Too Good to be Discontinued
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 510
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: Too Good to be Discontinued
Sejak kemunculan Kuda di 1999 ane terobsesi selalu sama kuda diesel. Terlebih pas keluar yang Grandia 2002 dg theme song Bon Jovi, masih melekat betul itu iklan sampe skrg.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Too Good to be Discontinued
Monggo.....glendotan wrote:Sejak kemunculan Kuda di 1999 ane terobsesi selalu sama kuda diesel. Terlebih pas keluar yang Grandia 2002 dg theme song Bon Jovi, masih melekat betul itu iklan sampe skrg.
https://www.youtube.com/watch?v=wOwvzTu1fzk

Semua ada lebih kurang nya, om klep... Ibarat manusia pun, tidak ada yang sempurna seratus peratus.DOHC wrote:secara konstruksi kaki2 nya.... mustinya kuda lebi enak dr kijang malah... susunan per daun nya underaxle... bukan overaxle sperti kijang super dkk yg lebi ditujukan utk angkut beban... dan liat jg susunan lembaran2 per nya nyaris lurus, tanpa ad lekukan atau kurva.... secara teoritis sehh settingan kaya gt biasa utk passenger oriented... cmiiw
Apatah lagi mobil, om... bikinan makhluk yang juga gak sempurna..
Tapi yang jelas siy, cukup satu kuda sejuta saudara kita dapatkan, om... huehehehehee...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Too Good to be Discontinued
Betuuul, om..!!walid_007 wrote:Suspensi keras kayak batu. Jujur ngak nyaman blaz kuda itu..
Persis naik kuda beneran goyang sana goyang sini ngak enak
Ngak perlu lawan innova .. pake lgx aja enak mana.. ngakak mas..

Inget iklan mobil 7 seater fwd yang ngiklanin Kuda sebagai kendaraan Flintstones...?

Itu udah cukup membuat ane mengambil keputusan untuk ngga mengambil mobil itu, om..malah beli yang paling ajrut ajrut...

Jualan juga rada rada gimanaa gitu... pasang SPG di dealer aja juga pasang yang udah full dempul bukannya pasang yang full pressed body...Turboman wrote:
Setuju bangett !!!
Mestinya KuDies bisa tetap dijual utk "mencuri" segment antara apansah - Innopah
Bikin yg 2 level bawah pake mesin 4D56 NA......versi top level kasih mesinnya PJS Exceed + Metic 4 AT
Tapi denger2 KTB memang punya proyek "Low MPV"....mudah2-an aja nanti lahir penerusnya si Kuda dgn ladder frame, body compact, pakek mesinnya PJS Exceed & dijual lebih miring dr Ipah
Yaa......

b8099ok wrote:With 4G15 roller rocker armmaskopat wrote:low mpv ktb yaitu..... mirage 7 seater...
No wayyyyy.....

amfibi wrote:Opung ane pun masih wara wiri kabanjahe medan pake kuda gen awal nya... Innova 08 nya dianggurinricz wrote:Pelan pelan gw baru mengerti knp owner Kuda apalg owner Kuda yg pintu buka ke atas masi ttp keep kuda jadulnya smpe skrg...
Kek kuda diesel py tetangga yg udh pindah rumah dianya, brand new dr 2002 dan masi dipake smpe skrg...![]()
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
De javu dengan posting ini, mod...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Too Good to be Discontinued
itu iklan nya si GL batu makam kann... yahh kl bandingin nya ama GL jelas kalah lahh si kuda... yg satu masi per daun yg satu ud per keong... yg satu ladder frame yg satu monokok...VanzMatic wrote:Betuuul, om..!!walid_007 wrote:Suspensi keras kayak batu. Jujur ngak nyaman blaz kuda itu..
Persis naik kuda beneran goyang sana goyang sini ngak enak
Ngak perlu lawan innova .. pake lgx aja enak mana.. ngakak mas..![]()
Inget iklan mobil 7 seater fwd yang ngiklanin Kuda sebagai kendaraan Flintstones...?![]()
Itu udah cukup membuat ane mengambil keputusan untuk ngga mengambil mobil itu, om..malah beli yang paling ajrut ajrut...
btw oot dikit,
jd inget dl diskusi malem2 ane antara om rijal (jalu), mario (tisu basah), badak.... kta perna bahas kl kuda itu termasuk kelas empuk bagi mobil2 ber per daun... jauhhh lebi tolerable dibanding panther... bahkan mendekati empuk nya si kijang kapsul... dgn konstruksi per daun yg passenger oriented plus bobot body yg berat... kombinasi pas... lain crita tuk kuda bensin yahh...
numpang lewat aja....


