w211, bekas taxi, its worth?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Fri May 20, 2016 0:30
w211, bekas taxi, its worth?
pagi SM,
saya berencana kredit, untuk mercedes benz taxi w211
mengingat harganya 180juta, dan dirawat blue bird grup (BB)
di tanah kusir beberapa lalu, saya pernah datangi, salesnya menjamin taxi ex bb terutama silver bird sangat bagus dan terawat
saya lihat, cukup ok untuk interior, tidak ada yang ambles, cuma agak kusam saja console2 nya
dites bareng supir, mesin sangat halus
tanya
1. 250-300rb km, apakah nantinya dibawa setelah km 350-400rb akan merongrong(masalah keluar semua)
kompressor, kelistrikan, etc
2. apakah menjual kembali bekas mercedes ex taxi, sangat sulit sekali? atau memang sangat jatuh sekali?
3. adakah saran selain itu?
saya berencana kredit, untuk mercedes benz taxi w211
mengingat harganya 180juta, dan dirawat blue bird grup (BB)
di tanah kusir beberapa lalu, saya pernah datangi, salesnya menjamin taxi ex bb terutama silver bird sangat bagus dan terawat
saya lihat, cukup ok untuk interior, tidak ada yang ambles, cuma agak kusam saja console2 nya
dites bareng supir, mesin sangat halus
tanya
1. 250-300rb km, apakah nantinya dibawa setelah km 350-400rb akan merongrong(masalah keluar semua)
kompressor, kelistrikan, etc
2. apakah menjual kembali bekas mercedes ex taxi, sangat sulit sekali? atau memang sangat jatuh sekali?
3. adakah saran selain itu?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: w211, bekas taxi, its worth?
Point no 2:
Jual mobil ex taxi itu tdk mudah, tdk semua konsumen mau... kalau mslh harga belinya sdh murah jadi mungkin tdk terlalu rugi tapi nggak bisa cepat jualnya, rata2 pembeli akan mikir kalau tau odometernya udah di atas 300rb km
Jual mobil ex taxi itu tdk mudah, tdk semua konsumen mau... kalau mslh harga belinya sdh murah jadi mungkin tdk terlalu rugi tapi nggak bisa cepat jualnya, rata2 pembeli akan mikir kalau tau odometernya udah di atas 300rb km
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: w211, bekas taxi, its worth?
buat gue mobil udah diatas 100 rb KM atau 5 tahun Cueh.... spit up itu kalau gak beli pnyakit ya beli masalah
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Jun 21, 2016 5:13
Re: w211, bekas taxi, its worth?
wahhh. temen gue juga ada pake mercy w211. odonya 250rban. ada aja alasan untuk balik ke bengkel setiap sebulan sekali jarang absen. di pikir2 lagi aja om buat perawatannnya. yg bisa2 lebih dari cicilan om. ini liat pengalaman temen aja yaaa dari newbieee hehehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: w211, bekas taxi, its worth?
kalo diforum MB sih, sepuhna pada bilang gak worth, karena beda harganya ga terlalu jauh, padahal odonya beda jauh banget
mobil kayak gini gak sulit nemu yg odonya masih dibawah 100rb umur segitu
mobil kayak gini gak sulit nemu yg odonya masih dibawah 100rb umur segitu
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: w211, bekas taxi, its worth?
kalau harga non taxinya kisaran brp omalvin23 wrote:kalo diforum MB sih, sepuhna pada bilang gak worth, karena beda harganya ga terlalu jauh, padahal odonya beda jauh banget
mobil kayak gini gak sulit nemu yg odonya masih dibawah 100rb umur segitu

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Wed Mar 25, 2015 5:48
Re: w211, bekas taxi, its worth?
Kalo sy tidak salah ingat baca di forum ini omNR pernah bilang Bluebird itu punya policy OEM vs OEM. Jadi tidak sembarang service...
Kalo utk masalah KM menurut sy tidak menjamin..
Karena kalo KM sedikit tapi gak terawat VS KM banyak tapi terawat tentu akan beda...
Cmiiw yah..
Kalo utk masalah KM menurut sy tidak menjamin..
