Akankah Dealer Livina akal2an?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

pake plat biasa aja dah cukup deh
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Body Nissan belum di antikarat ? Masa sih ? Tau dari mana ? Sebab saya pernah sekali ke pabrik mereka, dan lihat sendiri X-Trail / Terrano SELURUH bodinya di celupin ke " bak mandi " anti-karat.... Kalau ngak percaya, bung Hunter, coba deh iseng tanya pak Ronny, siapa tau dia rela kasih photo GL lagi " mandi " anti-karat seluruh badanya...



Setau saya, jaman sekarang, semua mobil sudah di kasih anti karat kok. Sudah standard procedure....


Kalau ngak, Serena saya yang sudah 3 tahun pasti sudah karatan. Sebab saya tinggal di dekat pantai dan saya kali ini tidak pakai Ziebart atau Tuf-Kote....


Dan setau saya semua dealer Nissan itu di bawah INDOMOBIL. Apakah peroranggan bisa beli franchise ? Kayaknya ngak deh. Cuman memang PTnya di masing masing cabang namanya beda, tapi bisa saja itu PT semuanya sebenernya anak perusahaan Indomobil.


Kalau Honda yang franchise system. Istana Kemakmuran dan Imora misalnya saya yakin pemiliknya beda...
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Wah berarti bung lord tinggal di PIK dekat dong dengan gw. Semua mobil sudah anti karat tapi kalo untuk lebih jamin pake TKD atau ZIEBART.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Yang dekat ama pantai selain PIK masih ada Ancol, Pantai Mutiara, Tanjung Priok etc. So tebaklah saya tinggal di yang mana ....


Saya lupa, anda pesannya pasti di PIK kalau gitu.


Seperti saya pernah cerita, anti karat macam Ziebart ada risikonya. Takutnya workernya masih belum familiar ama panel panel pintu etc Livina. Nanti bisa copot, semprot anti karatnya, terus saat mau pasang kembali, ngak 100% benar, asal asal, nanti ada yang kendor atau gimana. Mobilnya bisa lebih berisik...


Nanti jadi kecewa ama Livina barunya yang padahal rapat dan diam. Pernah terjadi ama Stream saya. Thats why Serena saya ngak anti-karat lagi.


Pula baunya anti karat itu aduhai ! Lama baru hilang. Untuk yang lagi punya bayi, mending pikir lebar deh. Takutnya itu bau kimia masuk ke paru paru bayi ....


Saya sih ngak mau rusakin pasar anti karat. Jadi terserah masing masing. Saya cuman cerita pengalaman pribadi saja. Mungkin nanti sudah 1 tahun, orang Ziebart etc sudah familiar ama Livina, lebih bagus reassembly panel panelnya. Tapi kalau sekarang, masih fresh from oven, apakah mereka hafal ?
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Anti karatnya di bawah kolong aja. Jgn sampe panel2 pintu. Bwh2 kolong sering kena air hujan. Gw sih tetap anti karat pake Tufkotedinol. Biar lbh aman tp bukan maksud utk bilang antikarat nissan kurang bgs.
andihp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13

Post by andihp »

Sithlord wrote: Pula baunya anti karat itu aduhai ! Lama baru hilang. Untuk yang lagi punya bayi, mending pikir lebar deh. Takutnya itu bau kimia masuk ke paru paru bayi ....
Betul sekali bung lord, temen gw pakai antikarat di avanzanya, buset baunya kayak bau obat nyamuk semprot !!!, abis itu keluar dari mobil baunya nempel di baju
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Dan entah kenapa lama yah hilangnya baunya ? Kepala yang ngak kuat bisa pusing itu...


Tapi kalau mau antikarat kolong, ya seems like a good idea. Tapi make sure jangan ada bagian yang di copotin, dengan alasan sama dengan panel pintu.


Pokoknya ni mobil sudah jelas design / assemblynya rapat dan diam. Usahakan keep the original tanpa terlalu banyak bongkar pasang in my opinion...
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Wah .. bung Sith, kalau jangan ada yang dibongkar gmana dong dengan kalau yang mau pasang jok kulit plus door trim pintu kulit. Bukannya yang dilakukan juga harus bongkar semua kursinya dan copot semua doortrimnya lalu baru dipasang jok kulit dan door trimnya yang udah kulit/sintetik.


