Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 2

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Winata wrote:CHELSEA GOES TO HELL.

Ada ide komuniteas LIVINAMU. LIVINA MANCHESTER UNITED CLUB. di BOdy LIvina ditampilkan Bodykit MU. BIar suruh MU yang sponsor dana.

Saya daftar duluan deh ..... atau kalau terlalu sempit bisa aja kita buat Nissan Manchester United Club (N-MU-C)

Bung winata untuk tahap awal kita design stikernya yang cantik, lucu dan futuristik ...? Biar bikin sirik pengguna Livina lain yg gak suka Manutd ...he..he..
alex99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Apr 02, 2007 6:59

Post by alex99 »

pak wardana gimana nih reviewnya setelah make livina beberapa hari kok gak ada ??
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Wah anda membelah kutup lagi dalam livina. Setelah TOYOTA dan NISSAN. Sekarang dalam NISSAN adalagi musuh, antara NISSAN MU dan NISSAN non MU. Boleh aja tuh. Saya livina ga ada merah. Gw musti cat merah lagi.

Request ke NMI yuk kaya JAZZ SUPERMAN, kita request LIVINA MU.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Waaaa.... boleh tau nama tokonya bos winata? PM donk
Winata wrote:Wow boleh buat forum pecinta MANCHESTER UNITED. I LOVE MU. GLORY GLORY MANCHESTER UNITED.

Rupanya di PMK sudah tersedia asssoris LIVINA TUH lebih murah banyak dari yang ATPM pny. Ada dual pipe, bumber bulat, highmountstoplamp, dll deh. Murah sekali. Gw ga rencana pasang yang atpm punya. Kemahalan lagian dijalan orang2 juga ga tau kita pake yang asli or aftermarket punya.
sutanmudonankayo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Fri Apr 13, 2007 10:15

Post by sutanmudonankayo »

ichsan_n wrote:Waaaa.... boleh tau nama tokonya bos winata? PM donk
Winata wrote:Wow boleh buat forum pecinta MANCHESTER UNITED. I LOVE MU. GLORY GLORY MANCHESTER UNITED.

Rupanya di PMK sudah tersedia asssoris LIVINA TUH lebih murah banyak dari yang ATPM pny. Ada dual pipe, bumber bulat, highmountstoplamp, dll deh. Murah sekali. Gw ga rencana pasang yang atpm punya. Kemahalan lagian dijalan orang2 juga ga tau kita pake yang asli or aftermarket punya.
Mau juga donk bung, PM aku juga yah...
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Rata2 toko asseoris sudah ada kok. LIat aja yang jual assesoris NISSAN SERENA, TERANO, XTRAIL sudah banyak yang jualan asesoris LIVINA. Gw lupa tokonya. ada 4 toko khusus NISSAN. Tapi yang bukan khusus NISSAN juga sudah ada
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Spion Electric Livina

Post by ichsan_n »

So gini guys, Masalah mengenai aksesoris.. mending harus clear dulu nih. Masalah ganti ini, tambah ini.. you know.. gw jd sangsi sekarang. karena menurut NMI HAL ITU TERLALU BAHAYA BAGI ECY. MASA RAKIT MOBIL BISA, PASANG SPION ELEKTRIK AJA KAGA BISA! MEMALUKAN!! Kaga abis pikir gw emang seberapa besar hubungan antara ECU dengan elektrik mirror sih? setahu gw cuman masalah kabel, rellay.. dlll.. deh.. apa BENER spion juga harus diatur ECU? Nah lalu, jadi selamanya yang kaga elektrik mirror ngga bisa dirubah gitu? Hahaha.. kacienn dee (dari tadi gw mau attach emailnya kok kaga bisa yak?)
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Mr Alex.

weekend lalu saya belon sempat pergi berlama2 dengan livina, berhubung anak kurang sehat saya cuma ke dokter saja lantas balik lagi ke rumah. saya belum bisa pergi jauh2, secara overall seperti review saya yg lalu.
handling livina sangat nyaman, istri saya senang sekali, sebenarnya pengen jalan2 yg jauh tapi kondisi belum memungkinkan.

konsumsi bbm belum bisa diukur secara akurat, yg jelas selama ini saya sudah jalan 32 km menurut odometer, penunjuk bensin belum menunjukkan penurunan yg banyak, ditambah setiap sore saya panasin mobil 3 menitan.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Bung Ich-san, yang jawab siapa ? Pak Ronny ? Sebab saudara saya bilang ganti electric mirror seharusnya ngak susah kok.


