Disini saya mau bikin review long term review Brio Satya E 2013 PMM. Dimana sebenarnya mobilnya baru aja saya jual

Pas liat2 fotonya lagi kok jadi kaya mellow gitu karena hampir 2,5 tahun nemenin saya berjuang di ganasnya rute rumah-kantor PP.

Sedikit background dulu. Awalnya tahun 2013 saya kepengen beli mobil 1 lg yang kecil untuk dipakai PP ke kantor. Karena setelah dipikir2 kok PP ke kantor setiap hari sendirian bawa SUV yg ada di rumah kaya boros sekali. Dan karena waktu itu baru punya baby saya prefer 1 mobil tetap di rumah buat dipake kemana2. Karena budget memang pas2an awalnya sempet mau beli mobkas aja. Eh ternyata dapet info dari temen ada project yg namanya LCGC, padahal awalnya saya ga tau menahu soal apa ini LCGC. Browsing2 liat2 spek langsung minatnya sama keluaran Honda. Mesin 4 silinder udah pake teknologi katup variabel sementara yg lain belum. Liat model sih awalnya depan lumayan, dari belakang tp meh banget.


Kebetulan ga lama setelah mutusin mau bungkus Brio IIMS 2013 dimulai. Bermodalkan lagi ngangggur santai di kantor, meluncurlah gw sama bbrp temen kantor ke JI Expo kemayoran. Kl yg lain muter2 liat2 ogut malah langsung ke booth Honda. Ga pake TD cuma liat2 exterior sama interior plus engine bay, langsung bayar tanda jadi. Dapet unitnya tapi malah baru Desember karena memang indent.

Reviewnya sendiri setelah saya pake sekitar 2,5 tahunan :
Value to worth :
Untuk harga yang saya tebus dulu cuma 117 juta (masih dapet cashback lg krn beli di IIMS ada lucky dip dari HPM) betul2 sangat woth it sekali


Fuel Con :
Dari semenjak beli sampai lepas saya biasanya isi Shell Super/Pertamax. Di MID untuk average biasanya ada di seputara 1:13 sampai 1:15. Sementara dulu pas baru awal beli bbrp kali pake Full to Full dapetnya seputaran 1:14 an. Jadi ya bisa dibilang memang sekitar segitu deh untuk fuel con nya. Untuk rute yg saya tempuh Alternatif Cibubur - Tol Jagorawi - JORR - Arteri Pondok Indah PP dapet angka segitu udah luar biasa banget. Bunyi mesin sampai dijual masih halus seperti awal baru beli. Saya ganti oli mesin per 5rb km bukan per 10rb sekaligus servis seperti halnya di buku servis dari Honda.
Reliability :
Mobil murah tapi cukup reliable. Mobil saya lepas kondisi km 38900 an. Belum ada komponen2 penting atau aneh yg diganti. Sejauh ini saya cuma ganti aki dan busi aja sekali pas di umur mobil 2 tahun. Selebihnya cuma oli aja dan filter2an. Belum ada bunyi2an aneh juga dimanapun walaupun sering saya "siksa" di jalan kl lg buru2. Kondisi ban bawaan dunlop surprisingly juga masih sangat bagus. saya rotasi dan spoorbal per 10 rb km.
Maintenance Cost :
Cukup aja ga sampe mahal mengingat beres Honda biasanya ga santai biaya servisnya

Build Quality :
Mobil murah, what do you expect??? Interior all cheap plastic, di beberapa titik ga presisi. Peredaman suara = 0. Kl lg ngebut di jalan beton yg ga diaspal gemuruhnya mirip pesawat terbang mau take off.

Others :
Banyak yang bilang GC brio rendah. Buat saya masih normal aja kok untuk ukuran kecebong hatch city car. Memang sih kl lg buru2 dan kurang rem sedikit aja saya pasti gesrot di poldur2 yg agak tinggi. Tapi rasanya kl speed dan ketinggian poldur segitu mau pake kecebong hatch city car lain pasti gesrot juga

Verdict :
Buat yg butuh mobil kenceng, irit dan enak dibawa dengan budget pas2an sangat layak lirik mobil ini.
Untuk kekurangan2nya kalau memang mau bisa lah diakali.
Penampakan sebelum dijual :
Cukup sekian dulu dari saya. Mohon maaf kalau review nya pas2an dan gak teknikal, maklum user biasa dan ini betul2 review pertama soal mobil di forum manapun
