Dakar 4x4 vs Vrz 4x4

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

SMT
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Aug 03, 2016 13:14

Dakar 4x4 vs Vrz 4x4

Post by SMT »

Para Juragan, Master, Suhu dan Senior :big_peace: :big_peace:


Ane mau konsultasi nih

Untuk Perbandingan Pajero Sport dakar 4x4 Vs Fortuner vrz 4x4
1. Kabin
2. Feature
3. Nyaman pada saat masuk medan berat maupun jalan biasa - Suspensi
4. Konsumsi BBM
5. Interior



Mohon dengan sangat pencerahannya.. :e-pray: :e-pray: :e-pray:
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Dakar 4x4 vs Vrz 4x4

Post by armann »

Bantu jwb om.
1. Selera sih tp cenderung bagusan fortuner, lebih mewah, corak warna kayunya lebih oke, soft touch bnyk dari tipe g sekalipun, pas mlm cabin ambientnya jg dapet, lampu interior udh led, detailing interior jg unggul drpd pajero sport (door lock switch ada tmptnya spt layaknya mobil2 jepang, switch lampu ada backlit, ac dpn blkg jg model digital dgn warna backlit biru

2. Feature ya 11 12. Safety feature fortuner lebih unggul karena yg dibandingin adalah vrz 4x4 dgn anps dakar 4x4, dpt curtain airbag, anps cmn 2, traction control, hill start assist dua2nya ada smua, difflock dua2nya ada, powerback door di fortuner, sunroof di pajero, lampu interior led di fortuner, all around view monitor di anps, dan adanya terrain selection di mode 4x4 anps, fortuner gk ada.

3.Nyaman kalo empuk sy blg fortuner ya, cmn dua2nya masih acceptable dan bantingannya gk keras2 amet, ya ini ladder frame suv, gk bakalan bs cari handling mantep. Tp fortuner pun saking empuknya kadang2 sampe ajrut2an kalo medannya parah bgt. Bangku first row enakan di anps kalo 2nd rownya sih mending fortuner walaupun headroom sempit ya, kerasa rebah dan leg supportnya lebih enak.

4. Konsumsi bbm mungkin mirip2 ya, anps gk gitu tau, sy punya fortuner vrz 4x2 dpt di 10km/l an dalkot. Gatau ya kalo yg 4x4 bedanya brp bnyk.

5. Interior ya sm kabin sama, sy cenderung milih fortuner dibanding anps, agak bias emg karena sy pengguna fortuner tp ini pun subjektif.

Btw... tenaga gk msk kriteria penting ya? Kalo gitu sih sy saranin fortie vrz 4x4 aja om dibanding anps, lebih enak buat cruising, tenaga terasa linear, sekali lagi sorry kalo dianggap bias :big_peace: , kalo tenaga itu aspek penting ya vote anps dakar 4x4.... imho, ambil aja everest 4x2 titanium kalo offroadnya gk ekstrim2 amat, msh capable kok, ya dgn konsekuensinya ass ford yg blm jelas
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
marketingvwpusat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sat Dec 12, 2015 6:59

Re: Dakar 4x4 vs Vrz 4x4

Post by marketingvwpusat »

Kedua duanya ada plus minus nya om. Coba showunit n test drive aja om biar terasa bedanya.
Nih ane recomended Sales Supervisor Mitsubishi: 081212449688 / 081905488588 Yesha. Makasih om
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dakar 4x4 vs Vrz 4x4

Post by billyd1773dz »

SMT wrote:Para Juragan, Master, Suhu dan Senior :big_peace: :big_peace:


Ane mau konsultasi nih

Untuk Perbandingan Pajero Sport dakar 4x4 Vs Fortuner vrz 4x4
1. Kabin
2. Feature
3. Nyaman pada saat masuk medan berat maupun jalan biasa - Suspensi
4. Konsumsi BBM
5. Interior



Mohon dengan sangat pencerahannya.. :e-pray: :e-pray: :e-pray:
sya tambahin dri fitur 4x4nya ya.. yg lain2 sy rasa sudah bnyk yg bahas....