Karena kalo KM sedikit tapi gak terawat VS KM banyak tapi terawat tentu akan beda...
Cmiiw yah..

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: w211, bekas taxi, its worth?
Menurut saya tergantung om beli untuk weekend toy apa untuk mobil satu satunya om. Kalau untuk weekend toy dan emg naksir sih sebenernya masih lumayan worth it karena w211 mereka udah yg FL, non SBC (less rewel). Tapi kalau bisa sih nego lg om. Karena saya lihat e280 7G Tronic 2009 harganya udah kisaran 250jt which is ga jauh beda apalagi kalau dilihat dr spec 280vs200K.
Kalau untuk daily car sebaiknya jangan om.
Kalau untuk daily car sebaiknya jangan om.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: w211, bekas taxi, its worth?
kalo bicara worthy atau tdk di indo ...... itu bicara pro atau contra
indo itu pride nation ..... yg junjung sangat tinggi gengsi setinggi para sheikh pemilik wang banyak dari negeri unta
meski wang mrk jauh lebih sedikit drpd para juragan sepatu dari vietnam ........
sy sangat tertawa saat ada calon pemilik mobil yg (di indo) mewah yg sibuk tanya sana tanya sini dimana parts kampakan lineup yg dia ingin
angka 100rb km odoreading itu angka psikologis yg di ciptakan para pedagang mobil bekas di jkt (pecenongan) thn 1970n saat indo masih (by purchasing power) lbh kaya drpd detik ini ........ saat para betawi gusuran tanah belinya brandnew corolla ke20 (corbet) bukan mitsi colt t120 neptune ....... bukan moped bukan bebek spt skrg ...... bukan kawin lagi
yg jelas sampai kapanpun tetap ada golongan ex taxi enthusiast ..... yg punya wang spt jij ada di first layer n
yg punya sedikit wang ada di layers berikut krn tggu jij jual lagi apa yg jij skrg mau beli ..... kalo jadi
bukan cuma di indo ....... di negeri maju manapun ada ex-taxi enthusiasts .... baik individual maupun community
indo itu illogic market ....... sebagian bgitu gengsi / bgitu takut beli ex-taxi tapi piara mobil pribadi ke authorized workshop wang nya kurang (n pasti mrk akan beladiri bilang seribu justification ....... spt drug dealer mau di kirim ke depan firing squad)
barang halfcut mrk rebutan pdhl itu sdh sampah ....... odoread masih dibawah 100 rb km .....mrk bisa rebutan spt zombie dapat fresh human flesh (krn bgitu miskin nya)
yg jelas bb group sdh jadikan ini lineup business mrk n tiap thn pasti jualan in-fleet phase out mrk n tiap unit itu pasti punya economic value ...... event sampai skian puluh thn kedepan
indicatornya apa? bgitu byk finance company yg mau kasih lending facility u unit acquisition bahkan level adira ataupun sinar mas ..... bukan level haji dolan atau bang samin lg
jij tdk beli pasti org lain akan
thn depan bb akan phase out ozdm (usdm rhd) camry ex silverbird mrk / ex pt silvernusa indah bird)
note: dulu jaman di indo wang sy tdk banyak jadi sy belinya bbrp puluh units ex taxi (apa sj? sy lupa tapi smua ex bb) di ostrali juga sy mampu nya beli ex-police dgn odoread skitar 750,000 km (usia mobil 9thn)
indo itu pride nation ..... yg junjung sangat tinggi gengsi setinggi para sheikh pemilik wang banyak dari negeri unta
meski wang mrk jauh lebih sedikit drpd para juragan sepatu dari vietnam ........
