D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
Assalaamu 'alaikum
Maaf, lama ga nimbrung
Gini, di keluarga ane mau ada urusan pertanian, entah mulai tahun depan, asalkan duit mencukupi. In syaa Allah, kami mau ganti SantaFe 2,2 CRDi jadi D-cab agar bisa ngangkut barang (hasil pertanian / perkebunan) & diajak main lumpur. Kalo bisa, ga usah kecanggihan aja kayak Navara NP3000. Diutamain transmisi manual.
Lokasi sawah di sekitar Jabar-Jateng.
Berikut kandidat D-cab:
- Ranger
- Hilux 2,5 G (baru atau bekas)
- BT-50 (Kalo bisa, yang ada airbag)
- Strada Triton
- D-max
Maaf, lama ga nimbrung
Gini, di keluarga ane mau ada urusan pertanian, entah mulai tahun depan, asalkan duit mencukupi. In syaa Allah, kami mau ganti SantaFe 2,2 CRDi jadi D-cab agar bisa ngangkut barang (hasil pertanian / perkebunan) & diajak main lumpur. Kalo bisa, ga usah kecanggihan aja kayak Navara NP3000. Diutamain transmisi manual.
Lokasi sawah di sekitar Jabar-Jateng.
Berikut kandidat D-cab:
- Ranger
- Hilux 2,5 G (baru atau bekas)
- BT-50 (Kalo bisa, yang ada airbag)
- Strada Triton
- D-max
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
klw baru Vote all new hilux 2.5..... semua varian hilux 4x4 sudah ada rear difflock. lawanya cuma ranger wildtrak dan bt50pro yang ada itu pun di varian paling mahal..
untuk basic need, hilux yang E spacecab juga cukup.. atw klw perlu 5seater n di supirin sendiri ingin lebih mewah ya tinggal pilih E-G atw V....
tambhan...
navara Np300 jg sebnernya g masalah.. ambil yg SL, tidak kecangihan menurut saya, technya mirip2 dgn yg lain. bedanya punya kontrol traksi aja, hilux V jg punya, ranger 2.2 xls plus mk2 jg punya.
wildtrak 3.2 mk2 yang sangat canggih, equipment n qualitynya 1 tingkat diatas yg lain. rasanya kecanggihan dan terlalu mewah untuk dipke kerja.. tp bwat lifestyle sie oke banget... apalagi di koleksi, karna mungkin tdk akan masuk lagi.
bicara beres ford.. beberapa hari kemarin dikabarin klaiman slank turbo dah datang..... ternyata no worries masih bisa klaim garansi wkwkwk
biacara sparepart setau saya yg paling mahal itu colorado, kedua navara...trus ranger T6,ranger lama, hilux, triton hampir sama.
ranger beberapa fastmoving filter2an bisa substitute dgn mitsu/toyota. cmiw

untuk basic need, hilux yang E spacecab juga cukup.. atw klw perlu 5seater n di supirin sendiri ingin lebih mewah ya tinggal pilih E-G atw V....
tambhan...
navara Np300 jg sebnernya g masalah.. ambil yg SL, tidak kecangihan menurut saya, technya mirip2 dgn yg lain. bedanya punya kontrol traksi aja, hilux V jg punya, ranger 2.2 xls plus mk2 jg punya.
wildtrak 3.2 mk2 yang sangat canggih, equipment n qualitynya 1 tingkat diatas yg lain. rasanya kecanggihan dan terlalu mewah untuk dipke kerja.. tp bwat lifestyle sie oke banget... apalagi di koleksi, karna mungkin tdk akan masuk lagi.
bicara beres ford.. beberapa hari kemarin dikabarin klaiman slank turbo dah datang..... ternyata no worries masih bisa klaim garansi wkwkwk

biacara sparepart setau saya yg paling mahal itu colorado, kedua navara...trus ranger T6,ranger lama, hilux, triton hampir sama.
ranger beberapa fastmoving filter2an bisa substitute dgn mitsu/toyota. cmiw