Bung Wardana, kalau saya bilang, mobil jaman sekarang sudah tidak perlu lagi di panaskan. Percaya saya. Saya pakai mobil 2 biji sudah berapa tahun. Ngak pernah saya panaskan. OK OK saja tuh...


Oh iya, jangan lupa tekanan ban di pastikan. Sebab orang bengkel kadang lupa atau salah adjust tekanan ban mobil kita. Kalau saya, justru habis service besar, check lagi, dan kadang memang angkanya tidak benar.


Sebab saya tau sendiri, kalau misalnya standardnya 33 psi tapi nyatanya cuman say 25 psi, BBMnya langsung berasa boros. Biasanya saya hafal, jarum di posisi kotak 1, kotak 2, kmnya sekitar berapa. Tapi kalau meleset jauh, pasti ada yang ngak benar...


Dan biasanya tekanan ban penyebabnya... Hal yang penting, gratis, tapi sering orang cuekin.


Tire pressure.... Sangat penting. Naikan 1-2 psi di atas standard juga OK. Untuk jaga pakai 1 bulan lupa check, turun sedikit, masih dekat ama standard...
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Re: Spion Electric Livina

Post by hunter »

ichsan_n wrote:So gini guys, Masalah mengenai aksesoris.. mending harus clear dulu nih. Masalah ganti ini, tambah ini.. you know.. gw jd sangsi sekarang. karena menurut NMI HAL ITU TERLALU BAHAYA BAGI ECY. MASA RAKIT MOBIL BISA, PASANG SPION ELEKTRIK AJA KAGA BISA! MEMALUKAN!! Kaga abis pikir gw emang seberapa besar hubungan antara ECU dengan elektrik mirror sih? setahu gw cuman masalah kabel, rellay.. dlll.. deh.. apa BENER spion juga harus diatur ECU? Nah lalu, jadi selamanya yang kaga elektrik mirror ngga bisa dirubah gitu? Hahaha.. kacienn dee (dari tadi gw mau attach emailnya kok kaga bisa yak?)
gua gak ngerti soal ini. cuman mau share dikit aja...
untuk masalah elektronik, memang cukup riskan/beresiko. gak usah jauh2 dlm hal mobil. untuk motor suzuki thunder 125 saya saja, ada kejadian2 dimana terjadi korsleting pd kelistrikkan di thunder ini, yg DISEBABKAN krn pemasangan alarm yg tidak tepat. atau hal2 yg lain, misal klakson keong, lampu2 tambahan. ini yg gua dapet selama di milis thunder loh.

nah apalagi mobil2 yg pake ECU, resikonya lebih besar kalo pemasangan tdk dilakukan oleh orang2 yg bener2 tahu. meskipun hanya nyambung kabel dr aki. kalo saya sih agak takut. soalnya kalo masalah merembet ke ECU, wah habis berapa duit tuh. Livina masih mending. mobil Zafira yang sarat dengan elektronik lebih beresiko lagi. Bahkan ganti/bersihin kampas rem saja, kalo salah bisa mengakibatkan sensornya rusak (hasil ikut milis juga). Dan tentunya pihak produsen gak mau menjamin hal2 tersebut. mangkanya jaminan bisa hangus kalo dilakukan pihak luar.
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

wardana wrote:Mr Alex.

weekend lalu saya belon sempat pergi berlama2 dengan livina, berhubung anak kurang sehat saya cuma ke dokter saja lantas balik lagi ke rumah. saya belum bisa pergi jauh2, secara overall seperti review saya yg lalu.
handling livina sangat nyaman, istri saya senang sekali, sebenarnya pengen jalan2 yg jauh tapi kondisi belum memungkinkan.

konsumsi bbm belum bisa diukur secara akurat, yg jelas selama ini saya sudah jalan 32 km menurut odometer, penunjuk bensin belum menunjukkan penurunan yg banyak, ditambah setiap sore saya panasin mobil 3 menitan.
Hehehe....biasa pak.
Kalo bensin full tank, pasti di awal-awal penurunannya belum terasa.
Nah biasanya kalo sudah mulai dibawah 1/2 tank penurunan jarum penunjuk bensin lebih terasa.
Oh ya, pemanasan mesin tidak akan mempengaruhi banyak di bbm.
Saya lupa angka pastinya, mungkin 0,5 cc per menit, baca di salah satu majalah otomotif. CMIIW yah :wink:

Cumen ngingetin, pak apa isi bensinya sudah sampai full tank? Supaya bisa ukur pemakaian mendekati akurat. :e-clap:
kikipik
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Apr 23, 2007 6:56

Post by kikipik »