sy sangat tertawa saat ada calon pemilik mobil yg (di indo) mewah yg sibuk tanya sana tanya sini dimana parts kampakan lineup yg dia ingin
angka 100rb km odoreading itu angka psikologis yg di ciptakan para pedagang mobil bekas di jkt (pecenongan) thn 1970n saat indo masih (by purchasing power) lbh kaya drpd detik ini ........ saat para betawi gusuran tanah belinya brandnew corolla ke20 (corbet) bukan mitsi colt t120 neptune ....... bukan moped bukan bebek spt skrg ...... bukan kawin lagi
yg jelas sampai kapanpun tetap ada golongan ex taxi enthusiast ..... yg punya wang spt jij ada di first layer n
yg punya sedikit wang ada di layers berikut krn tggu jij jual lagi apa yg jij skrg mau beli ..... kalo jadi
bukan cuma di indo ....... di negeri maju manapun ada ex-taxi enthusiasts .... baik individual maupun community
indo itu illogic market ....... sebagian bgitu gengsi / bgitu takut beli ex-taxi tapi piara mobil pribadi ke authorized workshop wang nya kurang (n pasti mrk akan beladiri bilang seribu justification ....... spt drug dealer mau di kirim ke depan firing squad)
barang halfcut mrk rebutan pdhl itu sdh sampah ....... odoread masih dibawah 100 rb km .....mrk bisa rebutan spt zombie dapat fresh human flesh (krn bgitu miskin nya)
yg jelas bb group sdh jadikan ini lineup business mrk n tiap thn pasti jualan in-fleet phase out mrk n tiap unit itu pasti punya economic value ...... event sampai skian puluh thn kedepan
indicatornya apa? bgitu byk finance company yg mau kasih lending facility u unit acquisition bahkan level adira ataupun sinar mas ..... bukan level haji dolan atau bang samin lg
jij tdk beli pasti org lain akan
thn depan bb akan phase out ozdm (usdm rhd) camry ex silverbird mrk / ex pt silvernusa indah bird)
note: dulu jaman di indo wang sy tdk banyak jadi sy belinya bbrp puluh units ex taxi (apa sj? sy lupa tapi smua ex bb) di ostrali juga sy mampu nya beli ex-police dgn odoread skitar 750,000 km (usia mobil 9thn)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: w211, bekas taxi, its worth?
Ikut nimbrung ya krn ane pengalaman make eks taksi (Limo).
Hal pertama: rekondisi. Tahun pertama pake nggak keliatan. Tp gitu menginjak tahun kedua mulai keliatan banyak yg harus direkondisi. Rekondisi dalam artian bukan di bodynya tp rekondisi kayak kaki2, jalur bahan bakar kyk pompa bensin, dsb. Ane ngeliat sendiri, walau mercy tp selalu dicekokin ama premium doank, bukan pertalite atau pertamax.
Hal kedua: Masalah dijual kembali. Pengalaman ane sih banyak kok yg mau beli eks taksi. Tp jng kaget kalo tawarnya rendah.
Hal ketiga: ane pernah survey2 harga mercy non taksi dng eks taksi. Misal harga 180 jt. Dng harga segitu ente msh bs dapat mbl mercy km rendah. Walau dptnya tahun yg lebih tua. Tp toh mercy is mercy. Thn tua pun msh dpt gengsi.
Jd kalo ane jd ente, ane gak akan beli mbl mercy eks taksi apalagi ente belinya pake kredit pula. Duh.. mending kredit mercy non taksi deh.
Kecuali ente beli kredit lalu buat taksi online.
Atau dipake hanya utk wiken doank.
Tp menurut ane sih mending beli cash aja utk eks taksi.
Hal pertama: rekondisi. Tahun pertama pake nggak keliatan. Tp gitu menginjak tahun kedua mulai keliatan banyak yg harus direkondisi. Rekondisi dalam artian bukan di bodynya tp rekondisi kayak kaki2, jalur bahan bakar kyk pompa bensin, dsb. Ane ngeliat sendiri, walau mercy tp selalu dicekokin ama premium doank, bukan pertalite atau pertamax.
Hal kedua: Masalah dijual kembali. Pengalaman ane sih banyak kok yg mau beli eks taksi. Tp jng kaget kalo tawarnya rendah.
Hal ketiga: ane pernah survey2 harga mercy non taksi dng eks taksi. Misal harga 180 jt. Dng harga segitu ente msh bs dapat mbl mercy km rendah. Walau dptnya tahun yg lebih tua. Tp toh mercy is mercy. Thn tua pun msh dpt gengsi.
Jd kalo ane jd ente, ane gak akan beli mbl mercy eks taksi apalagi ente belinya pake kredit pula. Duh.. mending kredit mercy non taksi deh.
