Kali ini piyiks mencoba review sebuah mobil kembaran dari Toyota Calya yang sudah piyiks review sebelumnya
Review ada disini : viewtopic.php?f=19&t=24242
Karena selama ini baru pada nyobain AT yang lemot, piyiks beruntung untuk bisa mencoba sigra bertransmisi manual dengan mesin 1.200cc
Ok, let's start..

1. Eksterior & Interior
Eksterior ga usah review lagi deh, bisa diliat di : viewtopic.php?f=19&t=24246
*credit to Om silvermun*

Untuk interior, saya lebih suka yang sigra karena memiliki kesan lebih lega karena tidak ada seatbelt tengah yg bergelantungan di plafon tengah


Lalu warna dashboard yg lebih terang ( beige vs coklat tua ), serta warna ambient head unit bawaan berwarna putih ( calya warnanya orange, ga enak di mata )

Bonus, ini sigra trim D yang 1000cc, bahkan sudah ada peredam panasnya

2. Driving Impression
Pertama, saya minta maaf karena ga ada fotonya dari driver, silahkan lihat foto diatas saja

Oke ini berbeda dari sebelumnya, karena yg saya coba sebelumnya bertransmisi automatic yang sangat amat lemot sekali.
Dari situ saya dan teman2 di WASEM, sangat penasaran dengan bagaimana impresi manualnya, jadi inilah daihatsu Sigra Manual
Pertama, saat saya coba starter, masih sama dengan maticnya, haluss sekali suara mesinnya.
Posisi nyetir cukup pas, tapi karena ini tidak tilt steering, posisi leher setir jadi terasa terjepit oleh kaki saya saat nyetir.
Feel cukup beda karena saat pakai matic, kaki kiri bisa lebih istirahat agak kekiri sedangkan kalau manual kaki kiri harus standby di deket kopling yg posisinya cukup dekat dengan rem.
Kopling sangat ringan, lalu coba masuk ke 1 ternyata *agak* seret mungkin karena belum terbiasa dengan tuas model seperti ini.
Saat digas, ternyata lebih responsif dari saudaranya yang matic. Tenaga masih cukup terasa sampai 3500an RPM abis itu ngempos, red line di 6000rpm. Manualnya bisa saya katakan jauh lebih enak daripada maticnya untuk respon mesinnya. Akan tetapi sama saja dengan avanza dual vvti, mobil ini cukup lemot jika dibandingkan dengan non dual vvti.
Suara dari luar cukup diredam dengan baik oleh mobil ini, begitu pula suara mesinnya. Akan tetapi, suara kolong mobil saat jalan di paving masih sangat kedengaran

Posisi tangan dengan tuas transmisi, surprisingly, tangan saya pas jika disenderkan ke arm rest dan untuk menggeser tuas transmisi dari atas ke bawah ( 1 - 2, 3 - 4 ) pas banget, malah enak juga ternyata


Saat saya coba kick down di jalan dalem perumahan, ternyata gigi 4 saja bisa lari 100, cuma emang ga langsung naik cepet, naiknya pelan2 ala dual vvti


3. Passenger Point of View
Setelah selesai nyetir, saya gantian dengan teman saya dan saya duduk di belakang. Duduk di row 3 dengan posisi row 2 mentok ke depan awalnya terasa pas.
Dan semua itu berubah ketika teman saya mencoba rem mendadak, dengkul saya kepentok row 2. Posisi duduk row 3 agak jongkok, lama2 capek juga ketika saya disetirin sekitar 15 menit, mungkin row 3 ini lebih cocok buat anak kecil deh

Puas dari row 3, saya melompat ke row 2, cukup gampang lompat dari row 3 ke row 2 ketika mobil berjalan

Posisi duduk di row 2 agak menggantung kaya di avanza xenia lama, dan dengan posisi row 2 mentok ke depan dan driving position temen saya sama dengan saya ( agak tengah ), leg room masih banyak.
Duduk di row 2 untuk waktu yg panjang mungkin agak melelahkan karena paha anda tidak ada penyangganya

