Biasanya yg sering dipakai starter itu yg pendek umurnya. Walopun tiap hari jalan kalo starternya jarang2 n dlm jangka yg lama, aki awet2 aja. Di daerah saya kalo untuk mobil angkutan LPG yg sering berhenti buat nurunin tabung LPG rata2 1-1,5th umurnya.y_anjasrana wrote:numpang tanya, umur accu itu ada hubungannya dgn pemakaian mobil ga sih? mobil yg jarang jalan umur accunya jd lama dan mobil yg sering jalan umurnya jadi pendek? atau sebaliknya? atau ga ada hubungannya sama sekali?
Aki mobil yang dipakai
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Aki mobil yang dipakai
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Aki mobil yang dipakai
waktu cek berkala di beres air aki tambah 2 botol
wajar ga?
voltase sih masih wajar, mesin lom nyala 12-an
mesin dah nyala 14-an
udah tahun ke3 nih...
masih bingung cara cek aki dah perlu diganti apa ga caranya gimana...
wajar ga?
voltase sih masih wajar, mesin lom nyala 12-an
mesin dah nyala 14-an
udah tahun ke3 nih...
masih bingung cara cek aki dah perlu diganti apa ga caranya gimana...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Aki mobil yang dipakai
Gak ada tolok ukur pasti mengisi air aki berapa botol. Ada aki yg penguapannya tinggi, ada juga yg penguapannya rendah. Selain itu juga tergantung dr pengisian mobil.
Kalo mau cek aki bisa ke toko2 yg jual aki om, selain cek voltase juga dilakukan test pembebanan. Biasa aki yg udah mulai lemah diawali mulai berat starter di pagi hari.
Kalo mau cek aki bisa ke toko2 yg jual aki om, selain cek voltase juga dilakukan test pembebanan. Biasa aki yg udah mulai lemah diawali mulai berat starter di pagi hari.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Aki mobil yang dipakai
gua bingung sama stop n drive
garansi 18 bulan tapi harus tunggu mati total, kalau susah starter ga digubris
itu bahasa kasarnya nunggu mobil mogok total?
trus kok banyak yg make GS MF? padahal ga awet (kasus GL misalnya)
rocket kok saya lihat juga kurang ya? 1,5-2 tahun
delkor disini kurang banyak reviewnya (barusan baca dari page 1)
yg keliatannya bagus amaron sama varta
kalau ga ada amaron atau varta, mending GS hybrid aja ya?
garansi 18 bulan tapi harus tunggu mati total, kalau susah starter ga digubris
itu bahasa kasarnya nunggu mobil mogok total?
trus kok banyak yg make GS MF? padahal ga awet (kasus GL misalnya)
rocket kok saya lihat juga kurang ya? 1,5-2 tahun
delkor disini kurang banyak reviewnya (barusan baca dari page 1)
yg keliatannya bagus amaron sama varta
kalau ga ada amaron atau varta, mending GS hybrid aja ya?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Aki mobil yang dipakai
kl shop n drive, biasa ane kl ud susah starter atau berat... ane tinggalin smalem posisi kontak di on, nyalain radio dan lampu senja... pagi pasti lgs K.O tuh aki... ud ane coba di lipina ane dl... hehehehe...
tp kl aki MF, special utk lipina, mreka cuman mau garansi 6 bulan doank... kl merek laen mreka brani 1.5 taon... katanya ud kelewat sering lipina aki gs mf nya pd K.O prematur di lipina....
tp kl aki MF, special utk lipina, mreka cuman mau garansi 6 bulan doank... kl merek laen mreka brani 1.5 taon... katanya ud kelewat sering lipina aki gs mf nya pd K.O prematur di lipina....