ANF punya Rear difflock. baik yang G 4x4 atau VRZ 4x4. ANPS tidak ada. ini fitur penting untuk off road extreme, lebih old school dan robust dari kontrol traksi. meski hanya aktif di axle blkng.

Kontrol traksi ANPS dan ANF VRZ 4x4 ada. ANPS namanya off road mode, VRZ A-Trak. both equaly good meski VRZ fungsinya tdk ada mode2an. kontrol traksi bisa kerja di ke 4 roda. sedangkan Rear Difflock hanya di axle blkng. bedanya kontrol traksi tdk selalu aktif dan ngandalin sensor elektronik, rear difflock setelah di aktifkan akan jalan terus. kontrol traksi tdk mempengaruhi handling dan malah justru membantu handling. rear difflock bisa menyulitkan handling. kontrol traksi butuh waktu slip dulu sblm kerja, difflock seamless tampa jeda.

ANF VRZ ada hill decent control, ANPS tidak ada.

ANPS 4x4 nya bisa di gunakan di aspal, ada mode Fulltime/AWD. ANF hanya untuk offroad.

so.. untuk off road extreme saya vote ANF 4x4.... fitur offroad lebih banyak dan serius dibanding ANPS. VRZ Rear Difflock + traction control + hill decent control atau G Rear Difflock only dgn sisa duit bisa di beliin front difflock.

untuk all round.. vote ANPS dakar 4x4 karna mode 4x4 nya bisa di gunakan di aspal/gravel. off road aidnya kontrol traksi only





klw ga butu 7seat.. coba lirik dcab.. harga lebih murah fitur g kalah.


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 536
Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46

Re: Dakar 4x4 vs Vrz 4x4

Post by teppey »

Kalau ga pernah bawa offroad kayanya percuma ya pakai fortuner 4x4, ga bakal terpakai 4x4 nya, mendingan fortuner 4x2 atau ps 4x4.

Fortuner 4x4 G bukannya banci ya ga ada A-Trac padahal A-Trac katanya bagus sekali. Antara fortuner G sama Vrz saya tutup mata SOAL beda harga pilih VRZ.

Kalau lebih suka ps mending tunggu tahun depan ckd siapa tau dikasih Rear differential lock
Stygulator
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Thu Aug 13, 2015 14:33

Re: Dakar 4x4 vs Vrz 4x4

Post by Stygulator »

Lho? Rear diff lock setau ane di PS lawas ada (cmiiw?), jd di ANPS disunat KTB?
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Dakar 4x4 vs Vrz 4x4

Post by FMEAKD »

Yang kena sunat itu LSD...
Hmm dokar 4x4 vs vrz 4x4, kalo lumpuran masih unggul vrz.. Udah pernah dibahas di trit axle.. Pergi dan jelajahi.. Manggil mod billy..
Kalo dokar bisa juga di lumpur kurang sehebat anf tapi, dan sekarang udah bagus main diaspal.. Dulu fortie yg cuma bisa.. Sebab 4x4 fortie itu fulltime (bukan awd).. Sekarang di buat kayak biasa..
Jadi sesuai kebutuhan aja.. Ini mau main lumpur? Atau main aspal light offroad, atau main ke mall?
For sure saya lebih nyaranin ANPS GLX aja kalo beneran untuk lumpuran. LSD
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dakar 4x4 vs Vrz 4x4

Post by billyd1773dz »

teppey wrote:Kalau ga pernah bawa offroad kayanya percuma ya pakai fortuner 4x4, ga bakal terpakai 4x4 nya, mendingan fortuner 4x2 atau ps 4x4.

Fortuner 4x4 G bukannya banci ya ga ada A-Trac padahal A-Trac katanya bagus sekali. Antara fortuner G sama Vrz saya tutup mata SOAL beda harga pilih VRZ.

Kalau lebih suka ps mending tunggu tahun depan ckd siapa tau dikasih Rear differential lock
banci gimana om..............


