PRELUDE
nubi mohon izin kepada mimin untuk menambahkan daftar review merk Suzuki yang.. Suzuki ?? merk apakah itu ? .. merk yang... mmm.. terkenal kembali di khalayak ramai karena jualan ertiga dan satria fu yang sering menang di Indoprix.. tipe lain?? tidak banyak terdeteksi di jalanan... mungkin yang agak ramai penjualannya model apv di kalangan rent car & carry yang tidak kalah laris dibandingkan dengan T120 dan L300..
namun tidak juga.. Suzuki tetap menjadi jawara angkot sepanjang masa.. robust.. minim perawatan tetap ngacir.. kijang? lewat.. kijang memang tiada duanya..maaf..kijang memang tetap nomor 2..kalau jadi angkot.. Suzuki sangat kental dengan citra mobil rakyat, jauh dari kesan mewah.. dan rakyat Indonesia di masa lampau pada umumnya lebih memilih menjadi ambtenaar.. sehingga merasa gengsi jika kendaraannya sama dengan rakjat djelata.. dan pada akhirnya mengantarkan rakyat kepada Astra minded dan prospek motor minded..
saya akan membahas salah satu produk sedan Suzuki.. sebentar.. bukankah suzuki sedari dulu hanya punya satu model sedan dan itu hanya di kelas small sedan.. yah, itulah sijuki.. tidak seperti 2 rival sebelah yg luar biasa... merajai kelas bulu hingga kelas berat.. ralat, dari kelas small, kompak hingga big.. tak lupa mereka mengangkat salah satu produknya dari kelas small menjadi kelas medium.. you know what i mean..
kembali lagi ke sesepuh dari sedan Ciaz yang bernama baleno.. di berbagai belahan bumi.. penamaan baleno cukup variasi, antara lain cultus crescent, cassia dll..
baleno di Indonesia beredar antara tahun 1996 dan diskontinu di 2008 dengan 4 generasi dan 4 penamaan (baleno 95-99, milennium/mata kucing 2000-2003 next g 2003-2006 dan neo baleno 2006-2008).. khusus lansiran 95-96, best build quality karena langsung diterbangkan dari jepun.. lansiran sesudah 96 rakitan Bekasi featuring thailand atau maruti.. baleno merupakan pengganti Esteem yang menurut mbah gugel.. mesin esteem kurang bertenaga melawan duet genio featuring great corolla.. jangankan yang 1.3.. esteem 1.6 dalam keadaan standard (no setting karbu dll) tidak menyentuh 100 dk.. berbeda dengan geni & greco.. keduanya mencapai angka 110dk.. mungkin sijuki tidak terima dan mengeluarkan baleno gen 1 yang memiliki kubikasi 1600 dengan daya sekitar yang ternyata juga tidak sampai 100dk dengan torsi sekitar 127 pada putaran 3200.. untuk kubikasi 1300 seingat TS nampaknya tidak dijual disini karena spek 3 pintu.. mohon koreksinya.. gen 1 dari segi layout dashboard, meniru E36.. mungkin biar dibilang selevel be em we.. dari tampak luar.. cukup manis.. mungkin agar masuk kriteria timeless seperti para rivalnya..
BEFORE
disini saya mengulas baleno gen 2.. cari2 warna hitam, bagi saya.. black is bored but everlasting.. cukup sulit karena era 95-2005 seluruh pabrikan jepun menjual warna yang sedang lariis saat itu.. hijau, merah, biru, perak dan putih.. dan akhirnya muncul iklan gen 2 black at.. seumur-umur dalam keluarga saya.. belum pernah punya sedan, apalagi metik.. sedikit gelap mata ingin kendaraan beda kasta.. otw ke toko.. nego cukup alot sama si tacik dan si engkong.. akhirnya gen 2 tertebus seharga 64jt dari salah satu bakul mobkas terbesar di Kertajaya Surabaya..
kasih DP sejuta.. jalan ke raya Kenjeran karena unit ada disana.. cek kondisi unit..cukup menyedihkan... berikut daftarnya...
- Eksterior
- semua dop velg hilang
- semua velg butuh repaint
- karet list 4 kaca getas
- gear power window sulit naik turun dan keluar masuk ke list karet pintu
- mika headlamps buram
- bumper turun & renggang
- cat body overspet/overspray
- side body moulding yang memudar
- kaca supir dan kaca penumpang kiri belakang miring
- wiper ingin dibuang
- Interior
- audio kacau, HU wajib reinkarnasi, tweeter menjuntai, 4 spiker coax innalillahi