Kecuali ente beli kredit lalu buat taksi online.
Atau dipake hanya utk wiken doank.
Tp menurut ane sih mending beli cash aja utk eks taksi.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Wed Mar 30, 2016 6:25
- Location: Everywhere
Re: w211, bekas taxi, its worth?
W211 nya silverbird klo ga salah E200 kompre ya?
kmrn hbs iseng nyobain W212 E200 nya silverbird di beres langganan, mnrt saya berat bgt rasanya beda bgt sama E250/E300 avg toel dikit lsg jalan, nah klo W211 beda tipis lah pasti berat berat juga. power to weight ratio.
truss..
si om ni mobil mau buat apa dulu? disiksa? or weekend car? kalo disiksa harian sprtinya oke² aja ya cz ex taxi gini kan memang dibuat jalan terus.
tapi klo weekend car, sayang bgt mnrt saya, dgn budget segitu mending cari W210 avantgarde yg masih oke atoga W210 E240 elegance.
tapi ya balik ke selera lg om, lbh baik cari bandingan dulu dgn yg bukan ex taxi, dan usahakan interior nya seperfect mgkin (walopun susah ya klo ex taxi).
happy hunting
kmrn hbs iseng nyobain W212 E200 nya silverbird di beres langganan, mnrt saya berat bgt rasanya beda bgt sama E250/E300 avg toel dikit lsg jalan, nah klo W211 beda tipis lah pasti berat berat juga. power to weight ratio.
truss..
si om ni mobil mau buat apa dulu? disiksa? or weekend car? kalo disiksa harian sprtinya oke² aja ya cz ex taxi gini kan memang dibuat jalan terus.
tapi klo weekend car, sayang bgt mnrt saya, dgn budget segitu mending cari W210 avantgarde yg masih oke atoga W210 E240 elegance.
tapi ya balik ke selera lg om, lbh baik cari bandingan dulu dgn yg bukan ex taxi, dan usahakan interior nya seperfect mgkin (walopun susah ya klo ex taxi).
happy hunting
"The important thing in Life is not the Triumph but the Struggle" 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sun Jan 03, 2016 4:40
Re: w211, bekas taxi, its worth?
numpang tanya om, kalau bole tahu om dari kalangan "the have" atau kalangan "rakyat jelata" ?
kalau om dari kalangan the have yang uda punya asset sedikitnya puluhan milliar tentunya uang 180 juta gak ada artinya lagi terus gak masalah dengan biaya perbaikan sana sini, ditambah om uda senang banget ama tuh mobil, langsung sikat beli aja, ga usa mikir panjang, itung itung gak ada salah nya nikmatinya harta kita yang berlebih.
tetapi mohon maaf kalau om dari kalangan rakyat jelata yang pas pas an yang mesti kerja keras demi hidup, terus tuh mobil bakal jadi satu satunya atau mungkin mobil pertama, sebaiknya lupakan. om bisa dapat mobil yang jauh lebih baik dengan uang 180 juta. contoh nya : d4d seken
sekedar berbagi pengalaman dengan kenalan langsung :
pertama : mantan bos ane pemilik salah satu jaringan hotel budget di indo, iseng iseng pernah beli mercy seken usia 4 tahun, karena biar kaya selangit selama ini cuma punya mobil jepang. pake cuma sekitar 3-4 bulan, abis itu dijual. masalahnya biar cuma pake 3 bulan, itu mobil uda habisin sekitar 30% dari harga beli nya. tapi uang segini mah kaga efek buat bos pemilik jaringan hotel budget.
kedua : teman kantor penghasilan sekitar 10-15 juta/bulan, iseng juga beli mercy usia 5 tahun. pake skitar 6 bulan, habis itu jual. gw gak tau dia abis berapa duit buat perbaikan, tapi abis itu dia anti habis dan cenderung benci ama mobil eropa
jadi kesimpulan saya : kalau mau aman, tentukan dulu status ekonomi kita ada di level mana, habis itu baru sesuaikan dengan status mobil yang mau kita beli khususnya mobil eropa ( apalagi ex taxi ):big_deal:
kalau om dari kalangan the have yang uda punya asset sedikitnya puluhan milliar tentunya uang 180 juta gak ada artinya lagi terus gak masalah dengan biaya perbaikan sana sini, ditambah om uda senang banget ama tuh mobil, langsung sikat beli aja, ga usa mikir panjang, itung itung gak ada salah nya nikmatinya harta kita yang berlebih.
