
sent from ladies room 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
arfs wrote:Yup paling annoying kalau pake manual saat hadapin macet total dan harus maju dikit-dikit.imingwahyudi wrote: Hehehhehe![]()
![]()
hal yang paling annoying di MT untuk jaman sekarang ya creeping while jammed in traffic. Opsi ke dua (first start assist) mungkin akan menarik, dan bisa dinonaktifkan saat tidak diperlukan.. Logika bodoh saya mengatakan itu mungkin, dengan menambah torque converter diantara gearbox-engine sandwich
Dulu ane penah alamin pas awal masuk kuliah (pertengahan 2011) sampe pertengahan 2013, waktu itu pake escudo 2.0 manual.
Beuh apes bener kalo kena macet parah udah gitu panjang.
Tapi ane perhatiin mobil-mobil sekarang kopling nya bener2 enteng gk berat kyk dulu. Walau mungkin kalo dibuat enthusiastic driving kopling enteng feeling nya jadi hilang sama spt EPS. But still I miss to shift using the third pedal and the stick.
Wah kalau manual pake torque converter gmn yah?!
Dulu pernah iseng2 pas nyetir manual kopling dibiarin setengah kopling (atau lebih) terus kalo lagi rem, rasanya kyk mobil matic, mau maju pas rem di lepas. Dan pas di rem berhenti kgk mati mesin, untung sadar itu bikin gearbox dan kopling cepet jebol jadi cuman buat experimen sebentar saja asal buat sekedar tau.
terkadang suka annoying sama kopling mobil sekarang, ringannya keterlaluan, jaminan ngegerung mulu kalo lagi pake sepatu hak tinggi (pantofel


implementasi TC di MT kepikiran seperti ini, TC gak akan lockup saat diaktifkan, maka TC bertugas sebagai kopling fluida saat creeping macet...masukin gigi 1 tenang aja...begitu gak perlu kopling fluida, nonaktifkan, maka TC akan lockup...kopling yang berguna saat TC lockup kembali ke kopling normal MT

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Wah, bakalan enak tuh kalau beneran ada.imingwahyudi wrote: terkadang suka annoying sama kopling mobil sekarang, ringannya keterlaluan, jaminan ngegerung mulu kalo lagi pake sepatu hak tinggi (pantofel![]()
) macam Agya dkk...bedeuh ringannyaaa...
implementasi TC di MT kepikiran seperti ini, TC gak akan lockup saat diaktifkan, maka TC bertugas sebagai kopling fluida saat creeping macet...masukin gigi 1 tenang aja...begitu gak perlu kopling fluida, nonaktifkan, maka TC akan lockup...kopling yang berguna saat TC lockup kembali ke kopling normal MT
Jadi kalau lg creeping di kemacetan kyk mobil matic kan om?
terus kalo di non-aktifkan jd balik kyk mobil manual biasa?
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
arfs wrote:Wah, bakalan enak tuh kalau beneran ada.imingwahyudi wrote: terkadang suka annoying sama kopling mobil sekarang, ringannya keterlaluan, jaminan ngegerung mulu kalo lagi pake sepatu hak tinggi (pantofel![]()
) macam Agya dkk...bedeuh ringannyaaa...
implementasi TC di MT kepikiran seperti ini, TC gak akan lockup saat diaktifkan, maka TC bertugas sebagai kopling fluida saat creeping macet...masukin gigi 1 tenang aja...begitu gak perlu kopling fluida, nonaktifkan, maka TC akan lockup...kopling yang berguna saat TC lockup kembali ke kopling normal MT
Jadi kalau lg creeping di kemacetan kyk mobil matic kan om?
terus kalo di non-aktifkan jd balik kyk mobil manual biasa?
as I thought, iya om
Geared automatics kan memang menggunakan selipnya TC untuk ultra smooth creeping ability nya. kalo TC nya locked bener bener tergantung sama kopling konvensional MT untuk melakukan selip/engage disengage gear