- tutup backside spion pilar A hilang
- alarm & central lock wafat
- kedua plastik penahan sunvisor di kaitan holder hilang
- beludru plafond, baris depan bersih..baris penumpang..ckckck..
- karpet dasar di baris depan ok.. baris belakang.. oh no..
- big noise from doortrim, especially from driver door
- only one shutter key, no backup
- all windows tint isn't working
duduk di jok dengan beludru yang masih ori.. dan masih cukup empuk di bagian headrest dan punggung, namun sedikit kempes di paha atas.. dengan postur 1,77m dan tonase 0,78 kuintal serta lebar pundak 45cm, kursi jok kurang menyokong postur saya.. untungnya.. telapak kaki kiri bisa masuk jauh ke dalam kolong hingga kaki kiri cukup rileks.. setel posisi.. masukkan kunci.. ignite ok.. engine mounting ok.. suara halus.. yang ternyata baru tahu kalau diakali pakai oli sangat kental setelah tune up.. inilah salah satu risiko beli seken di Indonesia.. kebanyakan MacGyver.. odong meter menunjukkan 169.[cencored], cukup normal untuk usia 15 tahun.. semoga tidak di putar mundur angkanya..
lanjut tes drep.. cek transmisi.. injak rem.. tekan selector.. geser masuk D.. lepas rem dengan tiba2.. langsung ngacir hingga hampir menabrak tembok diler.. maklum, saya hanya punya pengalaman naik AT di tahun 2004 pakai vti-l lev v6 3.0 milik teman semasa kuliah hukum dahulu.. itupun menabrak pot karena lupa menginjak rem saat geser ke R.. untung dia anak seorang hakim merangkap penulis buku hukum perdata.. ga masalah sama bumper balakang yang ringsek.. terakhir tes drep hrv prestis sekitar akhir 2015.. syukurnya tidak ada kecelakaan.. karena sebelumnya saya sudah membaca yutub selama seminggu tentang tata cara menyetir AT.. baik tipe dual klat, setep tronik, dan penggunaan pedal sip di setang mobil..
transmisi masih ok.. keluar ke jalan raya.. baru jalan sekitar 50m.. ternyata indikator o/d off berkedip.. oh no, engine is soul of all thats crap.. meski bermerek lambogini urakan.. pagi ini huayra.. likan hipersemprot.. ketika mesin malfungsi.. tetap sampah hingga diservis..
audio turn off mode karena mengubah sheer driving pleasure menjadi sheer driving horrible.. dan ternyata peredaman kabin sama baiknya dengan r3.. padahal sudah berusia 15 tahun dan karet list kaca pintu getas.. namun kualitas karet balon di body dan pintu masih empuk..
indikator o/d off masih menyala kelap kelip dan menemani hingga pulang ke garasi diler.. tidak ada perubahan saat o/d button ditekan masuk.. dan ditekan keluar.. kepala sudah pusing.. akan habis berapa untuk normalisasi nya.. namun apa daya, tetap lanjutkan untuk akuisisi.. karena nota macam2 servis dan buku manual serta buku servis cukup lengkap dari kedua pemilik sebelumnya..
bawa pulang ke kota Malang, ternyata gigi 2 sanggup menembus 85 kpj karena o/d off error.. top speed?? saya hanya bernyali hingga 120 sampai saat ini, esok dan seterusnya.. takut transmisi & old machine hancur jika lakukan engine break saat dibutuhkan.. pemakaian gen 2 direncanakan minimum hingga 3 tahun mendatang.. want to change to Mazda 6 ASAP..
dan akhirnya cari info sekaligus gabung ke klub gen 2.. dapat info ada sesepuh montir cobra motor yang buka bengkel mandiri.. tanpa pikir panjang.. langsung tune up.. berikut daftar tune up seharga 750rb :
*. ganti oli pakai TGMO 10W-40 dengan API SM.. ternyata kata pak montir.. oli sgo kualitas nya buruk.. aku lupa mencatat kode API sgo, kemungkinan masih SL
*. ganti filter bensin ori
*. ganti busi ngk, entah tipe apa
*. wd40 di all gear power windows
*. mengakali kaca yang miring
*. clean injectors & throttle
*. bikin 2 titik kabel ground dari mesin ke body serta.. maaf, satu nya lupa dari titik apa ke titik apa..yang pasti, dari aki ke body telah ada
*. bumper dibor, bikin drat ke body
*. setel variable CO ke tingkat irit
