perjalan singkat kijang Inova 2.0G sejauh 125 km di borneo

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

perjalan singkat kijang Inova 2.0G sejauh 125 km di borneo

Post by solar_kerosen »

Greetings gentemen :mrgreen:

Image

kebetulan ada mobil inova bensin 2.0 G manual thn 2010 dengan odometer di clock 120.000 km mampir di rumah. gue bawa jalan sejauh 125 km tepatnya samarinda-bontang untuk mengecek "harta karun " bersama 4 penumpang /family matters

Image

brangkat dari rumah jam 6 pagi , setelah sebelumnya mengecek oli dan air dibawah kap mesin , impresi pertama masuk ke dalam mobil biasa saja... ya begitulah life goes on just an ordinary life nothing Special . interior biasa biasa saja kepraktisan akomodasi penumpang dan barang cukup baik , kapasitas 7 penumpang dewasa cukup baik di mobil ini untuk perjalanan lumayan jauh

dalam perjalan yg menempuh jarak 3,5jam dari samarinda ke bontang saya akan bercerita tentang impresi kendaraan ini . di awal perjalanan saya merasakan suara mesin cukup halus karena masih belum digas maksimal setelah berjalan kira kira 1 jam perjalanan ini mobil pinjaman mulai menunjukkan gejala gejala gak enak . di bagian belakang mobil tepatnya diroda belakang timbul bunyi bunyian seperti gesekan bering roda atau bearing gardan krek krek .... :e-think:

apakah ini gejala MOTUBA ??? disusul kemudian bunyi srek srek..... dari box transmisi kayaknya kena nih gigi syncromeshnya alamak..... :big_dunno: sebelumnya mobil pertama yg dipinjamin adalah inova V bensin manual yg clocknya 310 000 km . tapi berhubung lampu display meternya mati makanya besoknya diganti inova G manual yg lebih muda tahunya tapi sangat bermasalah ternyata umur gak jaminan. seperti mobil tahun muda yg saya pake sampai ke bontang . feeling saya menggunakan mobil ini yah mirip kaya bawa truk mitsubishi Colt PS masuk gigi 2 tidak presisi alias Susah dan koplingnya agak berat sehingga susah untuk masukin gigi atau fast click ala mobil sport . response stir tidak akurat ada delay tidak sepresisi Timor DOHC atau Taft GT masih jauh dari kata fun to drive yg ada malah fear to corner sangat tidak enak mengambil tikungan tikungan sempit dan tajam a ala track di samarinda - bontang dengan lebar jalan yg sempit dalam perjalan ini kebetulan cuaca kurang bersahabat hujan rintik rintik diiringi awan nan kelabu . setelah berjalan kira kira 1,5 jam kita berhenti dulu di warung kopi di pinggir jalan

Image

setelah cukup beristirahat lanjut lagi perjalan :roll: diiringi musik besi beradu di bagian belakang mobil dan suara gemertak gigi syncromesh di box transmisi gue gak tahu apa ini bisa menyaingi alunan nada Mozart or bethoven :mky_07:

Acnya kurang dingin padahal udara luar cukup dingin apakah karena kompresor yg sudah tua atau kurang perawatan . tapi ada sisi positif dari inova ini karena menggunakan penggerak roda belakang dan juga basicnya dari mobil pick up atau suv . mobil ini cukup kuat di tanjakan menggunakan gigi 3 dan 2 berhubung karakter jalan di bontang yg berliku dan tajam dengan lebar jalan yg sempit kecepatan mobil rata rata saya bawa 60 km/jam jalanan cukup banyak yg rusak dan becek ditutup tanah liat karena ada hujan rintik rintik tapi durasinya lama .

Image
Image

setelah menempuh perjalan kira kira 3,5 jam akhirnya tiba di kota bontang dan langsung menuju ke harta karun di bontang saya sudah lama sekali tidak kesini kira kira 9 tahun , I remember that day ... waktu masih banyak kegiatan usaha disana :frm_salut:

Image


tempat kantor yg disewa oleh perusahan batubara

Image

aquascape SUmur :wkkk:

Image

Pohon mangga belum berbuah /kurang tepat datangnya

Image

rumah pribadi bersebelahan dengan kantor yg ditempati oleh mantan karyawan

Image


Abandon car / mobil sisa sisa kejayaan MIGAS di bontang but still valuable

Image

Image

Kesimpulan dari perjalan singat dengan kijang inova bensin :
- it;s just ordinary day nothing special life goes on... must be survive
- mobil bau tanah /bapak bapak sangat tidak cocok buat yg punya adrenalin rush ataupun otak petrolhead
- tidak cocok dengan karakter saya yg mengutamakan high speed dan fast cornering jauh lebih advance karakter setirnya timor DOHC :frm_tumbright: maupun taft GT dengan double gardanya :frm_tumbleft:


PS : semoga kalian menikmati review singkat saya dengan mobil kijang inova :big_grin:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
truenohachiroku
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue May 24, 2016 1:04

