Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Dear SM'ers.. mohon saran dan masukannya saya berencana ambil mobil MPV (3 baris) browsing-browsing harga yang masuk di kantong ada pilihan:
1. Hyundai Trajet --> opsi ini masih ada uang lebihnya
2. Innova G atau V tahun 2004 atau 2005 --> kalo opsi ini duitnya ngepas
3. Daihatsu Taruna F series (FGZ, FGX, dsb) -->opsi ini ada lebihnya dikit
mohon pertimbangan SM'ers yang baik hati pada pilihan tsb.. misalnya ketangguhan, pewarawatan, biaya dan ketersediaan spare part dan aspek lain yang perlu jadi pertimbangan.. oiya, selama ini saya pake mobil karburator dan transmisi manual.
mobil mungkin akan dipakai 4 hari dalam seminggu (selebihnya naik motor) dan saya tinggal di Depok.
Tutup mata om ambil innova..
Parts lebih murah, mudah..mobil durable, reliable...
Seandainya ngepas bajet..pilih yg lebih sehat dan perbaikin pelan" tak apa...
Tampang masih ada dan banyak bahkan kalau ada duit nantinya di facelift juga jd keliatan taun muda..
mobil dewa dibandingin, ya menang ipah deh hehe
pilihan lain klo konteksnya mau duit sisa ya avanza xenia seri lama manual (imho luasnya mirip2 taruna)
Go for ipah, ane pernah miara Gnki selama
5 thn, skrg uda ganti ANF, kenyamanan dan luas kabin lebih menang ipah walaupun exterior/interior ANF cukup mewah
simply krn fitur lebi banyak dr G, ada ABS, stir kulit yg lebi nyaman dipegang, dan CD changer (kalo HUnya masi std) dan peredaman yg lebih bagus dr tipe G...
Mau disegarkan tampilannya spt dipeslip ke model GNKI ato model Dono yg 2014 keatas jg gampang banget, tinggal plug and play...
Mesin ama kaki2nya reliable, mau cari sparepart gampang bgt, mau original, KW1 ato KW1000, ato parts aftermarket jg gampang...
innova V aja, top trimnya ipah, udah dijelasin sama om ricz..
kalo bensin paling nanti nambah biaya harian buat bensin yg konsumsinya diatas 2 lainnya..
tapi paling nggak innova udah teruji badak, bandel juga ini ipah..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
Taruna, Trajet n innova.. tiga2 nya pernah pake..
1. Taruna 2003, dulu pake dr baru (karena masih baru keluar dr dealer ya ane pake enak2 aja, apalg pd masa nya Taruna punya model yg lmyn ok, pake 3 tahun terus jual. Kesannya biasa aja.
2. Trajet 2001 matic, dulu pake tahun 2004, beli second n pake selama 4 tahun. ini mbl nyaman bgt, FC relatif lah (ga boros bgt n ga irit jg), part gampang n hrga bersaing, mesin terbilang bandel, kaki2 juga selama pake cm ganti shockbreaker n printilan2 nya, selebihnya g ada masalah.. kesimpulan, kl dpt unit yg bagus, pasti puas krna ni mbl ngutamain kenyamanan keluarga, pd saat itu modelnya msh fresh, kl skrg udah klhtn berumur, kl dpt yg produksi akhir rada lmyan laah..
3. Innova 2011 matic, ane pake thn 2013-2015.. dpt unit lmyn seger n km msh rendah bgt! Pake bwt harian sih ok, tp g tahan FC nya yg lmyn boros. Kl kenyamanan di banding trajet mnrt ane lbh nyaman trajet, di bawa lari nya jg lbh stabil trajet. Cm Ni mbl gampang d modif, mw di facelift atau modif yg lain jg part+aksesorisnya bejibun, utk eksterior n interior jg banyak copotannya. Dr ketiga pilihan si om utk model yg fresh cm innova soalnya gampang d modif n d upgrade, mslh part sih 11-12 sm trajet&taruna kl utk daerah jabodetabek. Kesan selama pake : puas lah dgn kekuatan mesin n kaki2nya, cm g kuat euy d FC nya.
Kesimpulannya jelas innova, dpt thn 04-05 trs upgrade ke 2012 atau 2014 sekalian. Btw, panther ga d masukin pilihan om? hihihii
Ipahnya sebaiknya diesel.....atau kalo bensin mending yang 2.7 V (2tr-fe) sekalian kalo bisa dpt unitnya.....
Boros bensinnya hmpr sama, tapi dpt tenaga lebih
Kalau pilihan cuman 3 itu sih rasanya paling ok ya Innova V om, cuman jangan kaget dengan FC-nya, karena Innova 2004-2005 termasuk generasi pertama yang boros jika dibandingkan dengan Innova euro.
Pilihan bijak ada di kuda diesel om, mesinnya bandel & ga rewel juga. Namun harga parts khas mitsubishi (agak mahal dibanding triple elips yang kw-nya buanyak).
kalo berdasarkan list kayaknya jelas innova unggul di semua aspek , coba tadi listnya kayak gini:
pilih mana :
Innova V 2005
Grandis 2005
Odysey 2005
atau Stream 2.0
baru enak membandingkannya
black2345 wrote:Kalau pilihan cuman 3 itu sih rasanya paling ok ya Innova V om, cuman jangan kaget dengan FC-nya, karena Innova 2004-2005 termasuk generasi pertama yang boros jika dibandingkan dengan Innova euro.
nga jg koq.... ane pemakai ipah bensin manual gen pertama non euro... dalkot jakarta skrg dapet 1;7lebih gampang2 aj... malah kl sopan banget, 1;8 jg dapet... lurkot, enteng tembus 1:10... bonus nya, tarikan lebi kontan ktimbang yg versi ud euro...