setelah tune up.. lari ke tukang poles HL.. habis 300rb dan ternyata..mika HL terdapat retak rambut cukup banyak, ini gen 2 nampaknya sering dijemur hingga hitam legam.. nabung dulu, satu set kiri kanan HL sekitar 1,3jt-1,4jt..
sedari tukang poles, gen 2 menuju 3 toko variasi audio.. 1 toko variasi online untuk membeli kdc-u263b dan gigi biru.. 1 toko variasi langganan semasa punya r3 di Raya Sulfat... instalasi tab holder sebagai alternatif murah 2 din + kdc + kabel awg + 7" monitor + rear camera + 2 way splitter + coaxial rear spiker + box sub trapesium + vt475 + virus vs 10 c bekas r3 + 3,5" blututh dongle receiver.. serta pasang windows tint windshield, untuk skkb.. nabung lagi .. yang penting agak gelap untuk privasi.. lalu ke toko audio ketiga yang terkenal murah dalam urusan custome box sub n power ampli di sekitaran lapangan rampal.. ditotal semua 5,3jt..
cukup banyak klip klip yang harus dibeli..meluncur ke umc la sucipto.. pesan klip doortrim, list pintu dan tutup backside spion.. total hampir 400rb.. sekalian cek indikator o/d.. ternyata umc malang tidak punya scanner ecu jadul.. hanya punya scanner level lansiran 2004 ke atas.. akhirnya ditelusuri secara manual.. ternyata setelah 2 hari dicek.. montir nya angkat kaki, emm.. angkat tangan, karena ternyata umc tidak punya buku manual gen 2, yang ada gen 1, gen 3 dan gen 4.. ternyata gen 2 dijadikan kambing percobaan.. what the [cencored]..
akhirnya dilarikan kembali ke umc a yani surabaya.. pagi masuk, sore sudah terdeteksi error nya.. sensor vss (variable speed sensor) dan 2 sensor input & output.. total 3,1jt incl ppn n ongkos jasa.. disuruh nunggu sebulan.. ternyata 2 minggu parts sampai.. alhamdulillah.. akhirnya saldo tabungan makin susut.. setelah kedua sensor terpasang.. feel like a brand new..
beli dop velg di kedungdoro, tidak ada yang versi ori.. hanya ready dop dengan logo baru.. ya sudahlah.. yg penting plat S..
kurang puas.. beli air filter apexi kw yang bisa dicuci tiap 5rb km dan cyclones.. yang katanya member SM itu cyclone tidak berguna.. padahal dulu pernah beli cyclone untuk r3 made in komunitas sebelah.. sama2 terbuat aluminium mirip cetakan kue.. lumayan mengurangi tersendatnya perpindahan gigi 1 ke gigi 2 dan 2 ke 3.. entahlah.. pasang saja lah.. dah habis 400rb masa tidak dipasang..
sempat juga saya mengendarai.. tiba2 jarum rpm naik turun.. langsung bawa ke montir sepuh kembali.. ternyata ignite coil sudah koit.. satunya masih hidup.. yang masih hidup pun ternyata kualitas kw2..koil ori sekitar 1,4jt per biji karena alasan impor..oh no.. damage cost ganti koil kw super 375rb.. sekalian saya konsultasi.. mengapa masih ada asap putih cukup tebal saat pemanasan di pagi hari dan posisi R atau P pak ? dengan santainya si montir sepuh berkata.. ditabung dulu saja mas uangnya untuk mutar usaha.. selama masih bisa jalan dengan normal.. aman.. dan memang itu perlu bongkar setengah mesin.. tapi sabar saja mas.. ada duit lagi.. diperbaiki kembali.. hmm, baik pak.. terima kasih banyak..
pernah iseng2 cek tabung coolant dan tutup radiator ketika mengisi ulang air wiper.. ternyata kering kerontang.. konsul kembali montir sepuh.. diarahkan ke salah satu master radiator di jalan karya timur.. ternyata selang buntu.. ongkos jasa 150rb + 4 akua botol 1 lt.. dan lumayan.. jarum indikator temperatur sedikit turun.. bila ingin dibuatkan papan radiator satu set baru dengan selang2 nya..1,4jt.. nabung lagi untuk kesekian kalinya.. radiator untuk metik cukup mahal karena ada saluran pendinginan tambahan ke transmisi..
penutup.. sporing dan balancing di oro oro dowo.. damage cost 200rb.. lumayan lurus.. namun cadangan tidak ikut disepur..
dan.. semoga para pirsawan tidak lelah membaca alkisah gen 2 ini.. masih berlanjut dibawah..
AFTER
EKSTERIOR