@ sithlord , emang ada yang namanya teknologi langsung sempurna ? kecuali obat yg gw percaya memang harus diketahui dulu efek sampingnya .. kalo gitu jangan jual tv hitam putih dunk , tungguin ntar setipis kertas n segede bagong baru dijual .. Gw juga ga setuju hybrid itu langsung dijual kalo membahayakan penumpang lain atau tidak berfungsi seperti apa yg di iklankan,namun di jepang terbukti kalo mobil hybrid ini laku ( gw anggap orang jepang bukan org bodo yah ) ..
Duh anda berdebat model kaya gini aja , langsung merasa di offense banget , biasa aja bro .. Gw sih cuman bisa inggris ala common people lah , mungkin ga se sophiticate or high level seperti anda ..

coba anda broaden your mind di site2 luar juga , jangan hanya di sini ..

Maaf saya mengaku pengetahuan saya memang minim di bidang otomotif , namun bukan berarti saya harus menerima mentah2 semua pendapat para member lain . Prinsip gw tuh , bodo jangan dipiara : artinya coba tuk selalu cari yg bener dan membela yg bener , selalu buka wawasan buat yg baru , jangan berpikiran sempit .. hopefully you too
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

sukasuka_man wrote:
Hehehe....biasa pak.
Kalo bensin full tank, pasti di awal-awal penurunannya belum terasa.
Nah biasanya kalo sudah mulai dibawah 1/2 tank penurunan jarum penunjuk bensin lebih terasa.

Cumen ngingetin, pak apa isi bensinya sudah sampai full tank? Supaya bisa ukur pemakaian mendekati akurat. :e-clap:

Bung suka2_man, emang kalau isi dari full tank terasa agak lama turunnya meter, tapi kalau udah 1/2 tank penurunannya bisa terasa cepat karena bisanya hal ini dipengaruhi oleh bentuk tangki bensinya.


Sebab jika bentuk tangki bensin biasanya bervariasi ada yang tipenya mengecil volumenya kebawah (mungkin ada yg bisa sharing bentuk tangki bensi Livina seperti apa). Jadi jika sudah 1/2 tangki memang bukan terasa seperti cepat habis, emang karena volume tangki yang bawah volumenya lebih kecil dari tangki yang atas sehingga memang kapasitas full tank dgn 1/2 bisa saja beda volumenya.


Tapi jika bentuk tangkinya seperti persegi empat atau sama rata antara yang bawah dan atas hal itu tidak akan terjadi. mungkin pernah pengalaman gak jika kita parkir di lahan yang miring or melewati jalanan mendaki, pasti jarum menunjukkan isi bensin agak aneh, bisa jadi lebih tinggi ataupun juga lebih turun. Hal itu karena sensor tangki posisinya tidak simitris.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Pak suka,

saya gak ada bilang isi full tank, justru saya belum isi bensin sejak mobil datang soalnya masih isi 3/4.
lexastan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri Mar 30, 2007 4:20

Post by lexastan »

KABAR BAIK bro-bro Nissan MU, akhirnya mas Roo menyelamatkan MU dgn golnya di menit 90+1 (ga sia-sia gua jaga malam) setelah bek2 MU sering salah paham sendiri di babak 1. Ya kita tunggu di san siro next week....

Gua juga tertarik sama komentar bung Lord mengenai pemanasan mesin, apakah memang betul mesin sekarang ga perlu dipanasin ...... tolong dijelasin donk aspek teknisnya.

Tolong pencerahan dari b lord atau yang lainnya..... , karena kalau memang betul, enak bener donk, jadi kalau kita keluar kota, para istri ga perlu manasin mobil kita ....

Tks
firstmpv
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: Tue Mar 27, 2007 10:00
Location: The Green

Post by firstmpv »

lexastan wrote: Tolong pencerahan dari b lord atau yang lainnya..... , karena kalau memang betul, enak bener donk, jadi kalau kita keluar kota, para istri ga perlu manasin mobil kita ....
Tks
bung lexastan, dari manual GL yang saya baca jika mobil dalam keadaan dingin disarankan untuk menghidupkan mobil selama 30 detik sebelum jalan. Itu juga yang saya lakukan selama 5 hari ini setelah livina 1.5 saya datang.