Last edited by billyd1773dz on Thu Jul 28, 2016 15:46, edited 4 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 904
- Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
Dcab yg dipake kerja keras cuma 2
Hilux sama ranger
Tpi tentu megang hilux mengingat ford sudah minggat
Hilux sama ranger
Tpi tentu megang hilux mengingat ford sudah minggat
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
mazda bt50 pro aja om, kayaknya untuk nik tahun lalu diskonnya besar , pengalaman bapak saya pas tahun 2014 ngambil nik 2013 dapat diskon 70 juta .
bantingan tidak sekeras triton tapi masih empukan hilux lama . atau ada juga chevrolet colorado , di kota ane skarang bnyak di pake untuk mobil opwrasional PT.
bantingan tidak sekeras triton tapi masih empukan hilux lama . atau ada juga chevrolet colorado , di kota ane skarang bnyak di pake untuk mobil opwrasional PT.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Mon Jul 06, 2015 5:33
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
Kebetulan semua fleet dikantor pake strada L200, Triton Strada all type dan All New Triton.
Mau nyemplung dalem, no worries. Solar busuk, no worries.
Sparepart, melimpah. Bahkan varian tertua L200, masih daily bawa muatan dengan jarak 170km pp.
Mau nyemplung dalem, no worries. Solar busuk, no worries.
Sparepart, melimpah. Bahkan varian tertua L200, masih daily bawa muatan dengan jarak 170km pp.
cheers
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
Kalau saya pilih hilux tipe G, artinya harus ganti jok dong jadi kulit, dan ganti had unit jadi punya Fortuner lama atau ANF.
Di sisi lain, menurut Autobild (http://test.autobild.co.id/read/2015/12 ... -Indonesia), berat ANHilux udah sampai 2,023kg, cukup signifikan sehingga memperlambat performa mnjadi 13,2 detik (sprint 0-100). Apakah dengan memasang portable turbo macam Proxima sudah bisa membantu meningkatkan performa (minimal menyamai dengan Hilux lama)?
Plus, bisa kan differential lock diaktifkan saat ngebut di tol?
Di sisi lain, menurut Autobild (http://test.autobild.co.id/read/2015/12 ... -Indonesia), berat ANHilux udah sampai 2,023kg, cukup signifikan sehingga memperlambat performa mnjadi 13,2 detik (sprint 0-100). Apakah dengan memasang portable turbo macam Proxima sudah bisa membantu meningkatkan performa (minimal menyamai dengan Hilux lama)?
Plus, bisa kan differential lock diaktifkan saat ngebut di tol?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
B1335AM wrote:Kalau saya pilih hilux tipe G, artinya harus ganti jok dong jadi kulit, dan ganti had unit jadi punya Fortuner lama atau ANF.
Di sisi lain, menurut Autobild (http://test.autobild.co.id/read/2015/12 ... -Indonesia), berat ANHilux udah sampai 2,023kg, cukup signifikan sehingga memperlambat performa mnjadi 13,2 detik (sprint 0-100). Apakah dengan memasang portable turbo macam Proxima sudah bisa membantu meningkatkan performa (minimal menyamai dengan Hilux lama)?
Plus, bisa kan differential lock diaktifkan saat ngebut di tol?
yaa klw mw yg kulit n hu canggih ya harus yg trim V atw top trim masing2 dcab.... ktanya ga mau yg kecanggihan.. wkwkwk

klw mw yg tercanggih handling pling baik(bwat dcab) dan pling mewah ya ford 3.2 wildtrak wkwk.
wekssss jangan proxima gak ngaruh... pasang piggy monmax/unichip aja hilux 2KD sie bisa 250hp - 280hp.... 0-100 bisa di 8s....
autobild jgn terlalu dipercaya.
rear difflock untuk apa di jalanin di tol om? ga bisa belok loh... klw 4x4 sie bisa2 aja asal jangan belok patah.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
OK. kalo ane pilih tipe extra cabin, ada pengaturan kursi komplit kan (sliding, height & reclining kayak di tipe double cabin biasa)?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
nah ini pertama2 musti di lihat luas lahannya dl bos. kl cm lahan kecil buat hiburan doank terus hasilnya di makan sendiri sih beli Dcab oke.
Tp kl udah skala produksi luas lahan berhektar2 sih mubazir angkut hasil panenan pake dcab. mau bolak balik brapa rit itu angkutnya. berat di ongkos transport, tenaga bongkar muat dan tentu saja waktu.
Sebagai gambaran nih 1 truk engkel itu kapasitas 7 ton.
kl L300 itu 1,5-2 ton
kl colt ss paling 1,2 ton.
kl d cab anggap aja sama colt ss kapasitasnya brarti kl pake truk engkel 1 kali jalan jadi, kl pake dcab musti 5-6x jalan. 5-6x bongkar muat jg.
misal kl hasil panen di subang mau di bawa ke cirebon kerasa bngt itu bos.
Tp kl udah skala produksi luas lahan berhektar2 sih mubazir angkut hasil panenan pake dcab. mau bolak balik brapa rit itu angkutnya. berat di ongkos transport, tenaga bongkar muat dan tentu saja waktu.
Sebagai gambaran nih 1 truk engkel itu kapasitas 7 ton.
kl L300 itu 1,5-2 ton
kl colt ss paling 1,2 ton.
kl d cab anggap aja sama colt ss kapasitasnya brarti kl pake truk engkel 1 kali jalan jadi, kl pake dcab musti 5-6x jalan. 5-6x bongkar muat jg.
misal kl hasil panen di subang mau di bawa ke cirebon kerasa bngt itu bos.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
Seharusnya adaB1335AM wrote:OK. kalo ane pilih tipe extra cabin, ada pengaturan kursi komplit kan (sliding, height & reclining kayak di tipe double cabin biasa)?
Baris ke 2 jg masi ada kursinya, tapi sangat kecil hanya untuk darurat, gantinya 2nd row bisa utk muat barang d kabin

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
Dulu sy waktu masih merintis usaha bli carry futura,karna orderan udah mulai bnyk jadi berkali2 angkut bolak balik,trus nambah l300 thn 82, dipakai 1thn troble trus bikin repot kalo mau dipake,trus diganti colt diesel canter,baknya besar bisa sekali angkut dan yg penting diesel,l300 klo baru lumayan loh buat bisnis, bandel mesinya di daerah wonosobo jg banyak tuh dipake pertanian
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
OK, thanks for your suggestions.
Kalau saya boleh tahu D-cab yang dibekalin fitur differential lock (DL) selain Hilux, apakah fitur DL juga ada di Ranger tipe XLS*, Mazda BT50 dan Isuzu D-max?
*Mesin diesel 2,2 cuma ada di Ranger XLS ke bawah, sementara XLT dan Wildtrak sudah pakai mesin 3,2 yang bikin males akibat kemahalan & pajak tinggi untuk mesin 3000cc ke atas


Kalau saya boleh tahu D-cab yang dibekalin fitur differential lock (DL) selain Hilux, apakah fitur DL juga ada di Ranger tipe XLS*, Mazda BT50 dan Isuzu D-max?


*Mesin diesel 2,2 cuma ada di Ranger XLS ke bawah, sementara XLT dan Wildtrak sudah pakai mesin 3,2 yang bikin males akibat kemahalan & pajak tinggi untuk mesin 3000cc ke atas
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
rear differential lock di indo hanya ada di Hilux, Ranger Wildtrak 3.2 dan Mazda Bt 50pro AT 2.2.B1335AM wrote:OK, thanks for your suggestions.![]()
![]()
Kalau saya boleh tahu D-cab yang dibekalin fitur differential lock (DL) selain Hilux, apakah fitur DL juga ada di Ranger tipe XLS*, Mazda BT50 dan Isuzu D-max?
![]()
![]()
*Mesin diesel 2,2 cuma ada di Ranger XLS ke bawah, sementara XLT dan Wildtrak sudah pakai mesin 3,2 yang bikin males akibat kemahalan & pajak tinggi untuk mesin 3000cc ke atas
center difflock sie semua var 4x4 ada
sebenernya tax untuk commercial vehicle, cc tidak mengikat mau 3.2 atau 2.2 tetep 25%. itu sebapnya harganya tidak beda jauh, tidak seperti di suv/passanger car