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Aki mobil yang dipakai
sy beli varta di sd garansi hanya 3 bulanDOHC wrote:kl shop n drive, biasa ane kl ud susah starter atau berat... ane tinggalin smalem posisi kontak di on, nyalain radio dan lampu senja... pagi pasti lgs K.O tuh aki... ud ane coba di lipina ane dl... hehehehe...
tp kl aki MF, special utk lipina, mreka cuman mau garansi 6 bulan doank... kl merek laen mreka brani 1.5 taon... katanya ud kelewat sering lipina aki gs mf nya pd K.O prematur di lipina....
dan overpriced pula
Ron Asheton Forever
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Escape
Re: Aki mobil yang dipakai
pas banget nih.. livina + gs Mf... kaga jodoh panjangDOHC wrote:kl shop n drive, biasa ane kl ud susah starter atau berat... ane tinggalin smalem posisi kontak di on, nyalain radio dan lampu senja... pagi pasti lgs K.O tuh aki... ud ane coba di lipina ane dl... hehehehe...
tp kl aki MF, special utk lipina, mreka cuman mau garansi 6 bulan doank... kl merek laen mreka brani 1.5 taon... katanya ud kelewat sering lipina aki gs mf nya pd K.O prematur di lipina....

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Aki mobil yang dipakai
Kalo diperlakukan kyk gitu mah smua aki bakal KO, DOHC.hahaha..DOHC wrote:kl shop n drive, biasa ane kl ud susah starter atau berat... ane tinggalin smalem posisi kontak di on, nyalain radio dan lampu senja... pagi pasti lgs K.O tuh aki... ud ane coba di lipina ane dl... hehehehe...
tp kl aki MF, special utk lipina, mreka cuman mau garansi 6 bulan doank... kl merek laen mreka brani 1.5 taon... katanya ud kelewat sering lipina aki gs mf nya pd K.O prematur di lipina....
Coba buat GL aki nya diperbesar amperenya jd 55aH mungkin bisa lumayan bertahan.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
Pada bahas aki livina ikutan nimbrung ah.
Sekitar minggu lalu aki asli angl saya tewas, gs premium basah kalo gk salah.
Umur pemakaian dari agustus 2013 jadi sekitar 2,5 tahun kurang.
Diganti sama bokap di toko aki temen ny di jalan latumenten sama Incoe MF - aki kering.
*jadi serem juga denger aki mf di livina gk kuat lama, moga2 pake incoe ini bisa tahan lama.
Sekitar minggu lalu aki asli angl saya tewas, gs premium basah kalo gk salah.
Umur pemakaian dari agustus 2013 jadi sekitar 2,5 tahun kurang.
Diganti sama bokap di toko aki temen ny di jalan latumenten sama Incoe MF - aki kering.
*jadi serem juga denger aki mf di livina gk kuat lama, moga2 pake incoe ini bisa tahan lama.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Fri Jul 18, 2014 5:05
- Location: West Batavia
- Daily Vehicle: daHon
Re: Aki mobil yang dipakai
cek di bengkel aja om. biasanya kan bengkel2 sekarang punya alatnya tuh buat cek kemampuan simpan voltase, sama kemampuang charging dari alternator nya.Salvanost wrote:waktu cek berkala di beres air aki tambah 2 botol
wajar ga?
voltase sih masih wajar, mesin lom nyala 12-an
mesin dah nyala 14-an
udah tahun ke3 nih...
masih bingung cara cek aki dah perlu diganti apa ga caranya gimana...
voltase sih masih wajar, mesin lom nyala 12-an
mesin dah nyala 14-an ==> tapi dari voltase segini sih harusnya masih termasuk normal, om.
be responsible and be considerate on the road, folks!


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Fri Jul 18, 2014 5:05
- Location: West Batavia
- Daily Vehicle: daHon
Re: Aki mobil yang dipakai
sama om, saya juga lagi jajal Incoe MF. udah jalan 6 bulan. so far masih oke. padahal saya termasuk weekend driver. jadi mesin cuman nyala sabtu-minggu aja. blom tau 6 bulan lagi udah beda belom. pengennya kalo bisa sih aki nya sebadak Amaron. hehearfs wrote:Pada bahas aki livina ikutan nimbrung ah.
Sekitar minggu lalu aki asli angl saya tewas, gs premium basah kalo gk salah.
Umur pemakaian dari agustus 2013 jadi sekitar 2,5 tahun kurang.
Diganti sama bokap di toko aki temen ny di jalan latumenten sama Incoe MF - aki kering.
*jadi serem juga denger aki mf di livina gk kuat lama, moga2 pake incoe ini bisa tahan lama.
be responsible and be considerate on the road, folks!