Kalau gitu yg dilakukan, bisa juga saat pasang kursinya kembali ada yang gak kuat pasangnya, jadinya bisa timbul bunyi-bunyi yang gak diinginkan. Gmana dong ....
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Kalau saya jadi anda, saya akan beli jok kulit dari Nissan. At least saat kursinya yang sudah di lapisi kulit tiba di pabrik, langsung di install di sana. Ngak bongkar pasang lagi.


Thats why dulu saya ambil Serena HWS, setelah sempat bimbang ama yang Ct. Saya ngak mau pusing. Pokoknya saat mobil tiba, sudah ada semua. Thats why sampai hari ini tu mobil masih saya ngak apa apain.


Untung Livina custom madenya bisa lebih banyak banding Serena. Saran saya adalah, pililah accessory yang anda inginkan dan kasih tau dealer. Supaya nanti saat mobilnya datang, anda ngak pusing lagi. Semua sudah BERES...


Memang jok kulit dari Nissan mutunya ngak tau gimana banding merek branded. TAPI at least suppliernya berani kah macam macam ama NMI yang volumenya bisa gede, atau chancenya kita ke toko dan kalau kita ngak ngerti kulit, nanti malah di tipu bisa juga ....


Kalau saya cenderung serahkan ke Ibu Livina - Nissan Motor Indonesia. Sebab saya inggat kata lama : " MOTHER KNOWS BEST " ....
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Kalo kolong2 mana dilepasin. Hanya semprot cairan karat aja. Kalo panel2 pintu gw juga ga mau tuh. Takut trim rusak
Memang jok kulit dari Nissan mutunya ngak tau gimana banding merek branded. TAPI at least suppliernya berani kah macam macam ama NMI yang volumenya bisa gede, atau chancenya kita ke toko dan kalau kita ngak ngerti kulit, nanti malah di tipu bisa juga ....
Yup setuju. Ganti asseoris hanya didealer resmi aja.
Audiophile
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Thu Aug 05, 2004 7:48

Post by Audiophile »

andihp wrote:
Sithlord wrote: Pula baunya anti karat itu aduhai ! Lama baru hilang. Untuk yang lagi punya bayi, mending pikir lebar deh. Takutnya itu bau kimia masuk ke paru paru bayi ....
Betul sekali bung lord, temen gw pakai antikarat di avanzanya, buset baunya kayak bau obat nyamuk semprot !!!, abis itu keluar dari mobil baunya nempel di baju
Ada yg pernah mencoba antikarat yg menggunakan listrik (dgn prinsip2 reaksi kimia) spt Rust Evader ?
andihp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13

Post by andihp »

Audiophile wrote: Ada yg pernah mencoba antikarat yg menggunakan listrik (dgn prinsip2 reaksi kimia) spt Rust Evader ?
Produk ini ada masalah di amrik sono, please read:
http://www.ftc.gov/opa/1996/06/rust-id.shtm
sutanmudonankayo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Fri Apr 13, 2007 10:15

Post by sutanmudonankayo »

Sithlord wrote: Setau saya, jaman sekarang, semua mobil sudah di kasih anti karat kok. Sudah standard procedure....
Bung Sithlord, saya juga pernah bertanya kpd seorang kawan yg bekerja di salah satu parikan mobil di Cikarang.. betul memang saat ini sudah menjadi standar pemberian anti karat terhadap bodi mobil...namun....
Kalau ngak, Serena saya yang sudah 3 tahun pasti sudah karatan. Sebab saya tinggal di dekat pantai dan saya kali ini tidak pakai Ziebart atau Tuf-Kote....
Saya jadi kembali bertanya mengenai efektifitas pemberian anti karat tambahan ini... sejauh mana kira-kira yah.. is it worth it or is it just wasting of money? meskipun bukan money yg menjadi concern utama saya, melainkan life time GL peliharaan... tapi kalau resikonya bisa menjadi bumerang seperti yg bung sampaikan lantaran pengerjaan yg buruk or others rasanya perlu fakta untuk lebih meyakinkan saya perihal efektifitasnya...
Adakah yg pernah meneliti/menelusuri hal ini bila dibandingkan dgn standar kerjaan pabrik? Mana tahu ada ulasannya sebagaimana secara umum GL pernah di ulas tuntas... that made me confidence to get it one in my garage..he.he.heh.. surely just a matter of time..hardly wait in fact... thanks guys it's all because of you...
love you muachhh... SM belakangan ini adalah the most favorit site on my list
User avatar
skylion
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03