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Aug 03, 2014 9:12
Re: Too Good to be Discontinued
vote
Hyundai Trajet too good to be discontinued
Mitsu Kuda demen mulai gen 1 facia mirip pajero 90's, gen 2 makin elegant, apakagi keluaran terakhir yang pake konde cakep abis
Kia Carnival/ Sedona versi terbarunya cakep, kok gak dimasukin di Indonesia ya'

Hyundai Trajet too good to be discontinued

Mitsu Kuda demen mulai gen 1 facia mirip pajero 90's, gen 2 makin elegant, apakagi keluaran terakhir yang pake konde cakep abis

Kia Carnival/ Sedona versi terbarunya cakep, kok gak dimasukin di Indonesia ya'

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Aug 03, 2014 9:12
Re: Too Good to be Discontinued
kuda gen awal yg facia mirip pajero 90's cakep abis, sama keluaran terakhir yg dipakein konde kyaknya jarang lihat yg model ini
too good to be discontinued
hyundai trajet
too good to be discontinued
hyundai trajet

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Too Good to be Discontinued
Kijang kapsul falcelift 1 & Kuda first gen...
Pake blok mesin aslinya aja tp tambah teknologi2 masa kini (vvti, mivec atau apalah namanya terserah), yg diesel pasang turbo. Jd irit tp ttp mampu minum bensin/solar murahan.
Pasang gimmick2 masa kini (HU touchscreen, tombol2 di setir, glove box berAC, sensor&kamera mundur, airbag, ABS, EBD, BA, ESC, dll). Tp jangan tambah chrome heuheuheuh.
Seandainya mobil2 begini diproduksi lg, mungkin kaleng yg paling laku sejak 2004 itu bs lengser angka penjualannya....
Pake blok mesin aslinya aja tp tambah teknologi2 masa kini (vvti, mivec atau apalah namanya terserah), yg diesel pasang turbo. Jd irit tp ttp mampu minum bensin/solar murahan.
Pasang gimmick2 masa kini (HU touchscreen, tombol2 di setir, glove box berAC, sensor&kamera mundur, airbag, ABS, EBD, BA, ESC, dll). Tp jangan tambah chrome heuheuheuh.
Seandainya mobil2 begini diproduksi lg, mungkin kaleng yg paling laku sejak 2004 itu bs lengser angka penjualannya....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Too Good to be Discontinued
market indo itu relatively small ..... ibarat minority shareholder cuma ada minority vote power
buat apa principal hrs dengar selevel majority
buat apa principal hrs dengar selevel majority
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 636
- Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
- Location: Jakarta
Re: Too Good to be Discontinued
ane sih sayang grandis udah discontinue padahal modelnya cakep n bisa jdi pilihan bagi org yg punya budget 300-400 jutaan mau cari mpv,slama ini mpv cuma ada innova aja (carens n orlando ane ga itung karna ga imbang sama innova). btw knp ada pilihan taruna ya,kan udah ada terios?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Too Good to be Discontinued
ane juga mau ngomong grandis juga..,piggypig77 wrote:ane sih sayang grandis udah discontinue padahal modelnya cakep n bisa jdi pilihan bagi org yg punya budget 300-400 jutaan mau cari mpv,slama ini mpv cuma ada innova aja (carens n orlando ane ga itung karna ga imbang sama innova). btw knp ada pilihan taruna ya,kan udah ada terios?

mobil ini masih cakep kalopun dirilis tahun sekarang
please mitsy, release grandis again with 4D56 engine option