tetapi mohon maaf kalau om dari kalangan rakyat jelata yang pas pas an yang mesti kerja keras demi hidup, terus tuh mobil bakal jadi satu satunya atau mungkin mobil pertama, sebaiknya lupakan. om bisa dapat mobil yang jauh lebih baik dengan uang 180 juta. contoh nya : d4d seken

sekedar berbagi pengalaman dengan kenalan langsung :
pertama : mantan bos ane pemilik salah satu jaringan hotel budget di indo, iseng iseng pernah beli mercy seken usia 4 tahun, karena biar kaya selangit selama ini cuma punya mobil jepang. pake cuma sekitar 3-4 bulan, abis itu dijual. masalahnya biar cuma pake 3 bulan, itu mobil uda habisin sekitar 30% dari harga beli nya. tapi uang segini mah kaga efek buat bos pemilik jaringan hotel budget.
kedua : teman kantor penghasilan sekitar 10-15 juta/bulan, iseng juga beli mercy usia 5 tahun. pake skitar 6 bulan, habis itu jual. gw gak tau dia abis berapa duit buat perbaikan, tapi abis itu dia anti habis dan cenderung benci ama mobil eropa

jadi kesimpulan saya : kalau mau aman, tentukan dulu status ekonomi kita ada di level mana, habis itu baru sesuaikan dengan status mobil yang mau kita beli khususnya mobil eropa ( apalagi ex taxi ):big_deal:
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: w211, bekas taxi, its worth?
Wah betul sekali..Ryukent wrote:numpang tanya om, kalau bole tahu om dari kalangan "the have" atau kalangan "rakyat jelata" ?
kalau om dari kalangan the have yang uda punya asset sedikitnya puluhan milliar tentunya uang 180 juta gak ada artinya lagi terus gak masalah dengan biaya perbaikan sana sini, ditambah om uda senang banget ama tuh mobil, langsung sikat beli aja, ga usa mikir panjang, itung itung gak ada salah nya nikmatinya harta kita yang berlebih.
tetapi mohon maaf kalau om dari kalangan rakyat jelata yang pas pas an yang mesti kerja keras demi hidup, terus tuh mobil bakal jadi satu satunya atau mungkin mobil pertama, sebaiknya lupakan. om bisa dapat mobil yang jauh lebih baik dengan uang 180 juta. contoh nya : d4d seken
sekedar berbagi pengalaman dengan kenalan langsung :
pertama : mantan bos ane pemilik salah satu jaringan hotel budget di indo, iseng iseng pernah beli mercy seken usia 4 tahun, karena biar kaya selangit selama ini cuma punya mobil jepang. pake cuma sekitar 3-4 bulan, abis itu dijual. masalahnya biar cuma pake 3 bulan, itu mobil uda habisin sekitar 30% dari harga beli nya. tapi uang segini mah kaga efek buat bos pemilik jaringan hotel budget.
kedua : teman kantor penghasilan sekitar 10-15 juta/bulan, iseng juga beli mercy usia 5 tahun. pake skitar 6 bulan, habis itu jual. gw gak tau dia abis berapa duit buat perbaikan, tapi abis itu dia anti habis dan cenderung benci ama mobil eropa![]()
jadi kesimpulan saya : kalau mau aman, tentukan dulu status ekonomi kita ada di level mana, habis itu baru sesuaikan dengan status mobil yang mau kita beli khususnya mobil eropa ( apalagi ex taxi ):big_deal:
Jng marah ya Om TS, emang harus diliat dulu kempuan kita.
Jng besar pasak daripada tiang..
Ndak usah makan gengsi.. (wala malah oot hehe maaaf).
Iya tuh, mending d4d dah. Atau mbl baru sekalian walau kelas low mpv.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: w211, bekas taxi, its worth?