Post by skylion »

anti krat tdk perlu kec mobilnya mw dipake lebih dari 5 taon. jarang orang beli mobil baru utk pribadi dipake selama itu. biasanya 3-4 taun bosen dan ganti lagi. jadi tdk prelu anti karatn.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Yup setuju sama bung sithlord.. pake aja dulu.. nanti kalo sudah diatas 4-5 tahun boleh deh di anti karat, di macem2in mobil baru beli ntar nyesel kalo dibongkar pasangnya ngga bener.. banyak pengalaman juga masalahnya gara2 pengen perfect malah defect! hehehhe... kecuali bongkar2 yang sifatnya exterior ringan macam ganti pelek atau ganti spion auto nutup plus sein mirror kaya gw.. or pasang sarung kulit.. and parking sensor sama wooden panel.. udah deh. BTW itu setir bisa diganti yang wooden plus airbag ngga sih? harus ganti ECU ngga? btw koil dan ECU livina tuh letaknya dimana yah?
skylion wrote:anti krat tdk perlu kec mobilnya mw dipake lebih dari 5 taon. jarang orang beli mobil baru utk pribadi dipake selama itu. biasanya 3-4 taun bosen dan ganti lagi. jadi tdk prelu anti karatn.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Bung lord ada yang mau saya tanyakan. Liat di dashboard kanan livina ada tempat kosoong untuk airbag iyakan. Kalau saya mau pasang airbag itu gimana. Kalau dah pasang seharusnya kotak kosong itu dah ditulis SRS AIRBAG. Mohon pencerahannya dong.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

Saya kirim email ke pak Ronny di NMI, menanyakan pemesanan GL 1.5 XV AT saya, yg saya indennya sdh dr bulan maret. koq sampai sekarang yg lain2 sdh dapet unitnya, saya belum sama sekali. soalnya kata sales saya, yg AT di produksi belakangan. apakah betul? di forum ini ada yg sudah dapet 1.5 AT belum? Tolong infokan yah....

plus, sekalian saya tanyakan soal anti karat deh.

Ini barusan saya dapet balasan email dari pak Ronny dr NMI.
Dengan hormat,

Kami ucapkan terima kasih telah inden Nissan Grand Livina.

Perihal delivery Nissan menerapkan pemesan pertama (tentunya berdasarkan data tgl. saat menentukan pilihan tipe + DP Rp. 5 juta) delivery pertama. Tidak menerima upping price untuk delivery dipercepat. Sangsinya bila terbukti melanggar ketentuan diatas maka akan dikeluarkan.

Rencananya beberapa hari kedepan system computer inden Nissan dapat berfungsi untuk memberikan informasi perkiraan delivery. Tentunya data ini telah disesuaikan dengan jadwal produksi pertipe (total ada 7 tipe pilihan) dan perwarna (total ada 5 warna pilihan) serta urutan inden.

Nissan telah memberikan lapisan anti karat pada setiap kendaraan yang diproduksinya. Proses anti karat ini melalui 7 tahapan termasuk tahap dicelup seluruh body kedalam bak yang berisi cairan khusus kemudian digetarkan agar cairan tersebut masuk hingga celah terkecil sekalipun. Bagian bawah kendaraan diberikan tambahan pelapis agar kuat saat kena percikkan batu saat kendaraan jalan.

Terima kasih.

Hormat kami,

B. Ronny Tjahjadi
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Bung Hunter, sekaligus tanyakan kenapa Serena C25 ngak di CKD, seperti yang selalu di permasalahkan conan. Supaya dia bisa jelaskan apa yang saya sudah bilang, kalau motherplantnya cuman di Jepang, dan kalau demandnya ngak memadai, ATPM enggan mau CKD di Indo. Balik modalnya entah kapan....


Meskipun Pak Ronny takutnya capek anda tanya terlalu banyak, tapi cobalah, supaya conan akhirnya percaya (itupun belum tentu dia mau percaya Pak Ronny, sebab mungkin dia berasa sendiri lebih ngerti soal CKD mobil banding orang pabrik mobil sendiri).


Juga supaya dia sadar, bukan Nissan barang paling bagus si simpan di Jepang dan barang baru (yang invest 400 juta dollar di seluruh dunia untuk proyek Livina ini) Livina ini class 2....


