Kali ini mungkin mobil yang dibahas sudah bosenin (dan pasaran).... Sudah sering di-review juga...
Tapi karena special occassion ane disuruh pulang kampung... 2 hari belakangan selalu dapet jatah nyetir mobil ini...
=============
Kebetulan si bos besar belakangan ngidam mobil berukuran kecil buat meliuk-liuk di kota Semarang yang makin sesak... Merasa CR-V terlalu besar buat keliaran di kota Semarang yang kecil....
Setelah beberapa bulan lalu membungkus sebuah Civic FB2 2012 sebagai pengganti CR-V RE 2011 yang sudah uzur dengan harga fantastis.... pada suatu hari waktu ane sedang ada urusan di kampus, bos besar tiba-tiba BBM bilang nemu HR-V 1.8 2015 seken odo 5k... dan CR-V RM pun ditukar dengan itu....
What....?


Satu sisi, ngerasa downgrade dari CR-V kok turun jadi HR-V... Tapi karena bos besar kepengen mobil kecil dan memang sepertinya small SUV akan lebih sesuai dengan kebutuhan.... Jadi saya mikir-mikir lagi...
Small SUV lain apa sih yang lebih sensibel dari HR-V 1.8? Dalam konteks buat gantikan CR-V 2.4....
Outlander Sport, sudah ada

Subaru XV, bos besar gak mau merek "aneh"
EcoSport, gak suka model, dan idem XV.
Juke, jelek modelnya, dan Nissan.
Trax, kapok punya Chevrolet.
HR-V 1.5 .... Terlalu downgrade kalau dari CR-V 2.4

CX-3... belom keluar

Jadi sepertinya bos besar sudah banyak pertimbangan... makanya dibungkuslah ini small SUV 1800cc...
==============================
1. Exterior
Kebetulan personal experience saya dengan HR-V 1.8 ini sangat minim... Dulu nyoba kurang impress (mungkin karena unit masih reyen)... atau nyobanya terlalu bentar gak in-depth...
Unit yang di rumah berwarna White Orchid Pearl... Sama bos besar diganti velg pakai HRE 18inch yang juga dicat putih

Styling mobil ini sedikit banyak resembles CR-V RE3... Makanya bikin uwe susah move on dari CR-V


DRL dan lampu utama kalau nyala pattern nya bikin ganteng maksimal... Oh iya DRL nya ini sangat terang even di malam hari... Bahkan beberapa kali uwe lupa nyalain headlights... saking terangnya.


Handle pintu belakang yang tersembunyi sukses bikin 2 orang teman ane bingung waktu mau masuk....


Entah kenapa saya gak bermasalah dengan model bokongnya... Walaupun lampunya dibilang gigi drakula ... I personally have no problem with it. Menurut saya malah ganteng.
2. Interior
HR-V 1.8 ini punya daleman yang... menurut saya personally... agak lucu.
Pemilihan tone warna dashboard yang lucu karena two tone beige dan hitam... Vent AC penumpang yang bisa bikin masuk angin kalo lupa ditutup...
Tapi setidaknya bentuk vent AC kayak gini bisa buat abege berlagak sok-sok romantis... Tinggal berlagak bego nanya sama gebetan "kedinginan ya sayang?" lalu bermodal bawa jaket atau selimut... pinjemin ke doi


Tapi ambient interiornya terlihat lebih bagus ketika malam...

Keliatan lebih mewah dibanding dengan punya Outlander Sport yang hitam hitam semua bikin gak keliatan apa-apa waktu malem... Suka nggak suka walaupun tone warna beige nya gak nyambung, justru ini yang bikin interior mobil ini lebih "keliatan" waktu malem...
Dibandingkan dengan CR-V RM Prestige uwe dulu... Terkesan sangat mewah interiornya memang... Sayangnya yang uwe gak suka adalah finishing material plastiknya kasar. Paling terasa di shifter dan tombol parking brake. Suara waktu mengoperasikan shifter terkesan gak halus.. begitu pula tombol parking brake waktu dioperasikan rasanya kasar sekali... Beda dengan BMW atau Mazda punya