Oh iya tambahan juga pertama kali starter jika kondisi mesin dingin putaran mesin (RPM) GL akan berada di kisaran 2000 selama kurang lebih 30detik dan kemudian turun ke kisaran 1200. Jadi saya gak perlu memperhatikan jam tangan saya tetapi cukup melihat RPM apakah sudah turun ke 1200.
lexastan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri Mar 30, 2007 4:20

Post by lexastan »

thks bro,

mksd saya juga selain itu pemanasan seblm jalan adalah pemanasan setiap hari apabila mobil tdk kita pake buat jalan selama seminggu misalnya, apakah perlu dipanaskan tiap hari atau nunggu nanti saja minggu depan pada waktu kita mau pake baru kita panasin???? kalau u yg A/T gmn>???
nono
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Apr 04, 2007 6:25

Post by nono »

Lalu apakah semua Pertamax / P. Plus dapat dipastikan menggunakan HOMC sbg octane booster & dipastikan tidak mengandung Ferrocene ?
Menurut berita PERTAMINA, mereka sudah memakai HOMC sbg octane booster sbg pengganti TEL (timbal) ttp kenapa masih minta izin kepada Menteri Lingkungan Hidup utk mempergunakan Ferrocene sbg octane booster ?
Hal yg bertolak belakang tsb yg membingungkan konsumennya !



Setahu saya, Ferrocene yg berbasis metal (Fe) tak akan meracuni CC yg berbasis Platina (Pt). Yg meracuni CC selain Tel (Pb / timbal) juga Senyawa Sulfur. CMIIW.... Thx.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

tes
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Dari autobild ya

Mobil sekarang tidak perlu dipanasi lagi karena jaman sekarang mobil menggunakan meterial yang memiliki nilai muai yang rendah makanya mobil tak perlu lagi dipanasi lagi. Dan mesin sekarang tidak memerlukan waktu yang lama untuk mencapai suhu ideal. Kalo ritual itu dilakukan hanyalah pemborosan bbm belaka.

Jaman dulu beda. Mobil sulit dan lama untuk mencapai suhu ideal seh8iingga bisa mengakibatkan efiisien mobil menurun karena kerja kompresi dan sirkulasi udara yang tidak optimal dan bisa merusak seluruh komponen bergerak di mesin
Last edited by Winata on Wed Apr 25, 2007 3:32, edited 1 time in total.
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

setau gw ;
1. kudamas di PMK
2. new apollo di Atrium
3. satu lagi toko di Dutamas Fatmawati
4. ??
Winata wrote:Rata2 toko asseoris sudah ada kok. LIat aja yang jual assesoris NISSAN SERENA, TERANO, XTRAIL sudah banyak yang jualan asesoris LIVINA. Gw lupa tokonya. ada 4 toko khusus NISSAN. Tapi yang bukan khusus NISSAN juga sudah ada
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

setuju, selain itu mesin mobil kan diwarranty sampai 100.000 km atau 3 taun. seperlunya aja dipanaskan. lebih bagus dipakai jalan dibandingkan hanya dipanaskan ditempat.
karena kalo dipanaskan ditempat, cuma mempercepat tumpukan karbon aja
firstmpv wrote: Oh iya tambahan juga pertama kali starter jika kondisi mesin dingin putaran mesin (RPM) GL akan berada di kisaran 2000 selama kurang lebih 30detik dan kemudian turun ke kisaran 1200. Jadi saya gak perlu memperhatikan jam tangan saya tetapi cukup melihat RPM apakah sudah turun ke 1200.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bung Nissanlover,

Thanks untuk advicenya, tadinya saya cuma takut akinya yg tekor kalo gak dipanasin 1 mingguan, memang anda benar lebih baik dijalanin dr pada cuma dipanasin. thx
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

sama-sama Bung Wardana, bila transmisi GL anda matik, jangan lupa siapkan selalu "kabel jumper accu".
atau charger accu yang dapat diperoleh di toko aksesoris.
wardana wrote:Bung Nissanlover,

Thanks untuk advicenya, tadinya saya cuma takut akinya yg tekor kalo gak dipanasin 1 mingguan, memang anda benar lebih baik dijalanin dr pada cuma dipanasin. thx
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

Winata wrote:Dari autobild ya

Mobil sekarang tidak perlu dipanasi lagi karena jaman sekarang mobil menggunakan meterial yang memiliki nilai muai yang rendah makanya mobil tak perlu lagi dipanasi lagi. Dan mesin sekarang tidak memerlukan waktu yang lama untuk mencapai suhu ideal. Kalo ritual itu dilakukan hanyalah pemborosan bbm belaka.

Jaman dulu beda. Mobil sulit dan lama untuk mencapai suhu ideal seh8iingga bisa mengakibatkan efiisien mobil menurun karena kerja kompresi dan sirkulasi udara yang tidak optimal dan bisa merusak seluruh komponen bergerak di mesin
kira kira mbil apa yang udah ga perlu pemanasan engine ? dilihat berdasarkan apa ini ?