
Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Saya malah pengennya CVT tapi pake kopling manual
Males ngebejek gas, takut boros.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 76
- Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
- Location: Bogor
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Suka tidak suka, manual konvensional akan hilang di masa depan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
konvensional....
tanpa HSA, tanpa add-on apapun...
pure 3 pedal, clutch, brake, throttle...
(masih berharap pajero sport V6 MT atau toyota Mark X MT masuk indo)
belum pernah mrasakan V6 3.0 manual euyy
tanpa HSA, tanpa add-on apapun...
pure 3 pedal, clutch, brake, throttle...
(masih berharap pajero sport V6 MT atau toyota Mark X MT masuk indo)
belum pernah mrasakan V6 3.0 manual euyy

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
- Location: Surabaya
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Masih suka transmisi manual meski mobil di garasi uda matic semua.
Abis bawa matic, bawa manual kayak tangan dilepas dari borgol.
Tapi balik ke mobilnya lagi sih, ada juga manual yang ga enak dan malah ndut2an

Abis bawa matic, bawa manual kayak tangan dilepas dari borgol.
Tapi balik ke mobilnya lagi sih, ada juga manual yang ga enak dan malah ndut2an

DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Agree, kalo Jakarta macet tp gk parah pun gw merem 'minta' mobil manual dibanding matic, pas macet matic dibanding manual kerasa bedanya, terutama lebih gk stresripratama wrote:Cara paling ampuh utk melestarikan transmisi manual (utk mobil pribadi) adalah dgn menghilangkan macet.
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Tetep dengan tuas dan pedal kopling kalo ane
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Yonatanw wrote:Masih suka transmisi manual meski mobil di garasi uda matic semua.![]()
Abis bawa matic, bawa manual kayak tangan dilepas dari borgol.
Tapi balik ke mobilnya lagi sih, ada juga manual yang ga enak dan malah ndut2an


Gue banget nih! Ini mah tipe tangan pecicilan, tiap nyetir pingin mindahin persneling mulu, jadi tangan kiri suka megang tuas gearbox.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Good. At least, HSA buat manual ada di mobil macam Etios yang cuma dipasarin 5MTstevenanthony wrote:iyah, kalo uda ada 2 tech itu apalagi harganya lebih murah manual, pasti peminatnya bertambah, yaitu orang2 yang pengen merasakan 'nikmat' manual tapi gak bisa/gak lancar bawa manualarfs wrote:Setuju, tapi tambah rev-match downshift biar smooth waktu ganti gigi dan biar gk lock roda penggerak nya.stevenanthony wrote:
ane setuju banget sama ini. tuas transmisi + kopling konvensional tapi ada hsa nya. jadi ga perlu repot2 kalo di tanjakan, atau jalanan yang ga rata, kadang driver pengalaman aja masih ada mundur dikit mobilnya baru lgsg maju.
Udah gitu bikin awet gearbox juga pula sistem rev-match downshift.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
kalo gak salah brv udah ada hill start assist om CMIIW, waktu awal peluncurannya seinget ane baca ada hsa nya...B1335AM wrote:
Good. At least, HSA buat manual ada di mobil macam Etios yang cuma dipasarin 5MT
hrv juga ada, auto brake hold

2015 Honda HR-V E CVT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Anki
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Kalo ga salah, brv nya harus yg prestige ya? Karena sodara saya beli yg E ga ada fitur itu. Cmiiw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Oe prefer yg konvensional tanpa perlu gimmick macam2. Dan kalo bisa response DBWnya di bikin lebih cepat, biar sensasi manualnya lebih total..
Kalo at sih bodo amat, tapi kalo mt, response dbw besar pengaruhnya..
Kalo at sih bodo amat, tapi kalo mt, response dbw besar pengaruhnya..
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
di eropa manual shifting masih dominant n lengkap dgn kick clutch pedal
umumnya 6speed n ada engine start assist yg jamin mobil tdk lompat saat starting up lupa pressing down clutch pedal
umumnya 6speed n ada engine start assist yg jamin mobil tdk lompat saat starting up lupa pressing down clutch pedal
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Kalau di Eropa masih banyak transmisi manual, betulkah di AS justru menunjukkan kebalikan trend bahwa transmisi otomatis lebih on viral (ngetrend)?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Apr 14, 2008 5:07
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
di US sekitar 1 manual : 4 auto perbandinganya, harga mobkas manual pun lebih jatuh.B1335AM wrote:Kalau di Eropa masih banyak transmisi manual, betulkah di AS justru menunjukkan kebalikan trend bahwa transmisi otomatis lebih on viral (ngetrend)?
manual supaya lestari?
1. Yg sebenernya kita (sangat) butuhkan dari auto adalah creeping nya pas macet. Kalau manual bisa ditambahin fungsi auto creeping sip dah.
2. Short throw / quick shift manual.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual


OK, berdasarkan info Om Loopback, di USA menunjukkan trend transmisi otomatis lebih tinggi ketimbang manual, sementar di Eropa (termasuk UK) menunjukkan hal sebaliknya.
Dari mana itu infonya? Signifikan juga perbandingan. Apa hal ini berkaitan juga dengan kehidupan urban metropolitan di AS lebih banyak ketimbang di pinggiran / pedesaan?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Sun Dec 13, 2015 14:40
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
btw udah ada kah..yang mobil manual tapi koppingnya d tangan...jadi kyk mobil matic..d tuasnya kn ada tombol..pas dia pencet tombol berarti lg teken kopling..pas d lepas baru masuk giginya..jd ntr d tuas tranamisinya ada tulisan 1 smpe 5 (kalo 5 speed) dr atas k bawah...trus gigi mundurnya k atas..tp bener2 full manual..cmn mindahin kopling dari kaki kiri k jempol kiri...wkwkkwk....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
kalo custom ada om, pasang aja easy clutchnekosaiyajin wrote:btw udah ada kah..yang mobil manual tapi koppingnya d tangan...jadi kyk mobil matic..d tuasnya kn ada tombol..pas dia pencet tombol berarti lg teken kopling..pas d lepas baru masuk giginya..jd ntr d tuas tranamisinya ada tulisan 1 smpe 5 (kalo 5 speed) dr atas k bawah...trus gigi mundurnya k atas..tp bener2 full manual..cmn mindahin kopling dari kaki kiri k jempol kiri...wkwkkwk....

-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Biarkan apa adanya, say no to assist
Selalu ada manusia kayak ane yg penyuka teknologi jaman batu
Selalu ada manusia kayak ane yg penyuka teknologi jaman batu
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Saya tidak suka mobil manual.
Saya tipikal orang yang nyetir kaki kiri di jok seperti duduk di warteg, atau kaki kiri nyebrang ke jok nyubit betis penumpang sebelah.
Saya tipikal orang yang nyetir kaki kiri di jok seperti duduk di warteg, atau kaki kiri nyebrang ke jok nyubit betis penumpang sebelah.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
saya juga lebih suka manual. mengenai pas berhenti di tanjakan, biasanya ya pake handbrake utk minimalisir mundur dulu sebelum jalan. btw setuju sama om di atas tuh, respon dbw nya dibuat lebih responsif
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
nah itu bener .... EC itu sering di pasang di taxi taxi di korea trutama di kampung kampungdaftar wrote:kalo custom ada om, pasang aja easy clutchnekosaiyajin wrote:btw udah ada kah..yang mobil manual tapi koppingnya d tangan...jadi kyk mobil matic..d tuasnya kn ada tombol..pas dia pencet tombol berarti lg teken kopling..pas d lepas baru masuk giginya..jd ntr d tuas tranamisinya ada tulisan 1 smpe 5 (kalo 5 speed) dr atas k bawah...trus gigi mundurnya k atas..tp bener2 full manual..cmn mindahin kopling dari kaki kiri k jempol kiri...wkwkkwk....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
selama mobil masih torsi kecil jelas manual paling menguntungkan untuk akselerasi dan tanjakan tapi kalau torsi udah 400Nm transmisi otomatis yg busukpun pasti keluar tenaganya
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
Kalo torsi kingkong dikasih matic yg busuk ya powerloss akan banyak sekali boss......koplingnya selip2....shifting gak karu2-ansolar_kerosen wrote:selama mobil masih torsi kecil jelas manual paling menguntungkan untuk akselerasi dan tanjakan tapi kalau torsi udah 400Nm transmisi otomatis yg busukpun pasti keluar tenaganya
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
kopling yang pake kawat harusnya udah ga ada lagi, semua mobil termasuk LCGC & niaga harusnya pake hidrolis

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36
Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual
sy di kampung, mobil manual semua... xr matic (cvt?) juga diganti lio manual...ripratama wrote:Cara paling ampuh utk melestarikan transmisi manual (utk mobil pribadi) adalah dgn menghilangkan macet.
|ertelu gx 13||miras glx 14|