180jt bisa dapet W210 kondisi rare odo 40-70K, dipake msh kinyis2, dijual juga mudah krn barang superb
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 252
- Joined: Sun Dec 22, 2013 1:10
- Location: Jakarta utara
- Daily Vehicle: Fortuner d4d 2012
Re: w211, bekas taxi, its worth?
seseram itukah melihara mobil eropa?Ryukent wrote:numpang tanya om, kalau bole tahu om dari kalangan "the have" atau kalangan "rakyat jelata" ?
kalau om dari kalangan the have yang uda punya asset sedikitnya puluhan milliar tentunya uang 180 juta gak ada artinya lagi terus gak masalah dengan biaya perbaikan sana sini, ditambah om uda senang banget ama tuh mobil, langsung sikat beli aja, ga usa mikir panjang, itung itung gak ada salah nya nikmatinya harta kita yang berlebih.
tetapi mohon maaf kalau om dari kalangan rakyat jelata yang pas pas an yang mesti kerja keras demi hidup, terus tuh mobil bakal jadi satu satunya atau mungkin mobil pertama, sebaiknya lupakan. om bisa dapat mobil yang jauh lebih baik dengan uang 180 juta. contoh nya : d4d seken
sekedar berbagi pengalaman dengan kenalan langsung :
pertama : mantan bos ane pemilik salah satu jaringan hotel budget di indo, iseng iseng pernah beli mercy seken usia 4 tahun, karena biar kaya selangit selama ini cuma punya mobil jepang. pake cuma sekitar 3-4 bulan, abis itu dijual. masalahnya biar cuma pake 3 bulan, itu mobil uda habisin sekitar 30% dari harga beli nya. tapi uang segini mah kaga efek buat bos pemilik jaringan hotel budget.
kedua : teman kantor penghasilan sekitar 10-15 juta/bulan, iseng juga beli mercy usia 5 tahun. pake skitar 6 bulan, habis itu jual. gw gak tau dia abis berapa duit buat perbaikan, tapi abis itu dia anti habis dan cenderung benci ama mobil eropa![]()
jadi kesimpulan saya : kalau mau aman, tentukan dulu status ekonomi kita ada di level mana, habis itu baru sesuaikan dengan status mobil yang mau kita beli khususnya mobil eropa ( apalagi ex taxi ):big_deal:

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36
Re: w211, bekas taxi, its worth?
klo cash sy bisa ikutan nimbrung..
tapi ini udah bilang credit dluan,, wahh big noo..
tapi ini udah bilang credit dluan,, wahh big noo..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: w211, bekas taxi, its worth?
Untuk ini saya sih rekomen jangan dulu.
Sampai sejauh mana kesiapan memelihara mobil ini?
Bukan masalah taxi or non taxi. Kadang bekas pribadipun tidak terawat ya mampus juga.
Tapi mengingat uda 250rb KM++, saya kuatir nanti perlu overhaul engine, transmission dll dsb. Nah biayanya siap ga?
Kalau pke acara kredit, mending beli mobil baru. Memang gengsi kalah tapi tidak pusing soal perawatan karena warranty plus bunga bank rendah sekarang sekitar 3,4-3,5% p.a untuk setahun, maximum 4-5% p.a yang term 5 tahunan.
Kalau merc bekas bb bukan apa, takut pernah ngerjang banjir dsbnya. Belum lagi supirnya kalau ga apik ya abis deh mobilnya.
Saya pribadi 180 juta beli W210 yang lama new eyes, cari e240 avantgarde, itu cakep sih, old skul, spare part banyak di sawah besar. Kalau BMW cari 530i 2002-2003 last edition, sisa uang 50-60juta bisa buat maintenance dan bayar pajak tahunan.
Thats all
Thanks
Sampai sejauh mana kesiapan memelihara mobil ini?
Bukan masalah taxi or non taxi. Kadang bekas pribadipun tidak terawat ya mampus juga.
Tapi mengingat uda 250rb KM++, saya kuatir nanti perlu overhaul engine, transmission dll dsb. Nah biayanya siap ga?
Kalau pke acara kredit, mending beli mobil baru. Memang gengsi kalah tapi tidak pusing soal perawatan karena warranty plus bunga bank rendah sekarang sekitar 3,4-3,5% p.a untuk setahun, maximum 4-5% p.a yang term 5 tahunan.