Panel doortrim yang material soft touchnya cuma kayak di bekleed... Doortrimnya terkesan tipis kalau dibanding dengan doortrim OS yang rasanya padet waktu disentuh...
Kelapangan interior... phew gak perlu dijelasin lah ya.... Mobil ini punya legroom yang lega walaupun headroom baris keduanya terbatas... Bagasinya yaa hampir 2x lipat Outlander Sport kapasitasnya.
3. Features and Safety
Setidaknya apa yang bikin mobil ini layak dikasih harga tinggi di kondisi barunya adalah.... Fitur dan safety yang paling lengkap... Mari kita bahas satu persatu....
Fitur yang ada di HR-V tapi gak ada di OS PX....
- 6-airbags... cuma HR-V tipe Prestige yang ada. Outlander Sport PX cuma ada 2
- VSA, Outlander Sport PX gak punya...
- Hill-start assist, lagi-lagi OS gak ada
- Electric parking brake & Brake hold, OS gak ada
- DRL dan LED headlight, OS gak punya...
- Panoramic sunroof yang bisa dibuka... OS cuma panoramic glass roof yang gak bisa dibuka...
Fitur yang gak ada di HRV tapi ada di OS...
- Built-in Navigation... HR-V kalah disini.
- MID Full Colour .... HR-V mah layar kalkulator....
- Sound system jauh canggih punya OS daripada HRV... OS punya bisa atur passive crossover mau cut di freq berapa... HR-V mah boro-boro HU bawaannya ngoperasiinnya sulit sekali...
- Super-wide HID.... LED di HRV kalah jauh jangkauannya.
I don't see why this car is labeled as "overpriced" judging from the equipment... Saya justru appreciate Honda yang berani kasih fitur keamanan segitu banyak di mobil sekelas ini...
Oh iya, ada detail yang saya sangat suka dari Honda jaman sekarang.... yaitu kuncinya. Tombol dan logo H nya dikasih lapisan luar yang selain buat pemanis juga pelindung.... Karena pengalaman kunci mobil kalau dikantongin lapisan chrome nya suka ngelupas dan tintanya pudar... Mostly Honda... di CR-V RE dan RM saya dulu sudah pudar semua.... Di kunci SX4 saya juga logo S nya udah ngelupas.
4. Driving
HR-V punya 2 jenis jantung pacu.... L15Z1 yang sama dengan Mobilio dan BR-V di type A, S, E... dipadu dengan transmisi manual 6-speed dan CVT .... Dan R18Z1 yang identik dengan Civic 1.8 di type Prestige ... Dengan transmisi CVT.
Unit yang ditebus oleh bos besar adalah type tertinggi, Prestige hanya yang non-JBL edition. Jadi mobil ini punya jantung mekanis 1.799cc R18Z1 dengan daya sebesar 139PS @ 6500 RPM dan 169 Nm @ 4300 RPM...