Suzuki menggarap tampilan luar gen 2 dengan tarikan garis yang.. tidak jauh beda dengan ferio di sisi depan.. sedikit ada kemiripan dari bonnet, HL dan grille bawah.. bulb utama dilindungi oleh.. entah apa namanya.. sebut saja perisai.. sehingga pendaran filamen terkonsentrasi memantul di reflektor.. tidak liar keluar dari housing.. menampilkan cut off yang cukup baik untuk lawan kendaraan di depan.. untuk gen 2 ini.. chrome di grille mirip SLS AMG.. sedangkan untuk lansiran 2002.. terdapat 3 baris chrome seperti c230 sport (courtesy of olx.co.id)..
terdapat rumah FL yang bisa diisi dengan berbagai merk aftermarket.. dan saya cukup terkesima dengan teknologi kaca pelangi yang dipakai di gen 2.. ada gradasi warna di seperlima bagian atas windshield.. dari gelap..hijau.. oranye.. merah.. dan bening..



tampak samping, tidak terdapat garis yang aneh.. mirip lekukan body samping ferio.. namun berbeda dengan city z dan soluna.. tidak ada kaca ketiga di pilar B tersebut dan digantikan plastik penutup yang tidak terlalu luas.. cukup manis.. kaca penumpang belakang tampak penuh tiada sekat.. namun memiliki kekurangan, kaca tidak dapat terbuka penuh, masih tersisa 2/5 yang muncul.. entahlah..demi alasan safety..atau efisiensi.. atau memang tidak dapat masuk seluruhnya ke dalam doortrim..
side body moulding yang senada warnanya dengan bodi.. nampaknya perlu dicopot karena di beberapa bagian mulai memutih & pudar.. tapi kembali lagi harus menabung untuk poles body sisa mencopotnya.. posisi sign lamp di body yang tentunya lebih safety daripada di spion.. namun itu berlaku diluar negeri..disini mobil menyalakan sein nampaknya tidak dianggap..
velg original palang 6 entah dengan positive offset atau zero offset.. lupa tidak difoto saat spoor balans.. dibalut ep150 185/70/R14 88H, cukup manis mengisi fender.. namun saat mencuci sendiri, nampak guratan ban menggores bagian dalam.. mmm, nampaknya kedua pemilik sebelumnya suka main2 dengan kaki2.. padahal kondisi jalanan dimari tidak ramah terhadap sedan..
ventilated disc di depan.. dan drum tromol dibelakang.. banyak karat beterbaran di rumah tromol maupun front disc.. siram dengan wd40 lumayan mengurangi karat.. fungsi pengereman pun masih baik, tidak menggetarkan setir.. pertanda minyak rem, tromol dan brake pad masih oke..
fitur keselamatan di gen 2 hanya 2.. safety belt dan berdoa kepada tuhan yang maha esa..