Kalau merc bekas bb bukan apa, takut pernah ngerjang banjir dsbnya. Belum lagi supirnya kalau ga apik ya abis deh mobilnya.
Saya pribadi 180 juta beli W210 yang lama new eyes, cari e240 avantgarde, itu cakep sih, old skul, spare part banyak di sawah besar. Kalau BMW cari 530i 2002-2003 last edition, sisa uang 50-60juta bisa buat maintenance dan bayar pajak tahunan.
Thats all
Thanks
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1089
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: w211, bekas taxi, its worth?
Prinsip nya, harga gak pernah bohong.
Ada alasannya kenapa murah.
Mercedes adalah mobil mewah.
Mobil mewah tua itu dilema.
Orang kaya gak mau beli bekas
Orang susah gak mampu beli harga mahal.
Mercedes walaupun tua, ongkos betulinnya gak beda jauh dengan yang baru.
Jangan kaget waktu ganti tie rod harganya Rp 7 juta (bengkel spesialis) atau Rp15 juta di bengkel resmi.
Jangan kaget kalau bayar pajak tahunan Rp8 juta. (Mobil pertama)
Masalah bekas taxi, sehingga km tinggi membuat masalahnya lebih rumit.
Mercedes 2009 yang jalan 30rb masi banyak, dengan beda harga 50 juta.
Ngapain beli yang 300 rb km, yang ongkos betulinnya supaya kondisi sama dengan yang 30rb, sebesar 75 juta.
Saya pernah punya mercedes usia 17 tahun dengan 90rb km. Yang model gini banyak
Ada alasannya kenapa murah.
Mercedes adalah mobil mewah.
Mobil mewah tua itu dilema.
Orang kaya gak mau beli bekas
Orang susah gak mampu beli harga mahal.
Mercedes walaupun tua, ongkos betulinnya gak beda jauh dengan yang baru.
Jangan kaget waktu ganti tie rod harganya Rp 7 juta (bengkel spesialis) atau Rp15 juta di bengkel resmi.
Jangan kaget kalau bayar pajak tahunan Rp8 juta. (Mobil pertama)
Masalah bekas taxi, sehingga km tinggi membuat masalahnya lebih rumit.
Mercedes 2009 yang jalan 30rb masi banyak, dengan beda harga 50 juta.
Ngapain beli yang 300 rb km, yang ongkos betulinnya supaya kondisi sama dengan yang 30rb, sebesar 75 juta.
Saya pernah punya mercedes usia 17 tahun dengan 90rb km. Yang model gini banyak
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: w211, bekas taxi, its worth?
jangan sampai abis beli mobil bikin vidoe kaya gini

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21
Re: w211, bekas taxi, its worth?
wah teman2 saya pemakai W124, walaupun harganya 50-70jt an mercy tetap mercy, perawatan lebih mahal daripada mobil jepang.
yg lucu itu yg satu punya W124 tapi ya dia punya pajero dokar sama alphard dan CRV RE, punya rumah dan apartemen banyak jadi miara mobil ginian ga begitu ngaruh ke kantongnya.
yg satu lagi kolektor mercy langka, punya w211 diesel, atau mercy2 limited, mercy barunya paling c250 W205 dan s500 W222, total mercynya nyampe berapa puluh tuh, ga akan kerasa duitnya kalo rawat mercy tua..
yang satu, bergaul sama mereka,tapi W124 dia dijadiin mobil harian dan hanya punya mobil itu satu2nya, tiap ketemu suka merengek perawatan dan borosnya.. ada aja masalah katanya
tapi yang jelas pride nya sama, yg penting mercy, eropa punya.
yg lucu itu yg satu punya W124 tapi ya dia punya pajero dokar sama alphard dan CRV RE, punya rumah dan apartemen banyak jadi miara mobil ginian ga begitu ngaruh ke kantongnya.
yg satu lagi kolektor mercy langka, punya w211 diesel, atau mercy2 limited, mercy barunya paling c250 W205 dan s500 W222, total mercynya nyampe berapa puluh tuh, ga akan kerasa duitnya kalo rawat mercy tua..
yang satu, bergaul sama mereka,tapi W124 dia dijadiin mobil harian dan hanya punya mobil itu satu2nya, tiap ketemu suka merengek perawatan dan borosnya.. ada aja masalah katanya
tapi yang jelas pride nya sama, yg penting mercy, eropa punya.