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Too Good to be Discontinued
Nah mengenai hal ini, ajaibnya ada aja merk yg mau dengerin kemauan sebagian konsumen Indonesia yg agak nyeleneh, sampe bikin mobil tersendiri buat pasar Indonesia, dan ajaibnya mereka cukup laku juga....newrubble wrote:market indo itu relatively small ..... ibarat minority shareholder cuma ada minority vote power
buat apa principal hrs dengar selevel majority
Contoh;
Mitsu L300, yg disini gk ganti model sejak 1982 (di luar negeri sudah discontinue akhir 80an)
Carry Futura& T120SS (Setau ane gk ada di negara lain, sejak 1991 gk ganti model CMIIW)
Isuzu Panther (Gk ganti model sejak 2001 Klo gk salah. Walau skrg udh gk laku)
Isuzu Elf (Luar negeri udh major change bbrp tahun lalu, disini cm ganti grille dgn yg lebih banyak chrome)
Truk Fuso Kepala orange jg setau ane udh lama bgt, di luar negeri udh jd barang antik.
CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Too Good to be Discontinued
Discontinue disini maksudnya udh ga di produksi atau di jual lg di indo kan? Kalo iya :
1. Chevrolet cruze, krn option compact sedan tdk ada yg menarik sbelum civic FC lahir di indo. Apalagi kalo cruze facelift masuk, yg plat nomor belakang turun ke bumper. Indah.
(Entah knp ane suka liat sedan yg pantatnya polos, plat di bumper. Sebut saja mazda 6 yg lama, pug 406, pug 408, dst)
2. Galant hiu V6, krn medium sedan tidak ada lagi yg manual, 2500cc, v6, aggresive styling, performance oriented.
3. Teana v6 j32, krn medium sedan ini unik, baik dr mesin yg v6, maupun bahasa design yg sampe skrg masih terlihat wah.
4. Hyundai i20 CRDi, krn sampe skrg tdk ada lagi sub compact hatchback diesel. Paling obatnya hanya fiesta ecoboost yg karakternya mirip.
5. Ford focus TDCi, krn tdk ada lagi compact hatchback diesel. Paling obatnya ya focus ecoboost yg karakternya mirip.
6. City GM2, krn mnurut saya modelnya bakal timeless. Unik patah patah tapi tdk seperti patahnya model 90s. GM6 skrg lebih rounded.
1. Chevrolet cruze, krn option compact sedan tdk ada yg menarik sbelum civic FC lahir di indo. Apalagi kalo cruze facelift masuk, yg plat nomor belakang turun ke bumper. Indah.
(Entah knp ane suka liat sedan yg pantatnya polos, plat di bumper. Sebut saja mazda 6 yg lama, pug 406, pug 408, dst)
2. Galant hiu V6, krn medium sedan tidak ada lagi yg manual, 2500cc, v6, aggresive styling, performance oriented.
3. Teana v6 j32, krn medium sedan ini unik, baik dr mesin yg v6, maupun bahasa design yg sampe skrg masih terlihat wah.
4. Hyundai i20 CRDi, krn sampe skrg tdk ada lagi sub compact hatchback diesel. Paling obatnya hanya fiesta ecoboost yg karakternya mirip.
5. Ford focus TDCi, krn tdk ada lagi compact hatchback diesel. Paling obatnya ya focus ecoboost yg karakternya mirip.
6. City GM2, krn mnurut saya modelnya bakal timeless. Unik patah patah tapi tdk seperti patahnya model 90s. GM6 skrg lebih rounded.
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 636
- Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
- Location: Jakarta
Re: Too Good to be Discontinued
Mnurut ane design grandis rada timeless karna dia elegan n spt estate or station wagon,tinggal update fitur n kasi pilihan mesin bensin yg powerful ama 4n15.daftar wrote:ane juga mau ngomong grandis juga..,piggypig77 wrote:ane sih sayang grandis udah discontinue padahal modelnya cakep n bisa jdi pilihan bagi org yg punya budget 300-400 jutaan mau cari mpv,slama ini mpv cuma ada innova aja (carens n orlando ane ga itung karna ga imbang sama innova). btw knp ada pilihan taruna ya,kan udah ada terios?![]()
mobil ini masih cakep kalopun dirilis tahun sekarang
please mitsy, release grandis again with 4D56 engine option