Tapi saya rasa mungkin berobah pikiran conan lebih susah dari pindahkan agama orang lain....


Bung Winata, soal itu saya kurang pengalaman, jadi I can't help you on this one. Cuman tanya saja dealer Nissan, tapi saya pesimis deh. Sebab pasang Airbag itu ngak gampang, dan pabrik NMI sudah kewalahan. Mana mau terima custom made airbag.... Bengkel dealer pun apakah mau terima ? Coba tanya mereka saja....
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Benar kan anti karatnya ? Kan saya sudah bilang, I HAVE BEEN THERE..... Sudah lihat sendiri di pabrik dengan mata sendiri.
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Sithlord wrote:Takutnya workernya masih belum familiar ama panel panel pintu etc Livina. Nanti bisa copot, semprot anti karatnya, terus saat mau pasang kembali, ngak 100% benar, asal asal, nanti ada yang kendor atau gimana. Mobilnya bisa lebih berisik...
Gw dikasih tau org salesnya Nissan PIK, setiap mobil yg dipesan di Nissan PIK utk dilapisin anti karat Ziebart dpt dilakukan langsung di bengkel Nissan PIK ini. Pelapisan anti karat Ziebart dilakukan oleh tenaga ahli Ziebart di bengkel Nissan PIK selain yg di cempaka putih. Bagian panelnya dibuka semua dan disemprot bgn dlmnya.

Mengenai body mobil Nissan yg blm dilapis anti karat, gw dengarnya jg dari org sales Nissan PIK, katanya cuma framenya saja yg dicelupin ke lapisan anti karat, sdgkan utk body msh belum.

Trs trg, gw ga tau apakah ini cm akal-akalan org sales Nissan agar dpt komisi dari Ziebart apabila merekomendasikan anti karat Ziebart dgn sgj mengatakan body mobil Nissan blm dilapisin anti karat sehingga consumer yg tinggal di daerah 'asin' (spt Jakut) menjadi khawatir dan kemudian mengeluarkan additional money utk menggunakan anti karat Ziebart.

Either org salesnya Nissan jujur mengenai body mobil Nissan yg belum dilapisi anti karat, ato cm akal-akalan utk dpt komisi dari Ziebart, itu gw ga tau.
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Winata wrote:Bung lord ada yang mau saya tanyakan. Liat di dashboard kanan livina ada tempat kosoong untuk airbag iyakan. Kalau saya mau pasang airbag itu gimana. Kalau dah pasang seharusnya kotak kosong itu dah ditulis SRS AIRBAG. Mohon pencerahannya dong.
Bung Winata, gw jg menanyakan hal yg serupa mengenai penambahan extra airbag di sisi penumpan depan kpd org salesnya, en gw dibilangin bahwa satu airbag Nissan itu harganya bisa mencapai Rp.15 jt per airbag.

Utk penambahan seatbelt di 3rd row seat en airbag di sisi penumpang dpn sdh gw tanyakan ke salesnya, tp dia bilang hrs nanya dulu ke pusat en pabrik Nissan mengenai pemasangan airbag dan titik titik lobang di 3rd row seat utk pemasangan seatbelt, sblm dia bisa ikonfirmasi kembali ke gw.
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Sithlord wrote:Yang dekat ama pantai selain PIK masih ada Ancol, Pantai Mutiara, Tanjung Priok etc. So tebaklah saya tinggal di yang mana ....
Bung Sithlord tinggal di Pluit?

Jg masih ada Muara Karang, Dadap, Teluk Naga, asin semua itu :)

Ada pengunjung disini yg tinggal di PIK ga selain gw?
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Woiiii... Manaaa nihh orang nissan, kasih penjelasan donkkk... masa yang nimpalin orang toyota honda mulu,.. harusnya ada orang dari pabriknya or expertnya nissan indonesia nih yang mantau ini milis biar seruu.. tapi gini, gw sih pake nissan patrol jaman dulu (th 89) itu aja gejala berkarat pada body after 7-8 tahun.. ngga tau sih mungkin nissan jaman dulu lebih bagus kali materialnya. tapi emang bener nih penting juga tahu, kalo belum yah ngga usah ditutupin lah.. tapi kalo sudah juga jangan dibilang belum.
TiongBahru_Ahbeng wrote:
Sithlord wrote:Takutnya workernya masih belum familiar ama panel panel pintu etc Livina. Nanti bisa copot, semprot anti karatnya, terus saat mau pasang kembali, ngak 100% benar, asal asal, nanti ada yang kendor atau gimana. Mobilnya bisa lebih berisik...
Gw dikasih tau org salesnya Nissan PIK, setiap mobil yg dipesan di Nissan PIK utk dilapisin anti karat Ziebart dpt dilakukan langsung di bengkel Nissan PIK ini. Pelapisan anti karat Ziebart dilakukan oleh tenaga ahli Ziebart di bengkel Nissan PIK selain yg di cempaka putih. Bagian panelnya dibuka semua dan disemprot bgn dlmnya.