grandis_GT wrote:kalo berdasarkan list kayaknya jelas innova unggul di semua aspek , coba tadi listnya kayak gini:
pilih mana :
Innova V 2005
Grandis 2005
Odysey 2005
atau Stream 2.0
baru enak membandingkannya
vote innova 2.7V atau Diesel D4-D
kl ane dr pilihan itu... merem mata lgs milih grandis, disusul stream 2.0
black2345 wrote:Kalau pilihan cuman 3 itu sih rasanya paling ok ya Innova V om, cuman jangan kaget dengan FC-nya, karena Innova 2004-2005 termasuk generasi pertama yang boros jika dibandingkan dengan Innova euro.
nga jg koq.... ane pemakai ipah bensin manual gen pertama non euro... dalkot jakarta skrg dapet 1;7lebih gampang2 aj... malah kl sopan banget, 1;8 jg dapet... lurkot, enteng tembus 1:10... bonus nya, tarikan lebi kontan ktimbang yg versi ud euro...
grandis_GT wrote:kalo berdasarkan list kayaknya jelas innova unggul di semua aspek , coba tadi listnya kayak gini:
pilih mana :
Innova V 2005
Grandis 2005
Odysey 2005
atau Stream 2.0
baru enak membandingkannya
vote innova 2.7V atau Diesel D4-D
kl ane dr pilihan itu... merem mata lgs milih grandis, disusul stream 2.0
sisanya ogahh...
Kenapa bukan odis om ? Apa ada udang dibalik batu odis ini ?
Padahal suatu saat ane pengen nyoba main odis nih
Tau nggak om kenapa ipah V harganya cenderung sama dengan ipah G di pasaran mobkas ? Apa karena ada fitur yg bikin mbl rewel atau karena kesaktian huruf G yg legendaris mulai dari era lGx, avanza G dll ?
DOHC wrote:
nga jg koq.... ane pemakai ipah bensin manual gen pertama non euro... dalkot jakarta skrg dapet 1;7lebih gampang2 aj... malah kl sopan banget, 1;8 jg dapet... lurkot, enteng tembus 1:10... bonus nya, tarikan lebi kontan ktimbang yg versi ud euro...
Di rumah dulu juga ada sebiji V a/t lansiran 2006, dalkot sby rata-rata 1:5-6 lukot ya lebih irit sedikit lah. Akhirnya dijual karena berat di ongkos, sedangkan dulu kebutuhan masih banyak.
Sekarang ada sebiji G a/t lansiran 2012, dalkot sby rata-rata 1:8-9 luar kota lebih irit sedikit juga. Setuju sama om DOHC kalo yang non euro tarikan lebih enak, yg euro uda dijejek masih lemot aja nariknya
DOHC wrote:
nga jg koq.... ane pemakai ipah bensin manual gen pertama non euro... dalkot jakarta skrg dapet 1;7lebih gampang2 aj... malah kl sopan banget, 1;8 jg dapet... lurkot, enteng tembus 1:10... bonus nya, tarikan lebi kontan ktimbang yg versi ud euro...
Di rumah dulu juga ada sebiji V a/t lansiran 2006, dalkot sby rata-rata 1:5-6 lukot ya lebih irit sedikit lah. Akhirnya dijual karena berat di ongkos, sedangkan dulu kebutuhan masih banyak.
Sekarang ada sebiji G a/t lansiran 2012, dalkot sby rata-rata 1:8-9 luar kota lebih irit sedikit juga. Setuju sama om DOHC kalo yang non euro tarikan lebih enak, yg euro uda dijejek masih lemot aja nariknya
Betul gan kalau gak salah ipah euro itu yang jadi poin utama pembeda dari non euro itu ialah ngorek ngorek ECU bukan revisi jeroan mesin , jadi istilahnya kompromi2an antara mau milih irit atau kencang ditambah juga mekanisme closed loop dan catalityc converter KALAU TIDAK SALAH . suzi bikin irit APV arena dibanding APV lama juga gitu kalau kalau nggak salah , tapiselain beda settingan ECU dia juga ngrevisi rasio gigi terutama gigi 4 dan 5 kerasa banget kalau muatan lagi penuh APV arena terasa lebih ngosngosan nemu tanjakan tapi lebih halus kalau di tol.
DOHC wrote:
nga jg koq.... ane pemakai ipah bensin manual gen pertama non euro... dalkot jakarta skrg dapet 1;7lebih gampang2 aj... malah kl sopan banget, 1;8 jg dapet... lurkot, enteng tembus 1:10... bonus nya, tarikan lebi kontan ktimbang yg versi ud euro...
Di rumah dulu juga ada sebiji V a/t lansiran 2006, dalkot sby rata-rata 1:5-6 lukot ya lebih irit sedikit lah. Akhirnya dijual karena berat di ongkos, sedangkan dulu kebutuhan masih banyak.
Sekarang ada sebiji G a/t lansiran 2012, dalkot sby rata-rata 1:8-9 luar kota lebih irit sedikit juga. Setuju sama om DOHC kalo yang non euro tarikan lebih enak, yg euro uda dijejek masih lemot aja nariknya
Sy pke ipah 05 at vvti...
Dalkot sby 1:7.x
Lukot... 1:9.x (<kaki kanan g tahan wkwk)
Setingan CO -> lean mentok... (lambda idle 1.09 klo g slh)
Ga sebrp ngelitik.. (serius ini... tp udh smpet carbon clean dlu), tp respon mesin jd agak peaky di 2500-3500an rpm... dibwh itu tarikannya kosong, diatas itu udh agak ngeden....
Ngakalinya yaa pke 3 2 L nya...