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Too Good to be Discontinued
L300 itu production tools rental scheme .....coklatMetalik wrote:Nah mengenai hal ini, ajaibnya ada aja merk yg mau dengerin kemauan sebagian konsumen Indonesia yg agak nyeleneh, sampe bikin mobil tersendiri buat pasar Indonesia, dan ajaibnya mereka cukup laku juga....newrubble wrote:market indo itu relatively small ..... ibarat minority shareholder cuma ada minority vote power
buat apa principal hrs dengar selevel majority
Contoh;
Mitsu L300, yg disini gk ganti model sejak 1982 (di luar negeri sudah discontinue akhir 80an)
Carry Futura& T120SS (Setau ane gk ada di negara lain, sejak 1991 gk ganti model CMIIW)
Isuzu Panther (Gk ganti model sejak 2001 Klo gk salah. Walau skrg udh gk laku)
Isuzu Elf (Luar negeri udh major change bbrp tahun lalu, disini cm ganti grille dgn yg lebih banyak chrome)
Truk Fuso Kepala orange jg setau ane udh lama bgt, di luar negeri udh jd barang antik.
CMIIW
smua yg ada sampai skrg itu dibuat full manufacturing dgn cara royalty based (sy yg bikin contract dia dgn krama yudha)
isuzu bison yg skrg itu pakai CKD-kit inventory surplus ex ford husky (south africa) dgn tools ex chrysler ostrali dgn pakai production lane ex krama yudha yg nganggur
total royalty quota max 2,000,000 units n ssdh itu subject to nego ..... tanya sj gunaevy kalo mau lbh jelas .... dulu dia wapresdir skaligus contact person u local (ky) side
t120ss/suzie c.futura itu inherit masalalu saat india blm dilirik n sempat export ke pakistan (blind van), malay, fiji, PNG .... wkt itu indo sangat menarik krn mmg blm ada CKD-component import duty
isuzu panther juga inherit masalalu n bukan cuma di indo sj .... di russian market sy masih sering liat di bbrp airport trmsk moscow n st.petersburg (isuzu auv) .... di taiwan juga (sy lupa namanya) .... di pinoy itu bgitu byk (crosswind) .... india juga ada (pakai chevy emblem)
tapi maksut komentar sy sblm yg ini adalah .... indo dm sdh tdk bgitu semenarik sblm thn 2000 krn dulu janjinya govt mau kasih incentive kalo full manufacturing tapi skrg malah CKD supporting parts yg imported malah kena xtra import duty
masalalu sy tdk mau utak utik
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Too Good to be Discontinued
kalo fuso itu krn krama yudha side ... tdk mau jual shares ke (saat itu) daimler chrysler pd wkt fuso global acquisition (2003-2005) saat volvo participation beralih ke dc
deal wkt itu adalah ky bebas full manufacturing existing lineups (royalty based) dan utk tiap model change hrs beli CKD kit ex thai dengan vendor purchase based
itu knapa lineups di indo tdk global update
deal wkt itu adalah ky bebas full manufacturing existing lineups (royalty based) dan utk tiap model change hrs beli CKD kit ex thai dengan vendor purchase based
itu knapa lineups di indo tdk global update
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Too Good to be Discontinued

Mulai paham ane...
Jd intinya skrg gk menguntungkan secara bisnis untuk bikin model yg khusus untuk Indonesian market (trmasuk menghidupkan lg mobil2 di thread ini) kecuali ada kontrak2 khusus seperti kasus kramayudha...


1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Too Good to be Discontinued
bgitu juga knapa maz MR90 series stop krn dua hal:
failure to meet medium production quota (ada table nya yg sy tdk bole disclose);
production tools rental in usd and charge per unit done.
on pt national motors qq indomobil failure to pay outstanding the jap principal shall terminate the right to import, produce, assemble, sell, aftersale-care all mazda products in indo from pt national motors qq indomobil (dan itu terjadi thn 2005)
krn itu maz exit from indomobil n itu garagara xperiment MR90 n vantrend yg gagal total
failure to meet medium production quota (ada table nya yg sy tdk bole disclose);
production tools rental in usd and charge per unit done.
on pt national motors qq indomobil failure to pay outstanding the jap principal shall terminate the right to import, produce, assemble, sell, aftersale-care all mazda products in indo from pt national motors qq indomobil (dan itu terjadi thn 2005)
krn itu maz exit from indomobil n itu garagara xperiment MR90 n vantrend yg gagal total
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Too Good to be Discontinued
Ada sebagian discontinue emang karema produl global nya juga gak ngeluarin versi baru nya lagi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Too Good to be Discontinued
contoh daihatsu be-go atau kalo disini sebutannya terior & rush.
di jepangnya kayak ga ada kelanjutannya..
tapi orang indonesia inovasi tiada henti, dikasih lah aerokit, dibedakin, dikasih akte nama yang panjang,
biar selalu "super-all-grand-ultimate-new-rash"
di jepangnya kayak ga ada kelanjutannya..
tapi orang indonesia inovasi tiada henti, dikasih lah aerokit, dibedakin, dikasih akte nama yang panjang,
biar selalu "super-all-grand-ultimate-new-rash"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Too Good to be Discontinued
kalo beda lifetime JDM vs indoDM
kita bicara economic scale yg ahirnya biz efficiency
sy saat masih di abac pernah tanya 'ted' (skrg dia sdh pensiun dr tam n owner satu tyt retail chain) ..... brp unit ..... BEP per lineup
dia jwp ... JDM 5,000 per lifetime...... indoDM (CKD)**1,000 per annum
**tam full manufacturing level
dia bilang .... bkn krn tam inefficient tapi krn biz barrier yg tinggi di indo n sbgn besar datang dr govt
kita bicara economic scale yg ahirnya biz efficiency
sy saat masih di abac pernah tanya 'ted' (skrg dia sdh pensiun dr tam n owner satu tyt retail chain) ..... brp unit ..... BEP per lineup
dia jwp ... JDM 5,000 per lifetime...... indoDM (CKD)**1,000 per annum
**tam full manufacturing level
dia bilang .... bkn krn tam inefficient tapi krn biz barrier yg tinggi di indo n sbgn besar datang dr govt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: Too Good to be Discontinued
iya... ane liat di web toyota, rush dari jaman kapan sampe sekarang ga beda, cuma beda interface websitenya ajaPRBS wrote:contoh daihatsu be-go atau kalo disini sebutannya terior & rush.
di jepangnya kayak ga ada kelanjutannya..
tapi orang indonesia inovasi tiada henti, dikasih lah aerokit, dibedakin, dikasih akte nama yang panjang,
biar selalu "super-all-grand-ultimate-new-rash"