Itu adalah posisi paha saya duduk di row 2, di row 3 kurang lebih sama tapi agak jongkok


Leg room saya di row 3

Pemandangan dari row 2

Pemandangan dari row 3
4. Kesimpulan
Jika anda mengincar mobil ini, sangat saya sarankan untuk mengambil manualnya jika kota anda belum terlalu macet dan anda bisa nyetir manual.
Jangan sekali2 menaruh orang berbadan gambot di row 3 atau dia akan sangat tersiksa disana. Row 3 lebih cocok untuk anak kecil.
Tambahan nilai + dan - dari review sebelumnya
Plus

- Manual jauh lebih enak daripada maticnya
- Harga lebih murah dari calya dengan fitur yang kurang lebih sama
- Driving position untuk manualnya oke lah
Minus

- Row 2 dan 3 kurang cocok untuk perjalanan panjang
- Peredam kolong payah
- No ABS di Sigra Manual, hanya ada di matic
Sekian dari review ane, kalo ada salah mohon dimaafkan ya, kalau ada masukan tolong disampaikan

oh ya tambahan, perbandingan Sigra dengan Datgo + daripada disalahgunakan oleh oknum pembenci si kembar ini..
Plus nya sigra dari goples
1. Row 2 sigra walaupun kurang enak buat jalan panjang karena kaki agak gantung, rasanya masih sama sedikit banyak kaya avanza, dengan headrest pun cukup lumayan enak daripada datgo + yang sama sekali ga ada headrestnya, posisi duduk 11 12 lah..
2. Row 3, walaupun ue bilang ini untuk anak kecil. Anak kecil di row 3 akan sangat dimanjakan dengan lubang2 yang bisa diisi makanan / minuman, row 3 jauh lebih lega dari goples. Untuk orang postur 160 - 165 mgkn akan cukup manusiawi ( ue 172, longgar sih, tapi kalo buat jauh

3. Dashboard Sigra lebih enak dipandang IMHO + hand brake yang lebih enak dipakai jg daripada model tarik gitu, dan ada arm restnya:mky_02:
4. Mesin 4 cyl halus, oke lah ini faktor harga juga main, tapi kalau suruh pilih sigra seri X (non deluxe) sama goples top trim sih, ue berani nambah sekitar 10jt buat sigra..
5. Peredaman kabin lebih baik dari datgo.
6. Safety feature nya sigra better deh.. 2 airboobs vs 1 airboobs, pasang 1 aja udah 10jt. balik modal ini buat nombokin ke sigra..
7. Sigra lebih ke comfort driving, kenapa ? karena dia tidak seruntulan. Ini lebih cocok buat kenyamanan orang yang duduk di belakang jadi ga kaget kalo narik kecepetan.. Dual vvti akan menahan hasrat anda untuk lari kenceng.. Low di putaran bawah, cukup ngisi diatas, walaupun akselerasi buruk..
8. Jaminan free jasa servis + garansi dari astra s/d 50 ribu KM.. ini cukup menarik..
Plusnya goples dari sigra
1. Bawahnya lebih enak, walaupun atasnya ngempos, lebih enak buat seruntulan di dalem kota
2. Kaki kalo waras sih enakan datgo, tapi ya gitu deh

3. MURAHHHHHH
4. Komunitas datgo yang udah cukup besar dan banyak member yang suka modif ( jika anda suka modifikasi )
Kesimpulan :
Anda mencari mobil murah bisa seruntulan : Take Go or Goples
Anda mencari mobil yang lebih manusiawi untuk keluarga anda, lebih manusiawi di row 2 dan 3, then take sigra..
Saya tidak terafiliasi dengan merk manapun termasuk merk yang saya review ini.. Terima kasih sudah membaca.. Sekian dari SerayaMotor

well goples, u're really hopeless now..