Re: perjalan singkat kijang Inova 2.0G sejauh 125 km di borneo

Post by truenohachiroku »

3,5 jam om?lg nyantai krn bw keluarga nih kyknya. Hehe. Jalanannya msh rusak om?gunung menangis msh blm kelar y perbaikannya?rute samarinda bontang ckup tricky, byk tikungan, tanjakan, turunan, bbrp titik mulus tp jgn terlena, byk jebakan betmen, tiba2 bs ad lubang dlm. Lg asik ngegas ternyata stelah tikungan atau tanjakan tiba2 ad lobang dlm,wkwkwk. Blm lg kdg dikagetkan sm travel2 gelap berlawanan arah yg lg ngindarin lubang,jgn smpe deh adu jangkrik di jalur ini. [PERSEVERING FACE]
Average ane pake innova kntor 2,5 jam dgn pace medium 60-80kpj, d bbrp titik bs 100-120kpj, cornering below 60 kpj biar penumpang ga mabok. Klo sndirian bs d bwh 2 jam tergantung traffic(jgn dicoba klo belom hapal lobang sm rute). Power innova bensin ckuplah utk overtake di jalur ini, plg tidak dy ga susah buat nyalip travel2 avxen yg srgkali ga mau kasi jalan. Handling?y gitu deh, body rollnya parah, tp jdnya nyaman melintasi jalur yg krg mulus aspalnya. Tongkat persnelingnya yg tinggi krg nyaman utk quickshifting.

Sent from my SM-P355 using Tapatalk
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: perjalan singkat kijang Inova 2.0G sejauh 125 km di borneo

Post by solar_kerosen »

truenohachiroku wrote:3,5 jam om?lg nyantai krn bw keluarga nih kyknya. Hehe. Jalanannya msh rusak om?gunung menangis msh blm kelar y perbaikannya?rute samarinda bontang ckup tricky, byk tikungan, tanjakan, turunan, bbrp titik mulus tp jgn terlena, byk jebakan betmen, tiba2 bs ad lubang dlm. Lg asik ngegas ternyata stelah tikungan atau tanjakan tiba2 ad lobang dlm,wkwkwk. Blm lg kdg dikagetkan sm travel2 gelap berlawanan arah yg lg ngindarin lubang,jgn smpe deh adu jangkrik di jalur ini. [PERSEVERING FACE]
Average ane pake innova kntor 2,5 jam dgn pace medium 60-80kpj, d bbrp titik bs 100-120kpj, cornering below 60 kpj biar penumpang ga mabok. Klo sndirian bs d bwh 2 jam tergantung traffic(jgn dicoba klo belom hapal lobang sm rute). Power innova bensin ckuplah utk overtake di jalur ini, plg tidak dy ga susah buat nyalip travel2 avxen yg srgkali ga mau kasi jalan. Handling?y gitu deh, body rollnya parah, tp jdnya nyaman melintasi jalur yg krg mulus aspalnya. Tongkat persnelingnya yg tinggi krg nyaman utk quickshifting.

Sent from my SM-P355 using Tapatalk

gak bisa bawa cepat om , ada orang tua kena khotbah mulu jadi jalannya agak santai dan berhenti di warkop 30 menit jadi total 3 jam kalau di jalan kecepatan hanya 50- 60 km/jam mana ban belakang bunyi dan gearbox teriak teriak lengkaplah sudah :e-doh:
track seperti samarinda bontang emang cocok buat sedan dengan response stir yg presisi kaget pas di bontang ketemu 3 timor DOHC di jalan dan parkiran
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: perjalan singkat kijang Inova 2.0G sejauh 125 km di borneo

Post by POS VETT »

Bontang berkesan sangat kumuh. Emang satu kota begitu2 doang ya tampangnya?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: perjalan singkat kijang Inova 2.0G sejauh 125 km di borneo

Post by solar_kerosen »

bontang termasuk kota persinggahan bukan kota utama gan , disana terdapat sektor migas dan pupuk sebagian besar pekerjanya org jawa jadi maklum kotanya mirip mirip bogor atau depok
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: perjalan singkat kijang Inova 2.0G sejauh 125 km di borneo

Post by billyd1773dz »

Wkwkwk

Gw punya ipah, tahun 09 km ampir sama 130rban, bedanya diesel dan sdh upgred 190hp


Girbox kondisi uda g bener, mulai dri slip, susah masuk, grinding noise, geter, kopling keras,,karakternya punya girbox throw jauh, tdk presisi dll y uwe setuju dgn yg om solar bilang, handling body roll jg kuramg lebih impressi nya sama... belok sering terasa serem dan buru2 deselerasi tiap masuk corner, terutama karna powernya yg berlebih. Bantingan biasa aja, jalan amcur tetep berasa.. dan gasruk jg karna ternyata gc g terlalu tinggi

Imho karna ini rawatan kantor... kondisi uda g oke, dan mw dibilamg bandel kaya apa, yg namanya umur pasti harus di rawat dan belanja.. mighty kd jg pernah trobel beberapa kli sampe mogok meski karna hal sepele.pastinya Mesti di modalin set suspensi aftermarket dan tentu paket perawatan...