masih sama dan ttp available yg 5 seater only CMIIW
2015 Honda HR-V E CVT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Too Good to be Discontinued
1,000 per annum sebenernya termasuk kecil ya untuk mobil MPV,, tapi kenapa isuzu & mitsubishi gak berani ngeluarin line up baru untuk melawan avanza & innova yanewrubble wrote:kalo beda lifetime JDM vs indoDM
kita bicara economic scale yg ahirnya biz efficiency
sy saat masih di abac pernah tanya 'ted' (skrg dia sdh pensiun dr tam n owner satu tyt retail chain) ..... brp unit ..... BEP per lineup
dia jwp ... JDM 5,000 per lifetime...... indoDM (CKD)**1,000 per annum
**tam full manufacturing level
dia bilang .... bkn krn tam inefficient tapi krn biz barrier yg tinggi di indo n sbgn besar datang dr govt


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Too Good to be Discontinued
isuzu panther mk.1 itu pakai meter cluster ex isuzu gemini mk.2 rearlamp pair pakai ex holden shuttle .... dashboard ex isuzu fargo
kalo makanan ini gadogado .... krn namanya basic vehicle for developing (low compliance) market pastinya hrs sebisa mungkin pakai components dari available lineups
apalagi saat itu pt pantja (ruang) motor masih semi bumn (ex ctc group) mana mau govt indo kluar wang byk
sebetulnya saat itu naming plan bukan isuzu panther tapi isuzu macan dan mau pakai 1983 isuzu fargo tapi satu board member insisted (alm giri suseno) insisted hrs bonneted model
kalo makanan ini gadogado .... krn namanya basic vehicle for developing (low compliance) market pastinya hrs sebisa mungkin pakai components dari available lineups
apalagi saat itu pt pantja (ruang) motor masih semi bumn (ex ctc group) mana mau govt indo kluar wang byk
sebetulnya saat itu naming plan bukan isuzu panther tapi isuzu macan dan mau pakai 1983 isuzu fargo tapi satu board member insisted (alm giri suseno) insisted hrs bonneted model
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Too Good to be Discontinued
Another question: Adakah yg tau Knapa KramaYudha selama bbrp tahun gk jualan MPV samasekali setelah Kuda dibunuh, Maven dibunuh,, Grandis dibunuh. Baru ada rencana jual MPV lg sekarang2 ini yg prototypenya konon mau muncul di GIIAS. Apakah dianggap kurang menguntungkan,, atau karena ada agreement tertentu?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Too Good to be Discontinued
maven bukan discontinue tapi quota dia abis
sy cuma sedikit tau ttg kuda
naming background: shio gunaevy adalah kuda (coba liat patung binatang apa diatas graha krama yudha milik dia di warung buncit)
total imported ckd kit: 55,000
total assembled ckd: 49,206 (1999end-2005)
kuda itu pure project nya kang gun n stop krn shares dia (ex pt new marwa 1970) dibeli principal
wang itu dia pakai u perkuat prabu motor group milik dia pribadi dan overseas auto investment dia di vietnam (sadaco group=saigon diamond auto company yg jualan mitsi CKD indo n CKD india/thai)
sy cuma sedikit tau ttg kuda
naming background: shio gunaevy adalah kuda (coba liat patung binatang apa diatas graha krama yudha milik dia di warung buncit)
total imported ckd kit: 55,000
total assembled ckd: 49,206 (1999end-2005)
kuda itu pure project nya kang gun n stop krn shares dia (ex pt new marwa 1970) dibeli principal
wang itu dia pakai u perkuat prabu motor group milik dia pribadi dan overseas auto investment dia di vietnam (sadaco group=saigon diamond auto company yg jualan mitsi CKD indo n CKD india/thai)