Mengenai body mobil Nissan yg blm dilapis anti karat, gw dengarnya jg dari org sales Nissan PIK, katanya cuma framenya saja yg dicelupin ke lapisan anti karat, sdgkan utk body msh belum.

Trs trg, gw ga tau apakah ini cm akal-akalan org sales Nissan agar dpt komisi dari Ziebart apabila merekomendasikan anti karat Ziebart dgn sgj mengatakan body mobil Nissan blm dilapisin anti karat sehingga consumer yg tinggal di daerah 'asin' (spt Jakut) menjadi khawatir dan kemudian mengeluarkan additional money utk menggunakan anti karat Ziebart.

Either org salesnya Nissan jujur mengenai body mobil Nissan yg belum dilapisi anti karat, ato cm akal-akalan utk dpt komisi dari Ziebart, itu gw ga tau.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

ichsan_n wrote:Woiiii... Manaaa nihh orang nissan, kasih penjelasan donkkk... masa yang nimpalin orang toyota honda mulu,.. harusnya ada orang dari pabriknya or expertnya nissan indonesia nih yang mantau ini milis biar seruu.. tapi gini, gw sih pake nissan patrol jaman dulu (th 89) itu aja gejala berkarat pada body after 7-8 tahun.. ngga tau sih mungkin nissan jaman dulu lebih bagus kali materialnya. tapi emang bener nih penting juga tahu, kalo belum yah ngga usah ditutupin lah.. tapi kalo sudah juga jangan dibilang belum.
mau yg paling efektif?

yah langsung hubungin NMI aja. lewat website http://www.nissan.co.id bisa koq. ada form untuk contact mereka. nah tanya aja unek2 anda. ntar baru update kita2 semua. gitu....
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Lahh.. baru kirim email.. ternyata sudah ada yang pernah tanya toh.. jadi sudah di anti karat asikk...
hunter wrote:Saya kirim email ke pak Ronny di NMI, menanyakan pemesanan GL 1.5 XV AT saya, yg saya indennya sdh dr bulan maret. koq sampai sekarang yg lain2 sdh dapet unitnya, saya belum sama sekali. soalnya kata sales saya, yg AT di produksi belakangan. apakah betul? di forum ini ada yg sudah dapet 1.5 AT belum? Tolong infokan yah....

plus, sekalian saya tanyakan soal anti karat deh.

Ini barusan saya dapet balasan email dari pak Ronny dr NMI.
Dengan hormat,

Kami ucapkan terima kasih telah inden Nissan Grand Livina.

Perihal delivery Nissan menerapkan pemesan pertama (tentunya berdasarkan data tgl. saat menentukan pilihan tipe + DP Rp. 5 juta) delivery pertama. Tidak menerima upping price untuk delivery dipercepat. Sangsinya bila terbukti melanggar ketentuan diatas maka akan dikeluarkan.

Rencananya beberapa hari kedepan system computer inden Nissan dapat berfungsi untuk memberikan informasi perkiraan delivery. Tentunya data ini telah disesuaikan dengan jadwal produksi pertipe (total ada 7 tipe pilihan) dan perwarna (total ada 5 warna pilihan) serta urutan inden.

Nissan telah memberikan lapisan anti karat pada setiap kendaraan yang diproduksinya. Proses anti karat ini melalui 7 tahapan termasuk tahap dicelup seluruh body kedalam bak yang berisi cairan khusus kemudian digetarkan agar cairan tersebut masuk hingga celah terkecil sekalipun. Bagian bawah kendaraan diberikan tambahan pelapis agar kuat saat kena percikkan batu saat kendaraan jalan.

Terima kasih.

Hormat kami,

B. Ronny Tjahjadi