Pling yg sya aga beda.... klw dibamding timor sya blm coba
Tapi kalau TAFT GT saya sempat ada 3 unit dri beberapa tahu produksi. Dan ipah masih lebih baik stirnya karna sdh rack n pinion, sedangkan taft masih ball n nut yg steering playnya lebih bamyak lagi dan lebih g presisi lg. Bgtu jg hal2 lainya, ipah masih better, girbox sedikit lebih enak taft karna masi pke clutch kabel. Juga soal traksi karna dia 4x4 dan gc tinghi
(Khusus taft indepedent gc beti dgn ipah hanya 165mm)




Ngaciiirr nunggu aktifis ipah garis keras n berat...
:ngacir: :ngacir:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: perjalan singkat kijang Inova 2.0G sejauh 125 km di borneo

Post by solar_kerosen »

billyd1773dz wrote:Wkwkwk

Gw punya ipah, tahun 09 km ampir sama 130rban, bedanya diesel dan sdh upgred 190hp


Girbox kondisi uda g bener, mulai dri slip, susah masuk, grinding noise, geter, kopling keras,,karakternya punya girbox throw jauh, tdk presisi dll y uwe setuju dgn yg om solar bilang, handling body roll jg kuramg lebih impressi nya sama... belok sering terasa serem dan buru2 deselerasi tiap masuk corner, terutama karna powernya yg berlebih. Bantingan biasa aja, jalan amcur tetep berasa.. dan gasruk jg karna ternyata gc g terlalu tinggi

Imho karna ini rawatan kantor... kondisi uda g oke, dan mw dibilamg bandel kaya apa, yg namanya umur pasti harus di rawat dan belanja.. mighty kd jg pernah trobel beberapa kli sampe mogok meski karna hal sepele.pastinya Mesti di modalin set suspensi aftermarket dan tentu paket perawatan...


Pling yg sya aga beda.... klw dibamding timor sya blm coba
Tapi kalau TAFT GT saya sempat ada 3 unit dri beberapa tahu produksi. Dan ipah masih lebih baik stirnya karna sdh rack n pinion, sedangkan taft masih ball n nut yg steering playnya lebih bamyak lagi dan lebih g presisi lg. Bgtu jg hal2 lainya, ipah masih better, girbox sedikit lebih enak taft karna masi pke clutch kabel. Juga soal traksi karna dia 4x4 dan gc tinghi
(Khusus taft indepedent gc beti dgn ipah hanya 165mm)




Ngaciiirr nunggu aktifis ipah garis keras n berat...
:ngacir: :ngacir:
pengujian saya gak maksimal om karna mobil kondisinya gak fit , kemarin ditukar lagi sama inova 2.0 V clock 310.000 udah 3x tukar :wkkk:

tapi display dashboard mati semua :wkkk:

setuju sama bro bilkiz presisi stir ipah lebiih baik dari taft yg banyak spelengnya mungkin inova 2.0G yg saya pake sterring racknya udah agak kocak jadi spelengnya lebih banyak mobil ini tenaganya cukup baik di dalam kota dan kuat di tanjakan tapi boros om masa jarak 120 km abisin tangki 1/2 :e-snooty:


BTW petrolhead kelas berat semua pada ngumpul di review gue nih hachiroku possvett dan bro billy :frm_tumbleft: hebat..... :mrgreen:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: perjalan singkat kijang Inova 2.0G sejauh 125 km di borneo

Post by solar_kerosen »

Foto sisa dokumentasi sayang kalau cuma disimpan jadi mubazir :wkkk:

kijang inova 2.0 V MT yg panel dashboardnya mati semua kayaknya masalah di kabel data

Image

jalan samarinda -bontang km 67 yg tikungan kelihatan pendek dan tajam

Image

pas jalan jalan di kota selfie

Image

melewati jembatan mahakam di samarinda pulang dari Tenggarong kota para Raja

Image

foto rumah merangkap kantor yg sudah disewa tampak lebih jelas

Image
Last edited by solar_kerosen on Tue Jul 12, 2016 2:00, edited 1 time in total.
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: perjalan singkat kijang Inova 2.0G sejauh 125 km di borneo

Post by jar-jit-no »

Di borneo sih mobil ini emang jd mobil travel akap maupun akdp. Udah terbukti bener badaknya
Dulu jaman tahun 2009 ane di pedalaman kalteng msh bnyk yg pakai kijang kapsul. Yg udah peremajaan armada hampir pasti ganti innova..

Apa innova baru bakal jd mobil perang kyk gini jg someday ya?
4A91 4at - Slow Driver
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: perjalan singkat kijang Inova 2.0G sejauh 125 km di borneo

Post by MitshuToyo »

Buset boros banget Boss.. luar kota 1:5 an aja..
Lagi nginjek rem..