saat dibuka.. bobot kap mesin ternyata lebih berat dari r3.. besi penyangga masih utuh.. tidak nampak karat disekitarnya.. karet balon di tutup kap menjadikan kabin mesin tidak tersentuh air hujan dan air cucian.. ada 2 karet balon yang mengapit pengait kap.. mungkin untuk peredaman suara mesin ke kendaraan sebelah.. atau untuk meredam suara saat menutup bonnet.. untungnya unit ini dapat peredam panas .. entah apakah peredam tersebut incl penjualan unit saat itu..karena saat gugling gen 2 bekas.. beberapa seller menampilkan tayangan peredam panas tersebut..
slot aki cukup besar.. bisa diisi hingga ukuran NS50.. namun sayangnya gen 2 saya dapatkan dengan kondisi NS 45 tipe maintenis free.. ampere sedikit.. dan bukan tipe basah.. sekali lupa memanaskan mesin maupun cek voltage aki.. gen 2 sama sekali tidak bisa jalan.. persiapan keluar duit..



dari belakang, ada kemiripan satu set stoplamp gen 2 dengan city '97 yang condong ke trapezoid sedangkan gen 2 condong ke rounded.. alhamdulillah muffler masih ori.. paling tidak suka dengan knalpot aftermarket yang belum tentu presisi bentuknya dengan rear bumper.. apalagi tanpa disertai tuning engine yang tepat sehingga menjadikan konsumsi bbm boros dsb.. emblem AT menunjukkan gen 2 ini berkategori classy men..

pada saat itu, gen 2 diwajibkan menggunakan ron 85 ke atas.. cukup bikin mesin batuk.. karena kompresi gen 2 1:9,5 dimana angka tersebut mulai tidak aman menggunakan ron 88.. premix dan superTT dizaman itu juga kurang go green sehingga tidak lama peredarannya.. namun pertamax masih mahal dan baru murah 2 tahun terakhir.. what a confused lived in this country.. fuel consume diperkirakan untuk dalkot 1:8-9 dan lukot 1:11-14.. namun untuk metik diperkirakan lebih boros lagi bila tidak pintar mengurut pedal gas.. maklum, saya tidak pernah test full to full..
INTERIOR


terdapat fitur manual dimmer di kaca tengah.. namun tertutup monitor rear cam.. maklum, tidak ada asuransi yang mau cover kendaraan diatas 10 tahun.. daripada bumper belakang penyok saat parkir mundur.. setang kemudi meniru atau entah ditiru oleh city z.. mengingatkan saya pada gambar ini...

apakah sedari dulu honda mencuri design dari suzuki? atau kah kesejahteraan designer suzuki kurang sehingga hijrah ke honda? entahlah..

layout panel yang sama bentuknya dengan saudaranya.. every yang sempat beredar disini antara 2003-2004 dengan jumlah yang katanya tak sampai 500 unit.. saya sangat menyukai tombol switch ac nya.. tidak memakai putaran kompor gas atau knop bundar.. sedikit mewah.. namun tetap kalah mewah dengan soft button ae110 dan ferio..
entah mengapa gen 2 ini tidak mendapat jam on dash.. padahal beberapa unit yang tampil di online shop terdapat jam tersebut.. untungnya fitur jam digantikan oleh HU.. ada fitur heater yang mungkin tidak berguna di negara tropis, namun ternyata heater menyelamatkan saya dari demam yang semakin parah.. pernah perjalanan dari sby ke mlg pada malam hari dengan kondisi demam berat, setel blower tanpa ac ternyata udara kabin masih dingin, pun dengan membuka kaca.. akhirnya tutup kaca lalu setel tuas ke warna merah.. dan lumayan airflow hangat bikin badan berkeringat, demam berkurang..
gen 2 sedikit lebih unggul dalam akomodasi HU, slot HU memungkinkan untuk instalasi 2 din.. tidak seperti rival2 nya yang saat itu hanya berukuran 1 din.. jika ingin merasakan 2 din.. para rival harus membeli HU dengan fitur motorized display.. yang bila kasar menekan tutskrin nya, bisa merusak fleksibel motor.. ada fitur demister yang entah masih normal atau rusak.. belum cek kembali kabel dan penampang demister..
begitu memegang gagang stir..terasa aura mewah sebuah small sedan.. soft touch melingkari komponen setir.. begitu memegang doortrim dashboard dll..hmm, ternyata terbuat dari hardplastic yang tidak pudar warna dan motifnya serta tidak baret.. yup, inilah nilai plus dari hardplastic, tidak lengket jika dijemur diawah terik matahari serta tidak meninggalkan bekas baret dari benda tajam bila menyenggolnya.. hal-hal yang tidak didapat bila anda mendewakan panel soft touch.. yang mana reviewer dan user otomotif selalu menuntut pabrikan untuk menyediakan sentuhan lembut dan jahitan dimana-mana agar terkesan elek gan.. mmm elegan..


gen 2 sangat mengakomodir smoker seperti saya.. terdapat ash tray di depan dan di belakang untuk penumpang.. ada gundukan di tengah row 2 yang saya masih kurang paham.. mengapa tingginya hampir setara dengan e36.. entah itu untuk muffler? catalytic converter? saya tidak paham, karena selalu lupa dan malas untuk ambil gambar kolong bawah saat masuk car wash...


terdapat 2 cup holder dapat menampung maks botol 600ml dan cigarette lighter yang masih bekerja dengan baik.. lumayan, saat kehilangan korek api karena terbawa sesama smoker, saya dapat menggunakan lighter gen 2..