2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3059
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: w211, bekas taxi, its worth?
buat saya,
silver bird W211 E200 Kompressor 2009 dengan harga 180 juta tidak worth it
mobil odo segitu sih saya yakin kuat2 aja dengan penyegaran yg agak banyak. asal di pake kerja rodi saya yakin mercy itu ga bakal banyak masalah.
kmrn saya ada E280 W211 2008 elegance 7gtronic cuma 190jt.
jd lebih baik cari non taxi E280 facelift 2007 keatas.
kalo W211 nya dibawah 150jt baru saya ingin ambil buat kerja rodi lagi.
silverbird saya pernah ketemu pake W212 E200 facelift loh. kalah mbl saya haha.
tp kalo emg udah suka, ambil aja, nego sadis coba. ngebengkel banyak di jakarta selatan.
silver bird W211 E200 Kompressor 2009 dengan harga 180 juta tidak worth it
mobil odo segitu sih saya yakin kuat2 aja dengan penyegaran yg agak banyak. asal di pake kerja rodi saya yakin mercy itu ga bakal banyak masalah.
kmrn saya ada E280 W211 2008 elegance 7gtronic cuma 190jt.
jd lebih baik cari non taxi E280 facelift 2007 keatas.
kalo W211 nya dibawah 150jt baru saya ingin ambil buat kerja rodi lagi.
silverbird saya pernah ketemu pake W212 E200 facelift loh. kalah mbl saya haha.
tp kalo emg udah suka, ambil aja, nego sadis coba. ngebengkel banyak di jakarta selatan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: w211, bekas taxi, its worth?
Gpp om beli aja, sekalian buat pengalaman klo perna punya mercy...
Masalah worth atau tidak itu relatif ya, yg jelas angka nga bohong
Masalah worth atau tidak itu relatif ya, yg jelas angka nga bohong
engine roaring!
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Mar 02, 2016 7:22
Re: w211, bekas taxi, its worth?
Maaf agak melantur. Kalo punya dana 180-200an juta cash. Mending beli c124/ 300ce. Coupe. Pilarless. Enak dipake, resale value ok, collectors item. Asal pilihnya barang bener.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Thu Apr 07, 2016 2:56
Re: w211, bekas taxi, its worth?
nubi rasa memiliki mobil (mau bikinan jepang, bikinan hitler eh jerman, bikinan amerika) tidak selalu dalam rangka gengsi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: w211, bekas taxi, its worth?
ane bilang ga worth om... walaupun service nya di bengkel resmi dan selalu tepat waktu, mobil uda berusia dan apalagi kilometer uda setinggi itu pasti rasa naikannya uda beda...
gatau soal mobil2 eropah yang konon lebih awet kalo dipake harian dibanding disimpen, tetep aja wlaupun mobil japan yang kmnya uda segitu tinggi pasti ada problemnya. afaik, benerin mersi ga murah...
dan kalopun om pengen punya mersi, dgn 180 juta ambil c class yang bukan ex taxi aja... dan kalo bisa ke pemakai, jadi bisa tau kira2 itu mobil dipakainya gimana.
terakhir om, ane no offense ya, cuma quote dari doug demuro "just because you can afford to buy one, doesnt mean you can afford to own one."
gatau soal mobil2 eropah yang konon lebih awet kalo dipake harian dibanding disimpen, tetep aja wlaupun mobil japan yang kmnya uda segitu tinggi pasti ada problemnya. afaik, benerin mersi ga murah...
dan kalopun om pengen punya mersi, dgn 180 juta ambil c class yang bukan ex taxi aja... dan kalo bisa ke pemakai, jadi bisa tau kira2 itu mobil dipakainya gimana.
terakhir om, ane no offense ya, cuma quote dari doug demuro "just because you can afford to buy one, doesnt mean you can afford to own one."
2015 Honda HR-V E CVT