Dibandingkan dengan Outlander Sport yang punya displacement 200cc lebih besar.... HR-V Prestige punya daya 11PS lebih kecil dan torsi 28Nm lebih kecil. (OS 150PS@6000, 197Nm@4200).
Tapiii walaupun on paper spec OS lebih tinggi dari HRV, HRV punya berat kosong cuma 1306kg, sementara OS 1425kg... Perbedaannya 119kg sendiri... Power to weight ratio keduanya nyaris mirip... 0.11 hp/kg dan torque-to-weight ratio 0.13 Nm/kg.... Hanya saja perbedaannya adalah HR-V punya karakter piston over-stroke (bore x stroke : 81 x 87.3), OS karakter square (bore x stroke : 86 x 86). Dengan bahasa sederhananya kalau cuma liat spek, OS akan punya kurva yang lebih rata, HR-V akan lebih kuat di torsi karena langkah pistonnya lebih panjang.
Both uses CVT... EarthDreams CVT (Rasio 2.256 ~ 0.408, FG : 5.436) and INVECS-III CVT (Rasio 2.349 ~ 0.394, FG : 6.120)....
Driving position, personally saya menyukai posisi mengemudi HR-V... kontur joknya pas, driving positionnya nyaman dan rendah, as what a Honda should be. Seperti driving position di Honda Jazz. Mudah sekali mendapatkan posisi duduk nyaman di HR-V. Visibility ke segala sisi juga bagus.
Deruman mesin R18A waktu start-up sangat halus... Getaran dan suara mesin gak bocor sampai ke dalam... Beda sekali dengan L15-engine di Jazz dkk yang masih terasa getarannya di dalam... Good job Honda.
For daily driving, i have no complaint about this car.... Mobil ini punya racikan mesin dan CVT yang pas... Nyaman sekali kalau dibawa jalan santai. Mobil ini memang bukan buat spirited driving.... Tapi mesinnya juga gak bisa dibilang pelan.... Di tol beberapa kali saya clocked 140 km/h dengan mudah walaupun jalanannya sangat ramai dengan truck...
Walaupun mungkin sebagian orang yang hobi spirited driving gak akan suka dengan infinite-NGUUUUUU~ nya.... But i have no problem with it... Lah wong jarang sekali bisa dibejek sampe keluar infinite-NGUUUU.... Kebanyakan dalem kota cruise 40-60-80 km/h justru nyaman pakai CVT ini...
Response awal nya untuk stop-and-go juga gak se-payah XTRonic CVT generasi pertama di X-Trail T31 dulu... Pick-up speed malah saya rasa lebih mudah di HR-V dibanding Outlander Sport. Tapi Outlander sport punya engine note yang lebih ngebass walaupun still a CVT... Buat dibejeg suaranya lebih asoy OS dan juga high-RPM power nya lebih lively 4B11 dibanding R18Z1....
HR-V punya karakter bantingan yang sangat mature... Berbeda dengan CR-V RM yang cenderung short-stroke dan lebih ngeredam, HR-V justru bagian belakangnya dibuat sedikit mengayun sehingga malah terasa lebih empuk dari CR-V waktu di jalan bergelombang. Tapi untuk urusan redaman suspensi OS berada di tengah-tengah, sedikit kaku macem CR-V tapi ngeredamnya lebih enak dari HR-V. Belum lagi didukung OS sudah multi-link di belakang jadi cukup membantu di sektor kenyamanan. Yang jelas kalau di CR-V kena geronjalan kerasa kekocok-kocok, di HR-V nggak terlalu berasa ngocok nya.
Konsekuensinya justru di tikungan bodyrollnya sedikit lebih terasa dibanding CR-V... juga dibanding OS... Disini keuntungan HR-V adalah bobotnya yang ringan, jadi nggak suffer di body control seperti Harrier, CR-V, atau OS ... ketiga mobil ini jadi terasa kurang lincah dibanding HR-V walaupun punya bodyroll lebih minim. Well not as agile as CX-5 juga sih.... Kalau CX-5 sih istimewa body controlnya untuk badan sebesar itu.
Berkat bobot ringan ini juga HR-V gak suffer di pengereman seperti yang terjadi di SX4... SX4 itu kalau direm mendadak ngagetin... tapi kalau gak direm dalem dia ngeloyor... Di HR-V remnya halus walaupun diinjek dalem dari 140 ke 40 km/h... Gak ngagetin, tapi pasti berhentinya...
Kekurangan lain adalah setirnya yang keterlaluan ringan nya khas Honda zaman sekarang... Apalagi dibandingkan dengan SX4 saya yang beratnya ngalahin mobil gak pake power steering... HR-V ini setirnya ringan dan tanpa feedback sama sekali... Di tol agak ngeri dengan setir se ringan ini... Sebetulnya mesin masih sanggup ngelanjutin dari 140 km/h ... nafasnya masih panjang... tapi dengan setir ringan bikin saya jadi was-was dan langsung ngurangin speed.
Juga kelemahan klasik nya Honda... peredaman di kolong kurang diperhatikan.... Berisik sekali suaranya waktu ngebut...

5. Conclusion
Well sebenernya gak heran mobil ini laku... Orang pada ngira laku karena logonya H, ya itu salah satu faktor juga sih

HR-V adalah pilihan small SUV yang paling sensibel. I won't say the best, but the most reasonable. Hampir semua kelebihan HR-V itu luput di lawan - lawannya... Saya respek dengan concern Honda soal keamanan di HR-V ini, disamping banyak sekali issue kualitas nya... Seandainya HPM lebih serius soal isu kualitas...
Mobil ini baru berjalan 6300 KM odo reading... Tadi saya main ke BeRes Honda langganan, SA nya bilang kalau mmg nemu keluhan di kaki - kaki segera di garansiin karena main issue nya HR-V di kaki-kaki. Yah hopefully mobil ini bakal awet... Issue utama saya malah di HU nya yang lemot nya amit-amit...

HR-V ini cocok buat pengguna CR-V yang merasa CR-V itu terlalu besar dan boros... Menurut saya secara whole package HR-V ini adalah perfect daily commuter... dimensi kecil, pick-up speed nya cepat, bantingan juga enak, perawatan juga mudah...
Yang bikin saya ngerasa kurang keren pakai HR-V adalah : mobilnya PASARAN SEKALI




====================================
Sekian review curhat saya....