upper dashboard box yang lumayan dalam seperti escudo 1.6 dan glove box yang lumayan lega..



gen 2 minim storage, doortrim row 1 hanya bisa menyimpan dokumen.. row 2 tidak ada storage di doortrim, hanya mengandalkan kantong ajaib bangku depan dan satu storage ukuran 700 ml di arm rest tengah.. magnet penutup arm rest masih lengket.. saat saya duduk dibelakang.. legroom sisa sedikit saat bangku supir diset sesuai postur saya (175/78).. kepala sedikit tidak nyaman.. tidak ada head restrain.. namun jok masih nyaman, menyokong lumbar dengan baik..



tidak ada height adjuster dan tuas pengatur sliding pendek.. hanya ada tilt steering..

speaker row 2 ditempatkan di belakang kepala.. menurut saya.. ini posisi yang paling baik untuk telinga menangkap suara.. rerata kendaraan sekarang ditempatkan di doortrim.. seringkali di pojok paling bawah.. beberapa mobil ada yang ditempatkan di tengah.. namun tidak banyak.. seringkali tipe premium..





hanya supir yang tidak mendapatkan handle bar.. 4 step height adjuster safety belt.. 4 safety belt masih berfungsi dengan baik.. bangku row 2 dapat dilipat sehingga ada akses ke bagasi.. tidak rata bangku, namun karena ada customs box akhirnya menjadi rata, namun kapasitas bagasi cukup berkurang..





tidak ada firewall di pintu bagasi..pun pada rear speaker juga tidak ada penutup.. mungkin efisiensi.. terdapat 1 bohlam untuk menerangi di siang dan malam hari.. alhamdulillah, dapat full spec serep, ban lama buang..beli ep150 bekas namun berkualitas di toko ban dekat rumah, 175rb..harga tetangga.. lumayan manis untuk rotasi 5 ban, tidak seperti zaman sekarang.. pabrikan lebih memberikan space saver.. sehingga rotasi ban hanya dilakukan kepada 4 ban..

saat mesin off kontak on, tampilan instrumen menunjukkan indikator oli, handbrake, aki, check engine dan o/d off yang akan padam 5 detik kemudian.. juga menjadi indikator gen 2 siap jalan.. terdapat satu knop reset tripmeter.. tidak ada indikator safety belt belum terpasang maupun pinntu terbuka.. indikator pintu terbuka diwakili oleh lampu kabin menyala jika diset ke "door"..
saya lebih suka dengan warna all black panel di gen 1.. entah mengapa gen 2 dicat warna putih.. mungkin niatnya agar tampak sporty.. ingin modif panel seperti gen 1, nabung lagi...




ada 10 variasi kecepatan wiper.. 8 intermitten dan 2 speed lo hi.. namun tidak ada fitur mist.. tuas ungkit bonnet tidak tersembunyi dibalik dashboard.. mudah sitemukan.. sedangkan tuas ungkit bensin dan bagasi saling berhimpitan.. sebelah kanan setir, terdapat switch auto mirror yang masih bekerja dengan baik..namun pelan sekali pergerakan kacanya.. untuk variasi luar negeri, slot kosong sisi kanan switch mirror diisi fitur manual leveling headlights.. entah mengapa, masuk kesini fitur tersebut disunat.. untungnya ada fitur holder uang receh untuk polisi cepek & pengamen..

dead pedal sangat tidak ergonomis, akhirnya kaki kiri masuk ke kolong column steer.. ternyata lumayan dalam.. kaki cukup rileks.. ketinggian pedal rem dan pedal gas tidak bersahabat dengan postur saya (175/78).. akhirnya telapak kaki diganjal sandal agar nyaman berkendara..

tuas transmisi segaris, tidak zig zag.. kelebihannya tidak banyak menimbulkan suara gludug saat upshift/downshift.. namun kekurangannya sering slip bila tidak tepat peletakan tuasnya.. terlebih panel instrument gen 2 tidak menampilkan posisi gear AT.. city z AT menang dalam hal ini.. terdapat 6 slot switch kosong.. di luar negeri slot tersebut digunakan untuk S(now) dan P(ower).. entah 4 yang lain untuk apa.. switch 4 wd/awd mungkin.. karena di buku manual ada spec tersebut..

spesifikasi ban di masa lampau gen 2..