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Aki mobil yang dipakai
makanya kan ane blg kl ud ad gejala susah ngangkat pas di starter dan jg kl mau ngejar garansi nya si SnD...BADAK wrote:Kalo diperlakukan kyk gitu mah smua aki bakal KO, DOHC.hahaha..DOHC wrote:kl shop n drive, biasa ane kl ud susah starter atau berat... ane tinggalin smalem posisi kontak di on, nyalain radio dan lampu senja... pagi pasti lgs K.O tuh aki... ud ane coba di lipina ane dl... hehehehe...
tp kl aki MF, special utk lipina, mreka cuman mau garansi 6 bulan doank... kl merek laen mreka brani 1.5 taon... katanya ud kelewat sering lipina aki gs mf nya pd K.O prematur di lipina....
Coba buat GL aki nya diperbesar amperenya jd 55aH mungkin bisa lumayan bertahan.
gedein kayanya jg percuma dak... krn masalah nya bukan di ampere... tp di suhu ruang mesin nya dak... dl pengalaman make lipina, nyaris setaon lebi dkit tewas smua aki nya, dan meninggalkan gejala body bunting smua... makanya di ANGL ud dipakein baju tuh aki...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Aki mobil yang dipakai
aki basah tp rempong musti ngecek2 air aki... kl ampe luber, alamat selang hidrolik kopling kena... 400an rebu melayang...geena43 wrote:pas banget nih.. livina + gs Mf... kaga jodoh panjangDOHC wrote:kl shop n drive, biasa ane kl ud susah starter atau berat... ane tinggalin smalem posisi kontak di on, nyalain radio dan lampu senja... pagi pasti lgs K.O tuh aki... ud ane coba di lipina ane dl... hehehehe...
tp kl aki MF, special utk lipina, mreka cuman mau garansi 6 bulan doank... kl merek laen mreka brani 1.5 taon... katanya ud kelewat sering lipina aki gs mf nya pd K.O prematur di lipina....... kenapa ya? ada pilihan untuk Grand Livina?
aki kering/gel... umur ga seawet aki basah... tp lebi safe...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Nov 17, 2012 1:47
Re: Aki mobil yang dipakai
Salah satu musuh aki adalah temperatur ruang mesin yg kelewat tinggi, engine bay GL sepertinya memang sempit dan asumsi saya operating temp mesinnya juga tinggi, pernah GL punya ipar saya air aki nya bener2 kering gara2 mobil ditinggal nyala diem dalam waktu yg lumayan lama. Pengalaman saya aki di mobil mesin diesel selalu lbh awet dibanding mesin bensin (kapasitas aki sama sama standard)geena43 wrote:pas banget nih.. livina + gs Mf... kaga jodoh panjangDOHC wrote:kl shop n drive, biasa ane kl ud susah starter atau berat... ane tinggalin smalem posisi kontak di on, nyalain radio dan lampu senja... pagi pasti lgs K.O tuh aki... ud ane coba di lipina ane dl... hehehehe...
tp kl aki MF, special utk lipina, mreka cuman mau garansi 6 bulan doank... kl merek laen mreka brani 1.5 taon... katanya ud kelewat sering lipina aki gs mf nya pd K.O prematur di lipina....... kenapa ya? ada pilihan untuk Grand Livina?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Aki mobil yang dipakai
Suhu-suhu per aki an..nubie numpang tanya dunk...
Aki std nya inova bensin dan solar '05 itu tipe & ampere nya brapa yach? Tanpa modip audio atau mesin, alias std ting-ting..
Thank you....
Aki std nya inova bensin dan solar '05 itu tipe & ampere nya brapa yach? Tanpa modip audio atau mesin, alias std ting-ting..
Thank you....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Aki mobil yang dipakai
Body bunting itu bukan karena kepanasan dr suhu mesin. Tp biasa akibat overcharging. Makanya dibesarin amperenya bisa sedikit membantu. Sama kasusnya kyk mitsu canter yg baru, arus pengisian cukup besar akibatnya aki tidak seawet colt diesel lama. Yg lebih berat itu pny L300 diesel dibanding GL, starter butuh daya besar, posisi aki sebelahan dgn mesin, masih ditambah lg ditutup jok diatasnya.DOHC wrote:makanya kan ane blg kl ud ad gejala susah ngangkat pas di starter dan jg kl mau ngejar garansi nya si SnD...BADAK wrote:Kalo diperlakukan kyk gitu mah smua aki bakal KO, DOHC.hahaha..DOHC wrote:kl shop n drive, biasa ane kl ud susah starter atau berat... ane tinggalin smalem posisi kontak di on, nyalain radio dan lampu senja... pagi pasti lgs K.O tuh aki... ud ane coba di lipina ane dl... hehehehe...
tp kl aki MF, special utk lipina, mreka cuman mau garansi 6 bulan doank... kl merek laen mreka brani 1.5 taon... katanya ud kelewat sering lipina aki gs mf nya pd K.O prematur di lipina....
Coba buat GL aki nya diperbesar amperenya jd 55aH mungkin bisa lumayan bertahan.
gedein kayanya jg percuma dak... krn masalah nya bukan di ampere... tp di suhu ruang mesin nya dak... dl pengalaman make lipina, nyaris setaon lebi dkit tewas smua aki nya, dan meninggalkan gejala body bunting smua... makanya di ANGL ud dipakein baju tuh aki...
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Aki mobil yang dipakai
Kl dr bawaan std innova bensin itu tipenya NS40ZL(S) (35aH), tp mending kl mau ganti agak dibesarin dikit jd tipe NS60L(S) (45aH). Kalo yg diesel tipe std NX110-5L (80aH), mau dibesarin lg harus ganti cover akinya.hariy wrote:Suhu-suhu per aki an..nubie numpang tanya dunk...
Aki std nya inova bensin dan solar '05 itu tipe & ampere nya brapa yach? Tanpa modip audio atau mesin, alias std ting-ting..
Thank you....
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Aki mobil yang dipakai
@ Badak :
ini jg yg waktu itu dikhawatirkan ama pengguna2 awal OGL... ampe mreka ngitung sgala voltase, ampere dr alternator pas lg nyala, di build up rpm dsb... hasilnya normal koq, dan masi mirip2 ama mobil2 lain nya... aki GL itu kira2 45 mAh... ga kecil2 amat sehh... lagian kl mau upgrade, ruang aki nya sempit, ga yakin bsa ad space buat upgrade yg gedean...
ini jg yg waktu itu dikhawatirkan ama pengguna2 awal OGL... ampe mreka ngitung sgala voltase, ampere dr alternator pas lg nyala, di build up rpm dsb... hasilnya normal koq, dan masi mirip2 ama mobil2 lain nya... aki GL itu kira2 45 mAh... ga kecil2 amat sehh... lagian kl mau upgrade, ruang aki nya sempit, ga yakin bsa ad space buat upgrade yg gedean...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Escape
Re: Aki mobil yang dipakai
liat aki di innova diesel temen merek rocket.... CCA nya 600... sedepBADAK wrote:Kl dr bawaan std innova bensin itu tipenya NS40ZL(S) (35aH), tp mending kl mau ganti agak dibesarin dikit jd tipe NS60L(S) (45aH). Kalo yg diesel tipe std NX110-5L (80aH), mau dibesarin lg harus ganti cover akinya.hariy wrote:Suhu-suhu per aki an..nubie numpang tanya dunk...
Aki std nya inova bensin dan solar '05 itu tipe & ampere nya brapa yach? Tanpa modip audio atau mesin, alias std ting-ting..
Thank you....
cuma ga tau nih keawetannya.. barangkali ada yang ripiuw?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Aki mobil yang dipakai
Pernah coba tipe basahnya aja di panther gran turing saya, cukup awet jg. Pake 2th sampe mobil kejual msh awet. Kalo gak salah rocket ini dimiliki yuasa tp diproduksi di korea. CMIIW. Pernah jualan jg merk ini untuk tipe MF, tapi kurang tau feedback dr buyer. Hehehe
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Tue Jan 05, 2016 2:51
Re: Aki mobil yang dipakai
Selamat pagi. Nubie mau tanya nih, ini mobil kantor saya, Ford Fiesta 2011 mau ganti aki, tp nyari barangnya susah banget. Ada yg bisa ngasi rekomendasi toko aki di Surabaya?!
Speknya merek Varta atau Rocket, 52A..
Thanks for share..
Speknya merek Varta atau Rocket, 52A..
Thanks for share..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
- Location: Bandung
Re: Aki mobil yang dipakai

Cari tipe aki yg 55559 ato 55530, ini ampernya 55. Bodi akinya lbu besar sedikit,tp masih bs masuk sama dudukan akinya. Sy sdh sering pasang fiesta dg tipe itu. Kl cr yg sama banget emang susah om...DMS2812 wrote:Selamat pagi. Nubie mau tanya nih, ini mobil kantor saya, Ford Fiesta 2011 mau ganti aki, tp nyari barangnya susah banget. Ada yg bisa ngasi rekomendasi toko aki di Surabaya?!
Speknya merek Varta atau Rocket, 52A..
Thanks for share..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Aki mobil yang dipakai
Mau lapor aja
Febuari mesin ga nyala beban diatas 12v
Hari ini
Beban nyala mesin off voltase 11,4v
Kalau mesin nyala 13,6v
Tapi gua bingung tanda2 soaknya dimana selain voltase...
Dah hebat sih 3,6tahun
Siap2 dipensiunin deh...
Febuari mesin ga nyala beban diatas 12v
Hari ini
Beban nyala mesin off voltase 11,4v
Kalau mesin nyala 13,6v
Tapi gua bingung tanda2 soaknya dimana selain voltase...
Dah hebat sih 3,6tahun
Siap2 dipensiunin deh...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Aki mobil yang dipakai
hari ini ganti amaron MFimpz wrote:cek di bengkel aja om. biasanya kan bengkel2 sekarang punya alatnya tuh buat cek kemampuan simpan voltase, sama kemampuang charging dari alternator nya.Salvanost wrote:waktu cek berkala di beres air aki tambah 2 botol
wajar ga?
voltase sih masih wajar, mesin lom nyala 12-an
mesin dah nyala 14-an
udah tahun ke3 nih...
masih bingung cara cek aki dah perlu diganti apa ga caranya gimana...
voltase sih masih wajar, mesin lom nyala 12-an
mesin dah nyala 14-an ==> tapi dari voltase segini sih harusnya masih termasuk normal, om.
mesin nyala 14,1-14,2
tapi yg gua bingung kok mesin mati 11.9...
tar dicek berkala deh...
moga2 aja bisa awet diatas 2 tahun...
terus pas ganti aki, aki lama di kutub merah ada oksidasi, kalau ada oksidasi cara tau itu salah aki lama atau salah altenator atau cuma kotor doank gimana ya?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Jun 07, 2016 5:13
Re: Aki mobil yang dipakai
engine on voltase 14an, karena alternator jalan untuk charging akinya, yang bahaya engine off itu.. alamat minta diganti kalo under 12Salvanost wrote:hari ini ganti amaron MFimpz wrote:cek di bengkel aja om. biasanya kan bengkel2 sekarang punya alatnya tuh buat cek kemampuan simpan voltase, sama kemampuang charging dari alternator nya.Salvanost wrote:waktu cek berkala di beres air aki tambah 2 botol
wajar ga?
voltase sih masih wajar, mesin lom nyala 12-an
mesin dah nyala 14-an
udah tahun ke3 nih...
masih bingung cara cek aki dah perlu diganti apa ga caranya gimana...
voltase sih masih wajar, mesin lom nyala 12-an
mesin dah nyala 14-an ==> tapi dari voltase segini sih harusnya masih termasuk normal, om.
mesin nyala 14,1-14,2
tapi yg gua bingung kok mesin mati 11.9...
tar dicek berkala deh...
moga2 aja bisa awet diatas 2 tahun...
terus pas ganti aki, aki lama di kutub merah ada oksidasi, kalau ada oksidasi cara tau itu salah aki lama atau salah altenator atau cuma kotor doank gimana ya?
2012 4G93 CS5
2013 1NZ-FE XP150
2011 4D56 KG4
2005 4G69 NA4
2013 1NZ-FE XP150
2011 4D56 KG4
2005 4G69 NA4