WHAT IS THIS THING

Geely Emgrand7 pertama kali dilahirkan tahun 2009 dan merupakan usaha pertama Geely untuk memproduksi mobil yang layak untuk di export ke pasar Eropa. Emgrand ini di Geely bisa dibilang divisi mobil mewah mereka, makanya badge yang dipakai pun agak beda. Sedikit copy-copy Caddy kalau saya lihat.
OUTSIDE

Tidak banyak yang bisa diceritakan. Bentuknya bland dan anonymous. Looks like 2000's car dari depan kalau bisa saya bilang. Untungnya desainnya gak nyeleneh, masih bisa dicerna dengan mudah meskipun tidak menarik. Mungkin kalau mau cari bagian paling menarik dari mobil ini sepertinya bokongnya yang sebenernya gak menarik juga. Kalau lihat ukurannya mungkin bisa dibilang sebesar Focus atau Golf. Still, mobil ini masih better looking than, lets say, Etios Valco.

INSIDE

Seakan mengikuti tema desain luarnya, mobil ini juga cukup membosankan di dalam. Outdated dan agak mengingatkan saya ke masa suram KIA-Hyundai. Warna interiornya abu-abu dan beige dengan kualitas yang agak kurang tapi surprisingly masih bisa ditoleransi. Tapi bagian-bagian trim silvernya sudah kusam. Fitur yang terdapat di audionya entah apa karena saya tidak tertarik bermain-main, tapi yang jelas mobil ini sudah punya automatic climate control. Kursi sudah dibungkus leatherette yang untungnya cukup rapi. Shift knob agak tacky dan stirnya nampak agak out-of-place. Tapi overall untuk mobil 259 juta yang di diskon 125 juta sebenernya not that bad. Oiya, posisi duduk mobil ini lumayan pas dan di belakang cukup lega dan mobil ini juga punya 6 airbag yang menurut salesnya merupakan hasil dari akuisisi Volvo oleh Geely. Ya, singkatnya dia bilang mobil ini setara Volvo soal safety. Okay then, sir.



DRIVING IT

Mobil ini menggunakan mesin berkode JL-Gamma 4G18 (apakah ada connection dengan mitsu??) berteknologi DVVT. Tenaga maximumnya 102 kW yang artinya beda tipis dengan Civic FD 1.8. FYI 102 kW itu kira-kira sekitar 136 hp. Setelah memutar kuncinya yang suspiciously mirip banget kunci Golf Mk. VI, mesin JL Gamma blablabla pun hidup dan ternyata getarannya normal. Cukup halus meskipun bukan yang paling halus, normal-normal saja. The problem came ketika saya mau mundur, shifternya agak kurang presisi dan kurang feedback. Sukses membuat gear grinding karena engagement belum proper. Ok, saya maklumi mungkin saya yang belum biasa.
Koplingnya agak berat dan engagement point agak vague. Start awal lumayan enak, cukup untuk stop and go. Saya coba gas lebih dalam ternyata lumayan responsif powernya. Cukup galak di tengah meskipun untuk ke rpm atas agak habis nafas dan agak kopong di bawah kalau dibanding 1.8 liter punya jepang. Rasio gigi masuk akal, enak untuk pemakaian di kota. Penempatan pedal oke, heel n toe cukup mudah dan remnya juga lumayan gigit. Emgrand7 ini menggunakan rem cakram ventilasi di depan dan belakang. Sangat langka di segmen ini.
Drivetrainnya okelah, meskipun untuk ditarik mesinnya agak kasar. Masalah mobil ini adalah pada steeringnya yang rasanya kurang precise, feels like an old car kalau saya bilang. Diameternya juga kebesaran, not sporty at all pokoknya. Untuk NVH setara lah dengan B-Segment hatches, kalau di banding C-segment macem Golf, Focus, Civic, dan Altis sih masih kalah 1-2 langkah. Bodyroll cukup minim untungnya meskipun rigidity saya rasa masih kalah sama FD, tertolong trailing arm suspension yang lagi-lagi barang yang cukup jarang saya dengar. Satu kekurangan terbesar yang saya notice saat nyetir mobil ini adalah banyaknya rattle di kabin mobil yang NIKnya 2013 ini. Selebihnya masih acceptable.
Sayangnya, mengendarai mobil ini dengan bentuk luar yang kurang appetizing, interior yang drab dengan drivetrain yang tidak terlalu well polished dan logo asing tertempel di stir depan mata akan membuat anda merasa.....well lets say haven't achieve anything great in life. You'd be bored in this thing, tidak ada kesan yang menempel dari mobil ini not even the smell.
CONCLUSION
Oke kapan lagi dan dimana lagi anda bisa menemukan mobil baru bermesin 1.8 liter, cakram ventilasi di 4 roda, dan 6 airbag terpasang dengan harga 259 juta dipotong 125 juta?? Mobil ini juga untungnya masih terasa seperti mobil.
Saya ga bilang anda harus beli mobil ini, dan I cant really feel what I feel about this car. The lack of personality of this car cukup membingungkan. Mungkin hal itulah yang membuat mobil ini harus dijual sepaket dengan Geely Panda agar ada manusia yang mau melirik dan mau mengunjungi dealer Autorave di daerah Kiaracondong Bandung.
Kalau mobil ini bisa dipakai untuk uber black saya rasa lumayan juga untuk bisnis.