spesifikasi fisik, mesin, dll.. sekarang berlanjut ke..
DRIVING IMPRESSION
menurut gugle.. G15B SOHC dapat menyemburkan tenaga sebesar 105 dk @ rpm 6000 dengan torsi 128 Nm @ rpm 4500.. sehingga cukup bertenaga di putaran bawah.. dan memang itu yang saya alami.. saat bermacet ria di perkotaan.. setiap lepas pedal rem tiba-tiba, langsung menyentak.. tidak sampai menjambak ala RWD.. lalu smooth kembali.. sedikit seruntulan juga bila tidak di rem..
saat kick down dari 0 kpj.. suara mesin cukup terasa di kabin pada setiap perpindahan gigi.. lumayan, sijuki membiarkan engine bay tanpa firewall sama sekali.. mungkin ingin bersaing dengan suara dari engine bay D15B..
gen 2 menganut sistem kemudi hidrolis yang saya nilai.. ringannya dibawah EPS r3.. bila dibandingkan innova 2011 bapak saya, sesama menganut hidrolis.. rotasi kemudi lebih ringan namun sama presisinya.. feedback kemudi cukup terasa saat overtake dan pindah lajur baik low speed terlebih di posisi high speed yang agak horor..
karena topografi kota Malang yang naik turun dan Surabaya yang padat merambat, saya tidak tahu berapa top speed gen 2 ini.. saat jalan di tol mlg-sby pun.. sulit mencapai top speed karena jalanan penuh.. tertinggi hanya mencapai 120kpj ondash, not on gps..
sistim 4 AT torque converter menghasilkan hentakan dan perpindahan gigi yang memberikan kesan fun to drive.. kah? karena dimasa mendatang.. CVT kemungkinan besar lebih digandrungi daripada TC dikarenakan.. lebih simple dan bisa jadi mengurangi cost produsen.. namun CVT saat ini masih dalam development untuk mencapai fun to drive dari torque.. salah satu development itu adalah paddle shift.. namun karena saya pernah tes drep HRV.. mungkin saat ini saya lebih memilih TC.. ketika saya sudah usia renta.. baru berpindah bpkb ke CVT + EPS + ABS + EBD + BA + TCS + active line assist bla bla bla..
perpindahan gigi 1 -> 2 -> 3 di putaran 2100 dan jarum turun di kisaran 1900.. gigi 3 -> 4 berpindah di putaran 2000 dan turun di 1900 an pula.. apakah transmisi gen 2 masih sehat? .. saya butuh masukan.. pun saya melihat pemilik sebelumya pernah melakukan penggantian oli ATF di km 100rb an via nota servis.. di buku manual pun juga menyarankan penggantian setiap 100rb km..
untuk suspensi.. banyak hasil gugel yang menyatakan gen 2 limbung dan body roll cukup bila diisi satu orang dan bila dipacu dalam kecepatan tinggi.. namun hal itu tidak terlalu saya alami.. karena bagasi sudah dibebani oleh audio.. sehingga weight distibution kemungkinan sudah mendekati bmw, yaitu 50 50.. saya mohon maaf kalau ada bimmers yang tidak terima.. saya juga ingin beli e46.. tapi harga masih mahal.. mau beli e36.. masih takut megang merk eropa..
VERDICT
saya tidak dapat menyimpulkan pros dan cons.. silahkan anda sendiri yang menilai.. saya hanya dapat bercerita dan memberikan gambaran mengenai produk.. dan tidak lupa.. saat anda membeli kendaraan khususnya tipe sedan.. jangan lupakan pajak tahunan dan BBN bila beli seken.. karena sedan disini terkenal dengan luxury tax.. untuk gen 2 per tahunnya dikenakan 1,605jt tax only.. tidak termasuk swdkllj dll.. untuk BBN dikenakan 1,045jt.. lumayan, lebih murah dari city z yang kena 1,98jt tax only & BBN hampir 1,3jt.. soluna tax only 1,62jt dan BBN 1,055jt.. kompetitor dari negeri ginseng seperti hyundai dan paman sam seperti optra dan ford tidak saya masukkan ke komparasi.. baik dari tax maupun design terlebih teknologi..
saya mohon maaf sebesar-besarnya bila ada kalimat yang kurang berkenan di hati pembaca semua..
Wassalamu'alaikum wr. wb.. Salam damai sejahtera selalu untuk kita semua.. omm swastiastu..