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
OK.
Terus buat yang pernah ikut offroad, paling praktis buat keluar kubangan itu pakai LSD atau differential lock, berhubung hanya D-cab Hilux yang memakai rear differential lock di tipe manualnya?
Terus buat yang pernah ikut offroad, paling praktis buat keluar kubangan itu pakai LSD atau differential lock, berhubung hanya D-cab Hilux yang memakai rear differential lock di tipe manualnya?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
tergantung offroad nya.... kubangan biasa mostlikely ga perlu lsd atau difflock...B1335AM wrote:OK.
Terus buat yang pernah ikut offroad, paling praktis buat keluar kubangan itu pakai LSD atau differential lock, berhubung hanya D-cab Hilux yang memakai rear differential lock di tipe manualnya?
Open diff cukup selama, kubanganya tidak terlalu licin di sisi berlawanan, maksudnya tidak sampai ban depan dan blkng masuk ke kubangan yg licin bersamaan...
LSD cukup selama, masuk kubangan sangat licin... tp konturnya tdk terlalu extreme sehingga ban kanan dan kiri selalu napak meski sangat licin. lsd require resistant on both side of wheel to work.
Difflock berguna jika... konturnya sangat extreme, hingga salah satu ban sering ngangkat dari permukaan dan hanya 1 sisi yg nempel ke permukaan. dia bener2 ngunci jadi satu sisi hilang traksi/resistan sama sekali masi bisa kerja.
kelemahanya difflock hrs di aktifkan, lsd tdk perlu. setelah difflock diaktifkan akan terasa perubahan handling, ekor mbl jadi lebih liar terutama di jalan licin, dan sulit belok.
Traction control /Brake LSD, dapat meniru fungsi difflock di kondisi kontur super extreme saat ban sering ngangkat, bisa kerja otomatis, dan berkerja di ke 4 roda (bukan roda blkng aja seperti lsd dan reardifflock) tp ada jeda saat engage dan bergantung sensor elektronik. kelebihanya tidak akan mengganggu handling, dan karna kerja di k4 ban, kondisi tertentu saat semua sensor kerja dgn ideal bisa lebih baik dari rear difflock/lsd
Dcab dgn LSD terbaik ada di triton dgn hybrid LSD. dia lsdnya berjenis torsen + viscoucoupling.. dlm beberapa kasus dia bisa kerja sebaik difflock. atw perlu di akalin dgn narik rem tangan.. hybrid lsd ada di triton GLS ke atas.
mulai menit 2.20 ada perbandinga anps tampa locker traction control only vs locker tampa traction control
klw perkebunan anda banyak medan seperti di atas istilahnya cross axle dimana ban ngangkat2 kya gtu.. anda perlu traction control atw locker... LSD apalagi opendiff pasti k.o kec dihajar/effort lebih
klw tidak lsd jg mostlikely cukup apalagi yg torsen/hybrid.
note:
mbl yg ada rear difflock tidak ada LSD
mbl yg ada rear difflock bisa memiliki Tractioncontrol/BLSD
mbl yg ada Tractioncontrol/Blsd mostlikely Opendiff or Difflock.. tp tdk LSD(most dcab).

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Mon Jul 06, 2015 5:33
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
OmBil,
Yg dimaksud triton GLs keatas itu yg triton strada atau all new triton?
Yg dimaksud triton GLs keatas itu yg triton strada atau all new triton?
cheers
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
all new om...luputgc wrote:OmBil,
Yg dimaksud triton GLs keatas itu yg triton strada atau all new triton?
klw yg lama, hanya di exceed VGT klw g salah
ini lsdnya old Dakar 4x2 dan 4x4. di anps tdk ada lsd.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
Ada yang lagi punya Navara 2015 ga? Bisa ga ceritain pengalamannya?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35
Re: D-Cab / Pickup Ideal Untuk Pertanian
di luar pilihan2 di atas, tata juga baru launch dcab. cmiiw, 2200 cc, 140hp/320nm, manual, 4wd, lsd, 320jt.