4x4 G ada Rear Difflock. Suv 4x4 pling murah di indo sampai Rp 1.3 Miliar (jeep JK Rubicon dan Everest 3.2) yang punya rear difflock itu hanya fortuner G 4x4 dan VRZ 4x4.

A-Trac sangat bagus , tapi dgn sellisih costnya bisa bwat beli front difflock. itu lebih berguna untuk off road extreme. A-Trac cukup efektif untuk traction aid, namun naturenya yg ngandalin elektronik sensor dan ada jeda sblm berkerja tidak sebaik dan tahan di abuse as mekanikal difflock

dan di hilux/fortuner jika rear difflock aktif, A-Trac akan disable.


selain itu G speknya lebih simple, minim elektronik nanies.... less changes to goes wrong, dan ga sayang2 amet untuuk off road berat.

well for severe off road use, keduanya mantap.. klw ada duit lebih y monggo ambil VRZ.

atau malah klw offroad nya light to mid aja sie lupakan ANF dan ANPS.. get AWD instead.... jauh lebih nyaman, better road manner and handlling.. offroad ringan to mid jg no prob.

Stygulator wrote:Lho? Rear diff lock setau ane di PS lawas ada (cmiiw?), jd di ANPS disunat KTB?
PS lawas ada hybrid LSD... bukan rear difflock... hanya triton HD-X yg sempat pke rear difflock itu pun berjenis otomatis, tdk selectable seperti di fortuner
FMEAKD wrote:Yang kena sunat itu LSD...
Hmm dokar 4x4 vs vrz 4x4, kalo lumpuran masih unggul vrz.. Udah pernah dibahas di trit axle.. Pergi dan jelajahi.. Manggil mod billy..
Kalo dokar bisa juga di lumpur kurang sehebat anf tapi, dan sekarang udah bagus main diaspal.. Dulu fortie yg cuma bisa.. Sebab 4x4 fortie itu fulltime (bukan awd).. Sekarang di buat kayak biasa..
Jadi sesuai kebutuhan aja.. Ini mau main lumpur? Atau main aspal light offroad, atau main ke mall?
For sure saya lebih nyaranin ANPS GLX aja kalo beneran untuk lumpuran. LSD
iyup.. sebenernya beda di rear difflock aja.. Ram travel index blm tau lebih bagus mana. feeling sya dan beberapa review luar lebih baik di fortuner.

dokar skrng uda lebih baik, yg dulu low rangenya payah. hanya 1:1.9 yg skrng uda 1;2.56 setara dgn toyota.

yup fortuner yg dulu fulltime seperti prado dan landcruise, bisa di pke di aspal.. dakar dri dulu juga punya mode fulltime meski bisa 4x2 juga seperti pajero.

ntah yg skrng fortuner jadi seperti hilux partime only. mungkin untuk differensiasi dgn prado karna skrng di jual di oz berdampingan juga.



yet imho mau anps atw anf u cant get wrong for either these car. keduany capable offroad.

anps GLX jika tdk masalah dgn transmisi manual. hehe LSD hybrid nya jg one of the best LSD on the market. jauh lebih baik dri LSD clutch biasa. tapi ratio lowrange nya jika masi sama dgn triton itu hanya 1:1.9 persis dgn PS lama. crawl rationya kurang low

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 536
Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46

Re: Dakar 4x4 vs Vrz 4x4

Post by teppey »

Sorry bukan bermaksud menghina G 4x4 soalnya sepengertian saya A-Trac ga bisa dipasang aftermarket, tapi kalau rear locker misalnya di PS bisa pasang aftermarket, malah keuntungannya traction control dan rear locker bisa berjalan bersama2.

AWD yg bagus apa ya Om Bill, baca review Captiva sepertinya very good value for money tapi ga gitu nafsu modelnya.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Dakar 4x4 vs Vrz 4x4

Post by solar_kerosen »

kalau buat offroad sih gak enak body panjang, harus pendek kaya jimmy atau taft
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun